cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6282295838368
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Business Inflation Management and Accounting
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 30892007     EISSN : 30891809     DOI : https://doi.org/10.57235
Core Subject : Economy,
BIMA: Journal of Business Inflation Management and Accounting dengan nomor ISSN terdaftar 3089-2007 (Cetak - Print) dan 3089-1809 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. BIMA: Journal of Business Inflation Management and Accounting bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Akuntansi, Ekonomi, Manajemen, Bisnis 2. Pajak, Inflasi, Keuangan, Laba-Rugi 3. UMKM, Branding, Hak Cipta, Perbankan BIMA: Journal of Business Inflation Management and Accounting diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan Januari dan Juli
Articles 105 Documents
Analisis Pengelolaan Dana Wakaf Produktif Dalam Menunjang Perekonomian Anggota pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Septianti, Nine Ajeng; Alamsyah, Sustari; Hamdani, Hamdani
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i2.6110

Abstract

Penelitian ini menganilisis pengelolaan dana wakaf produktif dalam menunjang perekonomian anggota pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (KOPSYAH BMI). Latar belakang penelitian ini adalah adanya potensi wakaf produktif yang belum dikelola secara optimal, ditandai dengan belum terealisasinya beberapa program seperti pembangunan rumah sakit dan rumah tahfidz, serta kesulitan dalam mengoptimalkan produktivitas lahan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pengelolaan dana wakaf produktif, mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dan merumuskan strategi peningkatan efektivitas pengelolaan dana wakaf produktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik fishbone untuk mengidentifikasi akar permasalahn dalam pengelolaan dana wakaf produktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana wakaf produktif di KOPSYAH BMI dilakukan melalui dua jalur pengumpulan dana: internal dan eksternal, dengan total dana wakaf mencapai Rp. 38,5 miliar. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman pengelola tentang konsep wakaf, infrastruktur yang belum memadai dan biaya operasional yang tinggi mencapai Rp. 70 juta per periode. Meskipun demikian, program ini telah meningkatkan pendapatan melalui sistem bagi hasil dan menyerap 1,5% tenaga kerja lokal. Strategi pengembangan yang direkomendasikan mencakup peningkatan edukasi tentang wakaf produktif, optimalisasi pengelolaan aset, perbaikan sistem monitoring dan evaluasi, serta penguatan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan.
Peran Bank Sentral Dalam Mengawasi Stabilitas Lembaga Keuangan Nasional Lestari, Fia Puji; Astuti, Rini Puji; Anggraeni, Aulia Sekar; Ardiansyah, Daniel Eka
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 1 (2025): Januari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i1.4688

Abstract

Penelitian bertujuan menganalisis peran Bank Indonesia (BI) sebagai bank sentral dalam menjaga stabilitas sistem keuangan nasional. BI bertanggung jawab menjaga kestabilan nilai rupiah melalui tiga pilar utama: kebijakan moneter, sistem pembayaran, dan pengawasan perbankan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan data dari artikel dan jurnal relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BI memanfaatkan instrumen moneter, seperti pengaturan suku bunga dan operasi pasar terbuka, untuk menjaga kestabilan ekonomi. BI juga menggunakan mekanisme transmisi kebijakan moneter yang berdampak pada sektor ekonomi menyeluruh, mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan. Sejak 2011, pengawasan perbankan beralih ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang fokus pada pengaturan sektor jasa keuangan. Kolaborasi antara BI dan OJK penting untuk menjaga stabilitas keuangan nasional dan melindungi kepentingan masyarakat.
Pengaruh Pengalaman Merek, Sikap Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Pengguna Iphone pada Mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta Naomi, Natannael; Ariani, Dorothea Wahyu
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i2.6612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengalaman Merek, Sikap Pelanggan,dan Kepercayaan Merek terhadap pengguna iPhone pada mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling dan jumlah sampel 101 responden. Hasil Uji Instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Hasil Uji Asumsi Klasik dinyatakan data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan model regresi yang digunakan tidak mengandung gejala multikolinearitas maupun heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: (1) Pengalaman Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek pengguna iPhone pada mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. (2) Sikap Pelanggan berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Merek pengguna iPhone pada mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. (3) Kepercayaan Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Merek pengguna iPhone pada mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil ini membawa implikasi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji perilaku loyalitas merek pengguna iPhone pada mahasiswa.Temuan penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan loyalitas smartphone merek iPhone dikalangan mahasiswa.
Analisis Potensi Industri Halal bagi Pelaku Usaha di Indonesia Melalui Program UMKM Rahman, Alif Zuan; Iqbal, Muhammad
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 1 (2025): Januari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i1.4665

Abstract

Industri merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleheseorang individueatau kelompok dimana terdapat adanya sebuah proses perubahan dari sesuatu baik itu benda atau jasa menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Industri dalam sejarah peradaban umat manusia pertama kali dilakukan dengan menggunakan apa saja yang disediakan oleh alam. Seperti ketika seseorang ingin mendapati sebuah guci, maka ia akan mencari tempat pembuatan guci yang seratus persen pengerjaannya bergantung pada sega hal yang disediakan di alam. Seiring berkembangnya zaman, indusri kian meningkat menjadi lebih modern dengan produk-produk yang dinilai lebih mempermudah penkerjaan manusia. Dalam hal ini, peneliti akan mencoba mengungkap seberapa besar potensi penerapan industri halal di lingkungan para wirausahawan Indonesia.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bina Tani Kota Pekanbaru Syafira, Maulidya; Makhdalena, Makhdalena; Hendripides, Hendripides
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i2.6560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bina Tani Kota Pekanbaru yang berjumlah sebanyak 61 orang, teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik sensus dimana semua anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk menganalisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota. Besar pengaruh diketahui dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,684 atau 68,4%, sedangkan sisanya sebesar 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel yang diteliti pada penelitian ini.
Peran Kepala Desa Dalam Meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Pulau Kijang, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Studi Kasus: Industri Rumahan Kerupuk Sagu) Oktavia, Elvina Ayu; Hambali, Hambali; Primahardani, Indra
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 1 (2025): Januari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i1.4996

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya tantangan dan keterbatasan yang dihadapi oleh perajin kerupuk sagu dalam menjalankan usahanya, mulai dari kurangnya modal usaha, kurangnya pengenalan produk, dan ketidakmampuan untuk memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya produktif secara optimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peran Kepala Desa dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Pulau Kijang, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Tujuan penelitian ini guna mengetahui bagaimana peran Kepala Desa dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Pulau Kijang, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang yaitu kepala desa (perangkat desa), pelaku UMKM (pengrajin kerupuk sagu) dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik bagi pengambil kebijakan dan praktisi dalam mengoptimalkan peran Kepala Desa dalam pembangunan ekonomi lokal, khususnya melalui sektor kerupuk sagu, dengan mempertimbangkan dinamika sosial, keberlanjutan ekonomi, dan lingkungan. Implikasi praktis dari temuan ini mencakup pengembangan strategi kolaboratif antara pemerintah lokal, industri, dan masyarakat lokal untuk meningkatkan efisiensi produksi, pemasaran yang berkelanjutan, dan pelestarian lingkungan dalam konteks pengembangan industri kerupuk sagu.
Pengaruh Praktik Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Peserta Didik di SMK Negeri 4 Pekanbaru Manurung, Jernianti; Sumarno, Sumarno; Asmit, Brilliant
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i2.6393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh praktik kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha peserta didik. Penelitian dilakukan pada SMK Negeri 4 Pekanbaru Kelas XII Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 86 peserta didik menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan kuesioner, selanjutnya dianalisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil peneltian menunjukkan praktik kewirausahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berwirausaha. Hasil uji t pengaruh praktik kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha dengan nilai Sig. 0,000 0,05 nilai t hitung 11,899 t table 1,988. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 62,8%. Hal ini menunjukkan bahwa output setelah mengikuti praktik kewirausahaan tidak hanya memperoleh capaian hasil belajar akan tetapi mampu memotivasi peserta didik untuk berwirausaha.
Analisis Pengaruh Inflasi Terhadap Daya Beli Masyarakat Artati, Lili; Syuhada, Nurul; Avika, Nur; Hendra K, Joni
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 1 (2025): Januari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i1.4905

Abstract

Analisis mengenai pengaruh dinamika inflasi di Indonesia terhadap daya beli masyarakat menjadi fokus penting dalam telaah ilmu ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelajahi dampak inflasi terhadap kekuatan beli masyarakat Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan observasi serta wawancara oleh peneliti. Adapun tahapan-tahapan penelitian adalah dengan reduksi data untuk memperpendek, memfokuskan serta mengurangi hal yang kurang penting dan mengolah data sedemikian rupa hingga kesimpulan akhir dilaksanakan. Dari hasil observasi dan wawancara maka dapat ditarik kesimpulan bahwa,  inflasi berpengaruh besar terhadap daya beli masyarakat. Inflasi yang tinggi dapat memberikan tekanan yang signifikan terhadap kemampuan konsumen untuk membeli barang dan jasa, sementara inflasi yang moderat dengan kebijakan yang tepat dapat memberikan peluang bagi pertumbuhan ekonomi yang seimbang.
Analisis Pengaruh Inflasi Terhadap Tingkat Pengangguran di Negara Berkembang Cahyati, Cahyati; Sukmalika, Ferlisa; Putri, Jessica; Hendra K, Joni
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 1 (2025): Januari 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i1.4521

Abstract

Pengangguran dan inflasi merupakan kedua masalah yang berhubungan dan sering terjadi di setiap negara di dunia. Pada artikel kali ini penulis akan menganalisis mengenai kebijakan pemerintah mengenai tingkat pengangguran yang disebabkan oleh inflasi dengan objek yaitu negara Indonesia. Pada artikel ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan perbandingan angka dari beberapa tahun terakhir. Tingkat pengangguran yang tinggi bisa menyebabkan menurunnya pendapatan nasional suatu negara, karena banyaknya pengangguran tingkat kemiskinan juga semakin meningkat .Kemudian tingkat kriminalitas tentu juga akan semakin meningkat. Tingkat inflasi yang tinggi biasa disebabkan oleh, terlalu banyaknya utang dan juga uang beredar pada suatu negara. Inflasi juga menyebabkan harga barang meningkat dan nilai tukar mata uang akan semakin menurun. Artinya, ketika inflasi meningkat, tingkat pengangguran akan menurun, dan sebaliknya. Namun, dari kondisi riil saat ini sudah searah dan sejalan. Kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengendalikan inflasi perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap tingkat pengangguran.
Peran Komunikasi Lintas Budaya Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen Asing pada UMKM Kerajinan Tangan di Indonesia Harmen, Hilma; Zebua, Ovan Krisadelman; Sitanggang, Cindy B; Pinem, Dhea Anandha; Kurnia, Cipta; Saragih, Farel Akbar Aditya; Siahaan, Kevin Valensius
Journal of Business Inflation Management and Accounting Vol 2, No 2 (2025): Juli 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/bima.v2i2.6201

Abstract

Komunikasi lintas budaya merupakan faktor kunci dalam membangun kepercayaan konsumen asing terhadap produk UMKM kerajinan Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tantangan, strategi, dan peran komunikasi lintas budaya dalam membangun kepercayaan di kalangan konsumen asing. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman budaya, adaptasi komunikasi, dan pemanfaatan teknologi digital menjadi faktor penentu utama dalam membangun kepercayaan dan loyalitas di kalangan konsumen asing. Artikel ini merekomendasikan penguatan kompetensi komunikasi lintas budaya dan optimalisasi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing UMKM di pasar global.

Page 1 of 11 | Total Record : 105