cover
Contact Name
Ali Syahbana
Contact Email
syahbanapgri545@gmail.com
Phone
+6281373340681
Journal Mail Official
differential.ump@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. Ahmad Yani, 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30263
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Differential: Journal on Mathematics Education
ISSN : 30250595     EISSN : 30249767     DOI : https://doi.org/10.32502/differential.v1i1
Core Subject : Education,
Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational technology
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education" : 10 Documents clear
KEMAMPUAN VISUAL SPASIAL SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN Kifthiyyah, Maryatul; Hariastuti, Rachmaniah M; Listiwikono, Eko
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.102

Abstract

Kemampuan visual spasial adalah kemampuan seseorang untuk membayangkan, menentukan, dan membangun dalam konteks keruangan. Pembelajaran matematika khususnya geometri membutuhkan kemampuan visual spasial untuk dapat memahami konsep-konsep keruangan. Salah satu hal yang mempengaruhi kemampuan visual spasial siswa adalah perbedaan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan visual spasial siswa berdasarkan jenis kelamin di kelas VIII SMP Al-Irsyad Banyuwangi pada materi bangun ruang sisi datar balok. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki kelas VIII yang memiliki nilai tes tertinggi dan komunikatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara, yang hasilnya ditriangulasikan berdasarkan indikator kemampuan visual spasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek perempuan mampu memenuhi 4 dari 5 indikator yang ditentukan. Sedangkan subjek laki-laki mampu memenuhi semua indikator yang ditentukan. Subjek perempuan belum maksimal karena kurang dapat berimajinasi tentang bidang diagonal pada balok. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan subjek berkemampuan sedang dan rendah, atau pada subjek di tingkatan lainnya.
PENERAPAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP Septiana, Anisya; Oktapiyani, Lia; Sagiman, Sagiman
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.103

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika setelah penerapan game dengan Software Construct 2 pada materi Aljabar di Kelas VII SMPN 7 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental – the one shot case study. Dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa yang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes, lembar angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t satu sampel dengan uji satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran matematika setelah penerapan game dengan Software Construct 2 pada materi Aljabar di Kelas VII SMPN 7 Rejang Lebong.
KAJIAN ETNOMATEMATIKA MOTIF BATIK TULIS ASLI PESANTENAN TAMBAKROMO PATI Anggraeni, Diah Putri; Fitriana, Vera; Wardani, Kurnia Ully; Zuliana, Eka
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.104

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang motif batik Tulis Asli Pesantenan yang berasal dari Desa Mojomulyo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah. Motif Batik Tulis Asli Pesantenan ini diperoleh dari perpaduan nama sejarah dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai filosofis dan ide matematis pada batik Tulis Asli Pesantenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Owner sekaligus pendiri dari Batik Tulis Asli Pesantenan. Hasil penelitian menunjukkan sepuluh motif Batik Tulis Asli Pesantenan yang di dalamnya terdapat unsur bangun datar. Sepuluh motif batik tersebut adalah Anugerah Mina Pesantenan, Pakeliran, Perca Kain Batik, Burung Manggaran Daun, Cagak Lawang Majapahit, Peksi Ngigel Ing Sawah, Genuk Kemiri, Rumah Adat Pati, Kebo Anabrang Nggayuh Kamulan dan Pati Tempo Doeloe.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DALAM PEMBELAJARAN STATISTIKA KELAS V SDN WONOSUNYO II GEMPOL Aulia, Darojatul; Khoiri, Miftahul
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Teknik pengumpulan data berupa observasi dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran STAD baik untuk digunakan dalam pembelajaran statistika dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika dapat menarik minat belajar peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase aktivitas peserta didik yang mencapai 62,5% dan 75% peserta didik mampu menyelesaikan penugasan yang diberikan. Oleh karenanya, guru sebaiknya mampu menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran matematika dan mata pelajaran lain serta diharapkan peserta didik semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran.
PENGGUNAAN MEDIA VOKUSA DALAM PEMBELAJARAN VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS LIMA SD Mukmilah, Amaliyah; Khoiri, Miftahul
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.109

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar sangat dianjurkan terlebih lagi dalam kemampuan spasial, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran Vokusa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Vokusa terhadap hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok di kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima SD Negeri Sumberejo Winongan sejumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa individu dan kelompok. Lembar kerja tersebut dianalisis secara deskriptif dan dihitung rata-rata hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan media Vokusa mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Vokusa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok.
KESALAHAN SISWA SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI FPB DAN KPK BERDASARKAN TAHAPAN POLYA Yulianti, Devi; Siroj, Rusdy A; Rizta, Amrina; Na'imah, Ummu
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD di Kelurahan Plaju Ulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Vc SD Negeri 222 Palembang, kelas Vc SD Negeri 224 Palembang, dan kelas VA SD IT Salsabila Palembang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal bentuk uraian yang terdiri dari 6 soal mengenai pemecahan masalah materi FPB dan KPK dengan 3 submateri yaitu Faktor Bilangan, FPB, dan KPK. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis menyatakan seluruh kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan Polya di kelas V SD dikategorikan sangat tinggi dengan persentase 81,40%. Pada tahap kesalahan memahami masalah yaitu sebesar 87,57% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap menyusun rencana yaitu 73,91% dengan kategori tinggi, kemudian kesalahan pada tahap melaksanakan rencana yaitu 66,85% dengan kategori tinggi, dan kesalahan pada tahap memeriksa kembali yaitu 97,27% dengan kategori sangat tinggi.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KADARA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA Hayati, Tsania Nur; Ilma, Nor; Haliza, Shofiya Nur; Anggraeni, Diah Putri; Ruby, Arcivid Chorynia
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.112

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kadara terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada anak tunagrahita. Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang mencakup angka, bilangan, memanipulasi jumlah seperti pengurangan dan penjumlahan. Metode pembelajaran berhitung menggunakan media permainan Kadara (kartu, dakon, menara) menyenangkan serta mudah, juga menjadi metode untuk menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita. Kadara merupakan permainan yang bisa dimainkan oleh semua orang, baik anak laki-laki, perempuan, atau orang dewasa. Permainan Kadara yang diterapkan dalam penelitian ini dapat menaikkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita, karena pada permainan Kadara anak dilatih berhitung dalam menyelesaikan masalah terhadap penjumlahan dan pengurangan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimen dengan menggunakan metode pendekatan Single Subject Research (SSR), dimana subjek terdiri atas satu orang yang diberikan perlakuan. Data dianalisis dengan cara deskriptif dengan mengulas kejadian yang ditampakkan oleh Subjek. Hasil dari penelitian ini disimpulkan penggunaan media permainan Kadara dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak tunagrahita.
PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL Sari, Novita; Ningsih, Yunika Lestaria
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.113

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang menggunakan model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang berjumlah 33 orang dan objek penelitian adalah minat belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Didapat minat belajar peserta didik dari hasil observasi pra penelitian 45,44% terkategori kurang baik dan pada siklus I diperoleh 60,48% terkategori cukup baik dan meningkat pada siklus II menjadi 80% terkategori baik. Berdasarkan hasil angket minat belajar peserta didik, skor rata-rata pada siklus I sebesar 69,79 terkategori cukup baik meningkat pada siklus II menjadi 78,39 terkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.4 SMA PGRI 2 Palembang pada pembelajaran matematika.
IMPLIKASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA Permata, Indah; Winarso, Widodo; Izzati, Nurma
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.114

Abstract

Terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran diantaranya sebagian besar siswa tidak dapat memaparkan gagasan-gagasan matematika ke dalam bentuk gambar, tabel, diagram, grafik, dan juga ekspresi aljabar, siswa belum bisa mengomunikasikan pendapatnya dengan baik, dan kemampuan komunikasi matematis sebagian besar siswa cenderung rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan implikasi penerapan model pembelajaran cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK ISDA Babakan yang berjumlah 5 kelas, dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas. Kelas X TKR 2 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 5 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji t, dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cycle 5E memiliki kriteria cukup baik, adanya peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran cycle 5E dan terdapat implikasi penerapan model pembelajaran cycle 5E terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
HUBUNGAN ANTARA PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Fitriatien, Sri Rahmawati
Differential: Journal on Mathematics Education Vol. 1 No. 2 (2023): Differential: Journal on Mathematics Education
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/differential.v1i2.115

Abstract

Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda dalam menuntaskan sebuah tugas yang berkorelasi dengan akademik sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam menyerahkan tugas bahkan mengalami kegagalan dalam menyelesaikannya. Seseorang yang mempunyai kebiasaan melakukan prokrastinasi akademik biasanya tidak bisa mengolah waktu dengan baik. Oleh sebab itu dibutuhkan usaha untuk menghindari terjadinya prokrasinasi akademik dengan cara memperbaiki pengelolaan waktu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeteksi hubungan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar matematika siswa. Pada penelitian ini metode yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua kelas X SMA Al-Islam Krian. Untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPS 3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data dengan menggunakan pengujian korelasi Product Moment Person dengan uji prasyarat memakai uji normalitas dan uji linieritas. Dari hasil analisis data, hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara prokrastinasi akademik dengan hasil belajar siswa” diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah hasil belajar matematika siswa. Namun sebaliknya jika prokrastinasi akademik rendah maka semakin tinggi hasil belajar matematika siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10