cover
Contact Name
Nika Fetria Trisnawati
Contact Email
nfetristrisnawati@gmail.com
Phone
+6285254249252
Journal Mail Official
nfetristrisnawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pendidikan Nomor 27 Kota Sorong Papua Barat Daya
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
KAMBIK : Journal of Mathematics Education
ISSN : -     EISSN : 30266866     DOI : https://doi.org/10.33506
Core Subject : Education,
KAMBIK: Journal of Mathematics Education merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian dari Dosen, Peneliti, Guru dan Praktisi Pendidikan dari seluruh Indonesia. Fokus dan ruang lingkup artikel yang diterbitkan oleh KAMBIK: Journal of Mathematics Education adalah hasil penelitian dan kajian tentang : Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Non formal, dan Pendidikan Informal.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN AKTIVITAS PROYEK KOLABORASI BAGI MAHASISWA PERGURUAN TINGGI: DEVELOPMENT OF COLLABORATION PROJECT ACTIVITIES FOR HIGHER EDUCATION STUDENTS Pemu, Nasrullah
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2419

Abstract

This research aims to develop collaborative activities through project-based learning at the university level. The subjects of the study were 30 students in the mathematics education program. The development was carried out using a sequential design research method, starting from the preparation phase, teaching experiment, and retrospective analysis. To support this research, instruments such as monitoring and evaluation, documentation, activity observation sheets, and performance progress sheets were used. The data analysis was conducted using the trustworthiness method. The results showed that the activities with various targets began with activities, interviews, FGDs, and ended with constructive experiments. With these activities, positive changes were shown by students through the outcomes produced. The positive changes refer to the ability to identify problems, organize group members in constructive discussions, and perform constructive experiments to prepare solutions to the problems being solved. Moreover, this learning process further complements the students' competencies.
ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA: ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA reniwurwarin, hamsia; Kahar, Muhammad Syahrul; Rusani, Irna; Riski, Wa Ode
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2445

Abstract

Penelitian kualitatif ini mengambil sampel 37 siswa dari kelas VII, terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode kerja kelompok dalam pelajaran matematika berdampak positif pada siswa. Selain itu, penelitian ini dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan: dua kali untuk kegiatan pembelajaran dan satu kali untuk tes hasil belajar. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis data hasil belajar. Nilai tes pertama memiliki nilai rata-rata 62,54 dalam kategori kurang baik, dengan persentase 19% dari sampel 7 siswa yang tuntas, dan nilai tes kedua memiliki nilai rata-rata 77,16 dalam kategori sangat baik, dengan persentase 73% dari sampel 27 siswa yang tuntas. Akibatnya, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di kelas VII MTs Arraoda dipengaruhi positif oleh metode kerja kelompok.
PEMBELAJARAN DARING SELAMA COVID-19: EVALUASI PENGALAMAN DAN TANTANGAN SISWA: ONLINE LEARNING DURING COVID-19: EVALUATION OF STUDENT EXPERIENCES AND CHALLENGES Muhammad Fathurrahman; Husain, Abdul Kadir; Tahang, Heriyanti; Ba'diah, Agus Salim
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2451

Abstract

Pendidikan daring atau online telah menjadi kebutuhan utama dalam pendidikan selama pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan tantangan pembelajaran daring di SMA Muhammadiyah Al-Amin Kota Sorong, khususnya siswa kelas XII IPA. Melalui metode survei, penelitian ini mengungkap bahwa mayoritas responden memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan EduMu dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Meskipun begitu, tantangan utama adalah kualitas sinyal internet yang tidak stabil dan biaya kuota yang menjadi beban siswa. Selain itu, banyak siswa merasa kurang termotivasi dan jenuh dengan sistem pembelajaran daring. Meski demikian, pembelajaran daring memungkinkan fleksibilitas dalam waktu dan tempat, serta membuka peluang untuk mengenal berbagai aplikasi pembelajaran. Namun, kurangnya interaksi sosial dan kontrol siswa menjadi kekurangan yang signifikan. Penelitian ini menunjukkan pentingnya perbaikan infrastruktur dan metode dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kualitas pendidikan selama dan pasca-pandemi
Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Matematika: IMPLEMENTATION OF STUDENT WORK SHEET (LKS) THROUGH PROBLEM-BASED LEARNING STRATEGIES IN MATHEMATICS COURSES arsyad, rahmat; Sabu, Hadijah; Setyo, Arie Anang; Payapo, Fatmawati
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs ANNUR Kota Sorong pada siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi-experiment dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan LKS. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang lebih signifikan daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa aktif terlibat dalam memecahkan masalah dengan menggunakan LKS, yang membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan belajar mandiri atau dalam kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan LKS dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota: Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran VAK Dengan Memanfaatkan Media Dakota Anwar, Zakiyah; Budiarti, Marlinda Indah Eka; Maryam, Andi; Ahmad, Rizky Ekawati; Sarira, Regina Amelia
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2458

Abstract

This research is an experimental research that aims to determine the effectiveness of using the Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) learning model by utilizing Dakota media in class IV SD Muhammadiyah 2 Sorong City. This study used two control classes, namely the experimental class and the class. In the experimental class the visualization, auditory, kinesthetic (VAK) learning model was used combined with the use of dakota media, while in the control class the usual/conventional learning model was used. The research design used was The Non-Equivalent Pretest-posttest Control Group Design. The results showed that the application of the VAK learning model by utilizing dakota media effectively increased student learning outcomes in class IVB SD Muhammadiyah 2 Sorong City based on hypothesis testing where the result was a grade The 2-tailed sig t test (P-value) is 0.000 > 0.05 which means Ho is rejected. Based on the results of the screening analysis of learning effectiveness, it shows that teacher activity is in the very good category, student activity and responses are in the good category, and student learning outcomes are in the medium category with an average score obtained after treatment is 70 with an average N- obtained 0.57.
PENGARUH KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA: THE EFFECT OF INTELLIGENCE ADVERSITY QUOTIENT (AQ) ON STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES Agam, Rafino; Layn, Muhammad Ruslan; Hidayani; Rusnia, Wa Ode
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2462

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan adversity quotient siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong memiliki skor rata-rata sebesar 74.2174 dengan standar deviasi 8.43131. Berdasarkan kategorisasi yang digunakan, sebagian besar siswa (65.22%) termasuk dalam kategori "Campers" atau kecerdasan adversity quotient sedang. Hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong memiliki skor rata-rata sebesar 70.5652 dengan standar deviasi 6.39479. Berdasarkan kategorisasi yang digunakan, sebagian besar siswa (73.92%) termasuk dalam kategori "Campers" atau hasil belajar sedang. Analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa data yang terkumpul dari responden memiliki distribusi normal. Uji linieritas menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara kecerdasan adversity quotient dan hasil belajar matematika siswa. Uji regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan adversity quotient terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0.180. Namun, pengaruh tersebut tidak signifikan secara statistik (nilai p > 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan adversity quotient siswa kelas VII SMP Quba Kota Sorong relatif sedang dan hasil belajar siswa dalam kategori baik. Meskipun terdapat hubungan linear antara kecerdasan adversity quotient dan hasil belajar matematika siswa, pengaruhnya tidak signifikan dalam penelitian ini.
PENGARUH TINGKAT KECEMASAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: THE INFLUENCE OF STUDENTS' ANXIETY LEVELS ON MATHEMATIC PROBLEM SOLVING ABILITY Kameubun, Baromea; Mahendra, Faisal Eka; Supriadi; Al-Lahmadi, Nazmi
KAMBIK: Journal of Mathematics Education Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 1 Number 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33506/jme.v1i1.2480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh tingkat kecemasan siswa terhadap kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis mereka. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Kota Sorong dengan melibatkan siswa kelas VIII F. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan angket kecemasan dan tes kemampuan dalam memecahkan permasalahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa secara umum adalah tinggi. Sebagian besar siswa mengalami kecemasan sedang. Selain itu, sebagian besar siswa memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan yang tinggi cenderung memiliki performa yang buruk dalam dalam memecahkan permasalahan matematis. Dalam hal ini, mereka mengalami kesulitan dalam pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan pemeriksaan kembali. Di sisi lain, siswa dengan tingkat kecemasan rendah menunjukkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang lebih baik dalam semua indikator. Penemuan ini menunjukkan bahwa kecemasan siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang lebih inklusif dan dukungan yang tepat untuk membantu siswa mengatasi kecemasan dan meningkatkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan matematis mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 7