cover
Contact Name
Nurhaswinda
Contact Email
nurhaswinda01@gmail.com
Phone
+6285264706808
Journal Mail Official
catharesearch1@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tuanku Tambusai No.23, Bangkinang, Kampar
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif
ISSN : "_"     EISSN : 30468760     DOI : https://doi.org/10.31004/catha
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif merupakan jurnal yang dikelola oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang menjembatani para peneliti untuk mempublikasikan hasil penelitian di semua bidang keilmuan (multidisiplin). Meliputi bidang pendidikan, kesehatan, hukum, ekonomi, IT (Teknik Informatika), Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Perikanan, Pertanian, Sosial Humaniora dan bidang ilmu lainnya. Jurnal terdaftar E-ISSN 3046-8760. Jurnal ini terbit empat kali setahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2024): Januari" : 8 Documents clear
Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Nurhaswinda, Nurhaswinda; Putri Hana Pebriana; Yesi Yusmita; Afriza Rahma Rani
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.1

Abstract

Pendidikan agama islam dalam keluarga masih kurang diberikan terutama oleh orang tua karena bagi orang tua pendidikan agama islam cukup diberikan oleh guru di sekolah-sekolah berbasis islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun studi deskriptif ini dipilih karena bertujuan untuk menganalisis unit tertentu yaitu sepuluh orang tua yang memilik anak usia dini 7-12 tahun pada kegiatan informal yang didapatkan dari pendidikan dalam keluarga. Adapun metode pengumpulan data dengan cara mewawancarai sepuluh orang tua dengan latar pendidikan magister dengan profesi sebagai akademisi di perguruan tinggi dan menganalisis hasil jawaban kuesioner. Instrumen yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dan lembar wawancara via google form. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dari kedua metode pengumpulan data tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku tambusai. Hasil penelitian mengatakan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan agama islam anak dikategorikan kurang maksimal. Sebagaimana orang tua berhak memberikan pendidikan, memelihara, membesarkan anak dengan kasih sayang dalam pendidikan agama islam. Memberikan pemahaman, pengetahuan, serta memberikan nafkah yang halal serta mendo’a kan dengan segala kebaikan yang diberika keluarga terutama orang tua kepada anak.Upaya yang dilakukan orang tua terhadap pendidikan agama islam sudah berupaya walaupun belum maksimal dimana para orang tua berusaha memberikan motivasi, pembinaan seperti memberikan hadiah, mengantar anak serta memberikan hukuman apabila anak susah untuk dinasehati meskipun orang tua hanya menyerahkan pendidikan agama islam anak kepada guru saja karena faktor kesibukan orang tua.  Faktor pendidikan agama islam bukan hanya dari keluarga tapi juga dari faktor lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Self-Management dalam Pengelolaan Manajemen Keuangan Mahasiswa Diah Ayu Maharani; Hilda Eriyani; Nela Agistiani; Tarisa Putri Agustina
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.2

Abstract

Pengaruh konseling kelompok dalam pengelolaan manajemen keuangan mahasiswa dengan teknik Self-Management. Berdasarkan penelitian Parmitasari dkk (2018) Tentang perilaku keuangan Mahasiswa. Mereka menyimpulkan bahwa gaya hidup hedonistik berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dalam pengumpulan data, dilakukan konseling kelompok sesuai dengan prosedur. Penelitian ini fokus pada seberapa besar pengaruh konseling kelompok dengan teknik manajemen mandiri dalam pengelolaan manajemen keuangan mahasiswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian konseling kelompok menggunakan teknik self management bepengaruh dalam mengurangi perilaku konsumtif siswa.
Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD pada MataKuliah Konsep Dasar Matematika Nurul Hidayah; Purwalis Miftahuljannah; Nur Sarah; Dana Fitriana; Tri Ayu Ashari; Maya Riantika
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.3

Abstract

Pemahaman Konsep Dasar Matematika Merupakan Unsur Yang Paling Penting Dalam Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar (SD). Dengan  Pahamnya Konsep Dasar, Memungkinkan Seorang Guru Dapat Menyelasaikan  Masalah Konsep Dasar Matematika Dengan Mudah. Karena Dalam  Menyelesaikan Suatu Masalah Matematika Haruslah Paham Terhadap Konsep  Dasar Matematika. Jadi Jurnal Ini Dilatar Belakangi Karena Kurangnya Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika Yang Bertujuan Untuk Menganalisis Pemahaman Konsep Dasar Matematika  Mahasiswa PGSD Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024 Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika. Pada Mata Kuliah Ini Mahasiswa Mampu  Menguasai, Memahami, Dan Terampil Dalam Mempelajari Mata Pelajaran Di Sekolah Dasar. Dalam Pemahaman Konsep Matematika Dapat Digunakan Pendekatan Matematika Realistic, Karna Dengan Pendekatan Ini Guru Dipandang Sebagai Fasiliator, Moderator Dan Evaluator Yang Menciptakan Situasi Dan Menyediakan Kesempatan Bagi Siswa Untuk Menemukan Kembali Ide Dan Konsep Matematika Dengan Cara Mereka Sendiri. Sehingga Dalam Pemahaman Konsep Dan Symbol Matematika Mahasiswa Sebagai Calon Guru Dilatih Membuat Media Matematika Sederhana Yang Dapat Digunakan Dalam Pembelajaran, Khususnya Pembelajaran Matematika. 
Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Astrid Aprillia; Sri Reski Maulana Putri; Lusiana Jelita; Sri wartina; Seri Selviani; Diana Fatika Sari
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan indikator kesalahan yaitu jenis kesalahan konsep, jenis kesalahan prinsip dan jenis kesalahan operasi. Subjek penelitian adalah siswa SD,SMP,SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dan pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan konsep dimana kesalahan subjek tidak dapat memahami konsep variabel,  subjek tidak menuliskan pemisalan dan kesalahan dalam menjemahkan  permasalahan ke dalam model matematika. Sehingga apabila kesalahan konsep  dilakukan secara otomatis, kesalahan prinsip dan kesalahan operasi pasti  dilakukan dan permasalahan tidak dapat dijelaskan lebih lanjut karena  subjek tidak dapat menuliskan bentuk persamaan sehingga soal tidak dapat  terselesaikan dengan benar. 
Pengaruh Kepemipinan Kepala Sekolah, Terhadap Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Guru Di SD Negeri 35 Pekanbaru Jamaludin Hidayatulloh; Eka Elvany; Siti Rahayu; Tri Noviastuti; Marwa Marwa
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.6

Abstract

SD Negeri 35 pekanbaru  merupakan salah satu sekolah yang unggul terlihat dari prestasi yang di raih yaitu menjadi sekolah SPMI (system penjamin mutu internal, kemudian menjadi sekolah sahabat keluarga, menjadi sekolah pilihan kemendikbud dalam sosialisasi ZI-WBK, dan menjadi sekolah literasi. Melalui penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran umum atau karakteristik dari suatu populasi yang mempengaruhi kepemipinan kepala sekolah, terhadap kepuasan kerja dan loyalitas guru di SD Negeri 35 Pekanbaru dengan sebaran angket atau kuisioner. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yang mengindikasikan bahwa: realitas kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 35 Pekanbaru berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 56,7%; realitas kepuasan kerja guru di SD Negeri 35 Pekanbaru berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 53,3%; dan kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru di SD Negeri 35 Pekanbaru dengan persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 24,209 + 0,607X. Besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SD Negeri 35 Pekanbaru adalah 27,5%. Hal tersebut mengindikasikan bahwa tingkat pengaruh yang dihasilkan cukup tinggi. Oleh karena itu, semakin baik kepemimpinan visioner yang diterapkan oleh kepala sekolah, semakin memberikan kontribusi terhadap kepuasan kerja guru.
Studi    Literature    :    Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter  Di Sekolah Dasar Ridwan Ardi; Erwin Eka Saputra; L. Parisu, Chairan Zibar; Sri Jumiaty Permatasari; Nurhaswinda
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.7

Abstract

Salah satu problem yang paling mendasar di era globalisasi sekarang ini adalah problem identitas dan karakter kebangsaan. kencangnya arus globalisasi dikhawatirkan akan berdampak pada berkurangnya rasa kecintaan terhadap budaya lokal. Agar eksistensi budaya lokal tetap kokoh, maka kepada generasi pelanjut estafet bangsa perlu ditanamkan rasa cinta terhadap budaya daerah. Salah satu cara yang dapat ditempuh guru di sekolah dasar adalah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran di sekolah. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam pembelajaran diharapkan pendidikan karakter siswa akan tetap kokoh terjaga di tengah kencangnya arus globalisasi.
Studi Literature : Efektivitas Kurikulum Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif Siswa SD Ridwan Ardi
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kurikulum berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan kreatif siswa SD yang dilakukan melalui studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Proyek juga dapat meningkatkan keyakinan diri para siswa, kreativitas untuk belajar, kemampuan kreatif, dan mengagumi diri sendiri. Penggunaan pendekatan PBL dalam pembelajaran terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Implementasi Model Pendidikan Karakter Berbasis Multikultural Ridwan Ardi; Erwin Eka Saputra
Catha : Jurnal Penelitian Kreatif dan Inovatif Vol. 1 No. 1 (2024): Januari
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/catha.v1i1.9

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan membentuk dan membangun pola pikir, sikap, dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab. Dalam konteks pendidikan, pendidikan karakter adalah usaha sadar yang dilakukan untuk membentuk peserta didik menjadi pribadi yang positif dan berakhlak karimah sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) sehingga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pengimplementasian pendidikan karakter berbasis multikultural di sekolah memerlukan strategi yang tepat, efektif, dan partisipatif melibatkan seluruh komponen pendidikan. Ketepatan pemilihan strategi akan memberikan hasil yang optimal dalam membentuk peserta didik yang berkarakter. Dengan demikian upaya pengembangan model-model pendidikan karakter sebagai sebuah strategi pengimplementasian pendidikan karakter berbasis multikultural sangat penting dilakukan. Pengembangan model pendidikan karakter berbasis multikultural berprinsip integratif, kompak, dan konsisten. Integratif berarti mengintegrasikan pendidikan karakter berbasis multikultural ke dalam seluruh program dan kegiatan sekolah. Kompak berarti seluruh komponen pendidikan memiliki sikap dan pandangan yang sama dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis multikultural. Konsisten artinya seluruh komponen pendidikan memiliki sikap dan pandangan yang konsisten dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis multikultural.

Page 1 of 1 | Total Record : 8