cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
ISSN : 19799594     EISSN : 25415492     DOI : 10.21831
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2015): September-November" : 9 Documents clear
Efektivitas penggunaan media visual terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul Surwantini, Eti
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.035 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8273

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap: 1) perbedaan prestasi belajar siswa yang diajardengan menggunakan media visual dan tanpa media visual; 2) efektivitas penggunaanmedia visual terhadap prestasi belajar; 3) perbedaan motivasi belajar siswa yang diajardengan menggunakan media visual dan tanpa media visual dan 4) efektivitas penggunaanmedia visual terhadap motivasi belajar pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatansehari-hari. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian dilakukan padasiswa kelas III SD di Gugus 01 Kecamatan Imogiri. Desain penelitian yang digunakanadalah nonequivalent pretest posttest control group design. Pengumpulan data menggunakantes prestasi belajar dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data dengan anova dan onesample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan padahasil akhir prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan p < 0.05dan media visual terbukti efektif terhadap prestasi belajar. Tidak ada perbedaan yangsignifikan pada skor akhir motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrolkarena p > 0.05 namun media visual lebih efektif daripada media konvensional terhadapmotivasi belajar siswa
Stimulasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini melalui estetika gerak permainan tradisional masyarakat Yogyakarta Pamungkas, Joko
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1283.986 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8265

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan stimulasi perkembangan nilai-nilai agama dan moral pada Anak Usia Dini melalui estetika gerak permainan tradisional masyarakat Yogyakarta. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan dengan menggunakan pendekatan siklus. Langkah penelitian siklus dimulai dari memilih arah penelitian, mengumpulkan data, menganalisa dan menafsirkan data, mengambil tindakan, merefleksikan hasil tindakan, memperbaharui tindakan dan melanjutkan kembali penelitian ke langkah awal, yaitu memilih arah penelitian lebih khusus dan seterusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan teknik analisis data interaktif dari Miles & Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan siklus I terdapat prosentase 64%, siklus II 78%, dan siklus III sebesar 83% yang berarti bahwa permainan tradisional berpengaruh positif terhadap perkembangan moral anak. Permainan yang digunakan adalah ular naga, cublak-cublak suweng pada siklus I. Siklus II menggunakan suksuk pari ambruk dan jamuran. Siklus III menggunakan permainan sim-sim terimakasim
Identifikasi kebutuhan pembelajaran bagi anak multiple disabilities visualy impairment (MDVI) secara terpadu Rudiyati, Sari; Sukinah, Sukinah; Rahmawati, Rafika
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2574.444 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8274

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi orangtuadan guru dalam mendampingi belajar anak MDVI, pengembangan kemampuan belajar,dan pengembangan draf instrumen asesmen berbasis kebutuhan belajar anak MDVI.Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat secara naturalkondisi yang senyatanya. Hasil penelitian mengidentifikasi 29 kebutuhan belajar untukdikembangkan dalam instrumen asesmen pembelajaran. Aspek yang harus dikembangkandalam mengoptimalisasikan kemampuan belajar anak MDVI meliputi performancedi sekolah, rabaan, ketidakamanan gravitasi, otot, koordinasi bilateral, perencanaanmotorik, koordinasi motorik kasar dan halus, penglihatan, pendengaran, pembau, danpencecap. Draf instrumen asesmen yang dikembangkan berbasis kebutuhan belajar anakMDVI terdiri dari instrumen identifikasi permasalahan yang dihadapi orangtua dalampendampingan belajar, identifikasi komponen pengembangan kemampuan belajaranak dan instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar anak tunanetra dengankecacatan tambahan. Berdasarkan penilaian kelompok pengguna disimpulkan bahwadraf instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar "Multiple Disabilities VisuallyImpaired" dapat digunakan dengan adanya revisi sesuai dengan masukan pengguna.Masukannya dalam aspek pemilihan kata yang mudah dipahami, perlu adanya contohkongkrit, pembenahan kalimat pernyataan dan penyederhanaan kalimat
Pengembangan panduan layanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus Chamidah, Atien Nur; Purwandari, Purwandari; Mahabbati, Aini
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1422.957 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8267

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi model dan menghasilkan buku panduanlayanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitianmenggunakan pendekatan Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalahpraktisi kesehatan mental di sekolah, dan praktisi lain yang terlibat dalam layanankesehatan mental (psikolog dan dokter), dan pengguna (guru) di SLB di Daerah IstimewaYogyakarta. Data penelitian akan dikumpulkan melalui kuosioner dan Focus GroupDiscussion (FGD) serta akan dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif serta kuantitatif.Rangkaian kegiatan penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa buku panduanlayanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus yang telahdiuji validasi oleh subjek penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan akan menjadipenelitian ujicoba produk dalam skala yang lebih besar
Pengembangan model pelatihan kepemimpinan bagi organisasi kepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta Hiryanto, Hiryanto; Wibawa, Lutfi; Rohadi, Al Setya
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1015.56 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8275

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan peta konsep tentang kebutuhan pelatihankepemimpinan pengurus organisasi kepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta; 2)Melakukan kegiatan pengembangan model pelatihan kepemimpinan pengurus organisasikepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalahPenelitian dan Pengembangan (R & D) model Borg and Gall yang dimodifikasi. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa: 1) Kebutuhan pelatihan kepemimpinan pengurusorganisasi kepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dirumuskan sebagaiberikut: 1. Kebutuhan Pelatihan Keorganisasian, 2. Kebutuhan Pelatihan Instruktur; 3.Pelatihan Kader Inti dan Instruktur. 2) Pengembangan model pelatihan kepemimpinanpengurus organisasi kepemudaan di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dirumuskansebagai berikut: Model pelatihan diselenggarakan oleh organisasi kepemudaan mulai dariorientasi organisasi kepemudaan, Latihan Kepemimpinan Tingkat I, Suplemen 1, untukorganisasi kepemudaan tingkat kabupaten/kota. Sedangkan untuk tingkat propinsi terdiridari Latihan Kepemimpinan Tingkat II, suplemen 2. Sedangkan untuk tingkat pusat,terdiri dari: Latihan Kepemimpinan Tingkat III, penyegaran, dan pelatihan instrukturdan pelatihan kader inti
Model blended learning untuk meningkatkan kemandirian belajar dan daya tarik dalam perkuliahan Ismaniati, Christina; Sungkono, Sungkono; Wahyuningsih, Dian
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1084.337 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dandaya tarik instruksional perkuliahan menggunakan model blended learning. Penelitianini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkanbahwa, kemandirian belajar mahasiswa Prodi TP FIP UNY dan daya tarik instruksionalperkuliahan Multimedia Pembelajaran meningkat dengan digunakannya modelblended learning. Kemandirian belajar mahasiswa semula berada pada kategori sangatkurang dengan persentase 39%, meningkat pada siklus pertama dengan persentase60% yang berada pada kategori rendah, dan kembali meningkat pada siklus keduadengan persentase 73% yang berada pada kategori tinggi. Daya tarik instruksional jugamengalami peningkatan, semula berada pada kategori sangat rendah dengan persentase33%, meningkat pada siklus pertama dengan persentase 61,5% yang berada padakategori rendah, dan kembali meningkat pada siklus ketiga menjadi 87,5% pada kategorisangat tinggi. Peningkatan tersebut diperoleh melalui pengaturan setiap tahap modelblended learning dengan mengoptimalkan peran mahasiswa dalam mengelola kegiatanbelajarnya. Faktor pembiasaan pemanfaatan e-learning dalam perkuliahan juga membantumeningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Daya tarik instruksional perkuliahandapat meningkat melalui penggunaan dua bentuk pembelajaran yaitu tatap muka danonline. Penggunaan metode hypertext dalam e-learning juga memiliki kontribusi dalammeningkatkan daya tarik instruksional perkuliahan. Metode hypertext dapat membantumahasiswa untuk mencari materi yang paling dibutuhkan dalam belajar
Kontribusi manajemen supervisi kepala kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi terhadap kinerja kepala sekolah dasar Andari, Sri
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6661.376 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah manajemen supervisi kepalasekolah, motivasi kerja guru, dan iklim organisasi berpengaruh signifikan secara sendirisendiridan bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Wonosari,Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subyek penelitianadalah 520 guru sekolah dasar yang ada di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkiduldan sampelnya sebanyak 78 orang yang ditentukan dengan teknik multi stage randomsampling. Instrumen pengumpulan berupa kuesioner. Analisis data dilakukan dengananalisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa 1) Manajemen supervisi kepala sekolah tergolong sangat baik, dan berpengaruhsignifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi 39,3%, 2) Motivasi kerja guru tergolongsangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi 31,7%,3) Iklim organisasi tergolong sangat baik, dan berpengaruh signifikan terhadap kinerjaguru dengan konstribusi 40,1%, dan 4) Manajemen supervisi kepada sekolah, motivasikerja dan iklim organisasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerjaguru di Sekolah Dasar Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dengan konstribusi59,6%
Analisis implementasi pendidikan berbasis budaya pada lembaga pendidikan nonformal di Daerah Istimewa Yogyakarta Djazifah, Nur; Mulyadi, Mulyadi; Septiarti, Serafin Wisni
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1602.291 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya analisis terhadapimplementasi pendidikan berbasis budaya (Perda no 5 Tahun 2011) di Daerah IstimewaYogyakarta khususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai layananpendidikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa 1) sosialisasi pendidikan berbasis budaya dilakukansecara terstruktur dari tingkat propinsi hingga lembaga penyelenggara kursus melaluiworkshop, TOT, seminar, FGD; 2) Tingkat kesiapan LKP dalam menjalankan pendidikanberbasis budaya dari aspek isi, proses, sarana prasarana dan sumber daya manusia terlibatdalam layanan pendidikan masyarakat ini berbeda-beda. Terdapat 46 LKP di DIY dengankualifikasi terakreditasi BANPNF ada sebagian yang belum sepenuhnya menerapkanpendidikan berbasis budaya; 3) Beberapa kesulitan yang teridentifikasi kaitannya denganimplementasi Perda no 5 Tahun 2011 tentang pendidikan berbasis budaya ini meliputikompleksitas permasalahan yang dihadapi LKP, kesulitan dalam mencari indikatorpendidikan berbasis budaya berdasarkan nilai-nilai luhur budaya Yogyakarta sehinggatidak mudah untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran, waktu yang digunakanuntuk menyusun kurikulum berbasis budaya ke dalam format-format yang baru sangatpanjang dengan tim yang sering berganti-ganti sehingga terkesan melelahkan
Implementasi MBTI untuk pengembangan karir mahasiswa: studi perbedaan tipe kepribadian pada mahasiswa bimbingan konseling Setiawati, Farida Agus; Triyanto, Agus; Gunawan, Nanang Erma
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2015): September-November
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1527.019 KB) | DOI: 10.21831/jpipfip.v8i2.8272

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe-tipe kepribadian individu denganMyers-Briggs Type Indicator (MBTI) pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling diFakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta. Di samping tipe kepribadian,penelitian akan mengukur kompetensi konselor yang dimiliki oleh para subjek. Tujuanberikutnya adalah mengetahui perbedaan kompetensi konselor berdasar berbagai tipekepribadian. Data dikumpulkan dengan teknik survey dengan menggunakan duainstrumen yaitu MBTI dan kompetensi konselor yang sudah diadaptasi dari AmericanSchool Counselor Association (ASCA) tahun 1992. Hasil menunjukkan subyek dengantipe ekstrovert berjumlah lebih banyak daripada yang introvert, cenderung memperolehinformasi dengan sensing daripada intuisi, membuat keputusan dengan feeling daripadathinking, dan orientasi terhadap dunia luar yang relatif sama antar subyek penelitian. Padakompetensi konselor, ada perbedaan rerata kompetensi pribadi pada subyek ekstrovertdan introvert (t=3.602 sig. p=.0.000) dan pada kompetensi keterampilan (t=2.167 sig.p=0.031). Sementara itu tidak ada perbedaan pada aspek pengetahuan dan professionalyang mana juga nampak pada tipe kepribadian sensing dan intuition, thinking dan feeling,dan judging dan perceiving

Page 1 of 1 | Total Record : 9