cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsantiajipendidikan@unmas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
ISSN : 20879016     EISSN : 26854694     DOI : https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2
Core Subject : Education,
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)" : 13 Documents clear
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMAN 11 DENPASAR Ni Putu Wahyunita Savitri; I Dewa Putu Juwana
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.6069

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas XI. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan semua siswa di kelas XI MIPA 1. Data tentang aktivitas belajar diperoleh dari pedoman lembar pengamatan yang digunakan pada siklus I dan siklus II. Analisis hasil aktivitas belajar siswa dilakukan dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peningkatan rata-rata dari 61,91% dalam kategori kurang menjadi 81,51% dalam kategori baik yang menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar materi sistem pencernaan kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Peneliti lain harus terus melakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam biologi dan mata pelajaran lain karena ini secara langsung meningkatkan aktivitas belajar siswa.
THE USE OF TALKING CHIPS TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL I Gusti Agung Putri Wirastuti; Dewa Ayu Ari Wiryadi Joni; Ni Nyoman Ayu Fuji Saraswati
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.6901

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan talking chips untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh SMAN 2 Mengwi pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing terdiri dari dua sesi. Peneliti menilai subjek dengan menggunakan rubrik penilaian berdasarkan tiga kriteria; kefasihan, pemahaman, dan tata bahasa. Penelitian dimulai dengan memberikan pretest kepada subjek yang diteliti. Skor rata-rata dalam pre-test menunjukkan angka 51,80. Hasil skor post-test pada siklus I menunjukkan peningkatan angka rata-rata sebesar 80,91. Hasil skor post test yang diperoleh subjek yang diteliti pada siklus II menunjukkan angka mean yang meningkat yaitu 91,46. Kemudian, data dianalisis dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test. Peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hasil dari pemberian kuesioner menunjukkan bahwa 62,62% subjek sangat setuju, 30,99% setuju, 6,20% ragu-ragu, 0,13% tidak setuju dan 0,06% sangat tidak setuju dengan penggunaan talking chips dalam meningkatkan kemampuan berbicara. Respon siswa positif terhadap penerapan talking chips.
SMALL GROUP DISCUSSION: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA Ni Made Satya Pratiwi; I Wayan Sudiarsa
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.6972

Abstract

Penlitian ini berawal dari latar belakang pembelajaran yang masih dilakukan guru secara konvensional atau masih bersifat teacher centered, dan juga hasil belajar siswa yang masih rendah. Siswa yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung lebih sedikit jika dibandingkan dengan siswa yang pasif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan guna mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode belajar small group discussion di kelas XI untuk materi sistem eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan 2 siklus, satu siklusnya menghabiskan 2 kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes, dengan menggunakan tes objektif (pilihan ganda) yang dijadikan sebagai soal posttest. Instrumen tes terdiri dari soal-soal yang digunakan untuk mengukur nilai siswa setelah pembelajaran.  Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa implementasi metode pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi sistem eksresi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Peningkatan dapat dilihat dari rata-rata pada pra-siklus mendapatkan rata-rata sebesar 73.75, dan persentase ketuntasan sebesar 36.36% dengan kategori “cukup”. Pada siklus pertama mendapatkan kenaikan rata-rata sebanyak 77.27, dan besar persentase yang tuntas sebanyak 52.27% dengan kategori “baik”. Pada siklus kedua mendapatkan kenaikan rata-rata sebanyak 90.11, dan besar persentase yang tuntas sebanyak 81.81% dengan kategori “baik sekali”.
GAME-BASED LEARNING: STRATEGI PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA Ni Made Radita Purnama Putri; I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7004

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak Game-based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kuta Utara tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023. Subjek penelitian berjumlah 46 siswa yang berasal dari kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 1 Kuta Utara pada tahun akademik 2022/2023. Objek penelitian adalah penerapan Game-based Learning serta hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi. Penelitian tersebut menemukan bahwa pembelajaran berbasis game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata siswa dan persentase ketuntasan hasil belajar mereka dalam seluruh siklus penelitian. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 54,34% meningkat menjadi 71,73% dan 86,95% secara berturut setiap siklusnya. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 74,45 meningkat menjadi 81,41 dan menjadi 87,06 secara berturut setiap siklusnya. Hasil tersebut menunjukkan strategi Game-based Learning dalam pembelajaran biologi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMP KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE PISA Diah Ajeng Putri Sabrina; Kadek Rahayu Puspadewi; Putu Ledyari Noviyanti
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7052

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal-soal tipe PISA berdasarkan level kategori kemampuan literasi matematika dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kemampuan literasi matematika siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal PISA, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan level PISA berada pada kategori baik sekali pada level 1 (87%), baik pada level 2 (73,33%) dan level 3 (66,67%), kurang pada level 4 (33,33%) dan level 5 (27%), dan kurang sekali pada level 6 (20%). Faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa adalah faktor personal mengenai cara pandang siswa serta rasa percaya diri siswa terhadap kemampuannya dalam pembelajaran matematika dan faktor instruksional yang berasal dari penggunaan metode ajar guru. Untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa, disarankan agar guru membiasakan siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal kontekstual.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS MAHASISWA Ida Ayu Made Wedasuwari; Ni Wayan Eminda Sari
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Pelaksanaan pembelajaran online dalam mengembangkan keterampilan menulis menunjukkan bahwa 88% mahasiswa menguasai aplikasi pembelajaran online dan sebanyak 12% mahasiswa belum menguasai aplikasi pembelajaran online dengan baik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah sebesar 39% metode yang digunakan adalah pemberian tugas, 26% adalah metode problem based learning, 23% metode diskusi, dan 12% ceramah. Aplikasi online yang digunakan dalam pembelajaran yaitu 32 % pembelajaran dilakukan dengan google classroom, 24% dengan whatsapp grup, 20% dengan google meet, 14% dengan zoom, 8% dengan wattpad, dan 2% dengan email. Respons mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran online yaitu sebanyak 78% mahasiswa setuju pembelajaran online tetap diterapkan dan 22% mahasiswa tidak setuju pembelajaran online tetap dilaksanakan. Penelitian ini berimplikasi terhadap proses pembelajaran online yang dilakukan oleh dosen, sehingga dosen dapat mengemas pembelajaran online dengan lebih menyenangkan, inovatif dan memotivasi mahasiswa dalam mengambangkan keterampilan menulis.
PERSEPSI GENERASI MUDA TENTANG POTENSI WIRAUSAHA RAMAH LINGKUNGAN DARI BUDIDAYA HIDROPONIK: EKSPLORASI DENGAN PHOTOVOICE Ni Putu Ayu Puspita Dewi; Sang Putu Kaler Surata; Dewa Ayu Puspawati
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7358

Abstract

Ecopreneurship dan kewirausahaan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan memiliki hubungan yang erat. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi tentang potensi kewirausahaan ramah lingkungan kegiatan bercocok tanam hidroponik melalui pendekatan photovoice. Sebanyak delapan anggota Sekaa Teruna Banjar Babakan Canggu dan dilakukan antara November 2020 hingga Januari 2021 di Banjar Babakan, Desa Canggu, Kuta Utara, Badung-Bali. Berbagai alat digunakan, termasuk foto-foto tanaman hidroponik, wawancara semi-terstruktur, pesan WhatsApp, perekam suara, dan buku catatan. Metode analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penilaian dari FGD pertama hingga FGD kedua. Pada FGD I, para peserta cenderung berfokus pada tema-tema yang terkait dengan ekologi, ekonomi, efisiensi, dan efektivitas berdasarkan observasi mereka terhadap budidaya hidroponik dalam gambar. Namun, pada FGD II, pandangan para peserta menjadi lebih luas setelah diperkenalkan dengan konsep penanaman dan mereka mulai memilih tema-tema yang bersifat ekologis, ekonomis, efektif, dan sosial.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK SISWA KELAS VII SMPN 1 SUSUT Jero Budana; Ni Luh Sukanadi; I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik siswa kelas VII D SMP N 1 Susut tahun pelajaran 2023/2024. Khususnya dalam bidang sastra cerita rakyat  berupa dongeng sangat memberikan impirasi pada  anak dalam menciptakan kreatifitas yang dapat meningkatkan minat belajar mengajar   di sekolah.   Karya sastra   berupa dongeng dapat menjadi pedoman  bagi guru untuk meningkatkan   semangat  siswa yang dapat diarahkan pada karya sastra sehingga bakat dan minat siswa yang ada khususnya  karya Indonesia dapat diarahkan dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan prasiklus 4,15, pada siklus pertama nilai siswa 6,72, siklus kedua nilai siswa 7,09 dan di siklus ketiga nilai siswa 8,24.
LEARNING COMMUNITY: ALTERNATIF SOLUSI PENINGKATAN PEMAHAMAN GURU TERHADAP ASESMEN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA I Made Surya Hermawan; I Made Diarta; I Ketut Wardana; Dewa Gede Agus Putra Prabawa; Jesminarti Lero Zogara; Ni Kadek Sintya Purnama Sari
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7415

Abstract

Baru-baru ini, Indonesia melakukan peralihan kurikulum pendidikan dari Kurikulum 2013 menuju Kurikulum Merdeka. Dalam menyikapi perubahan tersebut, diperlukan upaya peningkatan pemahaman guru sehingga esensi perubahan kurikulum dapat dicapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman guru tentang asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka melalui strategi Learning Community (LC). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN Negeri 2 Kerambitan dari bulan Juni sampai dengan Agustus 2023 yang melibatkan 46 orang guru. Pendekatan pra eksperimen digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini dengan one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan instrumen tes yang terdiri atas 15 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif yang dilanjutkan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman guru terhadap asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka setelah penerapan strategi LC yang signifikan (p<0,05). Ditemukan pula terjadi pengurangan gap pemahaman antarguru setelah perlakuan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkap efektivitas LC dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap asesmen pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan melibatkan subjek yang lebih luas serta menggunakan pendekatan penelitian kuasi eksperimen.
WORDS PROCESSING AND ANTICIPATION ABILITY BY EFL LEARNERS I Ketut Wardana
Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36733/jsp.v13i2.7510

Abstract

Dengan pengetahuan tentang proses mental kata maupun frasa bahasa Inggris, guru EFL dapat mengaktivasi kemampuan siswa dalam mengantisipasi kata sesuai konteks. Akan tetapi, tidak banyak rujukan yang dapat membantu menjelaskan fenomena ini. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kecenderungan siswa EFL dalam mengantisipasi kata baik dalam ujaran maupun tulisan. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. 20 Partisipan yang direkut adalah siswa SLUB kelas Bilingual. Intrumen yang digunakan adalah 10 test tulis dan 10 test pancingan lisan. Data dianalis secara deskriptif melalui analisis konten dari perspetif teori sistem antisipasi kata. Hasil penelitian mengindikasikan kemampuan siswa mengantiipasi kata dalam tulisan dikategorikan “sedang” sementara untuk lisan dinilai “rendah”. Terdapat kecenderungan yang signifikan siswa memilih kata dengan tepat berdasarkan pengetahuan makna seluruh kalimat dan pertimbangan hubungan makna kata dalam pilihan yang disediakan. Sementara, analisis konten menunjukkan bahwa siswa memilih kata berdasarkan kata sebelumnya bukan setelahnya. Artinya kata yang tepat muncul dengan mengantisipasi fitur-fitur semantik dan gramatikal kata yang diikuti bukan bukan sebaliknya. Dengan temuan ini, guru EFLdisarankan untuk menstimulasi fitur-fitur semantik kata yang memeiliki agreement dengan kata -kata lain dalam konteks mellaui strategi pengajaran yang inovatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 15 No. 1 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 2 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 2 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 13 No. 1 (2023): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 3 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 2 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 11 No 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 11 No. 1 (2021): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 2 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 10 No 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 10 No. 1 (2020): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 2 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 9 No. 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 2 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 8 No. 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 8 No 1 (2018): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 7 No. 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 7 No 2 (2017): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 5 No. 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 5 No 2 (2015): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 4 No 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 4 No. 2 (2014): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 3 No 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 3 No. 2 (2013): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 2 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol 1 No 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) Vol. 1 No. 1 (2011): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) More Issue