cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025" : 20 Documents clear
Pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karyawan Pada PT. Sutopo Lestari Jaya Kabupaten Banyuasin Azzahra, Alliya Okina; Akila, Akila; Puspita, Santi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16266

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Budaya Organisasi dan Pengembangan Karir terhadap Komitmen Karyawan pada PT. Sutopo Lestari . Dalam penelitin ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah populasi  yang diteliti yaitu 129 orang karayawan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa metode analisis data yang di antaranya analisis regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, uji t, dan uji F yang semuanya dilakukan dengan menggunakan SPSS 22 for Windows. Hasil pembahasan menunjukkan nilai signifikansi variabel Budaya Organisasi (X1) menunjukan angka 0,000 kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti Budaya Organisasi (X1) berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Karyawan (Y). Sedangkan nilai signifikansi variabel Pengembangan Karir (X2) menunjukan angka 0,000 kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menunjukkan bahwa Pengembangan Karir (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Komitmen Karyawan (Y) pada karyawan PT. Sutopo Lestari Jaya di Kabupaten Banyuasin. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Pengembangan Karir, Komitmen Karyawan   ABSTRACT This research was conducted to examine the influence of Organizational Culture and Career Development on Employee Commitment at PT. Sutopo Lestari. This research uses quantitative methods. The population studied was 129 employees. The method used in this research is a data analysis method, including multiple linear regression analysis, correlation coefficient analysis, coefficient of determination, t test, and F test, all of which were carried out using SPSS 22 for Windows. The results of the discussion show that the significance value of the Organizational Culture variable (X1) is 0.000, less than 0.05. Thus the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, which means that Organizational Culture (X1) has a significant effect on Employee Commitment (Y). Meanwhile, the significance value of the Career Development variable (X2) shows 0.000, less than 0.05. Thus the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted which shows that Career Development (X2) has a significant influence on Employee Commitment (Y) in PT employees. Sutopo Lestari Jaya in Banyuasin Regency. Keywords : Organizational Culture, Career Development, Employee Commitment.
Pengaruh Beban Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Soleh, Yogi Rahmat; Suhada, Suhada; Akila, Akila
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16320

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana kepuasan dan beban kerja mempengaruhi kinerja pekerja pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Populasi penelitian ada 70 pegawai Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Tujuh puluh responden dijadikan ukuran sampel untuk penelitian ini, yang menggunakan pendekatan sampling jenuh. Kuesioner merupakan alat yang digunakan dalam metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang cukup besar antara kinerja pekerja dengan beban kerja t = 9,247, ambang signifikansi 0,000 < 0,05. Fakta bahwa nilai t > nilai t tabel dan ambang signifikansi < 0,05 terlihat data tersebut signifikan. Produktivitas karyawan dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Mengingat nilai signifikansinya adalah 0,000 dan nilai t adalah 7,347 lebih besar dari nilai t tabel dan tingkat signifikansinya > 0,05, maka hal ini mungkin signifikan. Temuan uji koefisien determinasi menunjukkan R square berjumlah 82,5% atau 0,825. Walaupun faktor-faktor di luar persamaan regresi mempunyai pengaruh terhadap kinerja pekerja (Y), namun sebesar 82,5% variasi beban kerja (X1) serta kepuasan kerja (X2) terhadap kinerja pekerja (Y) dapat dijelaskan. Kata Kunci: Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.   ABSTRACT The aim of the research is to see how satisfaction and workload influence the performance of workers at the South Sumatra Province Trade Service. The research population was 70 employees of the South Sumatra Province Trade Service. Seventy respondents served as the sample size for this study, which used a saturated sampling approach. Questionnaires are a tool used in quantitative research methods to collect data. The research results show that there is a fairly large correlation between worker performance and workload (t = 9.247, significance threshold 0.000 < 0.05). The fact that the t value > t table value and the significance threshold < 0.05 shows that the data is significant. Employee productivity is influenced by job satisfaction. Considering that the significance value is 0.000 and the t value is 7.347 which is greater than the t table value and the significance level is > (0.05), then this may be significant. The coefficient of determination test results show that the R square is 82.5% or 0.825. Although factors outside the regression equation have an influence on worker performance (Y), 82.5% of the variation in workload (X1) and job satisfaction (X2) on worker performance (Y) can be explained. Keywords : Workload, Job Satisfaction, Employee Performance.
Pengaruh Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Diskominfo Ogan Ilir Ramadani, Muhammad; Hendri, Edduar; Mulyani, Agus
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16472

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui hipotesis yang menyatakan bahwa kinerja pegawai Dinas Kominfo Ogan Ilir dipengaruhi oleh budaya organisasi dan motivasi kerja. Populasi penelitian Diskominfo Ogan Ilir adalah pekerja tetap sebanyak 78 orang. 78 orang dijadikan ukuran sampel untuk penyelidikan ini, yang menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Kuesioner salah satu alat yang digunakan dalam pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa motivasi kerja dan budaya perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kinerja pegawai dipengaruhi secara signifikan oleh variabel motivasi kerja, dengan kriteria signifikan berjumlah 0,005 < 0,05. Karena diketahui pula terdapat pengaruh secara parsial antara variabel budaya organisasi terhadap kinerja pegawai, dengan tingkat signifikan berjumlah 0,002 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi terhadap kinerja pegawai pada Diskominfo Ogan Ilir. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan.   ABSTRACT The aim of the research is to determine the hypothesis which states that the performance of Ogan Ilir Communication and Information Service employees is influenced by organizational culture and work motivation. The research population of Diskominfo Ogan Ilir was 78 permanent workers. 78 people served as the sample size for this investigation, which used random sampling techniques. Questionnaires are one of the tools used in data collection. This research uses quantitative methodology. The results of hypothesis testing show that work motivation and company culture have a positive effect on employee performance at a significance level of 0.000 < 0.05. Employee performance is significantly influenced by the work motivation variable, with a significant criterion of 0.005 < 0.05. Because it is also known that there is a partial influence between organizational culture variables on employee performance, with a significant level of 0.002 < 0.005, it can be concluded that there is a positive and significant influence between organizational culture variables on employee performance at Diskominfo Ogan Ilir. Keywords : Teamwork, Communication, Employee Performance.
Mewujudkan Kinerja Optimal: Studi Lingkungan Kerja dan Disiplin di Kantor Kementerian Agama Palembang Putri, Windi Yanti; Hendri, Edduar; Novalia, Nurkardina
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16474

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak lingkungan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di Kantor Kementerian Agama di Palembang. Lingkungan kerja yang kondusif dan disiplin yang efektif adalah dua elemen penting yang memiliki potensi untuk meningkatkan produktivitas Kerja karyawan di tempat kerja. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Pengumpulan data melibatkan pembagian kuesioner kepada 51 karyawan yang bekerja di Kantor Kementerian Agama di Palembang. Analisis data mencakup pemanfaatan regresi linier berganda untuk memastikan dampak setiap variabel independen pada variabel dependen. Temuan penelitian mengungkapkan hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja dan kinerja karyawan. Demikian pula, disiplin kerja menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara kolektif, lingkungan kerja dan disiplin kerja berkontribusi pada 65% dari varians dalam kinerja karyawan, dengan persentase sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang belum dijelajahi. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan lingkungan kerja, seperti perbaikan tata letak spasial, pencahayaan, dan kualitas udara, ditambah dengan penegakan disiplin kerja yang konsisten, dapat mengarah pada peningkatan kinerja karyawan di Kantor Kementerian Agama di Palembang. Implikasi praktis dari penelitian ini menggarisbawahi perlunya manajemen organisasi untuk memprioritaskan pengembangan lingkungan kerja yang kondusif dan peningkatan disiplin kerja untuk mencapai kinerja yang optimal. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai, Kantor Kementerian Agama Palembang.   ABSTRACT This study aims to examine the impact of the work environment and work discipline on employee performance at the Ministry of Religion Office in Palembang. A conducive work environment and effective discipline are two important elements that have the potential to increase employee work productivity in the workplace. The methodology used in this study is quantitative, using a correlational descriptive approach. The data collection involved distributing questionnaires to 51 employees working at the Ministry of Religion Office in Palembang. Data analysis includes the use of multiple linear regression to ascertain the impact of each independent variable on the dependent variable. The findings of the study reveal a positive and significant relationship between the work environment and employee performance. Similarly, work discipline shows a positive and significant influence on employee performance. Collectively, work environment and work discipline contribute to 65% of the variance in employee performance, with the remaining percentage influenced by factors that have not yet been explored. Research shows that improved work environments, such as improvements in spatial layout, lighting, and air quality, coupled with consistent enforcement of work discipline, can lead to improved employee performance at the Ministry of Religious Affairs Office in Palembang. The practical implications of this study underscore the need for organizational management to prioritize the development of a conducive work environment and the improvement of work discipline to achieve optimal performance. Keywords : Work Environment, Work Discipline, Employee Performance, Office of the Ministry of Religious Affairs of Palembang.
Diversifikasi Pendapatan dan Profitabilitas Bank Umum Konvensional di Indonesia Efriandy, Iwan; Mahdi, Mahdi; Kesuma, Nilam
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16676

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki maksud untuk menguji dan menganalisis pengaruh diversifikasi (pendapatan nonbunga) terhadap profitabilitas bank yang diproksi dengan return on equity (ROE).  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder dan menggunakan uji regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data/sampel menggunakan kriteria khusus (purposive sampling), sehingga sampel yang digunakan sebanyak 52 unit analisis, diperoleh dari 4 bank persero milik pemerintah dan 9 bank umum swasta nasional yang memiliki total aset di atas 100 triliun yang terdaftar di BEI dalam periode pengamatan 2019-2022. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa variabel non interest income mempunyai nilai signifikansi (Sig) 0,000 di bawah nilai kritis 0,05, maka nilai Sig. (0,000 < 0,05), sedangkan hasil t tabel dan t hitung diperoleh hasil 0,004 < 4,014. Hasil peneltian ini menemukan bahwa, diversifikasi pendapatan (pendapatan nonbunga) mampu mempengaruhi dan meningkatkan profitabilitas bank (return on equity/ROE). Kata Kunci: Diversifikasi Pendapatan, Pendapatan Nonbunga, Profitabilitas, Return on Equity.   ABSTRACT This study aims to test and analyze the effect of diversification (non-interest income) on bank profitability as proxied by return on equity (ROE). This study uses a quantitative method with secondary data and uses a simple linear regression test. The data collection/sampling technique uses special criteria (purposive sampling), so that the sample used is 52 analysis units, obtained from 4 state-owned state-owned banks and 9 national private banks with total assets above 100 trillion listed on the IDX in the observation period 2019-2022. The results of the hypothesis test obtained that the non-interest income variable has a significance value (Sig) of 0.000 below the critical value of 0.05, then the Sig value. (0.000 <0.05), while the results of the t table and t count obtained results of 0.004 <4.014. The results of this study found that income diversification (non-interest income) can influence and increase bank profitability (return on equity/ROE. Keywords : Income Diversification, Non-Interest Income, Profitability, Return on Equity.
Pengaruh Pengalaman Magang, Minat Kerja, dan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang Rahayu, Mutiara Putri; Mafra, Nisa’ Ulul; Najib, Muhammad
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.16678

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujukan guna mengetahui pengaruh soft skills, minat kerja, dan pengalaman magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang. Metode yang diterapkan dipenelitian ini ialah metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel dipenelitian ini menerapkan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 100 responden. Hasil penelitian menampakkan bahwasanya faktor pengalaman magang, minat kerja, dan soft skills bepengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Palembang, baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Pengalaman Magang, Minat Kerja, Soft Skill, dan Kesiapan Kerja.   ABSTRACT This study sought to ascertain the impact of soft skills, work interest, and internship experience on students' preparedness for the workforce at Universitas PGRI Palembang's Faculty of Economics and Business. An associative quantitative method is used in this investigation. Purposive sampling was used in this study's sample technique to obtain samples from 100 respondents. The study's findings demonstrated that the factors of internship experience, work interest, and soft skills had a substantial impact on students' work readiness at Universitas PGRI Palembang's Faculty of Economics and Business, both partially and simultaneously. Keywords : Internship Experience, Work Interest, Soft Skills, and Job Readiness.
Transformasi Penjualan Produk Melalui Strategi Pemasaran Berbasis SWOT Pada UMKM Ayulala Bakery Kota Palu Palembangan, Adinda Yuni; Fadjar, Adifiyani; Bachri, Syamsul; Tambaru, Rachman
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.17527

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi pemasaran berdasarkan analisis SWOT untuk mentransformasikan penjualan produk di Ayulala Bakery secara signifikan dan mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Wawancara dilakukan langsung dengan pemilik Ayulala Bakery sebagai sumber informasi utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ayulala Bakery berada pada posisi Kuadran II analisis SWOT, dengan kekuatan internal yang relatif tinggi namun ancaman eksternal yang signifikan. Disarankan agar Ayulala Bakery melakukan strategi diversifikasi untuk memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan peluang seperti pengembangan produk, memperluas saluran pemasaran melalui platform digital, penghematan bahan baku untuk mengatasi inflasi, dan memperkenalkan produk yang berorientasi pada tren konsumen. Strategi-strategi tersebut diharapkan dapat mendorong transformasi penjualan produk dan mempertahankan posisi pasar yang kompetitif. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT,UMKM.   ABSTRACT This study aims to explore the implementation of a marketing strategy based on SWOT analysis to significantly transform product sales at Ayulala Bakery and maintain its existence amidst increasing competition. The research employs a descriptive qualitative approach, utilizing observation, interviews, and documentation for data collection. Interviews were conducted directly with the owner of Ayulala Bakery as the primary source of information. The results indicate that Ayulala Bakery is positioned in Quadrant II of the SWOT analysis, with relatively high internal strengths but significant external threats. It is recommended that Ayulala Bakery adopt a diversification strategy to expand market share by leveraging opportunities such as product development, expanding marketing channels through digital platforms, saving raw materials to address inflation, and introducing consumer trend-oriented products. These strategies are expected to drive product sales transformation and maintain competitive market positioning. Keywords : Marketing Strategy, SWOT Analysis, MSEMs.
Transformasi Pemasaran Menggunakan BMC Pada Industri Cokelat di Sulawesi Tengah Argenia, Yohana; Zahara, Zakiyah; Fadjar, Adfiyani; Evrianti, Hesti
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.17572

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan (BMC) pada IKM Rapoviaka Simple, salah satu IKM cokelat di Sulawesi Tengah, dalam menghadapi kompetisi bisnis yang sangat ketat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 5 informan termasuk direktur dan mitra bisnis. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IKM Rapoviaka Simple telah berhasil menjalankan bisnis dengan mengimplementasikan sembilan elemen BMC, hal ini terlihat dari semakin meningkatnya income setiap tahunnya. IKM ini berhasil mengidentifikasi segmen pasar utama dan mengembangkan proposisi nilai berupa cokelat berkualitas tinggi yang terbuat dari bahan baku lokal. Melalui penerapan BMC, Rapoviaka Simple berhasil memperkuat posisinya di pasar lokal, melakukan inovasi, dan tumbuh ditengah yang persaingan semakin ketat. Kata Kunci: BMC , Strategi Pemasaran, IKM Rapoviaka Simple.   ABSTRACT This study aims to describe the application of the Business Model Canvas (BMC) to Rapoviaka Simple, one of the chocolate SMEs (Small and Medium Enterprises) in Central Sulawesi, in facing intense business competition. The study employs a descriptive qualitative approach, with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with five informants, including the director and business partners. Data analysis techniques utilize the interactive analysis model by Miles and Huberman. The results of the study indicate that Rapoviaka Simple has successfully operated its business by implementing the nine elements of the BMC, as evidenced by increasing income each year. The SME has successfully identified its main market segments and developed a value proposition in the form of high-quality chocolate made from local raw materials. Through the implementation of the BMC, Rapoviaka Simple has strengthened its position in the local market, fostered innovation, and achieved growth amidst increasingly fierce competition. Keywords : BMC, Marketing Strategy, IKM Rapoviaka Simple.
Pengaruh Penanaman Modal Asing, Indeks Harga Konsumen, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Nilai Ekspor di 5 Negara Asia Tenggara Periode Sebelum dan Pasca Pandemi Covid-19 Puspitasari, Wina Kristi; Nugraha, Handy
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.18185

Abstract

ABSTRAK Periode 2019-2023 menghadirkan ketidakpastian ekonomi global akibat pandemi Covid-19, yang memberi tekanan pada sektor ekspor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Penanaman Modal Asing (PMA), Indeks Harga Konsumen (IHK), dan pertumbuhan Ekonomi terhadap nilai ekspor di lima negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Singapura dengan pengamatan pada periode sebelum covid (2009-2018) dan pasca covid (2019-2023). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari lembaga internasional yaitu Worldbank dan International Trade Centre (Trade Map) dengan metode analisis regresi data panel, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel tersebut dan dampaknya terhadap kinerja ekspor. Hasil penelitian menemukan bahwa sebelum pandemi Covid-19, IHK dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif terhadap ekspor. Sementara PMA tidak berpengaruh terhadap ekspor di lima negara Asia Tenggara tahun 2009-2018. Pasca pandemi Covid-19 yaitu periode 2019-2023, ditemukan bahwa PMA dan IHK berpengaruh positif, sementara pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap ekspor di lima negara Asia Tenggara. Covid-19 memberikan dinamika pada faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor. Kata Kunci: Ekspor, Penanaman Modal Asing, Indeks Harga Konsumen, Pertumbuhan Ekonomi.   ABSTRACT The 2019-2023 period presents global economic uncertainty due to the Covid-19 pandemic, which puts pressure on the export sector. This study aims to analyze the effect of Foreign Direct Investment (FDI), Consumer Price Index (CPI), and Economic growth on the value of exports in five countries in Southeast Asia, namely Indonesia, Malaysia, Thailand, the Philippines, and Singapore with observations in the pre-covid (2009-2018) and post-covid (2019-2023) periods. This study uses secondary data collected from international institutions, namely the Worldbank and the International Trade Center (Trade Map) with the panel data regression analysis method, this study explores the relationship between these variables and their impact on export performance. The results found that before the Covid-19 pandemic, CPI and economic growth had a positive effect on exports. Meanwhile, FDI had no effect on exports in five Southeast Asian countries in 2009-2018. After the Covid-19 pandemic, namely the 2019-2023 period, it was found that FDI and CPI had a positive effect, while economic growth had no effect on exports in five Southeast Asian countries. Covid-19 provides dynamics to the factors that affect exports. Keywords : Export, Foreign Investment, Consumer Price Index, Economic Growth.
Seberapa Jauh Peran Work-Life Balance Sebagai Kunci Performa Optimal Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Start-Up? (Studi Kasus Pada SMI Group) Afifah, Inkha Rizqi Nurul; Purwatiningsih, Aris Puji; Prayitno, Agus; Wibowo, Mochammad Eric Suryakencana
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v22i1.18214

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi work-life balance mampu meningkatkan kinerja karyawan pada perusahaan start-up. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Dalam penelitian ini regresi linier sederhana diolah dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistic 25 dengan metode sampel jenuh melibatkan seluruh populasi pada karyawan SMI Group, Kota Semarang sejumlah 52 responden. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa menerapkan pendekatan work-life balance pada perusahaan start-up berpengaruh positif dalam meningkatkan kinerja karyawan di SMI Group, Kota Semarang. Total pengaruhnya sebesar 56,5%, sisanya sebesar 43,5% diperngaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam studi ini. Kata Kunci: Work-Life Balance, Kinerja Karyawan, Perusahaan Start-Up.   ABSTRACT This research aims to find out how much influence implementing work-life balance strategies can improve employee performance in start-up companies. This research uses a quantitative method approach with a survey research design. In this study, simple linear regression samples were processed and analyzed using IBM SPSS Statistics 25 with the saturated method involving the entire population of SMI Group employees, Semarang City, totaling 52 respondents. The results of this research analysis show that implementing the work-life balance approach in start-up companies has a positive effect in improving employee performance at SMI Group, Semarang City. The total influence is 56.5%, the remaining 43.5% is influenced by variables not examined in this research. Keywords : Work-Life Balance, Employee Perfomance, Start-Up Company.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue