cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 11: November 2017" : 20 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK PADA MATERI DAYA ANTIBAKTERI TANAMAN BERKHASIAT OBAT Ary Maf’ula; Utami Sri Hastuti; Fatchur Rohman
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1664.903 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10156

Abstract

This study aims to (1) produce flipbook media material antibacterial power of medicinal plants, (2) know the feasibility of flipbook media, and (3) know the legibility of flipbook media. This type of research is development. Media feasibility data were obtained from feasibility test questionnaires filled by Microbiology material experts, and media experts, while readability data were obtained from media readability test questionnaire by 15 students of SMKN 07 Malang, and field practitioners. The results showed that the percentage of material feasibility by the validator I of 96.87%, and the validator II of 100% with criteria is very valid. Average percentage of program display feasibility by learning media experts of 92.18% with very valid criteria. The average percentage of legibility test from students is 92,30% with very easy criteria, while from field practitioner 97,72% with very easy criteria. Based on the results of the research show that the flipbook media is very feasible and very easy to use in learning activities.Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media flipbook materi daya antibakteri tanaman berkhasiat obat, (2) mengetahui kelayakan media flipbook, dan (3) mengetahui keterbacaan media flipbook. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Data kelayakan media diperoleh dari angket uji kelayakan yang diisi oleh ahli materi Mikrobiologi, dan ahli media, sedangkan data keterbacaan diperoleh dari angket uji keterbacaan media oleh 15 siswa SMKN 07 Malang, dan praktisi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelayakan materi oleh validator I sebesar 96,87%, dan validator II sebesar 100% dengan kriteria sangat valid. Persentase rata-rata kelayakan tampilan program oleh ahli media pembelajaran sebesar 92,18% dengan kriteria sangat valid. Persentase rata-rata uji keterbacaan dari siswa sebesar 92,30% dengan kriteria sangat mudah, sedangkan dari praktisi lapangan sebesar 97,72% dengan kriteria sangat mudah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook sangat layak dan sangat mudah digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
PERBEDAAN PENGETAHUAN METAKOGNITIF SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI MENGGUNAKAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN VERIFIKASI YANG DIOPTIMALKAN Vinda Cory Imami; Effendy Effendy; Yudhi Utomo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.693 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10245

Abstract

The aim of the study to determine the metacognitive knowledge of students that include declarative knowledge, procedural knowledge, and conditional knowledge, on oxidation reduction reaction material for class X SMA Negeri 10 Malang. This research is a quasy experiment. The instruments used were metacognitive knowledge tests adapted from tests belonging to Rompayom et al. This test is a double-piecewise test and a description. The results showed that the students metacognitive knowledge on the oxidation reduction reaction material with verification learning is higher than POGIL.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan metakognitif siswa yang meliputi pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural, dan pengetahuan kondisional pada materi reaksi reduksi oksidasi kelas X di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Instrumen yang digunakan yaitu tes pengetahuan metakognitif yang mengadaptasi dari tes milik Rompayom dkk. Tes ini berupa tes pilihan ganda dan uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan metakognitif siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi dengan pembelajaran verifikasi lebih tinggi dibandingkan pembelajaran POGIL.
PENGARUH AUTHENTIC PROBLEM BASED LEARNING (aPBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Marlina Marlina; Sugeng Utaya; Lia Yuliati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.132 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10223

Abstract

This study aims to describe the effect of Authentic Problem Based Learning (aPBL) on the mastery of the concept of science class IV students of primary school. This type of research is an experimental quasi with posttest only control group design. The sample consisted of 63 students divided into experimental class and control class. The sample selection technique used purposive sampling. The data of this research are analyzed quantitatively using t test and effect size. The results of this study indicate that aPBL influence on the mastery of the concept of science class IV students of primary school of 0.807. The average mastery of science concepts of students who studied with aPBL of 70.31 while the mastery of science concepts of students who learn with conventional learning of 60.16. This shows that aPBL affect the mastery of the concept of science IPA class IV students of primary school.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Authentic Problem Based Learning (aPBL) terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian merupakan penelitian quasi experimental dengan posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri atas 63 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive Sampling. Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji t dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aPBL berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar sebesar 0,807. Rata-rata  penguasaan konsep IPA siswa yang belajar dengan aPBL  sebesar 70,31, sedangkan penguasaan konsep IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 60,16. Hal ini menunjukkan bahwa aPBL berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar.
ANALISIS PERMASALAHAN BAHAN AJAR BERBASIS BIODIVERSITAS DAERAH KALIMANTAN TIMUR PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI SMP DI KOTA SAMARINDA Novy Mardiansyah; Makrina Tindangen; Vandalita M.M Rambitan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.479 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10175

Abstract

Analysis of the problems occurred in the process of learning Science Biology becomes a factor in knowing the level of understanding of teachers regarding materials that comply with the problems of students. The samples in this analysis is the teacher of Junior High School students of biology and Natural Science in Samarinda. The results of the analysis showed as much 68.66% teachers are constrained in implementing learning materials, students are less likely to understand the lessons. Solutions in optimizing the tendency is to implement a biodiversity-based learning materials, but not all teachers understand about learning materials focused on biodiversity especially the area of East Kalimantan. The results of this research it can be concluded that the ability of teachers to address problems in learning to do improvements.Analisis permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran IPA Biologi menjadi faktor dalam mengetahui tingkat pemahaman guru mengenai bahan ajar yang sesuai dengan permasalahan siswa. Sampel pada analisis ini adalah guru IPA Biologi dan siswa SMP di Samarinda. Hasil analisis menunjukkan sebanyak 68,66% guru terkendala dalam menerapkan bahan ajar, akibatnya siswa cenderung kurang memahami pelajaran. Solusi dalam mengoptimalkan kecenderungan tersebut adalah dengan menerapkan bahan ajar berbasis biodiversitas, namun tidak semua guru mengerti tentang bahan ajar yang terfokus pada biodiversitas khususnya daerah Kalimantan Timur. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran perlu dilakukan peningkatan.
PENGEMBANGAN MONOGRAF EKSPRESI MATERI GENETIK DENGAN MODEL THIAGARAJAN BERDASARKAN PENELITIAN TWINNING RATE GENE PADA SAPI KEMBAR Rahman Fadli; Mohamad Amin; Umie Lestari
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.33 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10228

Abstract

The aim of this study was to produce monograph gene expression based on twinning rate gene research on twinning cow for Biology students university. The method of research and development adapted from Thiagarajan. The results of the assessment needed could be concluded that students supported to developed monograph about gene expression in genetic lecture. Validation from Subject expert and media were gift score 100% and 100%. The trial test result to a individual and medium group students was 84,91 % and 86,26%. The conclusion of this research and development was that monograph about gene expression in genetic lecture for Biology students in university has been produced with interpretation level was very good.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan monograf ekspresi materi genetik berdasarkan penelitian gen kembar pada sapi untuk mahasiswa Biologi. Metodologi penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi dari model Thiagarajan. Hasil dari analisis kebutuhan dapat disimpulkan bahwa dibutuhkannya monograf tentang ekspresi materi genetik di dalam perkuliahan. Validasi dari ahli materi dan media masing-masing mendapatkan skor 100 % dan 100 %. Uji coba perorangan dan kelompok sedang mendapatkan skor 84,91 % dan 86,26%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah telah dihasilkannya monograf ekspresi materi genetik untuk perkuliahan genetika pada mahasiswa Biologi dengan interpretasi sangat baik
PERAN AGEN PERUBAHAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI BAJULMATI KABUPATEN MALANG Nur Fadlin Amalia; Umi Dayati; Zulkarnain Nasution
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.073 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10249

Abstract

The purpose of the research is to describe many things about the role of change agent, the presence of change agent, and implementation community Development Program in Education world. This research used qualitative approach with case study research design. Data analyzed by interactive. Result of the research (1) the role of change agent be expected by society, (2) through empowerment programs, its presence in many communities bring about change, (3) the program was implemented through several stages from planning to evaluation.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup peran agen perubahan, kehadirannya dan program pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran agen perubahan sangat diharapkan oleh masyarakat. Melalui program pemberdayaan, kehadirannya di masyarakat banyak membawa perubahan. Program tersebut dilaksanakan melalui beberapa tahapan mulai perencanaan hingga evaluasi.
PARTISIPASI MAHASISWA GEOGRAFI TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM KAJIAN KOTA HIJAU (GREEN CITIES) Noviani Nurkolis; Sumarmi Sumarmi; I Komang Astina
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.416 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10224

Abstract

Human activities such as the conversion of agricultural land to unsustainable development, forest burning, environmental pollution and environmental indifference are factors of environmental damage. Low knowledge of environmental conservation requires education as a forum to improve the quality of human resources to be environmentally conscious. The purpose of this research is to know the participation of geography student toward environmental conservation through model of project based learning in green city study. The research design is a quasi experiment with observation data collection techniques, interviews and questionnaires analyzed using independet sample t-test. The result of research is the participation of geography student toward environmental conservation through model of project based learning in green city study.Aktivitas manusia seperti alih fungsi lahan pertanian menjadi pembangunan yang tidak berkelanjutan, pembakaran hutan, pencemaran lingkungan dan sikap acuh terhadap lingkungan menjadi faktor kerusakan lingkungan. Rendahnya pengetahuan terhadap pelestarian lingkungan mengharuskan pendidikan sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia agar peduli lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui partisipasi mahasiswa geografi terhadap pelestarian lingkungan melalui model project based learning dalam kajian kota hijau. Desain penelitian yaitu eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan angket yang dianalisis menggunakan independet sample t-test. Hasil penelitian terdapat partisipasi mahasiswa geografi terhadap pelestarian lingkungan melalui model project based learning dalam kajian kota hijau.
KONTRIBUSI PENGALAMAN BELAJAR DAN SIKAP VOKASI TERHADAP PRESTASI PKL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA Zufida Kharirotul Umma; Hary Suswanto; Amat Nyoto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.814 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10229

Abstract

The purpose of this study is to know the contribution of learning experiences and vocational attitudes to the PKL achievement in students of Multimedia. This study using quantitative approach and path analysis techniques. The sample used 200 students from five schools in Malang based on cluster random sampling technique. The results of the study show that (1) the learning experience can contribute significantly to the PKL achievement, and (2) the vocational attitude can contribute significantly to the PKL achievement. Based on these results, the attitude of vocation more dominates its contribution to the PKL achievement.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kontribusi pengalaman belajar dan sikap vokasi terhadap prestasi PKL pada siswa Kompetensi Keahlian Multimedia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur. Sampel yang digunakan dalam peneitian sebanyak 200 siswa dari lima sekolah di Kota Malang berdasarkan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengalaman belajar dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL, dan (2) sikap vokasi dapat berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi PKL. Berdasarkan hasil tersebut, sikap vokasi lebih mendominasi kontribusinya terhadap prestasi PKL.
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MOTIVASI BELAJAR Nurhayani Nurhayani; Sudarmiatin Sudarmiatin; Sunaryanto Sunaryanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.983 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10151

Abstract

The purpose of this research was to investigate the effect of the use of libraries on social study learning achievement through learning motivation, either directly or indirectly. The type of this research was quantitative Ex post facto. The sampling technique used probability sampling with total of the students consisted of 156. Collecting data used a Likert questionnaire and students’ report documentation. The data analysis used path analysis and assisted by SPSS for windows version 20. The results (1) there was a direct effect of the use of libraries on the learning motivation; (2) there was a direct effect of the use of libraries to the learning achievement of Social Study; (3) there was a direct effect of learning motivation towards learning achievement of Social Study; (4) there was an indirect effect on social study learning achievement library through learning motivation.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian adalah kuantitatif Ex Post Facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling sebanyak 156 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan dokumentasi nilai rapor. Analisis data menggunakan analisis jalur dan dibantu program SPSS for window versi 20. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar; (2) terdapat pengaruh langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap Prestasi belajar IPS; (3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS; (4) terdapat pengaruh tidak langsung pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar IPS melalui motivasi belajar.
UNGKAPAN TRADISIONAL (KRAMANISASI) REPRESENTASI SEKSUALITAS DALAM DONGENG PENGANTAR TIDUR ANAK-ANAK MASYARAKAT JAWA Rifca Farih Azizah; Imam Suyitno; Sunaryo HS
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2, No 11: November 2017
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.78 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v2i11.10225

Abstract

The article aims to study the traditional expressions of language softeners representing sexuality in the Javanese folklore. The folklore that became a meticulous object is a popular tale from East Java & Central Java (Ande-ande Lumut & Timun Mas). The method used is literature study. From the analysis of research data, we get (1) smoothing language (kramanisasi) in the folklore are in the form of sentences & symbolic lexicons. (2) There is a formation of metaphorical terms / metaphors that result kramanisasi represent sexuality in the folklore for kids of Java society.Artikel ini bertujuan untuk menelaah bentuk-bentuk ungkapan tradisional penghalusan bahasa yang merepresentasikan seksualitas dalam dongeng pengantar tidur anak-anak masyarakat Jawa. Dongeng yang menjadi objek teliti adalah dongeng populer dari Jawa Timur & Jawa Tengah (Ande-ande Lumut & Timun Mas). Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh (1) bahasa penghalusan (kramanisasi) dalam dongeng berupa kalimat-kalimat & leksikon-leksikon simbolik dan (2) terdapat bentukan istilah kiasan/metafor hasil kramanisasi yang merepresentasikan seksualitas pada dongeng pengantar tidur anak-anak masyarakat Jawa.  

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue