cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: JANUARI 2019" : 20 Documents clear
Kesulitan Mahasiswa Dalam Memahami Konsep Kinematika Gerak 1 Dimensi Abu Zainuddin; Sentot Kusairi; Siti Zulaikah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.577 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11854

Abstract

Abstract: This study aims to reveal the difficulties of students in understanding the concept of 1 Dimensional motion kinematics. The research subjects were 38 undergraduate students of UNESA Physics Education semester V class A. The research method used a survey using instruments in the form of 20 reasoned multiple choice questions on the topic of Newtonian Mechanics. In this article the discussion is focused on questions number 2 and number 4 because it indicates the difficulties of students in understanding the concept of 1-dimensional kinematics. From the results of the analysis of the reasons for student answers it is known that students experience difficulties, namely, difficulties in distinguishing position, displacement or distance; difficulty interpreting negative acceleration and is always considered a slowdown.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep kinematika gerak 1 Dimensi. Subjek penelitian adalah 38 mahasiswa S1 Pendidikan Fisika UNESA semester V kelas A. Metode penelitian menggunakan survei dengan menggunakan instrumen berupa 20 soal pilihan ganda beralasan pada topik Mekanika Newton. Pada artikel ini pembahasan difokuskan pada soal nomor 2 dan nomor 4 karena mengindikasikan kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep kinematika 1 dimensi. Dari hasil analisis alasan jawaban mahasiswa diketahui bahwa mahasiswa mengalami kesulitan yakni, kesulitan dalam membedakan posisi, perpindahan atau jarak; kesulitan memaknai percepatan negatif  dan selalu dianggap sebagai perlambatan.
Proses Pembelajaran PKn Berbasis Lesson Study menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas V Ayu Intan Permatasari; Sudarmiatin Sudarmiatin; Alif Mudiono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.196 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11864

Abstract

Abstract: This research was aimed to describe the use of hand puppet media in the implementation of the Civics Education learning process material on cultural diversity in the fifth grade of SD Brawijaya Smart School. The approach used is a qualitative approach with descriptive type, to describe active of teacher and student in the lesson study based learn process with stages (1) planning (plan), (2) implementation (do), and (3) reflection (see). The use of hand puppet media can make students more active in the learning process. In addition, student learning outcomes are as expected, with an average of the total number of students 90.83% above the KKM. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media boneka tangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran PKn materi keberagaman budaya di kelas V SD Brawijaya Smart School. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran berbasis lesson study, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) refleksi. Penggunaan media boneka tangan dapat mengaktifkan siswa pada saat proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa sesuai dengan harapan yaitu dengan rata-rata dari jumlah keseluruhan siswa 90,83 % di atas KKM.
Eksplorasi Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa melalui Blended Learning Fisika Muh. Iqbal Saman; Supriyono Koes Handayanto; Sunaryono Sunaryono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.256 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11863

Abstract

Abstract: Literacy of information and communication technology is a mandatory skill that must be possessed by individuals in the knowledge era of 21st century. ICT literacy depictions are not only limited to being able to operate ICT devices but also include how an individual is able to organize information and communicated through ICT devices. This study aims to investigate the ICT literacy of students when confronted with learning dynamics taught by using physics blended learning. The research method used is quantitative method with descriptive analysis. The results indicate that the ICT literacy of students tends to be identical to each other and increases in each learning.Abstrak: Literasi teknologi informasi dan komunikasi merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh individu pada era pengetahuan abad 21. Penggambaran literasi teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya sebatas mampu mengoperasikan perangkat saja, namun juga tercakup pada bagaimana suatu individu mampu mengorganisir informasi yang diterima dan dikomunikasikan melalui perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa saat dihadapkan dengan materi dinamika partikel yang diajarkan dengan menggunakan blended learning fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa literasi teknologi informasi dan komunikasi siswa cenderung identik satu sama lain serta meningkat pada tiap pertemuan pembelajaran.
Strategi Pembelajaran Menulis Puisi Reflektif untuk Siswa SMA Kelas X Etsa Purbarani; Abdus Syukur Ghazali; Nita Widiati
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.174 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11911

Abstract

Abstract: Writing poetry learning in school tends to be mechanistic and less direct students in creative process that cause difficulty and decrease students’ motivation on writing poetry. Therefore, the researcher develops poetry writing learning strategy, that is learning strategy of writing reflective poetry which is packaged in a guidebook designed for teachers. Based on those explanations, this development aims to (1) developing products in the form of learning strategies to write reflective poems, (2) develop a guide of the implementation of a reflective poetry writing strategy that designed for teachers, and (3) reported the product feasibility test of reflective poetry writing strategy.Abstrak: Selama ini, pembelajaran menulis puisi di sekolah cenderung bersifat mekanistik dan kurang mengarahkan siswa untuk berproses kreatif. Hal tersebut menjadikan siswa mengalami kesulitan dan penurunan motivasi dalam menulis puisi. Oleh karena itu, dikembangkan strategi pembelajaran menulis puisi, yaitu strategi pembelajaran menulis puisi reflektif yang dikemas dalam bentuk buku panduan dan ditujukan untuk guru. Berdasarkan paparan tersebut, penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan produk berupa strategi pembelajaran menulis puisi reflektif, (2) mengembangkan panduan penerapan strategi pembelajaran menulis puisi reflektif yang penggunaannya ditujukan untuk guru, dan (3) melaporkan uji kelayakan produk strategi pembelajaran menulis puisi reflektif.
Keefektifan Teknik Expressive Writting untuk Mereduksi Emosi Negatif Siswa SMA Septin Anggraini; Imanuel Hitipeuw; Andi Mappiare
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.111 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11849

Abstract

Abstract: Negative emotion is unpleasant circumstances so affect the attitudes and behavior of individuals in interacting with others. As for the negative emotions are emotions angry, anxious and sad. Of the phenomenon required the efforts of guidance to channel the emotion that is by counselling techniques expressive writting on the students. This research is to know the level of negative emotions of students by using survey data. This research uses data collection inventory, interview equipped observation sheets. As for the subject researches are students in 10 Wretched SMAN. On the results of research counselor counseling application well welcomed by the technique of expressive and showed the attitude of students writting enthusiastic in following counselling techniques expressive writting.Abstrak: Emosi negatif merupakan keadaan kurang menyenangkan yang memengaruhi sikap dan perilaku individu dalam berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Adapun emosi negatif adalah rasa marah, cemas, dan sedih. Dari fenomena tersebut diperlukan upaya bimbingan untuk menyalurkan emosi yaitu dengan konseling teknik expressive writting pada siswa. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat emosi negatif siswa dengan menggunakan data survei. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan inventory, wawancara yang dilengkapi lembar observasi. Adapun subjek penelitian adalah siswa di SMAN 10 Malang. Pada hasil penelitian konselor menyambut dengan baik penerapan konseling dengan teknik expressive writting dan siswa menunjukkan sikap antusias dalam mengikuti konseling teknik expressive writting.
Fungsi Tuturan Motivatif Guru dalam Pembelajaran di SMA Fransisca Dike Desintya Dipta Sasmaya; Imam Suyitno; Sunoto Sunoto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.483 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11839

Abstract

Abstract: This research was aimed to describe the function of teacher’s motivation speech in SMA Katolik Diponegoro Blitar. The function of speech is divided into three categories, those are the function of fact information exchange, function f emotion exchange, and function of convicing of affecting. These three functions appear when the teacher gives the motivation speech in learning process, especially on Bahasa subject. The existence of those functions in the teacher’s motivation speech shows that in the learning process is not only focus on the material delivery, but also giving motivation from the teacher to students with purposed function.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi tuturan motivatif guru dalam pembelajaran di SMA Katolik Diponegoro Blitar. Fungsi tuturan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni fungsi tukar-menukar informasi faktual, fungsi tukar-menukar emosi, dan fungsi meyakinkan atau memengaruhi. Ketiga fungsi tersebut muncul pada saat guru tengah memberikan tuturan motivasi dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Terdapatnya fungsi-fungsi dalam tuturan motivatif guru tersebut menandakan bahwa dalam pembelajaran guru tidak hanya berfokus pada pemberian materi saja, melainkan guru juga memberikan motivasi kepada peserta didik dengan fungsi atau tujuan tersendiri sesuai dengan apa yang dikehendaki guru tersebut.
Penggunaan Media Audiovisual pada Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Ainun Magfirah; Arif Hidayat; Susriyati Mahanal
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.645 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11890

Abstract

Abstract: This research was aimed to know the use of audiovisual media in a guided inquiry model of science processskills and mastery of students' concepts in science subjects. The low level of science process skills and mastery of concepts that exist today, becomes the urgency of this research. in this study, the type of research used was quasi-experimental research using two learning classes as research samples with different treatments. The sample is divided into experimental class and control class with simple random sampling technique. The analysis showed that there were significant differences in the experimental class with media use audiovisual in the guided inquiry model with the average value of science process skills and mastery of concepts is higher than the control class.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media audiovisual pada model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA. Rendahnya keterampilan proses sains dan penguasaan konsep saat ini, menjadi urgensi penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas belajar sebagai sampel penelitian dengan perlakuan yang berbeda. Sampel tersebut dibedakan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan simple random sampling. Hasil kajian menghasilkan ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan penggunaan media audiovisual pada model inkuiri terbimbing dengan nilai rata-rata Keterampilan Proses Sains dan penguasan konsep lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Berdasarkan Pemahaman Konseptual dan Prosedural Puji Astuti; Abdul Qohar; Erry Hidayanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.023 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11910

Abstract

Abstract: This study aims to describe the thinking process of students in solving Higher Order Thinking Skills problems based on conceptual and procedural understanding. This type of research is descriptive research. The subject of this study was the eighth-grade students of Ma’arif 3 Islamic Middle School Malang. The results of the study were obtained (1) Based on the conceptual understanding of the subject did not meet the indicators presenting concepts in various forms of mathematics, but fulfilling the indicators rewrite the concepts that had been studied and could apply the concepts algorithmically. (2) Based on procedural understanding the subject meets the indicators of choosing the right procedure in solving the problem, but it is not appropriate to know when and how to use the procedure and apply the procedure chosen to solve the problem.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills berdasarkan pemahaman konseptual dan prosedural. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Ma’arif 3 Malang. Hasil penelitian diperoleh (1) berdasarkan pemahaman konseptual subjek belum memenuhi indikator mempresentasikan konsep dalam berbagai bentuk matematika, tetapi memenuhi indikator menuliskan kembali konsep yang telah dipelajari dan dapat menerapkan konsep secara algoritma; (2) berdasarkan pemahaman prosedural subjek memenuhi indikator memilih prosedur yang tepat dalam menyelesaikan masalah, namun kurang tepat dalam mengetahui kapan dan bagaimana menggunakan prosedur tersebut dan mengaplikasikan prosedur yang dipilih untuk memecahkan masalah.
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media CD Interaktif Ayu Vidya Rakhmawati; Supriyono Koes Handayanto; Muhana Gipayana
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.142 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11851

Abstract

Abstract: This paper to describe about learning process to improve the skills of writing narrative with the help through SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) learning model and media CD interactive. The learning process is carried out in three stages namely pre writing, writing, and post writing, with involving the whole activities that include somatic, auditory, visual, and intellectual by using the media cd interactive. This research use qualitative approach type PTK collaboration. The research conducted in two cycles. The result show everage score of student writing narrative same 59 in the first cycle and increase same to 72 in the second cycle.Abstrak: Artikel ini bertujan untuk mendeskripsikan tentang proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi yang dibantu melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) berbantuan media CD interaktif. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pra-menulis, menulis, dan pasca menulis yang melibatkan keseluruhan aktivitas, meliputi somatik, auditori, visual, dan intelektual yang dibantu dengan penggunaan media CD interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK kolaborasi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai menulis narasi sebesar 59 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai sebesar 72.
Manajemen Program Traveling and Teaching dan Smart Center Komunitas 1000 Guru Malang dalam Peningkatan Mutu Sekolah Asriadi Asriadi; Ahmad Yusuf Sobri; Sultoni Sultoni
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 4, No 1: JANUARI 2019
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.333 KB) | DOI: 10.17977/jptpp.v4i1.11891

Abstract

Abstract: This research described about the management program of traveling and teaching, also the smart center of 1000 Guru Malang community in enhancing the quality of the schools. Traveling and teaching program was a social event in learning aspects that was carrying out the concept of fun learning in primary school and giving donation through traveling and giving, while the smart center was continuity event and or long term program that was focus on giving direct assistance whether physical and non-physical assistance in 12 months. The researcher used qualitative research design by using multi-sites research design. The result of the management programs that was consisting of planning, implementing, and evaluating that was done by the 1000 Guru Malang community showed that the indicators of the achievement school's quality that was consisting of enhancing the society's participation, academical and non-academical achievements, school image in the society, and the quality of school facilities.Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan manajemen program traveling and teaching dan smart center komunitas 1000 Guru Malang dalam peningkatan mutu sekolah. Program traveling and teaching merupakan kegiatan sosial di bidang pendidikan yang mengusung konsep pembelajaran menyenangkan di sekolah dasar dan pembagian donasi yang dikemas melalui penjelajahan sambil berbagi. Smart center merupakan kegiatan lanjutan dan atau program jangka panjang yang fokus pada pemberian bantuan langsung ke sekolah baik secara fisik maupun non fisik dalam jangka waktu 12 bulan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan studi multi situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen program yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilaksanakan komunitas 1000 Guru Malang menunjukkan indikator pencapaian mutu sekolah yang meliputi peningkatan partisipasi masyarakat, prestasi akademik dan non akademik, citra sekolah di masyarakat, dan kualitas fasilitas sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue