cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1: JANUARI 2020" : 21 Documents clear
MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS IV SD PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI INKUIRI TERBIMBING Haliq, Muh Idham; Diantoro, Markus; Muhardjito, Muhardjito
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13137

Abstract

Abstract: This research aims to describe the influence of guided inquiry learning models on empirical mental models and mastery of student concepts. This research was designed using a mix method approach or a mixture of quantitative and qualitative research. The research subjects were class IV SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Makassar. The results showed that the guided inquiry model had an effect on the mental model and mastery of the concept of fourth grade students of SD Aisyiyah Muhammdiyah 3 Makassar on the material properties of light.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap model mental  dan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan mix method atau penelitian campuran kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Aisyiyah Muhammadiyah 3 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap model mental dan penguasaan konsep siswa kelas IV SD Aisyiyah Muhammdiyah 3 Makassar pada materi sifat-sifat cahaya.
Pendidikan Ekonomi Informal Masyarakat Adat Loona Alfridus Mau Manek; Agung Haryono; Hari Wahyono
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13136

Abstract

Abstract: Education is a necessity that must be owned by everyone both individually and in groups and society at large. Education can be obtained from formal channels, besides education also arises from knowledge based on experience that comes from interaction with nature and the social environment. Economic education in the family holds an irreplaceable position with existing learning at school because the learning process in the family will occur consciously or not and continue to be given by parents to children about various matters related to household and social activities. In this study, the author wants to explain the process of informal education in the culture of the Loona Indigenous People which is carried out as a process of transferring cultural values concerning attitudes and morals to the younger generation.Abstrak: Pendidikan merupakan suatu keharusan yang wajib dimiliki oleh semua orang baik secara individu maupun kelompok dan masyarakat secara luas. Pendidikan dapat diperoleh dari jalur formal. Selain itu, pendidikan juga muncul dari pengetahuan berdasarkan pengalaman yang hadir dari interaksi dengan alam dan lingkungan sosial. Pendidikan ekonomi dalam keluarga memegang posisi yang tak tergantikan dengan pembelajaran yang ada di sekolah karena proses pembelajaran dalam keluarga akan terjadi secara disadari atau tidak dan berlangsung terus menerus yang diberikan orangtua kepada anak tentang berbagai hal yang terkait dengan aktivitas rumah tangga dan sosial. Dalam penelitian ini penulis ingin memaparkan proses pendidikan informal dalam budaya Masyarakat Adat Loona yang dilakukan sebagai proses transfer nilai budaya yang menyangkut sikap dan moral kepada generasi muda.
Penerapan Model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Yenny Fardilla; Budi Eko Soetjipto; I Made Suardana
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13131

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to improve social skills of fifth grade students through the application of the Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade Models. This type of research uses a type of classroom action research. The research subjects were fifth grade students at Sumbersari 1 Malang Primary School. Data collection of students social skills using observation and questionnaires. The results of this study indicate that the Modified Find Someone Who and the Quiz-Quiz Trade models can improve students' social skills. This can be proven by the increase in the observation results of the students' social skills in the first cycle reaching 76.2% and the second cycle reaching 84.5%. The results of the students social skills questionnaire in the first cycle reached 81.0% and increased in the second cycle reached 85.2%.Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V melalui penerapan model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade. Jenis penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Sumbersari 1 Malang. Pengumpulan data keterampilan sosial siswa menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Modified Find Someone Who dan Quiz-Quiz Trade dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 76.2% dan siklus II mencapai 84,5%. Hasil angket keterampilan sosial siswa pada siklus I mencapai 81,0% dan meningkat pada siklus II mencapai 85,2%.
Hubungan Penerapan Budaya Kerja 5R, Persepsi Kompetensi Kepribadian Guru, dan Pemahaman Agama dengan Karakter Kejuruan Siswa Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Berbasis Islam Cahya Wahyuning Ilahi; Syamsul Hadi; Purnomo Purnomo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13138

Abstract

Abstract: This research aimed to know the relationship between the implementation of 5R work culture in the school, the perception of teacher’s personality competence, the understanding of Islamic religion, and the vocational characteristics of TKJ competence students in Islamic-based Vocational Schools. This study involved TKJ competence students in Islamic-based Vocational Schools using ex-post facto research design. Meanwhile, the analysis technique used was regression analysis. The research results showed that the implementation of 5R work culture, the perception of teacher’s personality competence, and the understanding of religion of TKJ competence students in the Islamic-based Vocational Schools with a predicate of fair or moderate.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerapan budaya kerja 5R di sekolah, persepsi tentang kompetensi kepribadian guru, pemahaman Agama Islam dengan karakter kejuruan siswa Kompetensi Keahlian TKJ di SMK berbasis Islam. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kompetensi Keahlian TKJ di SMK berbasis Islam menggunakan rancangan penelitian ex-post facto, sedangkan teknik analisisnya menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Budaya Kerja 5R, persepsi kompetensi kepribadian guru, dan pemahaman Agama siswa Kompetensi Keahlian TKJ di SMK berbasis Islam se-Kabupaten Malang secara simultan berkorelasi dengan variabel Karakter Kejuruan meskipun dengan predikat cukup atau sedang.
Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Esai dan Cerita Pendek untuk Santri Dyah Ayu Fitriana; Sulton Sulton; Agus Wedi
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13149

Abstract

Abstract: This research aims to develop writing skill essay and short story learning materials for santri with integrate project based learning models. Using ADDIE models, this research produce a learning materials with four part. Project based learning is integrated on the part called “Proyek Keren Kita” (Our Cool Project). This product verified to materials expert, learning media expert, and audience. Based on the verification and test obtained percentage of eligibility aspect is 93,75%, feasibility aspects 100%, graphics aspects 99,3%, language aspects 100%, interestness of teaching materials 85,28%, and ease of understanding aspects 86,82% that means the producs are feasible to be used and disseminated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar keterampilan menulis esai dan cerita pendek untuk santri yang berbasis project based learning. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE. Secara umum bahan ajar yang dihasilkan terdiri dari empat bagian. Metode project based learning diintegrasikan ke dalam bahan ajar secara langsung dalam aktivitas yang diberi nama “Proyek Keren Kita”. Produk tersebut selanjutnya diujicobakan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna/santri. Berdasarkan uji coba tersebut diperoleh persentase aspek kelayakan isi sebesar 93,75%, aspek kelayakan penyajian 100%, aspek kegrafikan 99,3%, aspek kebahasaan 100%, aspek kemenarikan bahan ajar 85,28% dan aspek kemudahan pemahaman bahan ajar 86,82% yang berarti bahan ajar ini layak untuk digunakan dan disebarluaskan.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Tradisional terhadap Hasil Belajar Anak SD Nanda Fauzia Abda’u; Fattah Hanurawan; Sutarno Sutarno
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13108

Abstract

Abstract: This study aims to determine the differences in student learning outcomes by applying the TGT model assisted by traditional games in the experimental class and student learning outcomes by applying conventional models to the control class. This study used a quasi experimental design with pretest-posttest control group design. The research data was collected using test instruments for learning outcomes in the form of pretest and posttest values. The results showed that there was a significant influence on the Teams Games Tournament learning model assisted by traditional games on student learning outcomes.Abstrak: Penelitian ini bertujuan guna mengungkapkan pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan permainan tradisional pada kelas eksperimen dan hasil belajar siswa yang menerapkan model konvensional pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest control grup design. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes untuk hasil belajar yang berupa nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Gain Score Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan permainan tradisional terhadap hasil belajar siswa.
Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berwawancara Siswa SD Friska Ayu Lia Yulanda; Heri Suwignyo; Supriyono Koeshandayanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13127

Abstract

Abstract: This study aims to describe the improvement of interviewing skill by Think, Pair, Share learning model in fourth grade students of SDN Dukuharum Jombang. This Classroom Action Research consists of 2 cycles which is each cycle consisting of 4 meetings. The subjects of this study were 15 fourth grade students of SDN Dukuharum Jombang. The analysis technique uses descriptive analysis. Data were collected by observation, interview and documentation. Through this study, the students improvement of interviewing skills in the first cycle achieve 70.5% in average and the second cycle is 77.2% in average. The results prove that Think, Pair, Share learning model can improve the student’s interviewing skill.Abstrak: Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui peningkatan keterampilan berwawancara dengan menggunakan model pembelajaran Think, Pair, Share pada siswa kelas IV SDN Dukuharum Jombang. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus dengan rincian tiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dukuharum Jombang. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat peningkatan keterampilan berwawancara siswa rata-rata pada siklus I sebesar 70,5% pada siklus II mencapai 77,2%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Think, Pair, Share dapat meningkatkan keterampilan berwawancara siswa.
Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri terhadap Uji Kompetensi Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan Juwita Annisa Fauzi; Hary Suswanto; Aji Prasetya Wibawa
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13147

Abstract

Abstract: Low skills of Vocational Secondary School graduate influence the productivity of skilled workers in the industrial sector. Their competency tests have not been able to describe abilities. Their competence is not enough to win the competition. The abilities listed in the certificate has not shown actual competence. The number of requires workforce continues to grow, but their competencies are not balanced. This paper aims to analyze the implementation and effect of industry demand aspects toward UKK in SMK. The result is industry demand aspects are not correlated with competency tests. Industry demand aspects did not affect competency tests.Abstrak: Rendahnya keterampilan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan memengaruhi produktivitas pekerja terampil di sektor industri. Uji Kompetensi Keahlian belum mampu menggambarkan kemampuan lulusan SMK. Kompetensi lulusan SMK tidak cukup untuk memenangkan persaingan di pasar tenaga kerja. Kemampuan yang tercantum dalam sertifikat Uji Kompetensi Keahlian tidak sesuai dengan kompetensi lulusan SMK. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan terus bertambah, tetapi kompetensi lulusan tidak seimbang. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan pengaruh aspek-aspek tuntutan industri terhadap Uji Kompetensi Keahlian di SMK. Hasilnya, aspek-aspek tuntutan industri secara signifikan tidak memengaruhi Uji Kompetensi Keahlian.
Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik Yuris Indria Persada; Ery Tri Djatmika; I Nyoman Sudana Degeng
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13151

Abstract

Abstract: This study aims to give information related to the implementation of scientific approach in thematic instruction integrated to Curriculum 2013 at Elementary School stage. Several aspects in the implementation of scientific approach are as follows: (1) planning the scientific lesson, (2) teaching and learning process, (3) evaluating, and (4) valuing the lesson using scientific approach in thematic instruction. This is a qualitative method research using case study approach. The data analysis used several instruments such as data reduction, data presentation, and verification. The result of this study showed that the implementation of scientific approach met several obstacles.Abstrak: Penulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu pada kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pelaksanaan pendekatan scientific, yakni pada aspek-aspek (1) perencanaan pembelajaran scientific, (2) proses pembelajaran, (3) evaluasi, dan (4) kebermaknaan pembelajaran dengan pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data hasil penelitian ini diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran scientific terdapat beberapa kendala.
Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Usaha dan Energi Aras Hanif Afiat; Supriyono Koes Handayanto; Hari Wisodo
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 1: JANUARI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i1.13123

Abstract

Abstract: This study aims to determine the problem solving abilities of high school students in solving physics problem topic working and energy. A total of 64 respondents solved physics problem about work and energy which consisted of four questions. The students' answers were evaluated using a rubric consisting of five indicators, namely useful description (UD), physics approach (PA), specific application of physics (SPA), mathematical procedures (MP), and logical progression (LP). The data analysis technique used qualitative descriptive. The results of the analysis show that the score of students' problem solving abilities is in a sufficient category, with the dominant score on indicators UD, PA and SPA. Students get poor score criteria on MP and LP indicators. In this case, students experience some difficulties, among others, students' mistakes in applying physics concepts in mathematical equations, students' mistakes in using equations that are not relevant to the problems presented and students' mistakes in using calculations that do not focus on the problem presented.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa SMA dalam memecahkan persoalan usaha dan energi. Sejumlah 64 responden mengerjakan soal usaha dan energi yang terdiri atas empat soal uraian. Hasil jawaban siswa dikoreksi dengan menggunakan rubrik yang terdiri atas lima indikator, yaitu usefull description (UD), physics approach (PA), spesific application of physics (SPA), mathematical procedures (MP), dan logical progression (LP). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor kemampuan pemecahan masalah siswa berada dalam kategori cukup, dengan dominan skor pada indikator UD, PA dan SPA. Siswa mengalami kriteria kurang baik pada indikator MP dan LP. Dalam hal ini, siswa mengalami beberapa kesulitan, antara lain, kesalahan dalam mengaplikasikan konsep dalam persamaan matematis, menggunakan persamaan yang tidak relevan dengan permasalahan yang dipaparkan menggunakan perhitungan yang tidak fokus pada problem yang disajikan.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue