cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
ISSN : -     EISSN : 2502471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January 2016.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 7: JULI 2020" : 20 Documents clear
Integrated Academic Writing Assessment Model to Support The Implementation of OBE Curriculum Hamamah Hamamah; Yulia Hapsari; Ive Emaliana; Putu Dian Danayanti Degeng
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13827

Abstract

Abstract: Implementation of outcome-based Education (OBE) in Indonesia has been urged since 2019. It primes to the need of some adjustments in the higher education curriculum. In Academic writing classes in which English is served as a foreign language, implementation of OBE principles imposes issues as assessment must measure all abilities, skills, and knowledge targeted in the learning outcomes. The challenge escalate with large size classes that lead to a less optimum assessment given to learners’ writing. The need of writing assessment model that obeys OBE principles and facilitates academic writing teachers in coping with complication in providing quality assessment to scads of students in Indonesia is of a paramount importance. Yet, studies aimed at meeting the need are barely conducted. This research, therefore, designs writing assessment model which can (1) measure the expected learning outcomes, (2) monitor student’s abilities, skills and knowledge with regard to their individual learning pace, (3) assist the teachers of writing classes to comprehensively provide rigorous assessment to lots of students. ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) model is employed to reach the research objectives. As the whole process is still on going, this article presents the Analysis and Design stages of the study. It elaborates underlying considerations of the proposed assessment model by reviewing previous studies related to writing assessment and OBE assessment in writing. The descriptions of the illustrated assessment model are presented to provide vivid view of how the assessment model works.Abstrak: Implementasi Pendidikan Berbasis Hasil (OBE) di Indonesia telah digalakkan sejak tahun 2019. Hal tersebut didorong oleh perlunya beberapa penyesuaian dalam kurikulum pendidikan tinggi. Dalam kelas menulis akademik dimana bahasa Inggris disajikan sebagai bahasa asing, penerapan prinsip-prinsip OBE memberlakukan masalah karena penilaian harus mengukur semua kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang ditargetkan dalam hasil pembelajaran. Tantangan meningkat dengan kelas berukuran besar yang mengarah pada penilaian yang kurang optimal yang diberikan pada hasil tulisan peserta didik. Perlunya model asesmen menulis yang menganut prinsip OBE dan memfasilitasi guru kepenulisan akademik dalam menghadapi kesulitan dalam memberikan asesmen berkualitas kepada siswa di Indonesia menjadi sangat penting. Namun, studi yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut hampir tidak pernah dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini merancang model penilaian menulis (1) mengukur hasil belajar yang diharapkan, (2) memantau kemampuan, keterampilan dan pengetahuan siswa terkait dengan kecepatan belajar individu mereka, (3) membantu guru kelas menulis untuk memberikan penilaian yang cermat secara komprehensif kepada siswa. banyak siswa. Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini. Karena keseluruhan proses masih berlangsung, artikel ini menyajikan tahapan Analisis dan Desain dari studi tersebut. Tulisan ini menguraikan pertimbangan yang mendasari model penilaian yang diusulkan dengan meninjau penelitian sebelumnya terkait dengan penilaian menulis dan penilaian OBE secara tertulis. Deskripsi model asesmen bergambar disajikan untuk memberikan gambaran yang jelas tentang cara kerja model asesmen.
Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Hidrolisis Garam dengan Pendekatan Scientific Inquiry Berbasis Problem Based Learning wiji chusnah; Suhadi Ibnu; Sutrisno Sutrisno
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13778

Abstract

Abstract: This development research aims to produce chemical teaching material products with a problem-based scientific inquiry approach based on the 4-D (four-D) model of Thiagarajan, Semmel and Semmel with the stages of define, design, develop, disseminate through a cross-sectional survey. The method used in the survey at the define stage is through literature review of chemistry textbooks. The results of the development of chemistry teaching materials salt hydrolysis material are empirically validated by content experts and chemistry learning material experts are considered valid with an average score of 3.67 and suitable for use as teaching materials.Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk  menghasilkan produk bahan ajar kimia dengan pendekatan scientific inquiry berbasis problem based learning model 4-D (four-D) Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan tahapan define, design, develop, disseminate melalui survey cross secsional. Metode yang digunakan dalam survei pada tahap define melalui kajian literatur buku teks pelajaran kimia. Hasil pengembangan bahan ajar kimia materi hidrolisis garam tervalidasi secara empirik oleh ahli isi dan ahli materi pembelajaran kimia dinilai valid dengan skor rata-rata 3,67 dan layak digunakan sebagai bahan ajar.     
Evaluasi Keberhasilan Studi Mahasiswa Program Sinergi S1-S2 Institut Pertanian Bogor Imas Fatimah; Eka Intan Kumala Putri; Utami Dyah Safitri
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13710

Abstract

Abstract: This study aims to determine profile of fast track program based on the characteristics input and knowing the factors that influence academic achievement student of fast track program bachelor to master degree IPB. The method used in this study were descriptive analysis and classification and regression tree (CART). This research used primary and secondary data. Primary data were the result of interviews fast track program and secondary data were characteristic input fast track program. The results of the research study show student profile of fast track program dominated by female students, single, study program that have accreditation A, pass an English placement test and self-financing. The CART analysis finds two significant factors associated to student achievement. They were GPA score S1 and selection study program. Other factors are, based on interview result, motivation and commitment of the student in completing the study, type of research, as well as role and commitment of the supervisor in completing the study.Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis profil mahasiswa Program Sinergi S1-S2 IPB berdasarkan karakteristik input mahasiswa menggunakan analisis deskriptif. Selanjutnya, menganalisis faktor faktor yang memengaruhi keberhasilan studi mahasiswa menggunakan analisis Classification and Regression Tree (CART) Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil mahasiswa Program Sinergi S1-S2 IPB ditinjau dari karakteristik input mahasiswa didominasi oleh mahasiswa perempuan, belum menikah, program studi S2 mempunyai akreditasi A, lulus placement test Bahasa Inggris dan sumber pembiayaan mandiri. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan studi mahasiswa Program Sinergi S1-S2 IPB menggunakan metode CART adalah IPK pendidikan S1 dan pilihan program studi S2. Motivasi dan komitmen mahasiswa dalam menyelesaikan studi, jenis penelitian mahasiswa dan peran dosen pembimbing dalam menyelesaikan studi mahasiswa merupakan faktor lain yang memengaruhi keberhasilan studi mahasiswa dan lulusan Program Sinergi S1-S2 IPB.
Analisis Penggunaan Media Puppet Show untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Bercerita Siswa Zulfikar Nurhanani; Bambang Budi Wiyono; Nurchasanah Nurchasanah
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13812

Abstract

Abstract: Supporting students can develop well supporting the selection of appropriate media specifically in developing listening and storytelling abilities. Researchers looking for the influence of the shadow play media show the ability to listen and tell stories in grade II elementary school. This study uses quantitative research with the design of Quasi-Experiment Pretest and posttest Control Group Design. Displaying performance shows using the Puppet Show media has been in accordance with the steps of the activities that are developed, and there is a development with the use of the Puppet Performance media to the ability to listen and tell the second grade students with sig. the experimental class of 0.144 which is smaller than 0.05 in the control class.Abstrak: Kemampuan berbahasa siswa dapat berkembang dengan baik apabila didukung pemilihan media yang tepat khususnya dalam pengembangan kemampuan menyimak dan bercerita. Peneliti mencari pengaruh media puppet show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita kelas II SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi-Experiment Pretest and postest Control Group Design. Hasilnya menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media Puppet Show telah sesuai dengan langkah kegiatan yang dikembangkan, dan ada pengaruh dengan penggunaan media Puppet Show terhadap kemampuan menyimak dan bercerita siswa kelas II dengan nilai sig. kelas eksperimen yaitu 0,144 yang lebih kecil dari 0,05 pada kelas kontrol.
Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif Septian Raibowo; Sapto Adi; Imam Hariadi
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13726

Abstract

Abstract: This research aims to find out the effectiveness of interactive multimedia-based tennis teaching materials for students. This research is a research on the development of interactive multimedia-based tennis teaching materials. The data was collected by distribution of questionnaires then next was analyzed with descriptive statistic technique. The research result shows that the interactive multimedia-based tennis teachingmaterials is effective and efficient to improve the learning outcomes and it has significant attractiveness.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar tenis lapangan berbasis multimedia interaktif untuk  mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar tenis lapangan berbasis multimedia interaktif. Data dikumpulkan dengan penyebaran angket dan kuisioner serta tes selanjutnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar tenis lapangan berbasis multimedia interaktif efektif meningkatkan hasil belajar dan efisien serta memiliki daya tarik yang signifikan.
Realisasi Kesantunan Imperatif Guru Dalam Pembelajaran Wenny Wijayanti; Ardi Wina Saputra
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13782

Abstract

Abstract: This study aims to determine and describe the shape of the teacher's imperative speech in learning and find out the factors that cause violations of the imperative politeness by the teacher towards students in learning. This research is a qualitative descriptive study with data in the form of teacher's speech in learning. Data collection techniques using listening techniques, note taking, and interviews, while data analysis techniques using qualitative analysis techniques. The results showed that in reality the teacher violated more politeness in language when using imperative speech to students. This can be seen from the number of utterances. Speeches were found as many as 120, while those that violated 102 speeches, 18 were speeches that obeyed politeness in language. The factors that cause the occurrence of imperative politeness violations committed by teachers are mostly caused by the lack of teacher understanding of the importance of imperative language politeness in learning.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan wujud tuturan imperatif guru dalam pembelajaran dan mengetahui faktor yang menyebabkan pelanggaran kesantunan imperatif oleh guru terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan data berupa tuturan guru dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, catat, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kenyataannya guru lebih banyak melanggar kesantunan berbahasa pada saat menggunakan tuturan imperatif kepada peserta didik. Hal tersebut dapat diketahui dari jumlah tuturan. Tuturan yang ditemukan sebanyak 120, sedangkan yang melanggar sebanyak 102 tuturan dan 18 tuturan yang mematuhi kesantunan berbahasa. Faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran kesantunan imperatif yang dilakukan oleh guru paling banyak disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru akan pentingnya kesantunan berbahasa imperatif dalam pembelajaran.
Representasi Perilaku Toleran dalam Puisi Karya Siswa SMA Abdul Karim Wirawan; Muakibatul Hasanah; Maryaeni Maryaeni
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13709

Abstract

Abstract: This study aims to describe the tolerant behavior contained in poems by high school students. This research uses a qualitative approach based on the theory of sociological literature. The results showed that tolerant behavior contained in poems by students in the form of (1) respecting others, (2) accepting and valuing differences, (3) being open to others, and (4) accepting differences of opinion. Tolerant behavior in poetry high school students tends to be aimed at the closest people, namely mothers and friends. Tolerant behavior is also aimed not only at fellow human beings but also at other living things.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku toleran yang terdapat dalam puisi karya siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan teori sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku toleran yang terdapat dalam puisi karya siswa berupa (1) menghargai orang lain, (2) menerima dan menghargai perbedaan, (3) bersikap terbuka terhadap orang lain, dan (4) menerima perbedaan pendapat. Perilaku toleran dalam puisi karya siswa SMA cenderung ditujukan kepada orang terdekat, yakni ibu dan sahabat. Perilaku toleran juga ditujukan tidak hanya kepada sesama manusia, namun juga kepada makhluk hidup lain.
Analisis Dampak Permainan Problematika Sains terhadap Kecakapan Proses Sains Anak Umur 5—6 Tahun Yossie Setyo Wardhani; Sri Wahyuni; Ach. Rasyad
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13756

Abstract

Abstract: This research was conducted at Dharma Wanita Persatuan 1 TK Senggreng with the purpose of describing the influence of the game of science problems on children's science process skills and describing the differences in the influence from skills of science process for children aged 5—6 years on the treatment of science problematic games and conventional learning methods. This study used a quasy experiment research design that applied the pretest posttest control group a design with quantitative research methods. The results of this research indicate that the mean posttest data score of science process proficiency in the experimental class is 16.00 and is greater than the control class which is 6.10 or 16.00> 6.10. So, there are differences in the effect of science problematics games with conventional learning methods for science process skills in children aged 5 to 6 years.Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan dampak permainan problematika sains pada kecakapan proses sains anak serta mendeskripsikan perbedaan pengaruh kecakapan proses sains anak usia 5—6 tahun untuk perlakuan permainan problematika sains dan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasy experiment dengan metode penelitian kuantitatif. Hasil dari riset ini mengindikasikan bahwa nilai rata-rata data postes kecakapan proses sains kelas eksperimen adalah 16,00 dan lebih besar daripada kelas kontrol yang bernilai 6,10 atau 16,00 > 6,10. Jadi, terdapat perbedaan pengaruh permainan problematika sains dengan pembelajaran metode pembelajaran konvensional untuk kecakapan proses sains pada anak usia 5—6 tahun.
Bermain Fantasi: Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Fiksi Ilmiah Al Kayyizu Azizin Nisa’; Roekhan Roekhan; Wahyudi Siswanto
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13682

Abstract

Abstract: This research and development aims to produce a short story learning model of learning with science fiction. Then, test the effectiveness of Fantasy Play model products. The use of the development model used is 4-D which has stages of define, design, develop, and desseminate. The test is carried out with an expert validation process and a small scale field test. The test results indicate that the qualifications are feasible to implement and have a normal distribution> 0.05 and the significance is 0.000 <0.05. These results indicate that the Fantasy Play model can be used in learning.                                             Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan model pembelajaran menulis cerpen dengan jenis fiksi ilmiah. Kemudian, melakukan pengujian efektivitas produk model Bermain Fantasi. Penggunaan model pengembangan yang digunakan ialah 4-D yang memiliki tahapan define, design, develop, dan desseminate. Pengujian dilakukan dengan proses validasi ahli dan uji lapangan skala kecil. Hasil uji menunjukkan kualifikasi layak diimplementasikan dan berdistribusi normal >0,05 serta signifikasi diperoleh 0,000 <0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model Bermain Fantasi dapat digunakan dalam pembelajaran.
Keefektifan Konseling Kognitif dengan Strategi Reframing untuk Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa SMA Ujang Abdul Basir; M. Ramli; Adi Atmoko
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 5, No 7: JULI 2020
Publisher : Graduate School of Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/jptpp.v5i7.13785

Abstract

Abstract: The purpose of this research is improving academic self-concept in high school students by a cognitive group counseling activities with reframing techniques modivication. The type of research used quasi experimental design that is non-equivalent control group design. The results of this study showed that there is an increase in students academic self-concepts. This is evidenced by the acquisition of Mann-Withney U between the experimental group and the control group with a value Asymp. Sig. (2-tailed) of 0,27 and this results less than 0,5 so it can be concluded that cognitive group counselling with reframing techniques is effective for improving academic self-concept in high school students. The conclusion of this research is the students academic self-concepts in islamic high school Al-Maarif Singosari improved after given cognitive group counselling services with reframing techniques.   Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa SMA melalui kegiatan konseling kelompok kognitif yang dimodifikasi dengan teknik reframing. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan konsep diri akademik yang dimiliki siswa SMA. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji Mann-Whitney U antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,27 dan hasil ini kurang dari 0,5 sehingga dapat ditegaskan bahwasanya konseling kelompok kognitif dengan strategi reframing efektif untuk mengubah konsep diri akademik siswa SMA. Kesimpulan penelitian ini yaitu konsep diri akademik siswa SMA Al-Maarif Singosari meningkat setelah diberi layanan konseling kelompok kognitif dengan teknik reframing.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 8: AUGUST 2025 VOL 10, NO 7: JULY 2025 Vol 10, No 4: APRIL 2025 Vol 10, No 3: MARCH 2025 Vol 10, No 2: FEBRUARY 2025 Vol 10, No 1: JANUARY 2025 Vol 9, No 12: DECEMBER 2024 Vol 9, No 11: NOVEMBER 2024 Vol 9, No 10: OCTOBER 2024 Vol 9, No 9: SEPTEMBER 2024 Vol 9, No 8: AUGUST 2024 Vol 9, No 7: JULY 2024 Vol 9, No 6: JUNE 2024 Vol 9, No 5: MAY 2024 Vol 9, No 4: APRIL 2024 Vol 9, No 3: MARCH 2024 Vol 9, No 2: FEBRUARY 2024 Vol 9, No 1: JANUARY 2024 Vol 8, No 10: OCTOBER 2023 Vol 8, No 9: SEPTEMBER 2023 Vol 8, No 8: AUGUST 2023 Vol 8, No 7: JULY 2023 Vol 8, No 6: JUNE 2023 Vol 8, No 5: MAY 2023 Vol 8, No 4: APRIL 2023 Vol 8, No 3: MARCH 2023 Vol 8, No 2: FEBRUARY 2023 Vol 8, No 1: JANUARI 2023 Vol 7, No 12: DECEMBER 2022 Vol 7, No 11: NOVEMBER 2022 Vol 7, No 10: OKTOBER 2022 Vol 7, No 9: SEPTEMBER 2022 Vol 7, No 8: AGUSTUS 2022 Vol 7, No 7: JULI 2022 Vol 7, No 6: JUNI 2022 Vol 7, No 5: MAY 2022 Vol 7, No 4: APRIL 2022 Vol 7, No 3: MARET 2022 Vol 7, No 2: FEBRUARI 2022 Vol 7, No 1: JANUARI 2022 Vol 6, No 12: DESEMBER 2021 Vol 6, No 11: NOVEMBER 2021 Vol 6, No 10: OKTOBER 2021 Vol 6, No 9: SEPTEMBER 2021 Vol 6, No 8: AGUSTUS 2021 Vol 6, No 7: JULI 2021 Vol 6, No 6: JUNI 2021 Vol 6, No 5: MEI 2021 Vol 6, No 4: APRIL 2021 Vol 6, No 3: MARET 2021 Vol 6, No 2: FEBRUARI 2021 Vol 6, No 1: JANUARI 2021 Vol 5, No 12: DESEMBER 2020 Vol 5, No 11: NOVEMBER 2020 Vol 5, No 10: OKTOBER 2020 Vol 5, No 9: SEPTEMBER 2020 Vol 5, No 8: AGUSTUS 2020 Vol 5, No 7: JULI 2020 Vol 5, No 6: JUNI 2020 Vol 5, No 5: MEI 2020 Vol 5, No 4: APRIL 2020 Vol 5, No 3: MARET 2020 Vol 5, No 2: FEBRUARI 2020 Vol 5, No 1: JANUARI 2020 Vol 4, No 12: DESEMBER 2019 Vol 4, No 11: NOVEMBER 2019 Vol 4, No 10: Oktober 2019 Vol 4, No 9: SEPTEMBER 2019 Vol 4, No 8: AGUSTUS 2019 Vol 4, No 7: JULI 2019 Vol 4, No 6: JUNI 2019 Vol 4, No 5: MEI 2019 Vol 4, No 4: APRIL 2019 Vol 4, No 3: MARET 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 2: FEBRUARI 2019 Vol 4, No 1: JANUARI 2019 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 12: DESEMBER 2018 Vol 3, No 11: NOVEMBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 10: OKTOBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 9: SEPTEMBER 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 8: AGUSTUS 2018 Vol 3, No 7: JULI 2018 Vol 3, No 6: JUNI 2018 Vol 3, No 5: MEI 2018 Vol 3, No 4: APRIL 2018 Vol 3, No 3: MARET 2018 Vol 3, No 2: FEBRUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 3, No 1: JANUARI 2018 Vol 2, No 12: Desember 2017 Vol 2, No 11: November 2017 Vol 2, No 10: Oktober 2017 Vol 2, No 9: September 2017 Vol 2, No 8: AGUSTUS 2017 Vol 2, No 7: JULI 2017 Vol 2, No 6: Juni 2017 Vol 2, No 5: Mei 2017 Vol 2, No 4: April, 2017 Vol.2, No.3, Maret 2017 Vol.2, No.2, Februari 2017 Vol.2, No.1, Januari 2017 Vol.1, No.12, Desember 2016 Vol.1, No.11, Nopember 2016 Vol.1, No.10, Oktober 2016 Vol.1, No.9, September 2016 Vol.1, No.8, Agustus 2016 Vol.1, No.7, Juli 2016 Vol.1, No.6, Juni 2016 Vol.1, No.5, Mei 2016 Vol.1, No.4, April 2016 Vol.1, No.3, Maret 2016 Vol.1, No.2, Februari 2016 Vol.1, No.1, Januari 2016 More Issue