cover
Contact Name
ayumahyumi@gmail.com
Contact Email
ayumahyumi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jtk@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Tumbuh Kembang
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557443     EISSN : 26570785     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini diterbitkan oleh PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Tumbuh kembang terdiri dari naskah teknis berkualitas tinggi tentang kemajuan dan inovasi dalam pendidikan anak usia dini yang canggih; baik pendekatan teoretis dan pendekatan praktis yang berkaitan dengan perkembangan anak, psikologi, kurikulum dan semua hal yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Semua artikel yang diterbitkan dalam Jurnal tumbuh kembang dapat diakses secara bebas di situs website ini. Frekuensi terbitan: 2 Edisi per tahun (Mei dan November).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022" : 10 Documents clear
ANALISIS FAKTOR–FAKTOR KEJENUHAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 SDN 35 TALANG UBI KABUPATEN PALI Indah Novita Sari; Febriyanti Utami
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.17816

Abstract

Kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi yang dapat diketahui dari reaksi anak ketika diminta untuk belajar dan pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang faktor kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif  Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu dua siswa kelas 1 di SDN 35 Talang Ubi yang mengalami kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak tugas yang diberikan, tidak ada guru saat belajar, tidak ada teman-teman saat belajar, kesulitan dalam mengerjakan tugas, kurangnya istirahat, terdapat gangguan saat belajar, kurangnya penghargaan, tidak ada yang menemani saat belajar, pembelajaran kurang bervariasi, jam belajar tidak tentu, desakan orang tua dan tempat belajar kurang memadai.
ANALISIS PEMBELAJARAN IQRA’ PADA ANAK USIA (2-4) TAHUN DI SHAKIF DAYCARE TALANG JAMBE PALEMBANG Shella Eka Putri; Hasmalena Lena
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.19369

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusias anak usia (2-4) tahun mengenai pembelajaran iqra’. strategi apa yang digunakan guru dalam mengajarkan pembelajaran iqra’ serta apa saja kendala dalam pembelajaran iqra’. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa antusias anak dalam pembelajaran Iqra’ tergantung dari bagaimana cara guru memberikan pembelajaran, yakni dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa mudah jenuh dengan apa yang sedang dilakukannya. Strategi yang digunakan oleh guru yang ada di Shakif Daycare dengan cara mengingat apa yang biasanya peserta didik ingat, hampir sama dengan strategi Mnemonic, yang mana strategi ini memberi bantuan memori untuk mengingat suatu informasi yang diterima. Kendala yang dihadapi di Shakif Daycare ini ada banyak sekali, terlebih lagi masing-masing anak memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan tingkat usianya. Pendidik pun memiliki cara dalam mengatasinya, yakni dengan mengambil tindakan bahwa anak bebas memilih apa yang diinginkannya, sehingga peran guru sangatlah penting dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 
METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI BATUSANGKAR, TANAH DATAR Restu Yuningsih; Helena Juwita; Wilda Fathia
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.19094

Abstract

Latar Belakang dalam penelitian ini adalah terkait dengan kemampuan berfikir kritis anak yang belum berkembang dengan baik, dapat dilihat dari kemampuan anak dalam memecahkan masalah masih rendah, kemampuan anak dalam menemukan konsep sebab akibat dan metode pembelajaran terbilang monoton. Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental design, dengan tipe one group pretest-posttest design, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelas B TK Pertiwi Batusangkar dan didapatkan kelas B2 sebagai sampel sebanyak 13 anak. Tekhnik analisis data yang digunakan dengan cara membandingkan hasil rerata pre-test dan posttes kelompok eksperimen dengan cara  menguji statistik uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan metode discovery learning. Hal ini terlihat dari tabel hasil penelitian masing-masing subjek penelitian bahwa metode discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pada anak usia 5-6 tahun sebesar 25,67. Berdasarkan analisis perhitungan statistik melalui taraf signifikan 1% terlihat to lebih besar tt maka hipotesis alternatif (ha) diterima artinya metode discovery learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Penelitian dapat bermanfaat untuk kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya.
IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN PADA GURU DI TK TUNAS BANGSA DESA KOTA TANAH OKU TIMUR Dea Ananda; Mahyumi Rantina
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.18751

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan memberikanpenguatan pada guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur. Jenispenelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TK Tunas Bangsa pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini berfokus pada keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan dan cara yang digunakan guru dalam memberi penguatan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yaitu guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur dominan memberikan penguatan verbal dengan kata-kata seperti “sip, hebat, dan pintar” daripada menggunakan kalimat. Lalu untuk penguatan non verbal guru dominan menerapkan penguatan dengan menepuk bahu anak, mengacungkan jempol, mendekati anak, dan memberikan simbol. Serta untuk cara yang digunakan sudah baik dimana guru menggunakan variasi dalam memberi penguatan, menyebut nama anak, dan tidak ditunda-tunda. kata-kata kunci: Keterampilan Memberi Penguatan, Penguatan Verbal, Penguatan Non Verbal, Cara Memberi Penguatan. 
KOLABORASI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP DASAR PAUD MENGGUNAKAN METODE FLIPPED CLASSROOM Tesya Cahyani Kusuma; Roza Dahlia
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.19317

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam berkolaborasi untuk memecahkan suatu pertanyaan, tidak terlibat aktif dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan, dan belum maksimal mengungkapkan pendapat saat berdiskusi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kolaborasi mahasiswa pada pembelajaran konsep dasar PAUD menggunakan metode flipped classroom.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari II siklus, siklus I dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2022/2023, yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa PG-PAUD Universitas Adzkia. Teknik pengumpulan data yang digunakan  adalah observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan tujuan penelitian maka analisis data penelitian ini adalah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator berkolaborasi dalam memecahkan suatu pertanyaan dalam pembelajaran mengalami peningkatan sebesar (81,25%). Indikator berkolaborasi dalam kelompok untuk menyajikan materi yang didapatkan secara mandiri (83,3%)  dan indikator mengungkapkan pendapat dalam berkelompok pada saat berdiskusi (85,41%).
PERSEPSI ORANG TUA TENTANG LITERASI BACA TULIS ANAK USIA (5-8) TAHUN DIKELURAHAN SRIJAYA PALEMBANG Dian Ayu Lestari; Rukiyah Rukiyah; Taruni Suningsih
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.19056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi orang tua tentang literasi baca tulis anak usia (5-8) tahun diKelurahan Srijaya Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data yang digunakan adalah jenis analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, mereduksi data yang didapatkan dari lapangan, penyajian data dalam bentuk narasi yang singkat dan menarik kesimpulan. Penelitian ini meggunakan tiga subjek penelitian, yaitu orang tua yang memiliki anak usia (5-8) tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap positif dari orang tua kepada anak dan selalu memberikan dukungan pada anak agar menjaga semangat literasi baca tulis. Setiap orang tua memiliki sudut pandang yang berbeda tentang literasi baca tulis, perbedaan tentang persepsi literasi baca tulis merupakan hal umum yang pasti harapan orang ketika mereka sudah menerapkan literasi baca tulis adalah anak yang sudah mengenali bentuk dari bacaan dan cara menulis yang baik, ini sebagai upaya orang tua untuk anak giat dalam melaksanakan literasi baca tulis. Persepsi orang tua tentang literasi baca tulis yang baik, akan mempengaruhi kemampuan literasi anak khususnya anak yang berada pada usia (5-8) tahun, pemberian buku bacaan yang memadai (manarik perhatian anak), waktu orang tua untuk mendampingi anak, dan juga mood anak yang baik akan berdampak baik pula pada kemampuan literasi nya.
PENGGUNAAN WEBSITE PADA LAYANAN INFORMASI ADMINISTRASI LABORATORIUM PAUD DI FKIP UNSRI Novi Yanti; Rahmi Susanti; Syarifuddin Syarifuddin
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.18356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menata layanan informasi administrasi laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Website di FKIP Unsri yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah enam dosen dan 62 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, angket, dan observasi. Instrumen validasi ahli dan instrumen efektivitas pada penelitian ini menggunakan skala penilaian. Hasil validasi dilakukan kepada 3 validator yang memvalidasi 3 aspek yaitu: bahasa, media dan materi. Ketiga validator menyatakan website terkategori sangat valid dengan persentase sebagai berikut: 90% dari ahli materi, 87,2% dari ahli media, dan 87,5% dari ahli bahasa. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website pada layanan informasi administrasi laboratorium PAUD FKIP Unsri yaitu sangat sukses dengan persentase 91,5% dengan kategori sangat efektif dari 13 item pertanyaan yang terdiri dari 6 responden dosen aktif FKIP Unsri dan 86,3 % dengan kategori sangat efektif dari 62 responden mahasiswa aktif pada program studi PG-PAUD FKIP Unsri. Sehingga hasil pengembangan yang dilakukan disimpulkan bahwa website layanan informasi yang dikembangkan sangat efektif dan mampu digunakan sebagai layanan informasi daring pada Prodi PG-PAUD FKIP Unsri.
EVALUASI PROGRAM CIPP PULAU LAYAK ANAK DI PULAU HIRI Radjiman Ismail; Nurfitri Sahidun; Rinelsa R Husain; Ririn Duwila; Hatija Ngongira
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.18759

Abstract

Peresmian Pulau Layak Anak di Pulau Hiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap salah satu pulau yang ada di kawasan Indonesia Timur dimana semua peran pemerintah harus memberikan dampak besar bagi pemenuhan hak dan perlindungan anak khususnya di Pulau Hiri, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis evaluasi konteks pelaksanaan pulau layak anak di pulau hiri, mendeskripsikan evaluasi input pelaksanaan pulau layak anak di pulau Hiri, mendeskripsikan evaluasi proses pelaksanaan pulau layak anak di Pulau Hiri serta mendeskripsikan evaluasi produk pelaksanaan pulau layak anak di Pulau Hiri. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi program CIPP. Hasil penelitian ini menjelaskan: 1) Penyusunan kebijakan dan anggaran yang sudah melibatkan anak agar perlu disosialisasikan lagi ke seluruh masyarakat yang ada di Pulau Hiri, 2). Pemenuhan dan hak perlindungan anak agar ditingkatkan lagi dengan melibatkan berbagai LSM ataupun mitra lainnya, 3). Perencanaan kegiatan dan pembangunan yang telah melibatkan suara dan aspirasi anak agar dilaksanakan dan dievaluasi secara bersama-sama agar seluruh sarana dan prasarana sesuai dengan program pulau layak anak, 4). Para Pendidik, orang tua, dan seluruh stakeholder agar bersama-sama mencetak generasi-generasi emas yang ada di Pulau Hiri.
PENGARUH KEKERASAN VERBAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA DINI Asih Budi Kurniawati; Fahira Nabila
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.19209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekerasan verbal terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian non-eksperimen ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 anak yang berusia 5-6 tahun beserta masing-masing orang tua dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket kepada orang tua dan melakukan observasi kepada anak. Kemudian, analisis data yang digunakan adalah anova satu arah (one way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kekerasan verbal terhadap kepercayaan diri anak. Hal ini terbukti dari hasil penghitungan menggunakan anova satu arah (one way anova) yaitu taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan penghitungan besaran pengaruh kekerasan verbal memiliki pengaruh negatif sebesar 83% terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Kekerasan verbal yang paling tinggi dilakukan oleh orang tua adalah mempermalukan dan membandingkan, sehingga membuat anak menjadi tidak yakin dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu, kekerasan verbal dapat membuat kepercayaan diri anak rendah.
PENGGUNAAN DUA BAHASA DAERAH DALAM BERKOMUNIKASI ANAK USIA (3-6) TAHUN DI DESA SUKA MULYA OGAN ILIR Dita Silpiah; Rukiyah Rukiyah
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 9, No 2 (2022): JURNAL TUMBUHKEMBANG EDISI NOVEMBER 2022
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v9i2.18338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi anak usia (3-6) tahun di Desa Suka Mulya Ogan Ilir. Masalah penelitian ini adalah ketidak mampunya anak dalam menerapkan penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang melatar belakangi tidak mampunya anak menerima dua bahasa daerah dalam berkomunikasi. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu R (3 tahun) dan P (4 tahun). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber dalam penelitian ini yaitu orang tua dari subjek penelitian. Sumber data menggunakan Tringaluasi Sumber. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection, reduction, display, verification. Hasil penelitian ini menunjukan beberapa faktor yang melatar belakangi ketidak mampunya penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi pada anak yaitu tidak konsistenya orang tua dalam mengaplikasikan penggunaan dua bahasa daerah dalam berkomunikasi, faktor lingkungan, kurangnya stimulasi komunikasi dan interaksi, model yang ditiru, rendahnya pendidikan orang tua, kurangnya waktu untuk berkomunikasi dan berinteraksi pada anak, anak kebingungan dalam membedakan dua bahasa daerah, pengaruh gadget, kurangnya kosa kata berikan kepada anak. dan kurangnya motivasi dari orang tua anak untuk berkomunikasi menggunakan dua bahasa daerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10