cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains" : 13 Documents clear
Penerapan model ECIRR untuk mereduksi jumlah mahasiswa yang miskonsepsi tentang usaha dan energi Hamdani, Hamdani
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8244

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mereduksi jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi tentang usaha dan energi. Ada 31 mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini. Sebanyak 15 soal pilihan ganda dengan alasan terbuka digunakan pada saat pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase jumlah mahasiswa yang miskonsepsi turun sebesar 22,53%. Berdasarkan hasil uji McNemar terjadi penurunan miskonsepsi pada tujuh indicator dari sebelas indikator.
Penerapan model PjBL melalui pembuatan produk fermentasi terhadap hasil belajar bioteknologi dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa Herditiya, Herditiya; Trisianawati, Eka
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8468

Abstract

Bioteknologi mampu menjawab berbagai kebutuhan pangan melalui olahan makanan fermentasi. Pada perkuliahan bioteknologi telah dibahas mengenai teknink dan olahan ferementasi, namun pada saat evaluasi di dalam kelas, mahasiswa belum mampu menyebutkan secara benar apa saja variasi makanan dan minuman yang termaksud olahan fermentasi maka dari itu perlu adanya pendalaman materi berkaitan dengan bioteknologi, tidak hanya teori saja tapi melalui projek pembuatan makanan ferementasi sehingga mahasiswa memahami bagaiamana pembuatan produk fermentasi dengan benar. Model pembelajaran yang tepat untuk mendukung kegiatan belajar dan mengukur keterampilan kerja ilmiah salah satunya model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengukur perbedaan hasil belajar dan keterampilan kerja ilmiah mahasiswa melalui pembuatan makan fermentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment Design), dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Hasil Penelitian menunjukkan nilai uji t nilai sig (2-tailed) 0,77 > 0,05, sehingga dapat dikatakan tidak ada perbedaan yang sginifikan pada hasil belajar antara mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan Nilai keterampilan kerja ilmiah mahasiswa pada kelas kontrol 81,92 dan kelas eksperimen 85 dengan kriteria sangat terampil.
Efek pemberian bawang hitam siung tunggal (Allium sativum) terhadap memori jangka pendek tikus Wistar Hasanah, Uswatun; Hermawati, Ery; Handini, Mitra; Mahyarudin, Mahyarudin; Alex, Alex; Ilmiawan, Muhammad In'am
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8482

Abstract

Bawang hitam siung tunggal memiliki kandungan antioksidan dan memiliki efek sebagai pelindung terutama pada korteks prefrontal, yang juga berperan dalam fungsi memori. Selain efek antioksidan, bawang hitam siung tunggal memiliki efek anti inflamasi serta modulasi neurotransmitter seperti asetilkolin pada otak yang berhubungan pada pasien dengan gangguan memori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek bawang hitam siung tunggal terhadap memori jangka pendek pada tikus wistar. Penelitian ini merupakan penelitian laboratorium eksperimental dengan dengan desain post-test only control group design. Pada penelitian ini menggunakan 24 ekor tikus yang dibagi kedalam 4 kelompok yaitu kontrol, BG1, BG2, dan BG3 dengan diberi ekstrak etanol bawang hitam siung tunggal sebanyak 2,5 gr, 5 gr, dan 10 gr yang dilarutkan dengan NaCl 0,9% peroral secara berurutan selama 10 hari. Pada hari ke 15 setelah perlakuan terakhir kemudian dilakukan pengujian y maze untuk menentukan menentukan persentase alternasi. Tikus wistar dalam 4 kelompok memiliki hasil persentase yang tidak jauh berbeda pada setiap kelompok yaitu pada kontrol (67.408% ± 9.28%), BG1 (75.72 ± 10.75), BG2 (67.00% ± 9.89%), dan BG3 (73.73% ± 12.69%). Analisis data dengan Uji Krusskal Wallis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh ekstrak bawang hitam siung tunggal terhadap memori jangka pendek tikus wistar ( P = 0,492). Kesimpulan pada penelitian ini adalah ekstrak bawang hitam siung tunggal (Allium sativum Linn) tidak memberikan pengaruh terhadap memori jangka pendek pada tikus wistar.
Uji aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun kratom (Mitragyna speciosa) terhadap bakteri Shigella dysenteriae Saputra, Andhika Fadhil; Mahyarudin, Mahyarudin; Kahtan, Muhammad Ibnu
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8673

Abstract

Shigella dysenteriae merupakan penyebab diare yang umum terjadi di seluruh dunia, yang menyerang negara-negara maju dan berkembang seperti Indonesia. Pengobatan disentri biasanya dilakukan dengan antibiotik. Namun, penggunaan berlebihan menyebabkan kasus resistensi sehingga memerlukan pengobatan alternatif, salah satunya bahan alam. Kratom (Mitragyna speciosa) adalah tumbuhan asli Asia Tenggara, khususnya Indonesia, yang dikenal memiliki berbagai khasiat termasuk sebagai agen antibakteri, obat tradisional untuk diare dan khasiat lainnya. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi daya hambat ekstrak etanol 96% daun kratom terhadap Shigella dysenteriae secara in vitro. Metode penelitian meliputi ekstraksi maserasi daun kratom menggunakan ekstrak etanol 96% dan pengujian daya hambat terhadap bakteri patogen Shigella dysenteriae dengam metode kertas cakram Kirby-Bauer. Ekstrak etanol 96% daun kratom pada konsentrasi 5%, 25%, 50% dan 75% tidak menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Shigella dysenteriae. Kontrol positif (Siprofloksasin) menunjukkan zona hambat dengan diameter 25,8 mm. Tween 80 10% sebagai kontrol negatif tidak menunjukkan aktivitas antibakteri. Hasil ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun kratom belum efektif terhadap Shigella dysenteriae, mengindikasikan perlunya eksplorasi lebih lanjut terhadap senyawa aktif atau metode ekstraksi yang berbeda untuk pengembangan fitofarmaka lokal.
Analisis sentimen climate change menggunakan support vector machine Utami, Putri Yuli; Alkadri, Syarifah Putri Agustini; Otafyani, Mega
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8674

Abstract

Perubahan iklim adalah isu global dengan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan. Tujuan penelitian ini melakukan analisis sentimen terhadap data publik dan mengevaluasi performa model dalam klasifikasi analisis sentimen. Jumlah data teks terkait isu ini terus meningkat, sehingga text mining menjadi pendekatan penting untuk menganalisis data secara mendalam. Algoritma seperti Support Vector Machine (SVM) memberikan solusi inovatif untuk klasifikasi dokumen dan analisis sentimen dalam domain ini. Tahapan penelitian dimulai dari pengumpulan data, pengelolaan data, pre-processing data, pembobotan kata (TF-IDF), analisis sentimen dengan model Support vector machine, serta evaluasi hasil. Support Vector Machine  dengan rasio 80:20  menunjukkan performa lebih tinggi dengan akurasi 0,88, precision (weighted avg) 0,89, recall (weighted avg) 0,88, Nilai K= 10, F1-score (weighted avg) 0,88, ROC-AUC 0,99 menunjukkan kinerja model baik.
Analisis sentimen pengguna X terhadap Istana Garuda IKN menggunakan algoritma Naïve Bayes Ramdhania, Nur Annisa; Siregar, Alda Cendekia; Sucipto
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8735

Abstract

Istana Garuda merupakan bagian penting dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang menarik perhatian publik, khususnya terkait desainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat terhadap Istana Garuda menggunakan data dari media sosial X dan mengukur akurasi klasifikasi sentimen dengan algoritma Naïve Bayes. Data dikumpulkan melalui teknik web crawling pada Februari 2024 menggunakan kata kunci “Istana Garuda IKN” dengan Tweet Harvest dan Google Colab. Sebanyak 807 tweet pengguna yang relevan diperoleh dan dilabeli secara manual. Proses analisis dilakukan melalui tahapan Knowledge Discovery in Databases (KDD), mencakup preprocessing (normalization, stopword removal, tokenizing, stemming), pelabelan sentimen, pembagian data, klasifikasi menggunakan Naïve Bayes, dan evaluasi menggunakan confusion matrix. Dengan model terbaik menggunakan rasio data latih dan uji 80:20, menghasilkan akurasi 84,56%, precision 86%, dan recall 90%. Pada visualisasi diagram batang hasil klasifikasi menunjukkan 534 tweet bersentimen positif dan 273 bersentimen negatif dan wordcloud menunjukkan kata-kata yang dominan seperti IKN (88), Indonesia (53), Jokowi (48), Istana (17), dan Garuda (16). Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa sentimen masyarakat terhadap Istana Garuda cenderung positif, serta membuktikan efektivitas algoritma Naïve Bayes dalam mengklasifikasikan sentimen di media sosial X. Temuan ini dapat menjadi masukan yang penting bagi pemerintah dalam memahami persepsi masyarakat terhadap pembangunan IKN dan merumuskan strategi komunikasi public yang tepat.
Pengembangan e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA Agustian, Agustian; Sirait, Judyanto; Firdaus, Firdaus; Hamdani, Hamdani
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8781

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan, kelayakan, dan efektivitas e-learning berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA. Metode yang diterapkan pada studi ini yaitu metode Research and Development (R&D) melalui tahap menggunakan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil dari studi ini menjabarkan bahwa validitas e-learning berdasarkan materi, bahasa, media dan penilaian lapangan dikategorikan valid dan layak (73,75%). Implementasi dilakukan pada 68 peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Pontianak dan SMAS Santo Paulus Pontianak menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang. Dengan menggunakan uji Wilcoxon, menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, hal tersebut mengindikasikan implementasi yang dilakukan memberikan peningkatan dan efektif. Pada uji N-Gain dari 68 peserta didik diukur efektivitas mendapatkan nilai 0,58 dengan interpretasi sedang dan dinyatakan cukup efektif dimana skor post-test siswa rata-rata 81,76. Merujuk pada temuan ini bisa dijabarkan bahwa e-learning ini valid, layak digunakan dan cukup efektif untuk diterapkan menjadi media pembelajaran pada materi fluida dinamis di SMA.
Pengembangan media ice breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya Nursila, Risa; Wahidah, Andina Nurul; Sarassanti, Yumi
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8793

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menuntut integrasi keterampilan esensial, salah satunya adalah keterampilan 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity. Untuk menjawab tantangan ini, diperlukan media pembelajaran inovatif yang dapat memfasilitasi keterampilan tersebut. Ice breaking berbasis permainan merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan. Sehingga penelitian inibertujuan untuk mengembangkan media ice breaking berbasis 4C pada pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi untuk kelas VIII di MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan merujuk pada model 4D. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII Mts Al-Muhajirin Rasau Jaya sebanyak 17 peserta didik. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode population sampling (sampel jenuh). Data dikumpulkan dengan bantuan instrumen berupa lembar observasi check list, lembar angket tertutup dan lembar validasi ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Standar Baku Ideal (SBI) untuk menguji kelayakan media dan menganalisis respon peserta didik terhadap media, Indeks Aiken’s V untuk menguji validitas soal, serta Interjudge Agreement (IJA) untuk menganalisis keterlaksaan pembelajaran melalui lembar observasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media berada dalam kategori sangat baik (skor rata-rata 94%). Media ini berupa modifikasi permainan Jenga, di mana setiap balok diberi nomor dan dihubungkan dengan kartu soal matematika yang dirancang untuk mengasah keterampilan 4C: Communication, Collaboration, Critical Thinking, dan Creativity. Implementasi media menunjukkan keterlaksanaan RPP sebesar 100%. Respon peserta didik terhadap media juga sangat positif dengan rata-rata skor 76,41%. Simpulan dari penelitian ini adalah media ice breaking berbasis 4C efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan partisipasi aktif serta keterampilan abad 21 siswa.
Analisis sentiment terhadap pengguna mobil listrik berdasarkan komentar youtube menggunakan metode support vector machine (SVM) dan teknik ensemble Azzahra, Bunga Juliana; Asep Id, Hadiana; Agus , Komarudin
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8871

Abstract

Kemajuan teknologi kendaraan listrik telah memicu beragam perdebatan di masyarakat, sehingga penting untuk menganalisis sentimen publik terhadap inovasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi opini masyarakat mengenai mobil listrik melalui analisis sentimen menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) dan teknik ensemble stacking. Data yang digunakan berjumlah 1.516 komentar yang diambil dari YouTube. Proses penelitian meliputi pengumpulan data, pra-pemrosesan data untuk menyiapkan teks bagi model pembelajaran mesin, penerapan model menggunakan data uji dan data latih, serta evaluasi model. Model yang diterapkan meliputi SVM dengan kernel RBF, polinomial, dan sigmoid sebagai base learner, serta regresi logistik sebagai meta learner dalam ensemble stacking. Hasil penelitian menunjukkan kinerja terbaik pada rasio pembagian data 70:30, dengan ensemble stacking mencapai akurasi tertinggi sebesar 76,21%. Model SVM polinomial (75,99%) dan regresi logistik (75,55%) juga memberikan hasil yang unggul. Penelitian ini menunjukkan efektivitas ensemble stacking dalam meningkatkan akurasi analisis sentimen serta memberikan wawasan mendalam mengenai pandangan masyarakat terhadap mobil listrik.
The impact of computational modeling on student success in algorithm and programming track courses Hakim, Husnul; Natalia, Natalia; Nugraheni, Cecilia Esti
Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/saintek.v14i1.8875

Abstract

Programming courses, such as Object-Oriented Programming (PBO), Algorithms and Data Structures (ASD), and Design and Analysis of Algorithms (DAA) at Parahyangan Catholic University's Informatics Study Program (IF UNPAR), have shown relatively low passing rates and average grades. To enhance students' problem-solving abilities, IF UNPAR's 2018 Curriculum introduced the compulsory course, Modeling for Computation (PUK). This study aims to analyze the influence of PUK grades on students' academic performance in programming courses. We used linear regression modeling and Naïve Bayes classification to predict student grades. The results show that the regression model yielded a residual standard error between 15.43 and 28.15, while the Naïve Bayes model achieved a Root Mean Squared Error (RMSE) between 1.29 and 1.85. These findings indicate that PUK grades can serve as an early indicator of student success in programming courses, simultaneously supporting the integration of modeling and problem solving capabilities into the informatics curriculum.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 12 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains (In Press) Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains More Issue