cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya merupakan jurnal keilmuan dibidang komputer yang memuat tulisan ilmiah hasil dari penelitian mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal ini diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan sumber daya penelitian dalam Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 9 (2025): September 2025" : 50 Documents clear
Pengembangan Front-End Aplikasi Mobile Penyewaan Busana pada Seasha Wardrobe dengan Metode Design Thinking Azzahra, Daniswari Yurin; Kharisma, Agi Putra; Pramukantoro, Eko Sakti
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi mobile di Indonesia membuka peluang digitalisasi layanan penyewaan busana, termasuk pada Seasha Wardrobe yang sebelumnya masih berjalan secara manual. Permasalahan seperti kurangnya transparansi informasi, ketidakefisienan pemesanan, dan minimnya dokumentasi transaksi berdampak negatif terhadap interaksi pengguna dan layanan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan antarmuka (front-end) aplikasi mobile penyewaan barang di Seasha Wardrobe dengan pendekatan Design Thinking, yang berfokus pada pemahaman kebutuhan pengguna untuk menghasilkan solusi yang berpusat pada manusia. Proses dilakukan melalui penggalian kebutuhan, perumusan masalah, pencarian ide, pembuatan prototipe, dan pengujian. Aplikasi penyewa mencakup fitur daftar, masuk, memilih busana, melakukan pemesanan, riwayat penyewaan, dan notifikasi. Aplikasi karyawan mencakup halaman masuk, melihat detail busana, menambah busana, konfirmasi pesanan siap, konfirmasi penyerahan, konfirmasi pengembalian, melihat penghasilan, dan melihat notifikasi. Evaluasi dilakukan berdasarkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Efektivitas diukur dengan success rate, efisiensi melalui time on task. Hasil pengujian menunjukkan lima dari enam tugas pada aplikasi penyewa berhasil 100%, satu tugas 80%. Aplikasi karyawan mencapai 100% pada seluruh tugas. Total waktu penyelesaian pada aplikasi penyewa adalah 160,569 detik ± 48,087, sedangkan aplikasi karyawan 306,02 detik. Skor SUS masing-masing adalah 81,5 (“Excellent”) dan 72,5 (“Good”).
Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Pondok Pesantren Anwarul Huda Menggunakan Metode Website Usability Evaluation Tool (Webuse) Dan Pendekatan Human Centered Design Nawafi, Danish; Muslimah Az-Zahra, Hanifah; Khalid Rahman
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Website Pondok Pesantren Anwarul Huda berfungsi sebagai media utama dalam menyampaikan informasi kepada santri, calon santri, wali santri, dan masyarakat umum. Meskipun hasil evaluasi awal menunjukkan bahwa tingkat usability situs web ini berada pada kategori “baik”, hasil wawancara mengungkapkan masih terdapat beberapa permasalahan, seperti navigasi yang kurang intuitif, konten yang tidak diperbarui secara berkala, dan tampilan visual yang belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki desain antarmuka pengguna situs web tersebut dengan menggunakan metode Website usability evaluation tool (WEBUSE) dan pendekatan Human centered design (HCD). Evaluasi awal dilakukan melalui penyebaran kuesioner WEBUSE kepada 30 responden serta wawancara terhadap lima narasumber utama. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan perancangan ulang antarmuka dalam bentuk wireframe dan prototype yang kemudian dievaluasi kembali menggunakan metode yang sama. Hasil evaluasi akhir menunjukkan adanya peningkatan nilai usability pada seluruh aspek, khususnya pada kategori Navigation and Links serta User Interface Design. Hal ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan HCD efektif dalam meningkatkan kualitas antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Implementasi Role Based Access Control (RBAC) dalam Sistem Informasi Manajemen Pelanggan dan Pembayaran Air Berbasis Web (studi pada PT Tirta Wangi Sejahtera) Kamal Nasich, Alvin; Wicaksono, Satrio Agung; Saputra, Mochammad Chandra
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT Tirta Wangi Sejahtera sebelumnya mengandalkan Google Sheets untuk pengelolaan data pelanggan dan pembayaran, namun pendekatan ini tidak mendukung pembatasan akses yang sesuai prinsip Separation of Duty (SoD) yang dapat menimbulkan resiko terjadinya kolusi. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan Role-Based Access Control (RBAC) dalam sistem informasi manajemen pelanggan dan pembayaran air untuk PT Tirta Wangi Sejahtera. Pendekatan Scenario-Driven Role Engineering digunakan untuk merancang model RBAC, menghasilkan artefak berupa katalog permission, constraint, task dan work profiles, serta hierarki role. Validasi model dilakukan secara formal menggunakan Z3Prover untuk memastikan seluruh constraint terpenuhi. Implementasi RBAC dilakukan menggunakan Laravel dan library Spatie. Pengujian dilakukan melalui white box testing dengan total 67 kasus uji (55 fungsi utama dan 12 middleware), seluruhnya menunjukkan hasil pass 100%, dengan nilai code coverage sebesar 95,25%. Pengujian black-box dilakukan terhadap 37 kasus uji berdasarkan kebutuhan fungsional dan constraint, dan juga memperoleh hasil 100% pass. Dari sisi keamanan, implementasi RBAC mampu menurunkan tingkat pelanggaran akses akibat skenario kolusi dari 72,73% (pada sistem spreadsheet) menjadi 0%. Selain itu, terjadi pengurangan rata-rata permission sebesar 43,06%, yang menunjukkan sistem menerapkan prinsip least privilege. Dengan demikian, RBAC terbukti efektif dalam meningkatkan keamanan dan integritas sistem informasi di PT Tirta Wangi Sejahtera.
Perancangan User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Buku Penghubung Daycare Menggunakan Pendekatan Human-Centered Design (Studi Kasus: Daycare Triple-C) Alayasi, Mutia; Widodo, Agus Wahyu; Sari, Yuita Arum
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tempat penitipan anak merupakan salah satu alternatif tempat penitipan sementara ketika orang tua bekerja seperti dual-career family. Buku penghubung merupakan sarana untuk saling bertukar informasi terkait pengasuhan anak antara orangtua dan tempat penitipan anak. Daycare Triple-C merupakan taman penitipan anak yang meningkatkan kemitraan dengan orangtua, salah satunya melalui buku penghubung menggunakan Whatsapp dan masih memiliki kekurangan terutama akses informasi stimulasi anak harian. Daycare Triple-C membutuhkan suatu aplikasi yang dapat memfasilitasi pertukaran informasi terkait stimulasi dan pengasuhan anak di tempat penitipan anak dan di rumah. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan adalah Human-Centered Design. Keluaran yang dihasilkan adalah hi-fi prototype aplikasi perangkat bergergak buku penghubung untuk pengajar, orangtua, dan kepala. Fitur yang dihasilkan antara lain laporan stimulasi harian, kemandirian anak, dokumentasi, dan infografis pembelajaran, dan laporan akhir setiap semester. Hasil uji usability menggunakan Single Ease Question diperoleh 6,46 di atas target benchmark SEQ sebesar 5,5 yang menunjukkan bahwa aplikasi mudah digunakan. Hasil pengujian menggunakan User Experience Questionnaire memperoleh hasil Excellent pada semua aspek.
Perancangan dan Implementasi Snort Rule Set untuk Deteksi Serangan SQL Injection Maulana, Azizi Novan; Data, Mahendra; Bakhtiar, Fariz Andri
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Serangan SQL Injection (SQLi) merupakan salah satu ancaman siber yang serius terhadap keamanan aplikasi web karena memungkinkan penyerang menyisipkan perintah SQL berbahaya untuk mengakses, memanipulasi, atau merusak basis data. Meskipun sistem Intrusion Detection System (IDS) berbasis signature seperti Snort cukup efektif dalam mendeteksi serangan secara real-time, aturan bawaan Snort sering kali belum mampu mengidentifikasi varian SQLi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi aturan kustom Snort yang komprehensif untuk mendeteksi berbagai jenis serangan SQL Injection dalam lingkungan simulasi jaringan. Metodologi penelitian mencakup identifikasi pola-pola serangan SQLi yang umum, seperti UNION-Based, Error-Based, Blind SQLi (baik Boolean maupun Time-Based), Comment Bypass, serta penggunaan alat otomatis seperti SQLMap. Selanjutnya, dilakukan perancangan aturan Snort berdasarkan prinsip akurasi deteksi tinggi dan minim False Positive, implementasi aturan pada topologi jaringan virtual, serta pengujian menggunakan berbagai skenario Payload SQLi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aturan Snort yang dirancang mampu mendeteksi mayoritas serangan SQL Injection yang diuji, dengan nilai Recall mencapai 92,31% (60 dari 68 skenario). Tidak ditemukan kasus False Positive dari tiga lalu lintas normal yang diuji (False Positive Rate = 0%), sementara terdapat lima kasus False Negative (False Negative Rate = 7,69%). Tingkat akurasi secara keseluruhan mencapai 92,65%. Perbandingan dengan aturan bawaan Snort menunjukkan peningkatan performa yang sangat signifikan, akurasi meningkat dari 8,8% menjadi 92,65%, dan Recall meningkat dari 4,6% menjadi 92,31%, meskipun Presisi (100%) dan False Positive Rate (0%) tetap sama. Penelitian ini berhasil memberikan kontribusi dalam peningkatan deteksi serangan SQLi.
Studi Empiris Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Antara Instagram Dan Rancangan Aplikasi Mobile Dalam Pemilihan Paket Haji Dan Umrah Fadhlan, Rafi Ahmad; Kharisma, Agi Putra; Tolle, Herman
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong pelaku industri perjalanan ibadah, termasuk layanan haji dan umrah, untuk memanfaatkan platform digital dalam menjangkau konsumen. Salah satu penyedia layanan lokal, Mazq, masih mengandalkan Instagram sebagai media utama untuk menyampaikan informasi paket ibadah. Namun, penggunaan Instagram memiliki keterbatasan, seperti informasi yang tidak terstruktur, ketiadaan fitur pencarian dan filter, serta minimnya personalisasi. Kondisi ini menyulitkan calon jamaah dalam menemukan dan membandingkan paket sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi prototipe aplikasi mobile menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Validasi dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dalam membandingkan performa Instagram dan aplikasi. Partisipan penelitian adalah calon jamaah berusia 30–50 tahun yang berdomisili di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hal efektivitas (p = 0,7815), aplikasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi (p = 0,000385) dan kepuasan pengguna (p = 0,0000516). Waktu pencarian rata-rata berkurang dari 68,9 detik (Instagram) menjadi 16,6 detik (aplikasi), sementara skor kepuasan meningkat dari 4,28 menjadi 6,55. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan menjadi solusi potensial untuk meningkatkan daya saing Mazq di pasar digital.
Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Penjualan Kue UMKM "Ibuk Bakery" Budidharma, Ikrar; Santoso, Nurudin; Priyambadha, Bayu
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM di Indonesia berperan sebagai pilar perekonomian nasional dengan mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja, sekaligus menjadi solusi untuk mengurangi ketimpangan sosial. Di era digital, UMKM harus memanfaatkan teknologi informasi untuk mempertahankan pasar dan memperluas jaringan konsumen guna menghadapi perubahan perilaku bisnis dan konsumen. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Penjualan Kue UMKM "IBUK BAKERY" Tujuan dari sistem ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan skala pelayanan UMKM Ibuk Bakery melalui pengembangan Sistem Informasi Manajemen Penjualan Kue berbasis website. Penelitian ini menggunakan pendekatan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan menggunakan metode Waterfall. Penelitian ini dirancang dengan metode terstruktur dalam perancangan arsitektur sistem, menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN), menggunakan Data Flow Diagram (DFD), mencakup 5 tabel basis data, serta antarmuka dalam bentuk high fidelity yang sederhana dan jelas untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Implementasi dilakukan menggunakan React JS, Node JS, Firebase, Cloudinary, dan Midtrans, dengan pengujian white box, black box, dan non-fungsional (kompatibilitas dan SUS). Hasil pengujian menggunakan white box dan black box pada implemantasi menunjukan hasil bagis. Pengujian kompatibilitas dengan menggunakan Sortsite menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan baik pada berbagai web browser. Dari sisi usabilitas, sistem dengan menggunakan Pengujian System Usability Scale menghasilkan skor rata rata 86,4.
Deteksi Emosi Berdasarkan Ekspresi Wajah Menggunakan Metode Mini-Xception dengan Image Augmentation Ramadani, Rifki; Indriati; Priyambadha, Bayu
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Deteksi emosi merupakan salah satu aspek penting dalam komputasi afektif, yang mana tekonologi terkini menunjukkan deteksi emosi pada manusia dapat diperoleh dari enam jenis sumber deteksi emosi berupa percakapan, teks, gestur dan pergerakan tubuh, keadaan fisiologis, dan ekspresi wajah seorang manusia. Salah satu teknik dalam melakukan deteksi emosi atau klasifikasi emosi dapat dilakukan melalui klasifikasi ekspresi wajah, deteksi emosi berdasarkan ekspresi wajah sudah banyak dilakukan yang pada umumnya menggunakan metode Convolutional Neural Networks (CNN). Pada penelitian ini penerapan model CNN yang dikembangkan menjadi model Mini-Xception yang memanfaatkan separable CNN untuk meningkatkan efisiensi dalam melakukan klasifikasi. Model Mini-Xception secara umum digunakan pada data FER-2013, namun pada penelitian ini akan digunakan pada dataset berbeda yaitu KDEF. Augmentasi dilakukan terhadap dataset KDEF, dengan menggunakan teknik augmentasi penyesuaian dan augmentasi lanjut sebagai tahap praproses terhadap dataset KDEF. Hyperparameter merupakan kombinasi parameter yang akan dicari sebelum dilakukan pelatihan kembali dan pengujian terhadap model. Pengujian model yang memanfaatkan augmentasi dapat menghasilkan akurasi sekitar 90% pada pelatihan dan 90% pada pengujian. Penelitian ini menunjukkan prediksi model tidak mengalami overfitting dan dapat bekerja dengan baik meskipun menggunakan dataset yang berbeda dibanding dataset umum yang digunakan untuk model Mini-Xception.
Analisis Klaster Terjemahan Ayat Al-Qur’an Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Means dan Word Embedding Adani, Rafi Malik; Adikara, Putra Pandu; Santoso, Nurudin
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompleksitas dan keragaman isi Al-Qur’an menuntut metode yang efisien dan bermakna dalam kajian otomatis, khususnya untuk mendukung pemahaman tematik terhadap ayat-ayat yang relevan. Dalam penelitian ini digunakan representasi vektor kata menggunakan model Word2Vec, yang memungkinkan tiap kata dalam ayat direpresentasikan dalam bentuk numerik dengan mempertahankan hubungan semantik. Data yang digunakan berupa seluruh terjemahan ayat Al-Qur’an dalam Bahasa Indonesia, yang telah melalui tahap pra-pemrosesan seperti case folding, penghapusan tanda baca, penghapusan stopwords, stemming, dan tokenisasi. Selanjutnya, dilakukan pembentukan vektor rata-rata untuk setiap ayat dan diterapkan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkannya. Evaluasi kualitas pengelompokan dilakukan menggunakan Silhouette Score dan visualisasi untuk analisis hasil pengelompokan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi metode yang digunakan belum mampu menghasilkan pengelompokan ayat yang baik dengan Silhouette Score tertinggi hanya mencapai 0,103567, yang menunjukkan kualitas klaster sangat rendah. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa pendekatan ini belum cocok untuk pengelompokan tema ayat Al-Qur’an secara otomatis dan akurat.
Analisis Perbandingan Kinerja Komunikasi API Menggunakan Retrofit dan Ktor di Aplikasi Android (Studi Kasus: Aplikasi Katalog Film) Syafi Islam, Muhammad; Putra Kharisma, Agi; Pandu Adikara, Putra
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol 9 No 9 (2025): September 2025
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Universitas Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan signifikan pengguna smartphone di Indonesia turut meningkatkan kebutuhan terhadap aplikasi Android yang efisien dan responsif. Salah satu aspek penting dalam pengembangan aplikasi Android adalah efisiensi komunikasi Application Programming Interface (API). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis perbandingan performa komunikasi API menggunakan dua networking library populer, yaitu Retrofit dan Ktor, dengan studi kasus pada aplikasi katalog film. Aspek yang dibandingkan meliputi waktu respons, penggunaan CPU dan penggunaan memori. Metode penelitian yang digunakan mencakup studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi aplikasi, pengujian performa komunikasi API dengan 30 sampel, serta analisis data menggunakan uji-t. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan secara statistik pada aspek waktu respons (p = 0,52) dan penggunaan CPU (p = 0,84). Namun, terdapat perbedaan secara statistik pada aspek penggunaan memori (p = 0,02), sedangkan Retrofit menunjukkan penggunaan memori yang lebih rendah dibandingkan Ktor (85,99 ± 22,36 vs. 106,32 ± 12,74). Dengan demikian, meskipun keduanya memiliki performa serupa dalam hal waktu respons dan penggunaan CPU, Retrofit lebih unggul dalam efisiensi penggunaan memori. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembang dalam memilih library komunikasi API yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi Android mereka.

Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 13 (2025): Publikasi Khusus Tahun 2025 Vol 9 No 11 (2025): November 2025 Vol 9 No 10 (2025): Oktober 2025 Vol 9 No 9 (2025): September 2025 Vol 9 No 8 (2025): Agustus 2025 Vol 9 No 7 (2025): Juli 2025 Vol 9 No 6 (2025): Juni 2025 Vol 9 No 5 (2025): Mei 2025 Vol 9 No 4 (2025): April 2025 Vol 9 No 3 (2025): Maret 2025 Vol 9 No 2 (2025): Februari 2025 Vol 9 No 1 (2025): Januari 2025 Vol 8 No 13 (2024): Publikasi Khusus Tahun 2024 Vol 8 No 10 (2024): Oktober 2024 Vol 8 No 9 (2024): September 2024 Vol 8 No 8 (2024): Agustus 2024 Vol 8 No 7 (2024): Juli 2024 Vol 8 No 6 (2024): Juni 2024 Vol 8 No 5 (2024): Mei 2024 Vol 8 No 4 (2024): April 2024 Vol 8 No 3 (2024): Maret 2024 Vol 8 No 2 (2024): Februari 2024 Vol 8 No 1 (2024): Januari 2024 Vol 7 No 13 (2023): Publikasi Khusus Tahun 2023 Vol 7 No 9 (2023): September 2023 Vol 7 No 8 (2023): Agustus 2023 Vol 7 No 7 (2023): Juli 2023 Vol 7 No 6 (2023): Juni 2023 Vol 7 No 5 (2023): Mei 2023 Vol 7 No 4 (2023): April 2023 Vol 7 No 3 (2023): Maret 2023 Vol 7 No 2 (2023): Februari 2023 Vol 7 No 1 (2023): Januari 2023 Vol 7 No 14 (2023): Antrian Publikasi Vol 6 No 13 (2022): Publikasi Khusus Tahun 2022 Vol 6 No 12 (2022): Desember 2022 Vol 6 No 11 (2022): November 2022 Vol 6 No 10 (2022): Oktober 2022 Vol 6 No 9 (2022): September 2022 Vol 6 No 8 (2022): Agustus 2022 Vol 6 No 7 (2022): Juli 2022 Vol 6 No 6 (2022): Juni 2022 Vol 6 No 5 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 4 (2022): April 2022 Vol 6 No 3 (2022): Mei 2022 Vol 6 No 2 (2022): Februari 2022 Vol 6 No 1 (2022): Januari 2022 Vol 5 No 13 (2021): Publikasi Khusus Tahun 2021 Vol 5 No 12 (2021): Desember 2021 Vol 5 No 11 (2021): November 2021 Vol 5 No 10 (2021): Oktober 2021 Vol 5 No 9 (2021): September 2021 Vol 5 No 8 (2021): Agustus 2021 Vol 5 No 7 (2021): Juli 2021 Vol 5 No 6 (2021): Juni 2021 Vol 5 No 5 (2021): Mei 2021 Vol 5 No 4 (2021): April 2021 Vol 5 No 3 (2021): Maret 2021 Vol 5 No 2 (2021): Februari 2021 Vol 5 No 1 (2021): Januari 2021 Vol 5 No 13 (2021) Vol 4 No 13 (2020): Publikasi Khusus Tahun 2020 Vol 4 No 12 (2020): Desember 2020 Vol 4 No 11 (2020): November 2020 Vol 4 No 10 (2020): Oktober 2020 Vol 4 No 9 (2020): September 2020 Vol 4 No 8 (2020): Agustus 2020 Vol 4 No 7 (2020): Juli 2020 Vol 4 No 6 (2020): Juni 2020 Vol 4 No 5 (2020): Mei 2020 Vol 4 No 4 (2020): April 2020 Vol 4 No 3 (2020): Maret 2020 Vol 4 No 2 (2020): Februari 2020 Vol 4 No 1 (2020): Januari 2020 Vol 3 No 12 (2019): Desember 2019 Vol 3 No 11 (2019): November 2019 Vol 3 No 10 (2019): Oktober 2019 Vol 3 No 9 (2019): September 2019 Vol 3 No 8 (2019): Agustus 2019 Vol 3 No 7 (2019): Juli 2019 Vol 3 No 6 (2019): Juni 2019 Vol 3 No 5 (2019): Mei 2019 Vol 3 No 4 (2019): April 2019 Vol 3 No 3 (2019): Maret 2019 Vol 3 No 2 (2019): Februari 2019 Vol 3 No 1 (2019): Januari 2019 Vol 2 No 12 (2018): Desember 2018 Vol 2 No 11 (2018): November 2018 Vol 2 No 10 (2018): Oktober 2018 Vol 2 No 9 (2018): September 2018 Vol 2 No 8 (2018): Agustus 2018 Vol 2 No 7 (2018): Juli 2018 Vol 2 No 6 (2018): Juni 2018 Vol 2 No 5 (2018): Mei 2018 Vol 2 No 4 (2018): April 2018 Vol 2 No 3 (2018): Maret 2018 Vol 2 No 2 (2018): Februari 2018 Vol 2 No 1 (2018): Januari 2018 Vol 2 No 8 (2018) Vol 2 No 6 (2018) Vol 1 No 12 (2017): Desember 2017 Vol 1 No 11 (2017): November 2017 Vol 1 No 10 (2017): Oktober 2017 Vol 1 No 9 (2017): September 2017 Vol 1 No 8 (2017): Agustus 2017 Vol 1 No 7 (2017): Juli 2017 Vol 1 No 6 (2017): Juni 2017 Vol 1 No 5 (2017): Mei 2017 Vol 1 No 4 (2017): April 2017 Vol 1 No 3 (2017): Maret 2017 Vol 1 No 2 (2017): Februari 2017 Vol 1 No 1 (2017): Januari 2017 More Issue