cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
ISSN : 25499203     EISSN : 25499114     DOI : -
Core Subject : Education,
PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019" : 8 Documents clear
Workshop Math And Science Untuk Menstimulus Kognitif PAUD Melalui Kegiatan Fun Cooking Diah Harmawati; Nurlayli Hasanah
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.456 KB) | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.7873

Abstract

Goal of this Charity Program is giving experience and knowledge of teacher about Introducing Math and Science to stimulate The Cognitive Growing of students in Kindergarten by Fun Cooking activities making healthy, nutritious and interesting dish at Satu Atap (Satap) Wasur Kindergarten. This Charity Program will be conducted in 2 days at Satap Wasur Kindergarten of  Merauke that involved all of the teachers as participant. Discussion and practice is the method to explain the activities of introducing math and science to the Kindergarten is important for the teachers during sharing and remembering their former knowledge appropriate with the up to date changes and development. It means that knowledge and concept of interesting introduce math and science fit with the growing step of the students in Kindergarten.
Optimalisasi Pemanfaatan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Yayasan Pendidikan Gloria Flobamora Yunus Kenoret Benu; Mintje Ratoe Oedjoe; Basri K
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.10068

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Bagaimana perencanaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Bagaimana penggunaan sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 3) Bagaimana pengendalian sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4) Bagaimana evaluasi sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan. 5) Apa faktor penghambat dan pendukung sarana prasaran dan 6) Bagaimana solusi mengatasi hambatan optimalisasi pemanfaatan sarana prasarana pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan atau observasi, wawancara, studi dokumen dengan menggunakan fasilitas rekaman dan catatan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen sarana prasarana di sekolah belum begitu baik perlu adanya pembenahan baik dari perencanaan, penggunaan, pengendalian, dan evaluasi, serta terdapat dua faktor penghambat 1) yayasan, 2) komite sekolah dan solusi.
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sarana Prasarana, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA Kadir Kadir; Muhyadi Muhyadi
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.735 KB) | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.9717

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA; (2) kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru SMA; (3) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA; (4) kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru secara simultan terhadap kinerja guru SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian terdiri atas 14 sekolah. Guru berjumlah 882 orang dan diambil sampel sebanyak 243 guru berdasarkan rumus Isaac & Michael dengan taraf kesalahan 5%. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 243 guru yang diambil secara acak dari jumlah populasi sebanyak 882 guru. Validitas butir instrumen meliputi validitas logis (expert judgment) dan validitas empiris yang dihitung dengan Pearson product moment correlation. Reliabilitas dihitung dengan teknik Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kelayakan sarana prasarana terhadap kinerja guru; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kelayakan sarana prasarana, dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Terhadap HOTS Siswa Windya Alfiani; Muhammad Hayyun
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.10303

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh staregi pembelajaran aktif the power of two terhadap hots siswa pada matematika sekolah dasar di SDN Bintaro 08 Pagi khususnya di kelas IV A dan IV B. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan model quasi eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang dipilih adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t-independent dan diperoleh diperoleh nilai t = 1,46 dengan nilai sig.(2-tailed)  sebesar 0,147 > dari 0,05. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian sig (2-tailed) > 0,05,  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak  yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran the power of two dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam hal tersebut bahwa strategi pembelajaran the power of two dalam pembelajaran tidak terpengaruh terhadap hots siswa pada matematika kelas IV A dan IV B di SDN Bintaro 08 pagi.
Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor Made Sri Astika Dewi
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.285 KB) | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.10398

Abstract

This research headed to know the influences of scientific approach for natural science learning  achievement reviewed from outdoor interest. This research used factorial control group design with pseudo-experiments. There were 129 research samples.  The population of this study is all students of fifth grade of Elementary School Gugus III Negara Sub-district with amount to 211 students. The sample in this research was done by random sampling technique, with 67 students of experimental group and 62 control group students. The data were about students’ outdoor interest and students’ natural science learning  achievement by using learning  achievement test. The data analyzed by ANAVA with two lines and SPSS 16.00 for windows. The research result indicated: first, the difference between students’ learning  achievement who following the learning process with scientific approach was better than following learning process with conventional approach (F = 31,269; p< 0,05), second, there were the influences between students’ interaction with scientific approach and outdoor interest to learning  achievement(F = 10,799; p< 0,05). Third, there were differences between student who followed learning process with scientific approach and students who followed learning process with conventional approach for the students who had high outdoor interest (t = = 6,233; p< 1,984). There were not differences between student who followed learning process with scientific approach and students who followed learning process with conventional approach for the students who had low outdoor interest (t = 1,64; p< 1,984)
Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Nur Fatmawati; Andi Mappincara; Sitti Habibah
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.166 KB) | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 7 Makassar. Fokus penelitian yaitu bagaimanakah pemanfaatan dan pemeliharaan sarana pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan dan pemeliharaan sarana pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengelola sarana dan prasarana, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan  pembahasan dapat  disimpulkan  bahwa:  sarana  pendidikan  di SMP  Negeri 7 Makassar sudah dimanfaatkan dengan optimal, karena;  guru menggunakan taman sekolah sebagai pengganti ruang kelas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, guru mengajarkan materi pelajaran sudah sesuai dengan media yang digunakan, guru mengajarkan siswa   sesuai dengan materi yang disampaikan dengan memanfaatkan sarana penunjang yang ada dikelas, dan dalam pemanfaatan sarana pendidikan harus diperhatikan sesuai dengan karakter siswa yang berbeda-beda. Sedangkan pemeliharaan sarana pendidikan di SMP Negeri 7 Makassar sudah terlaksana secara optimal, dimana pemeliharaannya dilihat dari segi sifat berupa pengecekan, pencegahan, dan perbaikan ringan dan berat, dan pemeliharaan dari segi waktu yaitu pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan secara berkala.
Pengaruh Organisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Irma Magfirah; Siami Prafitriyani
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.9794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019; (2) Untuk mengetahui pengaruh keaktifan dalam berorganisasi terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru (UNIQBU) Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ikut organisasi pada BEM, HMJ, dan UKM tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 93 mahasiswa dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat  pengaruh  keaktifan  mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Iqra Buru Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 23%.   Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat pengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,015 dan koefisien determinasi r2sebesar 0,22 dan harga Fhitung sebesar 5,044 > 3,191 dengan (sign) = 0,027 < 0,05. Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi (BEM, HMJ, UKM) terhadap hasil belajar mahasiswa terbukti signifikan dengan nilai Sig 0,027 lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan distribusi frekuensi kecenderungan keaktifan mahasiswa dalam  mengikuti  organisasi,  ditunjukkan  bahwa  keaktifan  mahasiswa yang dimiliki organisasi (BEM, HMJ, UKM) Universitas Iqra Buru berada dalam kategori tinggi yaitu 45,17%.
Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kosmas Sobon; Jelvi Monica Mangundap
PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 3 Nomor 2 Oktober 2019
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.758 KB) | DOI: 10.26858/pembelajar.v3i2.9851

Abstract

The aim of this research is to explain influence smartphone on learning motivation of students in elementary school, Mapanget Subdistrict, Manado City. This research is in four elementary schools:  SD Inpres 03 Paniki Bawah, SD Katolik Santo Yohanes Mapanget Barat,  SD Katolik 02 Santo Don Bosco Paniki Bawah; and SD Katolik 10  Santo Fransiskus Buha. Samples those used are 84 students. This research is  a quantitative approach. It used the survey’s method. It have stages: observation of the location of the research, preparation of questionnaires, distribution of questionnaires, validity testing, data collection, processing of research results, analysis of the results of research, and discussion. The result showed that the effect of smartphone on the learning motivation of students in elementary school Mapanget Subdistrict was 0.057 or 5.7% with a significance  0.028 < 0,05. The results of testing t-table is greater than t count, namely t-hitung = 2.232 ≥ (t-tab) = 1.989. This means that smartphone have an effect on students’ learning motivation even though it is in the low category 5.7%. Suggestion as recommendation: students do not use excessive smartphones both at school and at home. Parents and teachers always supervise children especially using of smartphone everday  because the effect  of smartphone on students’ learning motivation is very low.

Page 1 of 1 | Total Record : 8