cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23562269     EISSN : 26142945     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Ilmiah Dinamika merupakan media publikasi Karya Tulis Ilmiah di bidang Ilmu Administrasi Negara yang berada di lingkungan Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Galuh dengan ISSN: 2356-2269 (Print) dan eISSN: 2614-2945 (Online) yang mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa dan dosen, dengan fokus kajian Ilmu Administrasi Negara. Jurnal ini terbit setiap tiga bulan sekali, yaitu: Maret, Juni, September, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2020): Dinamika" : 15 Documents clear
ANALISIS POTENSI AGROWISATA DI KABUPATEN CIAMIS Asep Nurwanda
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4260

Abstract

ABSTRAK Agrowisata salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam dunia keparawisataan sehingga menjadi isu sentral di era otonomi daerah dan menjadi salah satu hal yang harus segera diselesaikan. Begitu pula di wilayah perdesaan masalah agrowisata masih menjadi masalah dan menghambat terwujudnya kesejahteraan. Penerapan otonomi daerah, juga berimbas pada Pemerintah Daerah harus berupaya dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah yang bertujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Adapun yang menjadi tujuan bersama adanya otonomi daerah, yakni pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup berperan dan berkontribusi dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah. Hasil penelitian menunjukkan di Kabupaten Ciamis terdapat potensi agrowisata yang meliputi wilayah Kelurahan Benteng, Desa Karanganyar, Desa Sukamulya, Desa Medanglayang, Desa Baregbeg, Desa Jelat, dan Desa Cibeuruem. Adapun potensi agrowisata yang dapat dikembangkan meliputi: perkebunan durian jenis serendet, perkebunan kopi, perkebunan duku, perkebunan salak, dan palawija. Walaupun terdapat potensi yang cukup dapat dikembangkan, tetapi diperlukan perbaikan untuk aksesibilitas jalan, peningkatan sarana dan prasarana, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kata Kunci: Potensi Pariwisata, Agrowisata, Pendapatan Asli Daerah  
OPTIMALISASI BUMDES SITU RANCABUNAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA BOJONGMENGGER KECAMATAN CIJEUNGJING Mujaddid Faruk
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk optimalisasi pengelolaan BUMDES Situ Rancabunar desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis dan pengaruhnya terhadap peningkatan pendapatan, dengan melakukan berbagai inovasi untuk lebih meningkatkan pelayanan, dan profesionalisme dalam upaya Menambah pendapatan Bumdes dan masyarakat di Desa Bojongmengger Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pengelolaan Bumdes dilakukan melalui kerjasama dengan berbagai pihak, melalui penambahan sarana dan prasarana wisata, menghasilkan bertambahnya kepercayaan, bertambahnya kunjungan wisata serta bertambahnya pendapatan Bumdes dan masyarakat sekitar Bumdes  Keyword :  BUMDES, Optimalisasi, Pariwisata,  Desa Bojongmengger
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA TINGKAT SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Erni Saharuddin; Muhammad Salisul Khakim
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4226

Abstract

Kesenjangan di sektor pendidikan karena maraknya sekolah negeri berlabel unggul yang digagas pemerintah di hampir setiap daerah membuka jurang kesenjangan yang begitu lebar dengan sekolah lain yang berstatus tidak unggul. Merespon hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk Lain Yang Sederajat. Peraturan PPDB Zonasi tersebut juga telah diperbaharui Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan sistem zonasi pada PPDB tingkat SMA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, dokumentasi dan studi literature. Dengan landasan kajian model implementasi Van Meter and Van Horn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi kebijakan sistem zonasi memenuhi enam variabel Van Meter dan Van Horn seperti: a) sasaran dan tujuan kebijakan sistem zonasi di DIY sudah dijalankan dan mengacu pada Peraturan Gubernur DIY dan Peraturan Disdikpora tentang Juknis PPDB SMA/SMK Negeri,; b) sumber daya yang sudah tercukupi dengan adanya panitia PPDB serta sumber daya finansial yang cukup memadai; c) Karakteristik agen pelaksana yakni Gubernur DIY bersama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY telah menyiapkan peraturan dan petunjuk teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kemudian Satuan Pendidikan di tingkat SMA yang melaksanakan PPDB tersebut termasuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan syarat dan prosedurnya. d) adanya disposisi dari implementor kebijakan. e) Komunikasi antar organisasi pelaksana ditunjukkan dengan adanya koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta komunikasi di level pelaksana pemerintah daerah yakni antara Disdikpora dan SMA di DIY. f) Lingkungan ekonomi, social dan politik ditunjukkan dengan pemerataan akses layanan pendidikan tersebar bagi siswa kalangan manapun, lingkungan politik adanya kebijakan yang berbeda antara pusat dan daerah dalam penetapan usia siswa sebagai syarat dalam PPDB
KINERJA ORGANISASI PADA KANTOR LURAH AROMBU KECAMATAN UNAAHA KABUPATEN KONAWE Muhamad Irfan Rama; Nartin Nartin
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4263

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kinerja pegawai pada Kantor Lurah Arombu Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe dan untuk mengetahui faktor-faktor  yang  mempengaruhi kinerja  pegawai  pada  Kantor Lurah  Arombu  Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif yang dikemukakan oleh Nasution bahwa langka-langka yang dilakukan dengan menganalisis suatu data, yaitu : (1) reduksi data, (2) displei data, (3) menyimpulkan dan pripikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai pada Kantor Lurah Arombu Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik berdasarkan kinerja pegawai, hal ini terjadi karena dipengaruhi faktor-faktor yaitu, efesiensi, tanggung jawab dan disiplin.
IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI SUBANG (PERBUP) NOMOR 80 TAHUN 2018 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK TERHADAP ANAK-ANAK JALANAN DI KABUPATEN SUBANG Engkus Kusnali
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.3131

Abstract

Kabupaten  Subang  merupakan  salah satu kota yang tidak luput dari permasalahan sosial seperti uraian di atas. Dengan hal ini,   pemerintah Kabupaten Subang  memiliki kebijakan yang berkaitan dengan penanganan Perlindungan Anak yaitu  Perbup Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan Anak. Diharapkan dengan peraturan ini akan menjadi dasar meminimalisir masalah hak-hak anak termasuk anak jalanan
TOTAL QUALITY SERVICE OLEH PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT PANJALU KABUPATEN CIAMIS Shela Novianti Gumilang; Wawan Risnawan; R. Didi Djadjuli
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4414

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui Total Quality Service oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Panjalu, 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam Total Quality Service oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Panjalu, 3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam Total Quality Service oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Panjalu. Adapun metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data sebagai berikut: melakukan studi kepustakaan serta studi lapangan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Total Quality Service oleh Pusat Kesehatan Masyarakat Panjalu dalam pelaksanaannya belum optimal. Hal itu terlihat dari masih adanya beberapa dimensi yang digunakan sebagai alat ukur belum berjalan secara optimal. Adapun yang menjadi hambatannya ialah karena terkadang persediaan oba-obatan di Apotek Puskesmas kosong atau sudah habis, sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti ruang tunggu keluarga bagi pasien yang di rawat inap serta masih ada beberapa petugas administrasi yang dirasa kurang bersahabat dalam memberikan pelayanan sehingga pasien atau masyarakat merasa kurang nyaman.  Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Total Quality Service, Pusat Kesehatan Masyarakat 
EFEKTIFITAS PROGRAM PENINGKATAN KESEMPATAN KERJA DALAM PENCAPAIAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS PROVINSI RIAU Eko Handrian; Rosmita Rosmita; Merry Chindy Khan
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4249

Abstract

Evaluasi Sustainable Development Goals Provinsi Riau pada pilar ekonomi, pertumbuhan ekonomi dan pengangguran terbuka menjadi perhatian serius. Rendahnya Peningkatan lapangan kerja yang terlindungi, penurunan tenaga kerja formal, dan peningkatan penyerapan tenaga kerja informal sektor pertanian.  Dalam pencapaian target Sustainable Development Goals Provinsi Riau diperlukan efektifitas dari program peningkatan kesempatan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik Analisa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan program peningkatan kesempatan kerja tidak efektif dalam pencapaian Sustainable Development Goals Provinsi Riau, tidak adanya Pendekatan partisipatif dan inklusif yang merupakan prinsip pelaksanaan sustainable development goals, serta peran aktif non state actor (sektor non pemerintah) melalui Kerjasama pemerintah daerah dengan membangun kemitraan dengan sektor bisnis.
AKUNTABILITAS PROGRAM “SPEAK UP” (SALURAN PENGADUAN KITA UNTUK PARIKESIT) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG PROVINSI KALIMANTAN TIMUR Niken Nurmiyati; Suswanta Suswanta; Budiman Budiman
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4279

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui akuntabilitas sektor publik dalam layanan kesehatan dengan fokus melihat pada akuntabilitas program yang meliputi  lima aspek, seperti aspek keterbukaan, aspek kemudahan dalam pemberian pelayanan, aspek ketersediaan sarana, aspek empati/daya tanggap, aspek rasa aman dan nyaman. Manfaat penelitian ini ialah untuk melihat seberapa jauh manfaat program SpeakUp yang diterapkan oleh RSUD A.M Parikesit Tenggarong sebelum dan sesudah program tersebut dijalankan dalam rentang waktu pada tahun 2016 sampai triwulan 3 tahun 2019.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ke lima aspek tersebt dapat diterapakan dengan baik di RSUD A.M Parikesit Tenggarog. Dengan adanya program SpeakUp tersebut membuat komplain/pengaduan di RSUD A. M Parikesit dari tahun 2016-2019 mengalami penurunan. Program SpeakUp yang diterapkan sejak tahun 2018 dapat memberikan kontribusi positif untuk meminimalisisr pengaduan masyarakat tentang pelayanan yang diberikan oleh pihak RSUD A.M Parikesit Tenggarong. Selain itu, aspek kebaruan dalam penelitian ini yakni penerapan program SpeakUp (Saluran Pengaduan Kita Untuk Parikesit) yang baru diterapkan di RSUD A.M Parikesit. Di daerah lain masih menggunakn cara manual dan terbatas pada penanganannya yang memakan waktu. Namun SpeakUp memberikan kemudahan dengan hanya mengguanakan smartphone atau gadget, maka komplain akan segera ditangani.Naskah Jurnal :Afidah, H. N. (2013). Keefektifan Pelaksanaan Mekanisme Komplain dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Kebijakan Manajemen Publik, 1(1), 166–172.Baharuddin. (2015). Akuntabilitas Pelayanan Publik: Studi Kasus Pelayanan Perizinan Mendirikan Bangunan di Kota Makassar. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(2).Cornwall, A., & Pasteur, K. (2000). Introduction : Accountability through Participation in the Health Sector. 31(1), 1–13.Dasgupta J. Ten Years Of Negotiating Rights Around Maternal Health In Uttar Pradesh, India. Bmc Int Health Hum Rights [Internet] Biomed Central Ltd. 2011;11 Suppl 3 Suppl 3:S4. Available From: Http://Www.Biomedcentral.Com/ 1472-698x/11/S3/S4.Dwiyanto, Agus. (2006). Reformasi Birokrasi Publik Di Indonesia.Pusat Studi Kependudukan Dan Kebijakan. Univeritas Gadjah Mada. Yogjakarta.Ferlie, E. Et Al. (1996). The New Public Managementin Action. Washington, Oxford University Press.Gullo, S., Galavotti, C., Kuhlmann, A. S., Msiska, T., Hastings, P., & Marti, C. N. (2017). Effects of a social accountability approach, CARE’s Community Score Card, on reproductive health-related outcomes in Malawi: A cluster-randomized controlled evaluation. PLoS ONE, 12(2), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0171316Halim, Abdul. (2007). Akuntansi Dan Pengendalian Pengelolaan Keuangan Daerah. Yogjakarta. Upp Stim Ykpn.Irawan, A., Nawawi, J., & Ahmad, B. (2016). Manajemen Komplain dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Merauke. Jurnal Universitas Musamus, 5 No.1(1), 22–31.Jabbra, J.G.And Dwivedi O.P (1989). Public Service Accountability; A Comparative Perspective. Kumarian Press, Inc.Lodenstein, E., Dieleman, M., Gerretsen, B., & Broerse, J. E. (2013). A realist synthesis of the effect of social accountability interventions on health service providers’ and policymakers’ responsiveness. Systematic Reviews, 2, 98. https://doi.org/10.1186/2046-4053-2-98Madda, A. E., Ramli, M., & Yani, A. (2019). Aplikasi mHealth “SIGA” Untuk Pelayanan Kesehatan Masyarakat Umum Berbasis Android. 1–7.Mafuta, E. M., Dieleman, M. A., Hogema, L. M., Khomba, P. N., Zioko, F. M., Kayembe, P. K., De Cock Buning, T., & Mambu, T. N. M. (2015). Social accountability for maternal health services in Muanda and Bolenge Health Zones, Democratic Republic of Congo: A situation analysis. BMC Health Services Research, 15(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s12913-015-1176-6Malena, Carmen, Et Al. 2004. Social Accountability: An Introduction To The Concept And Emerging Practice. Social Development Papers: Participation And Civil Engagement Paper No.76 December 2004. Diakses Dari: Http://Siteresources.Worldbank.Or G/Intpceng/214578- 1116499844371/20524122/3104 20paper0so1ity0sdp0civic0no10 76.Pdf.Marliana, L. (2017). Analisis Manajemen Layanan Keluhan Pasien Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan Di RSUD.AM. Parikesit Tenggarong. Jurnal Administrative Reform (JAR), 5(2), 69–78. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JAR/article/view/724/654Mc. Kinney, Joreme B. Dan Lawrence C. Howard, (1998). Public Administration: Balancing Power And Accountability, Second Edition, Praregar Westport Conectitut: LondonM. Kay, J. Santos, And M. Takane, “Mhealth: New Horizons For Health Through Mobile Technologies,” World Heal. Organ., 2011.Patmasari, R., & Astuti, R. S. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Aplikasipendaftaran Tanpa Antrean Dengan Sistem Online (Pathilo) Di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. P Journal of Public Policy and Management Review, 8(3), 157–173.Rokhmat Hidayat dan Ahmad Ashari. (2013). Penerapan Teknologi Web Service Untuk Integrasi Layanan Puskesmas dan Rumah Sakit. Berkala MIPA, 23(1), 64–77.Santoso, K. I. (2016). Aplikasi Location Based Service Layanan Kesehatan. 18–27.Siti Widharetno Mursalim. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA), XV(1), 1–17. https://www.researchgate.net/publication/326605309_Strategi_Penanganan_Pengaduan_Dalam_Rangka_Peningkatan_Pelayanan_PublikSubekti, D. (2013). Manajemen Komplain Pelanggan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. Journal.Unair.Ac.Id, 1, 47–55. http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/Dera Sri Mega Putri Subekti.pdfSubrahmanyam, A. 2017. Relationship Between Service Quality, Satisfaction, Motivation And Loyalty. Quality Assurance In Education, 25(2): 171-188.Wulandari, C., Kartono, D. T., Haryanti, R. H., & Hughes, R. (2003). “ Akuntabilitas Sosial Pada Pemerintahan Lokal ” ( Studi Terbentuknya Akuntabilitas Sosial Masyarakat Kelurahan Kalisoro Kecamatan Tawangmangu ). 1–15.Wulandari, W., Purnomo, E. P., Studi, P., Ilmu, M., Yogyakarta, U. M., Brawijaya, J., & Yogyakarta, D. I. (2019). JURNAL ILMU PEMERINTAHAN Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah. 4(April), 2–3.Yulindaningtyas, D. (2015). Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 418–425. http://www.mendeley.com/research/kualitas-pelayanan-kependudukan-terhadap-kepuasan-masyarakat    Karya Ilmiah yang dimuat pada website :Beninguisse G, De Brouwere V. Tradition And Modernity In Cameroon: The Confrontation Between Social Demand And Biomedical Logics Of Health Services. Afr J Reprod Health [Internet]. 2004;8(3):152–75. Available From: Https://Tspace.Library.Utoronto.Ca/Bitstream/1807/4950/1/Rh04050.PdfLodenstein E, Dieleman M, Gerretsen B, Broerse Je. A Realist Synthesis Of The Effect Of Social Accountability Interventions On Health Service Providers’ And Policymakers' Responsiveness. Syst Rev [Internet]. 2013;2(1):98. Available From: Http://Www.Systematicreviewsjournal.Com/Content/2/1/98Http://Rsamp.Kukarkab.Go.Id/E-Data.PhpDokumen:Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan Keputusan Menteri No. 63/Kep/M.Pan/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
IMPLEMENTASI DYNAMIC GOVERNANCE DALAM PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA BATAM Khairul Ikhsan; Rumzi Samin; Edy Akhyary
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.3561

Abstract

Batam merupakan kota industri yang menjadi primadona bagi dunia penanaman modal di Kepulauan Riau dan Indonesia secara umum. Tetapi berbagai permasalahan turut hadir di Kota Batam antara lain carut-marut dan lambatnya pengurusan perizinan penanaman modal yang rumit dan tidak pasti mengakibatkan munculnya fenomenologi terkini yaitu perkembangan realisasi Penamanam Modal Asing (PMA) Batam tahun 2019 yang mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di periode yang sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implementasi dynamic governance dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yakni ingin mendapat data secara alami (apa adanya). Penilaian akan perubahan ini menjadi salah satu sebab bagi peneliti menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang dipakai untuk mendapat data dalam penelitian in adalah pendekatan kualitatif maka ada komponen-komponen metode pendekatan yang harus diperhatikan oleh peneliti. Adapun analisis data dalam penelitian kualitatif ini, dilakukan selama dilapangan menggunakan model Miles and Huberman yakni aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa implementasi dynamic governance dalam penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Kota Batam dapat dinyatakan telah cukup mampu untuk dikatakan dinamis dalam tata kelola kerja berdasarkan 3 indikator yaitu thinking ahead, thinking again, thinking across yang berimplikasi baik itu dari segi institusi, struktur dan program yang telah dipilih oleh stakeholder di Mal Pelayanan Publik Kota Batam. kemampuan Mal Pelayanan Publik Kota Batam dalam meninjau kembali berbagai strategi dan program yang sedang berjalan.
PENGEMBANGAN OBJEK PARIWISATA DI KABUPATEN BIAK NUMFOR DALAM PRESPEKTIF PELAYANAN PUBLIK Rijal Rijal; Salehuddin Salehuddin
Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2020): Dinamika
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/dinamika.v7i3.4254

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan pariwisata di Kabupaten Biak dalam Prespektif Pelayanan Publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif yang berarti bahwa penelitian ini dilakukan untuk memahami fenomena dan masalah yang dialami pada subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor. Informan penelitian ini adalah Kepala Dinas Pariwisata, Pemerintah Daerah, DPRD Komisi Tiga, Pengusaha Hotel, Masyarakat dan pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Objek Pariwisata di Kabupaten Biak dalam Prespektif Pelayanan Publik belum maksimal. Dilihat dari bentuk dan model strategi pengembangan yang dilakukan dalam prespektif pelayanan publik seperti Responsiviness, Responsibility, Acountability belum diterapkan dengan baik. Saran dalam penelitian ini adalah perlunya diterapkan model pengembangan objek pariwisata secara kolaboratif untuk mempermudah pelayanan publik dalam pengembangan pariwisata dan perlu adanya regulasi yang mengikat dalam pengembangan pariwisata serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)  dan peningkatan sarana dan prasarana.   

Page 1 of 2 | Total Record : 15