cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi
ISSN : 25033611     EISSN : 25484044     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2024)" : 10 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENERAPAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 GKB Asma Ayu Radika Sabrina Salzabillah; Awang Setiawan Wicaksono
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26505

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 1 GKB, yang menunjukkan motivasi belajar rendah. Pentingnya penelitian ini terletak pada upaya untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi belajar, yang dapat memengaruhi prestasi akademik siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan observasi, wawancara, dan pengamatan lapangan sebagai teknik pengumpulan data. Intervensi dilakukan melalui penerapan teknik Self-Regulated Learning yang meliputi penguatan diri, pengamatan model, efikasi diri, dan pembelajaran mandiri. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar kedua subjek, yang ditandai dengan kemampuan mereka menyelesaikan tugas secara mandiri dan mengontrol proses belajar. Kesimpulannya, teknik Self-Regulated Learning terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil ini menunjukkan pentingnya penerapan metode ini dalam lingkungan pendidikan untuk membantu siswa meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar.
Psychological First Aid For Disaster Preparedness Student Organization Members Vera Nova; Iyulen Pebry Zuanny; Karjuniwati Karjuniwati; Rahil Naila
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.25154

Abstract

Aceh is one of the provinces in Indonesia that is prone to disasters. Facing these conditions, there is a need for disaster preparedness, especially for student organization members who are agents of change. Improving disaster preparedness requires knowledge of providing psychological assistance during and after disasters. This study aims to see the effect of Psychological First Aid knowledge on the disaster preparedness of student organization members at UIN Ar-Raniry Banda Aceh. This research used a quantitative approach with regression analysis as the main method and descriptive analysis as a supporting method. The participants in this study were 37 student organization members spread across several faculties at UIN Ar-Raniry. The results showed that there was an influence of Psychological First Aid (PFA) knowledge on the disaster preparedness of student organization members at UIN Ar-Raniry Banda with a value of β=0.864, ρ=0.000 (ρ<0.05). This research has implications for improving student organization member's knowledge and preparedness in facing disaster.
PROSES MENEMUKAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA DANAR AND THE BLANGKON Farichah Nurus Syifa&#039;; Azzah Nilawaty
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.23236

Abstract

Proses menuju kebermaknaan hidup dimulai dari keadaan tanpa arti menjadi memiliki makna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana proses pencarian makna hidup pada Danar and the Blangkon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif fenomenologi. Dua anggota Danar and the Blangkon menjadi informan penelitian yang diwawancarai secara semi terstruktur. Keduanya memiliki masa lalu yang kelam dan berbeda agama. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan Miles and Huberman dan validitas ditentukan melalui memberchecking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Danar and the Blangkon mengalami ketidakbermaknaan saat bekerja di dunia malam. Namun, mereka tidak pasif dalam kondisi tersebut dan berusaha untuk mencari makna. Danar and the Blangkon memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dunia malam dan mengevaluasi diri. Evaluasi diri Danar and the Blangkon dimulai saat D1 bertemu seorang ustaz dan D2 bertemu dengan seorang pastor. Kedua informan memperoleh nilai khusus dari perubahan kondisinya. Salah satu personil memperoleh nilai sak madyane sehingga tidak berambisi pada duniawi dan personil satunya memperoleh nilai ati menep yang membuatnya dapat mengontrol diri sehingga dapat menyikapi permasalahan dengan bijak. Dengan demikian Danar and the Blangkon yang memiliki masa lalu yang kelam mampu menemukan kebermaknaan hidup dan meningkatkan nilai diri melalui proses refleksi dan keterlibatan dalam aktivitas positif.  Implikasi penelitian ini adalah mengembangkan resiliensi diri, dukungan sosial, dan spiritualitas untuk membantu seseorang yang mengalami pengalaman yang kelam dalam menemukan makna hidup dan membentuk nilai diri mereka.
STRATEGI PENANGANAN TOXIC RELATIONSHIP YANG TERJADI PADA DEWASA AWAL MELALUI PSIKOEDUKASI DENGAN MEDIA PODCAST Vira Ardella Yushillia; Fikri Yumna Aqilah
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26504

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas psikoedukasi melalui media podcast dalam menangani toxic relationship pada dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Tiga puluh dewasa awal yang mengalami toxic relationship dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner skala Likert yang mengukur gejala emosional, fisik, dan perilaku, kemudian dianalisis menggunakan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan dalam gejala toxic relationship setelah intervensi, dengan 28 dari 30 peserta menunjukkan perbaikan. Ini menunjukkan bahwa podcast merupakan media psikoedukasi yang efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta tentang toxic relationship dan self-esteem. Penelitian ini menyoroti fleksibilitas dan aksesibilitas podcast sebagai alat psikoedukasi, yang menjadi sumber daya berharga bagi mereka yang menghadapi toxic relationship.
KEBAHAGIAAN DOSEN DITINJAU DARI KONFLIK KERJA-KELUARGA: PERAN MINDFULNESS SEBAGAI MEDIATOR Rusmalia Dewi; Rini Sugiarti; Erwin Erlangga; Tatas Transinata; Yudi Kurniawan
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26581

Abstract

Kebahagiaan dosen adalah saat merasakan tubuh dan jiwanya sehat. Banyak permasalahan pekerjaan dan keluarga pada dosen karena kurangnya pengelolaan konflik yang baik sehingga bekerja tidak fokus. Support sistem pada dosen penting, agar mampu mengelola konflik yang terjadi dan menjalani aktivitasnya di pekerjaan dan keluarga dengan fokus dan bahagia. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris kebahagiaan dosen yang ditinjau dari konflik kerja-keluarga melalui peran mindfulness sebagai variabel mediator. Metodenya adalah kuantitatif, dengan menggunakan responden Dosen yang ada di kota Semarang sebanyak 120 orang. Menggunakan Teknik pengambilan sampel purposive sampling dan metode analisis data dengan Regresi simple mediation model  SPSS by Hayes. Hasil penelitian mennjukkan ada pengaruh konflik kerja-keluarga terhadap kebahagiaan dosen melalui mindfulness sebesar RSquare=.515 p<0.05. Konflik kerja-keluarga berpengaruh lebih besar secara langsung terhadap kebahagiaan dosen dibandingkan melalui mindfulness. Penelitian ini memiliki implikasi agar dapat dijadikan acuan tentang pengaplikasian pengelolaan konflik di pekerjaan dan keluarga.
PRODUCT PRICE PERCEPTIONS ON PRODUCT PURCHASING DECISIONS Nur Hasmalawati; Rizka Dara Vonna; Vikra Oktariana
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26169

Abstract

Price is one of the important considerations for consumers to decide to buy something. This is because consumers certainly expect the money spent to match what is obtained. This study aims to determine the effect of price perception on product purchasing decisions at Tokokopikiri Banda Aceh. The research method used is quantitative research using a sample of 200 people. Data analysis using linear regression test. The results showed that there was an effect of perceived product prices on product purchasing decisions at Tokokopikiri Banda Aceh with a Sig value of 0.001 <0.05. The contribution given by product price perceptions to product purchasing decisions can be seen from the R-Square value, which is 0.634, it means that product price perceptions influence product purchasing decisions at Tokokopikiri Banda Aceh by 63.4%, while the rest is influenced by other variables, such as product quality and sales promotion. When wanting to buy a product, consumers must consider the price offered in accordance with the product produced. In addition, consumers must also be smart to pay attention to the quality and benefits of the products they get. Future researchers are expected to develop research on the factors that influence purchasing decisions using different data analyses, resulting in more accurate research.
TERATOGEN SEBAGAI FAKTOR RISIKO PADA HIDROSEFALUS: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR I Kadek Okta Dharmadhyaksa; Ismi Uswatun Khasanah; Yuzi Putra Ananda; Shellyna Fidya Silka; Sri Kusrohmaniah; Augustina Sulastri
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26577

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pengaruh teratogen terhadap hidrosefalus melalui studi literatur. Hidrosefalus merupakan kondisi neurologis serius yang disebabkan oleh akumulasi cairan serebrospinal di otak. Salah satu faktor risiko utama adalah paparan teratogen selama kehamilan. Metode dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dengan menggunakan 17 dari 51 studi yang membahas dampak teratogen dalam kehidupan sehari-hari. Teratogen yang dibahas meliputi alkohol (etanol), obat-obatan seperti misoprostol, infeksi virus dan bakteri seperti cytomegalovirus, serta paparan senyawa kimia seperti retinoid acid dan logam berat. Sumber literatur yang diambil sebagian besar adalah case-control study, retrospective study, case study, experimental, dan clinical report. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa teratogen ini sangat mudah ditemui di dalam keseharian masyarakat Indonesia, terutama masyarakat yang hidup di daerah miskin atau di daerah sekitar tambang. Hasil ini bisa menjadi dasar dalam penyusunan intervensi lanjutan terhadap pola hidup sehat masyarakat, maupun dasar dalam pengkajian ulang kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan lingkungan.
EFFECTIVENESS OF CAREER PLANNING TRAINING TO HELP STUDENTS IN MAKING CAREER DECISIONS Rizka Dara Vonna; Nur Hasmalawati
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26016

Abstract

Career decision making is a difficult process for high school students who are in adolescence. Generally, students experience obstacles in career selection due to lack of information about careers that make it difficult for students to make choices. The purpose of the research is to develop knowledge related to career planning that can help in student career decision making. Career planning training is given to help students make career decisions based on mature knowledge and understanding, rather than trusting career choices to the wishes of people around them. The research approach used a quasi-experimental method using a pretest and posttest design. This experimental design is used to measure before treatment is given and after treatment is given to the same group. The research subjects were 72 students of SMA Negeri 4 Banda Aceh. The results showed that career planning training had an influence on student career decision making with a value of 0.001 <0.05 (p<0.05), meaning that there were differences in career decision making after being given career planner training. This study successfully proved that the career planner training is effective in helping students in making career decisions after graduating from their current education. In conclusion, this training allows students to know what to do before deciding to choose a career and what to prepare to realize that career. Because so far, many students regret in the future due to choosing the wrong career.
PENERAPAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MEDIA KARTU KATA Namira Aqiilah Salsabillah; Prianggi Amelasasih
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.26506

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III dengan menerapkan teknik penguatan positif (positive reinforcement) menggunakan media kartu kata. Permasalahan yang terjadi adalah kesulitan siswa dalam menulis, seperti ketidakjelasan huruf, ketidaktepatan penggunaan kata, kesalahan ejaan, kurangnya kohesi antar kalimat. Hipotesis dari penelitian ini adalah penggunaan kartu kata dengan penguatan positif secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Metode yang digunakan adalah desain penelitian subjek tunggal (Single Subject Research), di mana siswa menjalani pre-test untuk menilai kemampuan awal mereka, dilanjutkan dengan tiga tahap intervensi menggunakan kartu kata, kemudian diberikan post-test untuk mengukur perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis pada siswa, terutama hal kejelasan huruf, ketepatan penggunaan kata, ke kalimat, dan kerapian tulisan setelah intervensi dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penguatan positif melalui media kartu kata efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, dan dapat digunakan sebagai metode yang relevan dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar.
THE CONCEPT OF MUSLIM’S TAQWA AND ISLAMIC PSYCHOLOGY MEASUREMENT Ahmad Hidayat; Fikri Fikri; Novis Krisma
Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 9, No 2 (2024)
Publisher : State Islamic University (UIN) Ar-Raniry

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/psikoislamedia.v9i2.23045

Abstract

"Taqwa" is a familiar term among Muslims, serving as a reminder to continuously enhance one's piety. It has also been incorporated into the national education goals in Indonesia, extending its implementation to the field of education and industry. This study aims to develop and measure the concept of taqwa. Employing a quantitative method and purposive sampling techniques, data collection utilized the Muslim Piety Scale (MPS), developed by the researcher based on Kuning's (2018) taqwa concept. The study involved 227 Muslim students from the Faculty of Psychology at the Islamic University of Riau (UIR). Data analysis was conducted using Smart PLS 3.0 software. Findings revealed that the taqwa construct's four dimensions had items reflecting each component of taqwa. The dimension of controlling anger made the most dominant contribution to the taqwa construct, followed by forgiveness, seeking forgiveness (istighfar), and generosity. The developed taqwa scale from this study can serve as a tool for measuring piety in educational and industrial settings, specifically for individuals of the Islamic faith. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2025): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol. 10 No. 1 (2025): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol 9, No 2 (2024) Vol. 9 No. 2 (2024): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol 9, No 1 (2024): PSIKOISLAMEDIA:JURNAL PSIKOLOGI Vol. 9 No. 1 (2024): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol 8, No 2 (2023): PSIKOISLAMEDIA:JURNAL PSIKOLOGI Vol 8, No 1 (2023): PSIKOISLAMEDIA:JURNAL PSIKOLOGI Vol. 8 No. 1 (2023): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol 7, No 2 (2022): PSIKOISLAMEDIA:JURNAL PSIKOLOGI Vol. 7 No. 2 (2022): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol. 7 No. 1 (2022): PSIKOISLAMEDIA: JURNAL PSIKOLOGI Vol 7, No 1 (2022): PSIKOISLAMEDIA:JURNAL PSIKOLOGI Vol 6, No 2 (2021): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 6 No. 2 (2021): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 6 No. 1 (2021): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 6, No 1 (2021): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 5, No 2 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 5 No. 2 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 5, No 1 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 5 No. 1 (2020): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 4 No. 2 (2019): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 4, No 2 (2019): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 4, No 1 (2019): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 4 No. 1 (2019): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 3 No. 2 (2018): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 3, No 2 (2018): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol. 3 No. 1 (2018): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 3, No 1 (2018): PSIKOISLAMEDIA : JURNAL PSIKOLOGI Vol 2, No 2 (2017): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol. 2 No. 2 (2017): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 2, No 1 (2017): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 1, No 2 (2016): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol. 1 No. 2 (2016): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol 1, No 1 (2016): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi Vol. 1 No. 1 (2016): Psikoislamedia : Jurnal Psikologi More Issue