cover
Contact Name
Kaliandra Saputra Pulungan
Contact Email
kaliandrasaputra5@gmail.com
Phone
+6285295445764
Journal Mail Official
kaliandrasaputra5@gmail.com
Editorial Address
https://ojs.staituankutambusai.ac.id/index.php/hikmah
Location
Kab. rokan hulu,
Riau
INDONESIA
HIKMAH : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISSN : 20858663     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Hikmah : Jurnal Pendidikan agama islam upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan penelitian tentang pendidikan untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga mengimani, ajaran agama islam, dibarengi dengan tuntunan untuk menghormati penganut agama lain dalam hubungannya dengan kerukunan antar ummat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH" : 7 Documents clear
Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Pelajaran PAI Asih, Ayu Sri; Saifullah, Imam; Munawaroh, Nenden
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1057

Abstract

Keterampilan kolaborasi merupakan aspek penting dalam pembelajaran abad ke-21, terutama dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam bekerja sama secara efektif. Salah satu teknik yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi adalah tekni Ice Breaking. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik ice breaking terhadap keterampilan kolaborasi siswa di SMA Negeri 19 Garut. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 214 siswa dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil uji yang dilakukan menunjukan teknik ice breaking di SMA Negeri 19 Garut berada pada dominasi rata-rata kategori positif dengan nilai rata-rata 43,43 dan keterampilan kolaborasi siswa di SMA Negeri 19 Garut berada pada dominasi rata-rata kategori positif dengan nilai rata-rata 65,94. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa teknik ice breaking berpengaruh signifikan terhadap keterampilan kolaborasi dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Namun, nilai R Square sebesar 0,087 menunjukkan kontribusi metode ini hanya 8,7%, sementara faktor lain turut memengaruhi keterampilan kolaborasi siswa. Kesimpulannya, teknik ice breaking dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi tetapi perlu dikombinasikan dengan strategi lain agar lebih efektif. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi faktor lain yang lebih dominan dalam pengembangan keterampilan kolaborasi siswa.
Implementation Artificial Intelligence (AI) in HOTS Learning (Higher Order Thinking Skills) to Improve Student Intelligence Apsariningsih, Kiki; Ramadhani, Khalilah; Hutapea, Muslimin
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1084

Abstract

The background of this research is the phenomenon of students' lack of critical and creative thinking skills, as well as teachers' lack of ability to develop curricula and learning strategies that align with HOTS principles. The purpose of this research is to determine how the implementation of AI in HOTS learning can improve students' intelligence. This research uses a library research method with data sources from relevant scientific articles and journals. Data collection techniques are carried out by collecting and analyzing data from various sources. Data analysis techniques use content analysis to determine how the implementation of AI in HOTS learning can improve students' intelligence. Research results show that implementing AI in HOTS learning is crucial for improving student intelligence. AI can help enhance students' critical and creative thinking skills, as well as assist teachers in curriculum development and student assessment. AI technologies used in HOTS learning include machine learning, natural language processing, and recommendation systems. Thus, implementing AI in HOTS learning can be an effective solution to enhance students' intelligence and prepare them for future challenges. This research is expected to contribute to the development of education in Indonesia in a more effective and efficient manner.
Concept of The Goals of Islamic Education Based on The Interpretation of Five Verses of The Qur'An Nurdiana, Budi; Nasir, Tatang Muh; Gunawan, Ade Hendra; Syarif, Ahmad; Restiana, Dwi
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.519

Abstract

This research explores the concept of educational goals in Islam as derived from the interpretation of five key verses of the Qur’an. Education in the Qur’anic perspective aims to develop the holistic potential of human beings physical, spiritual, and intellectual so they can fulfill their role as servants of Allah (ʿabd) and His vicegerents (khalifah) on earth. The study employs a qualitative research design with a normative-juridical approach, emphasizing library research. Data sources include classical and contemporary tafsir works, scholarly articles, and educational literature. Data were collected through document analysis and processed using descriptive analysis techniques, which involve data reduction, categorization, and synthesis. The findings reveal that the Qur’an views education as a medium for cultivating intellectual capacity (ʿaql), elevating moral and social status through knowledge, and achieving ultimate well-being in both the worldly and spiritual realms. The five examined verses highlight essential objectives: servitude to Allah, fulfilling the responsibility as khalifah, nurturing critical thinking, advancing knowledge, and seeking divine pleasure. This study concludes that Islamic education must integrate these Qur’anic values to form holistic, ethical, and balanced individuals capable of contributing positively to society.
Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Hidayati, Hidayati
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1093

Abstract

Pengembangan profesionalisme guru merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dapat menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PKB dapat meningkatkan profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis literatur yang relevan dengan topik penelitian. Sumber data penelitian ini adalah artikel-artikel jurnal yang terkait dengan PKB dan profesionalisme guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari literatur yang relevan melalui database online dan perpustakaan. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis dan mensintesis literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKB dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam beberapa aspek, seperti kemampuan mengajar, kemampuan mengembangkan kurikulum, dan kemampuan melakukan penelitian. Dengan demikian, PKB dapat menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pendidikan.
Integrating Technology In The Development Of Interactive Media And Learning Resources For The Digital Era Nasir, Tatang Muh; Zulfahmi, Hikmat; Febriyadi, Fuky Ronald; Sobariah, Eneng Dewi Siti; Dharmawan, Herryanto
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1094

Abstract

The rapid progress of science and technology requires education to adapt through innovative and effective learning processes. Media and learning resources play a critical role in supporting students’ understanding and engagement, preventing monotonous and uninteresting learning activities. This study aims to analyze the development and functions of learning media and resources in achieving educational objectives. A qualitative method with library research was employed, focusing on the exploration of theories and best practices in media and resource utilization. The results show that well-designed media serve communicative, motivational, and perceptual functions, while learning resources must meet criteria such as practicality, flexibility, and alignment with learning objectives. The discussion emphasizes that the proper selection and application of media enhance student participation, motivation, and achievement. In conclusion, the integration of creative and adaptive learning media and resources is essential to foster effective knowledge transfer and ensure meaningful learning outcomes in modern education.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Leniwati, Leniwati
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1098

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini yakni PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang, sampel penelitian yakni 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, analisa data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian didapatkan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebagaimana dari hasil observasi motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63.7% atau dengan kategori sedang, meningkat ke siklus II sebesar 81% atau dengan kategori tinggi. Keberhasilan ini disebabkan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal mendorong siswa untuk lebih aktif mengungkapkan ide dan pendapatnya, juga menumbuhkan rasa tanggung jawab pada setiap siswa untuk membantu teman sekelompoknya.
Efektifitas Program Pembinaan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Yang Telah Sertifikasi Lubis, Sarmadan
HIKMAH: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Vol 14, No 1 (2025): HIKMAH
Publisher : STAI Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55403/hikmah.v14i1.1099

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah karena masih bermasalahnya guru dalam mengimplementasikan kompetensi-kompetensi guru dalam pembelajaran. Padahal guru yang dimaksud adalah guru-guru yang telah tersertifikasi dan berada di sekolah dengan akreditasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pembinaan-pembinaan yang telah dilakukan dan permasalahan apa yang terjadi pada kompetensi-kompetensi guru tersebut pada masing-masing kompetensi guru. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana akreditasi A yang berjumlah 6 orang. Adapun sekolah yang Yang diteliti adalah SMAN 3 Mandau, SMAN 6 Mandau, SMAN 7 Mandau. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru-guru PAI yang telah tersertifikasi dan berada di sekolah dengan akreditasi A yang berjumlah enam orang. Adapun sekolah yang diteliti adalah SMAN, SMAN 6 Mandau, SMAN 7 Mandau. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini. Pembinaan guru dari segi pedagogik pada guru Pelajaran Agama Islam (PAI) yang telah sertifikasi di SMAN Terakreditasi A se-Kecamatan Bhatin Sholapan Kabupaten Bengkalis belum terselenggara dengan baik. Pembinaan guru dari segi profesional pada guru Pelajaran Agama Islam (PAI) yang telah sertifikasi di SMAN Terakreditasi A se-Kecamatan Bhatin Sholapan Kabupaten Bengkalis juga belum ditemukan. Pembinaan guru dari segi kepribadian pada guru Pelajaran Agama Islam (PAI) yang telah sertifikasi di SMAN Terakreditasi A se-Kecamatan Bhatin Sholapan Kabupaten Bengkalis terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Pembinaan guru dari segi sosial pada guru Pelajaran Agama Islam (PAI) yang telah sertifikasi di SMAN Terakreditasi A se-Kecamatan Bhatin Sholapan Kabupaten Bengkalis juga belum ada secara khusus.

Page 1 of 1 | Total Record : 7