cover
Contact Name
Dhita Paranita Ningtyas
Contact Email
dhita@trilogi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dhita@trilogi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 26220547     EISSN : 26219859     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini" : 8 Documents clear
EFFORTS TO IMPROVE THE SHOW AND TELL METHOD ON SPEAKING SKILLS IN CLASS V STUDENTS Ahmed, Mohammedalameen; Darmayanti, Rani; Usmiyatun, Usmiyatun; Aini, Nur; Choirudin, Choirudin; Karim, Samuel
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1734

Abstract

StudyThis aims to: 1) improve speaking skills through learning activities and 2) improve speaking skills using the show-and-tell method for fifth-grade students at SD Negeri 12 Selat Penuguan. This type of research is classroom action research. The subjects in this research were class V students at SD Negeri 12 Penuguan Strait for the 2022/2023 academic year, totaling 32 students. The research design refers to classroom action research according to Kemmis which includes 1) planning 2) action implementation 3) observation and 4) reflection. The data collection methods used in this method are: 1) test 2) observation 3) documentation. Descriptive statistical data analysis techniques were used to analyze quantitative data, namely the average value, while the flow model was used for qualitative data analysis. The research results show that the use of the storytelling method can improve learning activities and speaking skills through the show and tell method. This is characterized by increased speaking skills in the aspects of pronunciation, intonation, word choice, sequence, courage, fluency, attitude, and mastery of themes
PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERILAKU KERJASAMA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK Afrisna, Amelia; Hartati, Sri
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1761

Abstract

Perilaku kerjasama anak belum berkembang secara optimal karena kurang menariknya pemilihan metode yang digunakan guru. Sebagian besar guru kurang memperhatikan pentinya pemilihan meotde yang menarik dan menyenangkan sehingga terciptanya perilaku kerja sama anak. Maka demikian penelitian ini guna menjawab permasalahan yang ada berdasarkan identifikasi masalah yaitu seberapa besar pengaruh metode proyek terhadap perilaku kerja sama anak di Taman Kanak-kanak. Penggunaan metode Quasi Eksperimen pretest-postest sebagai metode penelitian ini berdasarkan populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik TK Aisyiyah 11 dengan jumlah sampel sebanyak 17 anak yang meliputi atas dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Analisis data penelitian mengacu pada uji prasyarat normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perolehan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Dengan rata-rata N-gain metode proyek membuat taman mini sebesar 19,88 dan penggunaan media balok sebesar 18,29, perilaku kerjasama anak perlakuan dengan metode proyek lebih tinggi dibandingkan dengan kerjasama perilaku anak yang menggunakan media balok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode proyek berpengaruh sangat besar terhadap perilaku kerja sama anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kalumbuk Kota Padang. 
ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN Hamel, Arin Auliani; Gunawan, Erlita; Hasanah, Iklimatul; Shafira, Nadia; Pertiwi, Sarah Dian; Rahima, Qhaysah Fara; Widjayatri, RR. Deni
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1768

Abstract

Every child has different cognitive development. This research aims to find out games that can develop the cognitive abilities of young children aged 5-6 years. This research uses a qualitative approach, the Systematic Literature Review (SLR) method and bibliometric analysis. The data source comes from Google Scholar using the year range 2018-2023, Harzing's Publish or Perish (Pop) and VOSviewer. The research results show that: the cognitive aspects of children aged 5-6 years can develop through play; obtained 4 clusters consisting of 4 colors, namely red, blue, green and yellow; fruit counting board games, letter cards, congklak and puzzles are in the very good category. The implication of this research is that playing is very crucial in children's lives, without realizing it, playing can develop one aspect of children's cognitive development.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN BALOK Islamiyah, Mia; Hayati, Tuti; Nurdiansah, Nano; Habeeb, Ganiyu
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1769

Abstract

Metode pembelajaran yang belum optimal yang menyebabkan anak belum mampu mengenal lambang bilangan dari 1-10 dengan baik dan benar. Tujuan Dalam penelitian untuk mengetahui(1) kemapuan mengenal lambang bilangan anak kelompok A Ra As-Sadiyah pulosari kecamatan limbangan kabipaten garut (2)proses penerapan metode  bermain balok di kelompok A RA As-sadiyah pulosari kecamatan limbangan kabupaten Garut(3) kemampuan mengenal  lambang bilangan di kelompok A RA As-sadiyah  pulosari kecamatan Limbangan Kabupaten Garut setelah menggunakan metode bermain balok paa seluruh siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model koloboratif dengan model kemis&Mc Tagart jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, subjek penelitian ini adalah semua anak  kelompok A Ra as-sadiyah pulosari kecamatan limbangan kabupaten Garut yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi& docimentasi, hasil penelitian menunjukan menunjukan bahwa metode bermain balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan hal ini terlihat pada peningkatan presentasi pada setiap indikator
HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA DENGAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI Rachmania, Chika; Hayati, Tuti; Nursihah, Arif
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1807

Abstract

Ketidakseimbangan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini menjadi latar belakang masalah penelitian ini. Metode eksperimen pencampuran warna merupakan salah satu faktor yang dapat melatih dan mengembangkan konsentrasi belajar anak usia dini. Dari asumsi teori tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini di Kelompok B RA Nurul ‘Amal Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional dengan statistik deskriptif terhadap 18 anak di kelompok B. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui rumus korelasi product moment dan uji t dengan db =16 dan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 10,05 > t tabel = 2,120 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara aktivitas anak pada penggunaan metode eksperimen pencampuran warna dengan konsentrasi belajar anak usia dini.
SPIRITUALITAS DALAM PENDIDIKAN KOSMIK MONTESSORI PADA ANAK USIA DINI Darnis, Syefriani; Maryati, Sri
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.1800

Abstract

Penelitian ini merefleksikan konsep pendidikan kosmis yang dikemukakan oleh Maria Montessori sangat berkorelasi dengan visi kosmis dan rencana kosmis. Pendidikan Kosmik dianggap di sini sebagai arah fundamental dalam inti aslinya pemikiran Maria Montessori sejak awal abad kedua puluh. Di antara berbagai tatanan pertimbangan yang mendukung aktualitas pendidikan kosmik, ada dua di antaranya menyangkut makna spiritualitas dan wawasan spiritual yang dapat diperoleh dari kajian pendidikan kosmik yang bertujuan untuk menciptakan interaksi dengan berbagai bidang disiplin ilmu  sebagai kesatuan visi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan tingkat eksistensial, pendidikan kosmik  mencakup dan merangkum konsep-konsep pendidikan ekologi, pendidikan untuk perdamaian dan pendidikan untuk dunia, hingga pada titik di mana manusia  dapat mengingat kembali implikasi pendidikan etika dan estetika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebab sumber data maupun hasil penelitian dalam penelitian kepustakaan (library research) berupa deskripsi kata-kata.
Pemanfaatan Kearifan Lokal Nuwou Sesat dalam Pembelajaran Etnomatematika untuk Siswa Sekolah Dasar Putri, Lely Kharisma Nabila; Choirudin, Choirudin; Anwar, Muhammad Saidun
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.2212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kearifan lokal rumah adat Nuwou Sesat dalam pembelajaran etnomatematika bagi siswa kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika seperti bangun datar, simetri, dan pola bilangan dapat dikenalkan kepada siswa melalui pengamatan terhadap struktur arsitektur rumah adat Nuwou Sesat. Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal ini meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep matematika, dan rasa cinta terhadap budaya daerah. Dengan demikian, pembelajaran etnomatematika berbasis kearifan lokal menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar.
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI PAUD Widhiasih, Angger Prima; Maulida, Putri
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v6i2.2184

Abstract

Pendekatan saintifik menjadi ciri khas dalam kurikulum Merdeka. Penerapan langkah-langkah saintifik bertujuan menggali secara mendalam suatu konsep pengetahuan. Nyatanya masih ada guru yang tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan pengetahuan, sehingga proses pembelajaran didominasi oleh guru. Terciptanya proses pembelajaran bermakna dan menyenangkan melalui pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran di PAUD guna mewujudkan generasi yang dibutuhkan pada era abad ke-21. Penelitian ini dilakukan kepada 3 guru di Kota Tangerang menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini antara lain (1) guru telah memiliki pengetahuan terkait dengan pendekatan saintifik, namun pelaksanaannya tidak dilakukan secara sistematis, (2) Hambatan dalam menerapkan pendekatan saintifik ialah kesulitan menyusun kegiatan dan menemukan media pembelajaran, (3) pendekatan saintifik memiliki dampak positif bagi kemampuan kognitif, komunikasi dan social-emosional anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8