cover
Contact Name
Moch Wahib Dariyadi
Contact Email
wahib.fs@um.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wahib.fs@um.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
ISSN : 25409417     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Arab Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Problematika Pengajar Bahasa Arab Problematika Pebelajar Bahasa Arab Model Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan Pembelajaran Bahasa Arab Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Kajian Sastra Arab Kajian Al-Qur’an.
Arjuna Subject : -
Articles 79 Documents
Search results for , issue "No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V" : 79 Documents clear
MODALITAS DALAM BAHASA ARAB; PENGUNGKAPAN DAN FUNGSINYA PADA TAJUK RENCANA SURAT KABAR AL-AHRAM Muhammad Lukman Arifianto
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang modalitas dalam bahasa Arab dari segi pengungkapan dan fungsinya pada tajuk rencana surat kabar Al-Ahram dalam kerangka analisis tata bahasa fungsional. Sebagaimana diketahui bahwa modalitas merupakan salah satu fenomena kesemestaan bahasa, sehingga setiap bahasa, termasuk bahasa Arab, memiliki unsur-unsur kebahasaan tertentu yang dapat digunakan untuk mengungkapkan modalitas atau menggambarkan sikap pembicara terhadap proposisi tuturannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa modalitas dalam bahasa Arab pada tajuk rencana surat kabar al-Ahram ini diungkapkan secara leksikal melalui beberapa satuan kebahasaan berupa kata, frasa, maupun klausa dan juga secara gramatikal melalui makna-makna gramatikal khusus yang dihasilkan oleh gabungan partikel baik dengan verba maupun nomina. Sementara itu, hasil analisis pada fungsi modalitas dalam bahasa Arab pada tajuk rencana ini menunjukkan bahwa modalitas dapat berfungsi untuk merepresentasikan sikap atau penilaian penutur, baik terhadap kebenaran proposisi tuturannya, maupun terhadap peristiwa non-aktual yang dibicarakannya.Kata Kunci: Modalitas, bahasa Arab, Tajuk Rencana, Surat Kabar Al-Ahram
Metode Pembelajaran Bahasa Arab Al-Miftah Menik Mahmudah
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Metode Pembelajaran Bahasa Arab masa kini sangat beraneka ragam. Pengajar Bahasa Arab berlomba-lomba untuk membuat metode pembelajaran bahasa Arab yang menarik demi menunjang minat pembelajar Bahasa Arab. Salah satunya adalah metode tersebut adalah Al-Miftah yang biasa disebut dengan Metode Al-Miftah. Metode pemebelajaran Bahasa Arab Al-Miftah adalah metode untuk pembelajaran bahasa Arab dari segi kaidahnya, meliputi nahwu dan shorrof yang dikemas secara peraktis dan disampaikan dengan cara yang menarik. Dua ilmu kaidah ini merupakan fondasi penting dalam memahami teks bahasa Arab. Oleh karenanya, metode ini diupayakan dapat membantu pembelajar bahasa Arab dalam memahami kaidah bahasa Arab secara cepat dan menyenangkan, sehingga pembelajar bahasa Arab dapat mengerti tentang teks-teks bahasa Arab klasik (kitab kuning) maupun teks bahasa Arab sederhana dalam buku buku literatur bahasa Arab, ataupun dalam percakapan bahasa Arab sederhana baik yang tertulis atau tidak. Pembahasan dalam artikel ini meliputi perencanaan pelaksaan dan evaluasi dari metode pembelajaran Bahasa Arab Al-Miftah.Kata Kunci: Metode Al-Miftah, Pembelajar Bahasa Arab, Kaidah Bahasa Arab
RELAXATION STORY BEFORE SLEEPING (RSbS): PEMANFAATAN INSTRUMEN RELAKSASI (AT-TARWIH) BERBASIS KISAH TELADAN (AL-AMTSAL) SEBAGAI MEDIA INTERNALISASI NILAI-NILAI QUR’A>NI PADA ANAK Asri Diana Kamilin dkk
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Dewasa ini, pendidikan berbasis karakter menjadi perhatian pemerintah. Upaya ini tidak bisa dilakukan tanpa adanya kerjasama dari berbagai pihak, utamanya orang tua sebagai peletak dasar pendidikan utama pada anak. Ditengah semakin tingginya kesibukan, minimnya perhatian dan rendahnya usaha orang tua untuk memperkuat karakter anak, maka dibutuhkan upaya tersistematis sejak dini agar karakter anak dapat terbangun dengan kokoh. Teknik pendidikan pada anak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu di antaranya ialah melalui teladan kisah (al-amtsal). Kaidah manfaat cerita ini termaktub dalam Q.S. Yusuf: 111, sedangkan keutamaan metode kisah dijabarkan dalam kitab Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah melalui empat poin utama, yakni, membangkitkan perhatian pendengar, menyentuh jiwa manusia, menempa intuisi ketuhanan dalam diri manusia, dan memiliki persuasi intelektual. Kisah sebagai sarana menanamkan nilai positif pada anak memerlukan ketepatan cara dan waktu penyampaian. Penulis merancang Relaxation Story before Sleeping (R-SbS), media berbentuk CD (compact disk) audio yang merupakan integrasi instrumen relaksasi (at-tarwih) dengan kisah teladan (al-amtsal) sebagai media internalisasi nilai- nilai Qur’ani pada anak.Kata kunci: al-amtsal, at-tarwih, RSbS, nilai Qur’ani, karakter.
PEMANFAATAN PEABODY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM Khoirotun Ni’mah
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar bahasa Arab adalah sulit dan rumit. Hal ini bisa terjadi jika guru yang mengajar salah langkah dalam menggunakan strategi, metode pembelajaran atau guru tidak menggunakan media dalam pembelajaran. Peabody merupakan salah satu APE yang tercipta untuk membantu siswa dalam mengembangkan bahasa secara intensif yaitu pengenalan bentuk, warna serta bermacam-macam kosakata yang dekat dengan siswa. Perangkat APE peabody ini terdapat boneka tangan, tongkat ajaib, papan magnet, kantong pintar, MP3 yang berisi tentang lagu atau cerita sesuai dengan tema dan berbagai jegnis gambar untuk meningkatkan kosakata serta konsep lainnya. Tema yang dipilih oleh guru harus sesuai dengan pengetahuan siswa. Dengan media ini berbagai perasaan yang dirasakan oleh anak bisa terungkap dengan spontanitas sesuai jiwa anak seperti perasaan senang, sedih, cemas, takut, harapan dan lain-lainnya.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Maharah  Kalam, dan Peabody
POLA INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB PADA INSYA’ MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB Afif Kholisun Nashoih
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Interferensi menjadi salah satu masalah yang dihadapi pembelajar bahasa Arab, karena berdampak negatif terhadap praktik keterampilan berbahasa Arab. Munculnya interferensi disebabkan oleh rendahnya kemampuan gramatikal para pembelajar bahasa Arab, khususnya sintaksis, sehingga struktur bahasa pertama mendominasi bahasa Arab tanpa disadari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur-unsur interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam insya’ berbahasa Arab mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data utama berupa tulisan berbahasa Arab para mahasiswa yang dikumpulkan dengan menggunakan metode simak, kemudian dianalisis menggunakan metode padan guna memperbandingan struktur kalimat bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa unsur-unsur sintaksis bahasa Indonesia yang mempengaruhi struktur bahasa Arab dalam insya’ mahasiswa meliputi interferensi aspek kala, persesuaian, frasa nomina non-adjektiva, frasa nomina adjektiva, kalimat pasif, frasa bilangan, verba yang terikat dengan preposisi, penggunaan kata “ada” yang diterjemahkan “كان”, dan interrferensi kata “karena” yang selalu menggunakan kata “لأن”.Kata kunci: interferensi, sintaksis, bahasa Indonesia, bahasa Arab.
STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Mochammad Rizal Ramadhan
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Proses pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan berbicara khususnya akan dapat tercapai jika didukung dengan pembelajaran yang efektif, inovatif dan menyenangkan dari guru dengan menggunakan berbagai upaya dan berbagai strategi, metode, dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang telah direncanakan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai rancangan prosedural yang memuat tindakan yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan. Ada dua hal yang patut kita cermati mengenai strategi pembelajaran. Pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Sasaran utama dalam penerapan strategi pembelajaran adalah tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan dalam suatu proses pembelajaran. Terdapat dua strategi yang mudah  dilakukan oleh guru dalam penerapannya. Strategi tersebut adalah strategi Qurrat Al-kala>m dan strategi Inner outer circle, karena dengan diterapkannya strategi tersebut, proses pembelajaran serta hasil belajar meningkat, bahkan kemampuan berbicara siswa pun juga meningkat.Kata Kunci: Strategi, keterampilan berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab
ANALISIS KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR Suci Ramadhanti Febriani Sri Masyitah
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tuntutan perkembangan pendidikan yang bersifat kognitif, psikomotorik dan afektif sangat ditekankan secara seimbang. Hal itu mendorong guru untuk berinovasi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar. Inovasi itu harus disesuaikan dengan kebutuhan abad ke-21, tidak terkecuali dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Keterampilan yang dituntut hendaknya sudah diterapkan pada tingkat dasar sebagai landasan berfikir siswa kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan abad ke-21 pada proses pembelajaran bahasa Arab yang diinternalisasikan mulai dari tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di SD Al-Kautsar Malang, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab di SD Plus Al-Kautsar sudah memenuhi standar keterampilan pada abad ke-21 yang menitikberatkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa menggunakan pembelajaran aktif.Kata Kunci: Keterampilan abad ke-21, Pembelajaran Bahasa Arab, Sekolah Dasar 
التعليم الإلكتروني للغة العربية بين توظيف التعليم ومتطلبات التأهيل المعهد التأهيلي لتعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها أنموذجاً ميسر أحمد المكي
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

            الملخص: وفي ظل هذه المتغيرات لم يعد الهدف من التعليم إكساب الطالب ما خططنا له من معلومات فحسب بل صار علينا إكسابه المهارة الفنية والتطبيقية أيضًا، وتدريبه على كيفية الحصول على المعلومات من مصادرها الجديدة، لذا فمن الضروري اليوم تطوير الطرق والأساليب والتقنيات في التعليم التقليدي، وتدريب الطلاب لاكتساب مهارات استخدام مصادر التعلم الجديدة،  وتعريفهم ببيئات التعلم الإلكترونية المعتمدة على الحواسيب، وشبكات الإنترنيت، والوسائط المتعددة التفاعلية. التقنية أصبحت تلعب دوراً حاسماً في ميدان التربية على مستوى العالم، فتوجَهتْ بكافة وسائلها إلى الانتقال بالعملية التربوية من النظرة التقليدية إلى الشكل التفاعلي، وظهرت الحاجة التعليمية لإيجاد قنوات تفاعلية وتقديم بيئة بديلة للمتعلم يمكنه من خلالها التفاعل معها واكتساب المزيد من المعارف والمهارات، وذلك بإحداثٍ وإعدادٍ حقيقي لبيئة التعليم الإلكتروني، وللوسائط المتعددة في مجال التعليم.الكلمات الرئيسة: التعليم الإلكتروني، توظيف التعليم، ومتطلبات التأهيل المعهد التأهيلي
KONSTRUKTIVISME PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF Muhammad Hamdan
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak:Kemampuan Bahasa Arab peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab sampai saat ini belum mencapai tingkat yang memuaskan, merespon kondisi seperti ini model materi Bahasa Arab kemudian didesain menjadi Bahasa Arab komunikatif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dengan merujuk kepada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Konstruktivisme sebagai kognitif manusia sering diasosiasikan dengan pendekatan pedagogi yang mempromosikan learning by doing. teori ini memberikan keaktifan kepada manusia untuk belajar menemukan kompetensi diri, pengetahuan atau teknologi dan hal lain yang diperlakukan guna mengembangkan dirinya dengan cara mengkombinasikan paradigma-paradigma linguistik, psikologis dan sosiologis.. Penelitian bertujuan untuk menyelidiki konstruktivisme pada proses pembelajaran Bahasa Arab komunikatif dalam hal pemerolehan pengetahuan berupa bahasa baru, serta menyelidiki proses aktif konstruktif dalam penguasaan kompentesi komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab komunikatif, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data yang didapat selama melakukan penelitian dengan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi,  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam memperoleh pengetahuan baru berupa bahasa yang kemudian dikomunikasikan langsung dengan lawan bicaranya, keterlibatan pengajar bersifat membantu pembelajar agar dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui bahasa akan dipelajari dengan dukungan materi yang mengacu kepada kegiatan sehari-hari pembelajar. Selanjutnya proses aktif konstruktif pembelajar dalam penguasaan kompentensi komunikatif dilakukan dengan bantuan mufroda>t berbentuk kalimat tanya, dengan cara melakukan pengulangan sebagai bentuk pembiasaan dan kemudian dituangkan dengan kala>m qira>’ah dan kita>bah. kemudian pembelajar secara internal melalui proses regulasi diri dengan teknik saling tukar gagasan antar-individu yang dihimpun dalam bentuk dialog yang berisi pengalaman sosial setiap individu pembelajar.Kata kunci:Bahasa Arab Komunikatif, konstruktivisme
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL 4.0 Moch Wahib Dariyadi
Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab No 5 (2019): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V
Publisher : Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak :Di zaman modernisasi seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Tidak luput dari kemajuan tersebut adalah pendidikan bahasa Arab. Guru bahasa Arab harus mampu mengajar dengan memanfaatkan perangkat TIK dalam proses pembelajarannya. Pada artikel ini akan mengulas tentang pemanfaatatan media bahasa arab di era digital.Kata Kunci; Teknologi, Bahasa Arab, TIK