cover
Contact Name
Lufthia Sevriana
Contact Email
lufthia.sevriana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lufthia.sevriana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)
ISSN : 18298680     EISSN : 25990039     DOI : -
Performa Journal publishes articles and brief communication with management theme (marketing, human resources, financial, operations, startegy), Islamic ecomy general economy, islamic and general approches development study, business in islamic and general basis.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Pengaruh E-WOM, Product Quality, Dan Price Terhadap Brand Image Melalui Perceived Value Alvaeniyah Pratama; Nurul Azizah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9729

Abstract

Pada masa sekarang ini, perkembangan ekonomi juga sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Gaya hidup yang berkembang, akan mengakibatkan hobi yang berkembang pula seperti hobi berpetualang di alam bebas.  Fenomena ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memproduksi serta menyediakan kelengkapan kegiatan alam, salah satunya yaitu Eiger. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Product Quality, dan Price terhadap Brand Image melalui Perceived Value pada Produk Eiger (Penjualan secara online). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 115 responden yang merupakan pengguna Produk Eiger, pernah melakukan pembelian Produk Eiger secara online, dan konsumen yang mengikuti instagram @EigerAdventure. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis PLS-SEM dengan SmartPLS 3.0. Hasilnya adalah variabel Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Product Quality, dan Price dinyatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Perceived Value. Kemudian untuk variabel Product Quality, Price, dan Perceived Value juga dinyatakan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand Image. Sedangkan variabel Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dinyatakan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap Brand Image.
Theory Of Planned Behavior Terhadap Niat Berwirausaha Selama Pandemi Covid-19 Mochamad Malik Akbar Rohandi; Elvira Azis
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9713

Abstract

Pertumbuhan ekonomi selama pandemi Covid-19 merupakan hal yang sangat penting untuk dapat memulai berpikir mengenai masa depan; generasi Y merupakan kelompok usia yang memiliki potensi dan peluang wirausaha yang sangat besar untuk membantu membangkitkan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap terhadap perilaku; norma subjektif dan kontrol perilaku terhadap niat berwirausaha pada masyarakat generasi Y dengan menggunakan pendekatan theory of planned behavior. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif; analisis regresi berganda; uji t dan uji F. Total sampel yang digunakan berjumlah 400 responden dari generasi Y di Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku; norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh terhadap niat berwirausaha; keyakinan terhadap dukungan baik itu dari orang tua; teman; atau saudara dianggap sangat penting dalam membantu masyarakat generasi Y untuk mendapatkan kepercayaan diri yang lebih baik untuk berwirausaha.
Dampak Pengungkapan Intelektual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Dan Harga Saham: Bukti Dari Industri Perbankan Indonesia Hanny Farhanah; Ali Mutasowifin
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9723

Abstract

Globalisasi mempengaruhi pesatnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ini diikuti munculnya perusahaan-perusahaan financial technology sehingga mendorong persaingan lebih ketat pada industri perbankan. Pengungkapan intellectual capital dalam laporan tahunan sebagai aset tidak berwujud dinilai meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan sehingga berpengaruh terhadap kinerja perusahaan dan harga sahamnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengungkapan intellectual capital sebagai aset tidak berwujud terhadap kinerja keuangan dan harga saham perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018–2020. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, sementara analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasilnya menunjukkan bahwa pengungkapan intellectual capital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan namun tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan subsektor perbankan.
Pengaruh Psychological Distress Dan Beban Kerja Terhadap Work-Life Balance Perawat Di Pandemi-Covid-19 Zahra Nabila Latama; Muhardi Muhardi; Tasya Aspiranti
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9717

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit menular yang dikarenakan Novel Coronavirus (2019-nCoV), yang menjadi pandemi di seluruh dunia. Pandemi Covid-19 telah mengubah kondisi bekerja di IGD RSUD Sumedang merupakan RS rujukan Covid-19 satu-satunya di kabupaten Sumedang. Perawat menjadi pekerjaan yang kerap terpapar penyakit serta infeksi. Distres psikologi dan beban kerja dapat mempengaruhi work-life balance. Tujuan riset adalah guna mengetahui pengaruh distres psikologi dan beban kerja terhadap work-life balance perawat IGD RSUD Sumedang di masa pandemi Covid-19. Metode riset yang dipakai yakni uji regresi linear berganda. Populasi riset ialah seluruh perawat IGD RSUD Sumedang yang menyetujui untuk ikut dalam penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh negatif Psychological Distress terhadap Work-life Balance dan terdapat pengaruh negatif Beban Kerja terhadap Work-life Balance. Selanjutnya didapatkan bahwa psychological distress dan beban kerja secara serentak dan signifikan mempengaruhi work-life balance perawat IGD RSUD Sumedang di masa pandemi Covid-19.
Pengaruh Variabel Makroekonomi Dan Variabel Global Index Tehadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Elma Abnaina; Fifi Swandari
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9724

Abstract

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Makroekonomi Indonesia yaitu inflasi, perubahan kurs, BI 7 Days RR, dan variabel Global index  yaitu STI index, S&P 500 index, DOW 30 index terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Periode penelitian yang digunakan dari 2016 – 2020. Objek penelitian ini terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan sampel jenuh. Jumlah sampel sebanyak 60. Metode analisis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian inflasi berpengaruh positif dan signifikan, Perubahan kurs IDR/USD dan BI 7 days RR berpengaruh negatif dan signifikan, STI index berpengaruh positif dan signifikan, S&P 500 Index dan DOW 30 berpengaruh negatif dan signifikan.
Mobile Banking Adoption In Emerging Countries: The Role Of Customer Demographic Characteristics Dhoni Rizky Widya Mardika
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9718

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengisi research gap tersebut dan menguji apakah terdapat pengaruh usia, responden yang bekerja dan pendidikan berpengaruh terhadap adoposi mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode logistic regression untuk menguji pengaruh usia, responden yang bekerja dan pendidikan terhadap adopsi mobile banking. Kami menggunakan data Global Financial Inclusion Database. Kami berfokus mengambil responden dari negara emerging countries yaitu Albania, Argentina, Bangladesh, Brazil, Chile, Ecuador, Egypt, Ethiopia, Ghana, Guatemala, Honduras, India, Indonesia, Jordan, Kenya, Malawi, Malaysia, Morocco, Mozambique, Namibia, Nigeria, Pakistan, Panama, Peru, Philippines, Romania, Senegal, Tanzania, Thailand, Venezuela, Vietnam, dan Zambia, total jumlah sampel adalah 16.421 responden. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi kepada pihak perbankan di negara – negara emerging countries bahwa ada baiknya jika ingin meningkatkan adopsi mobile banking untuk lebih berfokus pada nasabah yang usianya lebih muda, nasabah yang bekerja dan nasabah yang memiliki pendidikan tinggi. Penelitian ini memberikan pengetahuan berharga tentang hubungan pengaruh usia, responden yang bekerja dan pendidikan terhadap adopsi mobile banking yang selama ini belum dilakukan dengan memasukkan berbagai negara dalam suatu analisis.
Efektivitas Iklan Televisi Indosat-Tri Berdasarkan Daya Tarik Dan Frekuensi Tayang Iklan
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9726

Abstract

Industri telekomunikasi saat ini penuh dengan persaingan yang sangat ketat sehingga membuat para operator seluler harus memiliki strategi yang kreatif dan inovatif agar produk mereka dapat diterima pasar. Para operator seluler termasuk Indosat dan 3 (Tri) yang baru saja melakukan merger, melakukan promosi yang gencar melalui iklan di media televisi. Mereka mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk membuat iklan yang menarik dengan frekuensi penayangan iklan yang intensif agar efektivitas iklan televisi dapat tercapai. Artikel ini menganalisis pengaruh daya tarik iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi yang dilibatkan adalah mahasiswa Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia yang merupakan pengguna kartu perdana Indosat dan Tri dan pernah melihat iklan kartu tersebut. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan perolehan persamaan regresi Y=25,31+0,435X1-0,189X2. Secara simultan, daya tarik iklan dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif tetapi rendah terhadap efektivitas iklan sebesar 1,812 dengan nilai signifikansi 0,183. Secara parsial daya tarik iklan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap efektivitas iklan sebesar 0,44, sementara frekuensi penayangan tidak berpengaruh
Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen Dedy Ansari Harahap; Dita Amanah
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9719

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan memahami impulsive buying dalam proses keputusan pembelian konsumen dari penelitian-penelitian sebelumnya yang terbit dari berbagai artikel prosiding, jurnal, buku maupun tesis. Perilaku konsumtif konsumen berbelanja akan berdampak kepada penjual yang menyediakan produk berupa barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Penjual harus tanggap dan responship dalam mengelola usahanya agar konsumen tetap berbelanja di tokonya. Sementara konsumen cenderung memiliki banyak pilihan dalam berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya di sebuah toko. Keberhasilan pemasar mampu menjual produk pada konsumen sehingga konsumen merasa puas dan melakukan pembelian ulang adalah suatu keberhasilan strategi pemasaran dengan proses yang panjang bukan suatu kebetulan. Karena kesediaan pembeli untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk, bukan merupakan keputusan yang tiba-tiba, namun merupakan hasil dari proses evaluasi dari berbagai alternatif. Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen belum tentu semuanya direncanakan, situasi dan kondisi dapat mendorong munculnya perilaku impulsif.  Oleh karena itu, pemahaman perilaku konsumen penting dikaji untuk mengetahui tingkat intensitas kemungkinan konsumen  berperilaku tertentu dalam memutuskan pembelian suatu produk bagi semua pelaku usaha.
Analisis Pengaruh Beban Kerja, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Karyawan Universitas Amikom Yogyakarta Mei Maemunah; Eny Nurnilawati; Rahma Widyawati; Istiningsih Istiningsih; Ridwan Wahyudi; Sri Mulyatun; Widiyanti Kurnianingsih
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9727

Abstract

Universitas Amikom Yogyakarta adalah universitas yang saat ini sedang berkembang dengan jumlah karyawan yang mulai banyak. Sehingga perlu melakukan evaluasi terhadap keempat factor tersebut. tujuan penelitian ini adalah melakukan melakukan evaluasi hubungan antara beban kerja, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian akan digunakan sebagai dasar penentuan keputusan Lembaga dalam penempatan karyawan dan penyeimbangan beban kerja di departemen-departemen terkait. Hasil penelitian akan digunakan sebagai bahan kajian dalam pengambilan keputusan dan pemetaan sumber daya manusia sesuai dengan kinerja masing-masing karyawan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan alat pengambilan data menggunakan kuesioner pada 84 responden dilakukan secara acak (Random sampling). Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan kesimpulan bahwa ada hubungan positif antara variable kinerja, beban kerja, kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Hal ini ditunjukkan nilai signifikansi setiap variable < 0,05. Sehingga hipotesis H1 diterima yaitu ada hubungan positif pada keempat variabel.
Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada UMKM Rahmawati Sjamsu Alam; Rahmad Solling Hamid; Sapar Sapar
Jurnal Manajemen Bisnis Performa Vol 19, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Islam Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/performa.v19i01.9721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh komunikasi pemasaran digital, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada produk UMKM Sektor kuliner. Penentuan sampel menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan teknik Snowball Sampling dan diperoleh sebesar 100 responden. Teknik analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial (uji t) komunikasi pemasaran digital tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran digital, harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10