cover
Contact Name
Ita Suryaningsih
Contact Email
idiomatik@umma.ac.id
Phone
+6281215391791
Journal Mail Official
idiomatik@umma.ac.id
Editorial Address
Jl. Dr. Ratulangi No. 62 Maros
Location
Kab. maros,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 26549093     EISSN : 27982092     DOI : https://doi.org/10.46918/idiomatik
Core Subject : Education,
Jurnal Idiomatik adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros. Diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 6 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Berbasis Media Pembelajaran Digital Kholifah, Nastiti Nur; Pratiwi, Dini Restiyanti
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2417

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karya ilmiah melalui model Project Based Learning (PjBL) berbasis media pembelajaran digital pada siswa kelas XI F4 semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mencakup 2 siklus yang mana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian dari bulan Februari sampai bulan April 2024 dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis karya ilmiah yang signifikan pada siswa kelas XI F4. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata tes menulis karya ilmiah pada setiap siklus meningkat yaitu pada prasiklus = 72,08; siklus 1 = 83,42; siklus 2 = 86,38 dan hasil observasi yang dilakukan menyimpulkan bahwa keterampilan menulis karya ilmiah melalui model PjBL berbasis media pembelajaran digital adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah.
Pengaruh Pemanfaatan Reading Corner terhadap Literasi Membaca Siswa Kelas Tinggi Di UPT SD Negeri 3 Watang Sidenreng Rachman, Beddu Hidayat; Kasman, Nuraeni; Aswadi; Rasyid, Rustam Efendy; Yusmah
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2506

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan Reading Corner terhadap kemampuan literasi membaca siswa kelas tinggi di UPT SD Negeri 3 Watang Sidenreng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di sekolah tersebut yang berjumlah 131 orang, dengan sampel sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif, uji homogenitas, dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Reading Corner berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji t-test sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan membaca antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata (mean) post-test kelompok eksperimen sebesar 86,00 lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang sebesar 72,08. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu terdapat pengaruh pemanfaatan Reading Corner terhadap minat dan kemampuan membaca siswa, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak.
Kemahiran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMPN 6 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2024/2025 Nilawati; Shanty, Isnaini Leo; Elfitra, Legi; Irawan, Dody; Andheska, Harry; Leoni, Tessa Dwi
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2597

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemahiran menulis teks laporan hasil observasi kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 6 Tanjungpinang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik random sampling atau teknik acak dengan jumlah sampel adalah 52 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes kinerja untuk mengumpulkan data kemahiran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemahiran menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII 45,48 dengan keterangan kualifikasi nilai kurang. Peserta didik perlu diberikan bimbingan dan perhatian dalam keterampilan menulis agar kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa dapat ditingkatkan.
Kajian Kebahasaan Akun TikTok “@kuliner1menit_”: Gaya Bahasa dan Makna l. IDIOMATIK Zakaria, Masduki; Setyo, Lukito Wisnu
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2643

Abstract

Media sosial TikTok bukan hanya dimanfaatkan sebagai sarana hiburan, tetapi juga dapat dipergunakan sebagai sarana promosi. Pemanfaatan TikTok sebagai sarana promosi, dilakukan dengan memadukan tayangan visual dengan penggunaan gaya bahasa persuasif. Gaya bahasa persuasif merupakan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens, sehingga audiens tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang ditayangkan. Problematika yang akan dibahas pada riset ini yakni ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam gaya bahasa persuasif yang muncul dan makna gaya bahasa dalam video-video di akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Metode yang dipergunakan merupakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Sumber data diperoleh akun media sosial TikTok “@kuliner1menit_”. Video yang digunakan sebagai sumber data dipilih secara acak sebanyak 10 video yang ditayangkan selama bulan Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang muncul dalam iklan berupa gaya bahasa repetisi, retoris, hiperbola, dan personifikasi
Makna Mitos dalam Tradisi Mandi Safar di Desa Air Hitam Laut Kabupaten Tanjab Timur Rahmadina, Anisa; Harahap, Eddy Pahar; Yusra, Hilman
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2646

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kuatnya kepercayaan masyarakat terhadap mitos yang terkandung dalam tradisi Mandi Safar di Desa Air Hitam Laut, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Meskipun tradisi ini terus dilakukan secara turun-temurun, banyak masyarakat, khususnya generasi muda, yang kurang memahami makna di balik simbol-simbol yang digunakan dalam ritual ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna mitos, yakni makna simbolik dan ideologis dari benda-benda dalam tradisi Mandi Safar, berdasarkan teori semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian berupa simbol atau benda yang digunakan dalam tradisi Mandi Safar yang dianalisis berdasarkan konsep penanda, petanda, dan tanda dalam teori Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi Mandi Safar terdapat sembilan simbol yang memiliki makna mitos, yaitu: (1) menara sebagai lambang keesaan Tuhan, (2) tingkat tiga menara melambangkan iman, Islam, dan ihsan, (3) fondasi menara berbentuk segi empat merepresentasikan empat unsur penciptaan manusia, (4) daun mangga sebagai pelindung dari penyakit, (5) kain putih sebagai simbol kesucian, (6) telur ayam sebagai bekal kehidupan, (7) payung sebagai perlindungan dan kesetiaan, (8) janur sebagai simbol perayaan dan keharmonisan antar umat beragama, serta (9) air sebagai media pembersihan diri. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini menyarankan agar masyarakat terus melestarikan tradisi Mandi Safar sebagai bagian dari warisan budaya.
Pesan Moral dalam Film Air Mata Di Ujung Sajadah: Kajian Semiotika Roland Barthes Murti; Aryanti; Mastur; Kasmawati
Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 8 No. 1 (2025): IDIOMATIK: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muslim Maros

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46918/idiomatik.v8i1.2667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pesan moral dalam film Air Mata di Ujung Sajadah dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode simak dan catat. Data dianalisis dengan mengkaji tanda-tanda visual dan audio dalam film berdasarkan konsep denotasi, konotasi, dan mitos menurut Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film ini mengandung enam pesan moral utama, yaitu tanggung jawab, kasih sayang, kesabaran, keikhlasan, perjuangan, serta kekuatan iman dan doa. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa film ini dapat menjadi media yang efektif dalam membentuk dan menyampaikan nilai-nilai moral kepada masyarakat, sekaligus menjadi bahan refleksi bagi penonton dalam menghadapi realitas kehidupan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6