cover
Contact Name
Prima Ratna Sari
Contact Email
agusyuniawanisyanto@unigal.ac.id
Phone
+6281323179779
Journal Mail Official
abdimasgaluh@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Galuh Jl. Arya Janggala No. 11 Ciamis 46274 Telepon: (0265) 775295, Fax: (0265) 776787
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Galuh
ISSN : -     EISSN : 27160211     DOI : http://dx.doi.org/10.25157/ag.v7i1.18089
Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan jurnal yang memuat artikel pengabdian kepada masyarakat dari seluruh bidang ilmu. Abdimas Galuh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat memuat artikel hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen maupun pengabdi lainnya dari berbagai institusi yang terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Arjuna Subject : -
Articles 78 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2023): September 2023" : 78 Documents clear
PENDAMPINGAN KELOMPOK MASYARAKAT DALAM PENYUSUNAN PROFIL DESA WISATA LAMAJANG KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG Eko, Ari Djatmiko; Rantini, Ratih; Lisanti, Meyliana; Latuconsina, Dami Ramadhany; Badra, Lutfi
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.11786

Abstract

Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan diarahkan sebagai desa wisata, sehingga perlu mengetahui potret karakteristik pengembangan desa wisata saat ini dengan komponen pengembangan wisata berdasarkan perspektif 4A yaitu Attraction (Atraksi), Accessibility (Aksesibilitas), Amenity (Amenitas), dan Ancillary (Fasilitas Tambahan) sebagai proses penyusunan arahan pengembangan desa wisata dan pembentukan kerjasama pengembangan desa. Metoda pelaksanaan yang dilakukan meliputi (1) Metode literature study; (2) Metode stakeholders approach; (3) Survey atau pengumpulan data; dan (4) Metode pendekatan partisipatif. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah profil Desa Wisata Lamajang yang terdiri dari potret 4A. Objek daya tarik wisata yang tersedia yaitu wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi, dan wisata minat khusus. Akses menuju Desa Lamajang dapat melalui 3 pintu gerbang utama dan masih terdapat beberapa jalan dalam kondisi kurang baik. Amenitas yang tersedia di masing – masing objek wisata masih terdapat beberapa objek wisata dengan fasilitas yang kurang lengkap. Fasilitas tambahan masih ada yang harus ke luar desa yaitu fasilitas kesehatan. Tersedianya kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengelola seluruh daya tarik wisata yang ada. Pengabdian ini memberikan kesimpulan bahwa masih perlunya penambahan dan perbaikan beberapa fasilitas pendukung wisata juga perlu adanya pengelolaan yang baik dalam pengembangan desa wisata. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan kolaboratif antara stakeholder terkait untuk menyepakati objek dan tujuan wisata yang akan dikembangkan serta potensi dan masalah yang dihadapi dalam pengembangan desa wisata.
MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI MODAL SOSIAL Budhiana, Johan; Dewi, Rosliana; Janatri, Sri; Fatmala, Syiva Dwi
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.10751

Abstract

Beberapa data dan hasil kajian BNPB menunjukkan salah satu bencana alam yang sering terjadi dan berpotensi besar adalah kejadian tanah longsor. Tanah longsor dapat juga disebabkan oleh gempa atau aktifitas gunung api serta ulah manusia seperti penambangan tanah, pasir dan batu yang tidak terkendali. Salah satu wilayah dengan potensi kejadian tanah longsor yang tinggi di Jawa Barat adalah wilayah Desa Sinaresmi Kabupaten Sukabumi yang pernah terkena dampak longsor dengan skala besar pada akhir tahun 2018. Kegiatan sosialisasi dan edukasi modal sosial merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesiapsiagaan bencana melalui modal sosial. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Desa Sirnaresmi. Partisipan dalam kegiatan ini dengan melibatkan kasepuhan sebanyak 40 peserta, melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang kebencanaan, kesiapsiagaan dan modal sosial. Hasil pengabdian masyarakat menujukkan sebagian besar partisipan kegiatan memahami tentang pengurangan risiko bencana, kesiapsiagaan bencana tanah longsor, dan peran modal sosial dalam mendukung kesiapsiagaan menghadapi bencana bencana tanah longsor. Diharapkan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat di kawasan rawan bencana dapat lebih dioptimalkan tidak hanya oleh pemerintah tetapi juga organisasi kemasyarakatan serta organisasi pendidikan. Jika sinergi tersebut dapat tercipta, maka tujuan menuju masyarakat tangguh bencana akan tercapai. 
PEMANFAATAN SISTEM CBT ONLINE UNTUK UJIAN SEKOLAH SMK BINA NASIONAL INFORMATIKA CIKARANG Irawan, Bei Harira; Prihadi, Deddy; Aliman, Aliman
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.10473

Abstract

Sistem ujian sekolah pada umumnya masih menggunakan soal dan kertas jawaban, hal ini tentunya menimbulkan banyak pemborosan. Selain itu pekerjaan dianggap tidak efektif karena harus memperbanyak soal-soal dan guru pun harus melakukan koreksi hasil jawaban siswa satu persatu. Beberapa sekolah sudah mulai menggunakan Google Form untuk melakukan ujian, namun sistem ini pun masih ada kendala yaitu siswa yang belum melakukan pembayaran masih dapat melakukan ujian sehingga banyak siswa yang seharusnya tidak diijinkan ikut ujian karena masalah pembayaran, faktanya masih dapat mengakses soal ujian melalui Google Form ini. Pemanfaatan CBT (Computer Based Testing) online untuk melakukan ujian dapat mulai diterapkan karena dengan sistem ini data siswa dapat divalidasi, khususnya yang masih terkendala pembayaran. Selain itu, sistem ini dapat menghemat pengeluaran baik kertas maupun biaya fotokopi. Selain itu, dengan sistem CBT model pilihan ganda maka guru sudah tidak perlu lagi melakukan koreksi jawaban karena sistem sudah melakukan koreksi sehingga hasil akhir nilai siswa dapat langsung terlihat. Pengabdian ini menghasilkan sebuah aplikasi CBT yang dirancang menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang dibuat dalam tempo cepat. Hasil pengabdian diimplementasikan pada kelas X Jurusan OTKP SMK Bina Nasional Informatika yang dapat diakses oleh siswa saat ujian secara online dengan hasil pengerjaan ujian yang lebih cepat dari sisi waktu, tidak perlu menggunakan lembar jawab kertas sehingga dapat menghemat biaya khususnya kertas, ATK, toner fotokopi dan lainnya bagi sekolah dan guru tidak perlu lagi melakukan koreksi jawaban karena hasil jawaban akan otomatis terekap.
PENDAMPINGAN POKDARWIS DAN LEMBAGA MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN DESA WISATA LAMAJANG KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG Syarifudin, Deden; Ishak, Riza Fathoni; Firmansyah, Firmansyah; Pirngadi, Budi Heri; Dior, Renaldy Dwi Putra; Hermawan, Riyadh Syahrir
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.11478

Abstract

Desa wisata Lamajang, yang terletak di Kabupaten Bandung, telah menjadi tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal dari berbagai daerah dalam kunjungan budaya dan spiritual karena terdapat rumah adat Cikondang. Dalam upaya sebagai desa mandiri pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, Desa lamajang telah berhasil membangun objek wisata lainnya sesuai dengan keunikan dan potensi yang dimilikinya. Namun, untuk mempertahankan dan meningkatkan daya tarik wisata desa tersebut, penting untuk memperkuat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelembagaan masyarakatnya sebagai pengelola yang efektif. Artikel ini bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi Pokdarwis dan Lembaga Masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Lamajang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah pendampingan yang meliputi pelatihan, simulasi dan penguatan pengetahuan kepariwisataan desa. Hasil pelaksanaan kegiatan  menunjukkan bahwa kelembagaan Desa Wisata Lamajang menjadi aspek yang sangat penting dibandingkan dengan aspek lain seperti objek wisata oleh sebab itu kegiatan ini  membantu kelompok sasaran menyusun struktur organisasi dengan memastikan adanya divisi dan tugas yang jelas untuk setiap anggota.Membantu meningkatkan koordinasi dan efisiensi pengelolaan desa wisata. Disisi lain membantu mengembangkan sistem manajemen yang terintegrasi, termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mengelola data wisatawan, perizinan dan pemasaran. Pada akhirnya meningkatkan motivasi keterlibatan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan desa wisata disamping menciptakan rasa memiliki dan keberlanjutan dalam pengembangan desa wisata.
SOLUSI PENGEMBANGAN BRAND AWARENESS DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM DAPUR KEYSHA DI KABUPATEN CIREBON Sevtiana, Agus; Dewi, Wiwiek Nurkomala; Norhan, Linda; Kusuma, Ricky Perdana
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.12122

Abstract

Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon memiliki visi menghasilkan sumber daya manusia yang berjiwa technopreuneurship, diselaraskan dengan program kerjasama dengan mitra dunia usaha guna mendukung program pemberdayaan masyarakat. Program ini disesuaikan target pada indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi baik melibatkan dosen dan mahasiswa. Pesatnya perkembangan pemasaran digital dan media sosial tentu berdampak pada dunia usaha. Strategi pemasaran digital ini lebih prosfektif karena memungkinkan para calon pelanggan potensial untuk memperoleh berbagai macam informasi tentang produk dan bertransaksi secara online. Strategi pemasaran digital produk dengan menggunakan media social untuk dapat menjangkau konsumen secara langsung namun juga dapat menekan biaya promosi. UMKM Dapur Keysha yang bergerak dalam bidang pelayanan penyediaan makanan dan minuman, mencakup area pemasaran di wilayah Cirebon dalam melayani pangsa pasar mulai dari perjamuan rapat/ pertemuan, pemesanan katering anak sekolah dan kantor serta acara – acara khusus di masyarakat. Dapur Keysha menjalankan usaha masih secara konvensional, belum memiliki izin usaha. Saat ini kegiatan promosi produknya terbatas pada media sosial instagram dan whatsapp. Kegiatan pemberdayaan berbasis masyarakat ini memberi solusi mengembangkan brand awareness serta konten pemasaran digital ke dalam media sosial, sehingga dapat mendukung peningkatan brand awareness yang berdampak positif dalam meningkatkan volume penjualan hasil usaha kuliner Dapur Keysha.
PENGEMBANGAN PAKET WISATA KULTURAL DESA LAMAJANG KABUPATEN BANDUNG Surdia, Reza Martani; Raharja, Apriadi Budi; Sugiharti, Nona
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.11292

Abstract

Keunikan setiap desa berbeda antara satu dengan yang lainnya, keunikan dapat dipengaruhi komponen lingkungan alam, tatanan kebudayaan masyarakat dan nilai sosial ekonomi yang sedang diusahakan. Desa Lamajang sebagai mitra pengabdian masyarakat memiliki karakteristik alam yang asri, adat kebudayaan yang lestari, serta dominasi aktivitas masyarakat petani. Berjarak tidak jauh dari Kampus IV Universitas Pasundan +43 Km, serta +18 Km dari pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung. Pendampingan dilakukan dalam jangka tiga tahun kedepan, pendampingan berbentuk kolaborasi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Adapun pendampingan ini bertujuan membantu pihak pengelola Desa Wisata Lamajang dalam mengembangkan paket wisata kultural. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode pendekatan participatory planning, yang terbagi dalam lima tahap kegiatan meliputi obeservasi, interview, analisis situasi, konsultasi dan evaluasi, serta publikasi hasil.  Kegiatan pengabdian di Desa Lamajang menghasilkan gambaran objek daya tarik wisata kultural, paket wisata kultural, dan media promosi wisata. Kolaborasi yang terjalin dalam bentuk pengabdian masyarakat ini disambut antusias oleh Desa Lamajang. Pengembangan paket wisata kultural menjadi langkah awal dalam mempopulerkan objek wisata Desa Lamajang pada masyarakat luas, terutama pada siswa sekolah sebagai prioritas utama calon wisatawan dalam bentuk wisata edukasi.
SOSIALISASI DAN PEMANTAUAN PROTOKOL KESEHATAN DI SEKOLAH WILAYAH DESA MAJASETRA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT Yudha, Eka Purna; Hasani, Fauziyah Sirril; Salsabila, Andita; Putri, Nurhadini; Apridiantri, Safira Rahmah; Dina, Resa Ana
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.10389

Abstract

Saat ini hampir di berbagai wilayah Indonesia telah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh pemerintah, seperti siswa yang masuk sekolah dibatasi menggunakan sistem “Shifting”, kesiapan sekolah dengan fasilitas yang harus dipenuhi pada saat PTM, menjaga protokol kesehatan dengan baik, dan telah mendapatkan vaksinasi. Menurut data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, asesmen situasi COVID-19 di Jawa Barat yaitu menyentuh level 2 dan tingkat vaksinasi untuk usia 12-17 tahun baru mencapai 84.74%. Melihat data tersebut, kesadaran para guru dan siswa menjadi hal penting dalam mencegah penularan COVID-19. Fokus kami dalam hal tersebut yaitu dengan cara melakukan sosialisasi mengenai Protokol Kesehatan dan Vaksinasi serta pemantauan menggunakan RapidPro. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian serta tanggung jawab untuk melindungi diri sendiri dan melindungi lingkungan sekitar.
OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TRAVEL BALI ISLAND SEBAGAI MEDIA PROMOSI BISNIS PERJALANAN Lestari, Ni Putu Dea Arina; Putri, Putu Indah Dianti
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.11842

Abstract

Media sosial merupakan salah satu platform digital yang digemari oleh seluruh kalangan baik secara personal atau kebutuhan bisnis. Jenis media sosial pun berbagai macam, mulai dari menawarkan fitur foto, video bahkan siarang langsung. Media sosial sendiri juga memberikan dampak yang signifikan terhadap kehidupan masyarakat khusunya meningkatkan taraf ekonomi Masyarakat. Penggunaan media sosial banyak dimanfaatkan oleh kalangan pembisnis salah satunya Bisnis Perjalanan Travel Bali Island sendiri. Penggunaan media sosial dari Travel Bali Island sendiri sudah sangatlah bagus hanya saja konten yang disajikan masih memposting ulang konten yang sudah ditayangkan oleh akun lain sehingga konten yang tersaji di media sosial Travel Bali Island masih kurang maksimal. Metode yang digunakan dalam menerapkan program kerja ini yakni banyak menggunakan metode analisis dan observasi mengenai jenis konten apa saja yang layak untuk dipublikasikan dan hasil dari analisis dan observasi yang diterapkan dihasilkan dalam bentuk video pendek yang ditayangkan pada platform media sosial Travel Bali Island sendiri.  Hasil dari penerapan pembuatan konten secara mandiri ini diharapkan mampu membuka jalan baru bagi Travel Bali Island dalam membuat konten yang lebih berkualitas serta mampu memahami tren apa saja yang sedang terjadi di masyarakat sehingga mampu menarik audiens dalam platform media sosial Travel Bali Island dan menarik minat audiens dalam menggunakan jasa dari Travel Bali Island di kemudian hari.
PERAN ORAGANISASI DESA DALAM MENUNJANG KESIAPSIAGAAN BENCANA ALAM TANAH LONGSOR DI DESA SIRNARESMI KABUPATEN SUKABUMI La Ede, Abdul Rahman
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.11093

Abstract

Indonesia sering disebut dengan “Supermarket Bencana” yang memiliki wilayah luas dengan kondisi alam yang banyak keunggulannya, namun posisinya berada dalam wilayah yang memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang rawan terjadi bencana. Untuk menanggulangi bencana yang terjadi dan mengurangi risiko dari bencana tersebut diperlukan pengelolaan bencana sesuai dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana dan PP Nomor 21 tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana, perlu dilakukan kegiatan pengelolaan bencana. Faktor yang mempengaruhi kesiapsiagaan pada masyarakat adalah peran organisasi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan peran organisasi masyarakat dalam menghadapi bencana tanah longsor melalui sosialisasi dan edukasi kesipasigaan bencana dengan manfaat menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang peran organisasi dan tentang kesiapsiagaan bencana tanah longsor. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi melalui modul dan edukasi melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat didapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang peran organisasi dan kesiapsiagaan terkait bencana bencana tanah longsor meningkat. Diharapkan masyarakat di Desa Sirnaresmi mengurangi risiko becana tanah longsor yang dapat melanda dengan pelatihan rutin atau berkesinambungan pada organisasi yang diadakan oleh pemerintah melalui kerjasama dengan pihak lain sehingga organisasi tidak hanya sekedar mampu menjelaskan bencana tanah longsor namun mampu melatih masyarakat untuk menghindari bencana dan menyelamatkan diri dengan benar.
PERENCANAAN SUMUR RESAPAN UNTUK PENGENDALIAN BANJIR DI WILAYAH KECAMATAN PASAR REBO, JAKARTA TIMUR Artiani, Gita Puspa; Rodji, Achmad Pahrul; Sihombing, Sahat Martua; Arga, Yonas Prima; Pribadi, Gali
Abdimas Galuh Vol 5, No 2 (2023): September 2023
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25157/ag.v5i2.10195

Abstract

Kecamatan Pasar Rebo merupakan salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Timur yang terletak antara 106049’35” Bujur Timur dan 06010’37” Lintang Selatan, Luas wilayah kecamatan ini seluas 12,98 km2 (6,88 persen dari luas wilayah Kota Jakarta Timur) yang terbagi dalam 5 (lima) kelurahan meliputi: Kelurahan Baru, Kelurahan Cijantung, Kelurahan Gedong, Kelurahan Kalisari, dan Kelurahan Pekayon. Kecamatan Pasar Rebo termasuk kedalam kawasan rawan pergesaran tanah berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta. Pada tanggal 10 Oktober 2020, banjir akibat hujan deras berada di jalan Lewa  RT 14 RW 08 Kelurahan Pekayon setinggi 50 sentimeter, jalan Swadaya dan jalan Karya Bakti RT 10 RW 11 Kelurahan Cijantung setinggi 1,2 meter, dan jalan Cakrabuawana dan Manunggal Kelurahan Kalisari 1 meter. Permasalahan ini tidak terlepas terhadap belum terintegrasi sistem drainase dengan baik, perilaku masyarakat membuang sampah, pendangkalan saluran, kepadatan bangunan menyebabkan tidak terdapat resapan air, dataran rendah. Sumur resapan adalah salah satu konsep sederhana yang efektif untuk mengurangi aliran permukaan yang dapat menyebabkan banjir dan merupakan kegiatan konservasi sipil teknis sederhana berupa sumuran yang berfungsi untuk menampung, menahan dan meresapkan air permukaan (run-off) ke dalam tanah (akuifer) untuk meningkatkan jumlah dan posisi muka air tanah. Adapun hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini berupa kegiatan FGD yang kemudian menjadi bahan pertimbangan untuk finalisasi pembuatan rekomendasi konsep dalam pembuatan desain saluran drainase selanjutnya untuk mendorong pihak-pihak terkait sesuai bidangnya (OPD Pemda), untuk mewujudkan sumur resapan sebagai usulan program kegiatan.