cover
Contact Name
Hamidi, M.Pd
Contact Email
hamidi@unram.ac.id
Phone
+6281936732708
Journal Mail Official
jcar@unram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan No 37 Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Journal of Classroom Action Research
Published by Universitas Mataram
ISSN : 26563460     EISSN : 26562340     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun yaitu Bulan Februari dan Agustus. Journal of Classroom Action Reseach adalah jurnal yang menyediakan akses terbuka hasil riset yang dapat dibaca dan diunduh secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan hasil penelitian di bidang pendidikan. Semua isi/konten yang dipublikasikan dibawah lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.
Arjuna Subject : -
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2024): Februari" : 33 Documents clear
The Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik di SMAN 6 Mataram Khairunnufus, Nastri; Artayasa, I Putu; Yasa, I Komang Mudika
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.5751

Abstract

Crossword Puzzle are a fun learning method. This method can involve active participation from students from the beginning of the learning process so that students do not lose the essence of ongoing learning. This strategy can create active learning strengthen concepts, and improve learning outcomes. This collaborative classroom action research aims to improve the learning outcomes of students in class. Data collection techniques through observation and written tests (cognitive). This research was conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Data analysis uses qualitative descriptive analysis. The research results show that the application of the TTS learning method can improve the learning outcomes of class X.7 students at SMA Negeri 6 Mataram for the 2022/2023 academic year. This can be seen from the average value of learning outcomes in cycle I of 86 with classical completeness of 77% (high category) and in cycle II there was an increase with average learning outcomes of 87 with classical completeness of 85% (very high category). Keywords : Learning Methods, Crossword Puzzle, Learning Outcomes
Penerapan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pengembangan Intelegensi Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Rini, Monaliza Sekar; Yasa, I Komang Mudika; Artayasa, I Putu
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i2.5871

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan penerapan perangkat pembelajaran biologi berorientasi pengembangan intelegensi majemuk. Metode penelitian yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas X.6 di SMA Negeri 6 Mataram. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data hasil belajar berupa skor kognitif, skor afektif, dan skor psikomotorik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setelah dilakukan analisis data, ketuntasan hasil belajar Biologi peserta didik yang diambil dari skor sumatif (post test) pada siklus I sebesar 27,3% dan pada siklus II sebesar 75,8%. Hasil belajar pada kedua siklus menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar sudah memenuhi indikator yang telah ditetapkan yakni lebih dari atau sama dengan 70% dari keseluruhan peserta didik yang mengikuti evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi inteligensi majemuk berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Nisa, Nida Atun; Prayitno, Sudi; Hikmah, Nurul; Sarjana, Ketut
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.5968

Abstract

Penyelesaian masalah matematika memerlukan proses berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan sebuah proses berpikir dengan melibatkan pemahaman yang mendalam untuk memecahkan masalah. Faktanya kemampuan berpikir kritis siswa SMP di Indonesia masih tergolong rendah. Kemampuan berpikir kritis siswa berbeda-beda, salah satunya dipengaruhi oleh gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan aritmatika sosial dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) di kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif FI dan 2 siswa yang bergaya kognitif FD. Instrumen penelitian terdiri dari Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis dan wawancara. Indikator berpikir kritis yang digunakan yaitu FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity dan Overview). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan gaya kognitif FI dapat mengerjakan soal kemampuan berpikir kritis dengan benar dan lengkap, 2) Siswa dengan gaya kognitif FD dalam mengidentifikasi jawaban tidak lengkap, sedikit kesulitan menuliskan jawaban padahal mampu memberikan kejelasan terkait istilah/definisi. Oleh karena itu, siswa yang memiliki gaya kognitif FI mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis FRISCO, sedangkan siswa yang memiliki gaya kognitif FD mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Situation dan Clarity.  
Rekonstruksi Etnosains Tradisi Pedak Api Masyarakat Narmada Dalam Pembelajaran Biologi Arifin, Ahmad Aris; Andayani, Yayuk; Sedijani, Prapti
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i2.6366

Abstract

Tradisi Pedak Api merupakan salah satu etnosains yang memiliki nilai kearifan lokal yang kaya akan sumber pengetahuan sains tradisional, yang dapat diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Integrasi pengetahuan sains tradisional ini ke dalam kegiatan pembelajaran Biologi belum banyak dilaporkan. Salah satu alasan belum banyaknya pemanfaatan sains dalam masyarakat pada pembelajaran adalah kesulitan guru dalam mengidentifikasi konsep-konsep Biologi dari pengetahuan asli masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konsep-konsep Biologi yang berasal dari pengetahuan asli dalam tradisi Pedaq Api masyarakat Narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif mengenai pengetahuan asli tradisi Pedaq Api yang dilakukan di wilayah Desa Selat, Narmada, Lombok Barat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep-konsep Biologi yang diidentifikasi dalam tradisi Pedaq Api mencakup konsep perpindahan panas dari lingkungan ke tubuh bayi secara radiasi, yang diatur oleh system pengatur suhu tubuh (hypothalamus) yang terkait dengan konsep homeostasis pada mekanisme termoregulasi tubuh, kemudian konsep vasokonstriksi dan vasodilatasi pembuluh darah, serta pemanfaatan aromatik tumbuhan sebagai obat tradisional. Hasil dari penelitian ini akan berkontribusi pada pengembangan bahan ajar bagi sekolah dalam pembelajaran Biologi, dan sebagai upaya untuk melestarikan tradisi Pedaq Api.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII Nurvitasari, Try; Subarinah, Sri; Kurniawan, Eka; Arjudin
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMPN 1 Gunungsari tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 siswa, dengan 5 siswa gaya belajar visual, 7 siswa gaya belajar auditorial, dan 8 siswa gaya belajar kinestetik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian adalah angket, soal tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Analisis dilakukan berdasarkan tahapan John Dewey, yaitu menghadapi masalah, pendefinisian masalah, penemuan solusi, menguji beberapa solusi, dan memilih hipotesis terbaik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, siswa gaya belajar visual, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi karena mampu melaksanakan kelima tahapan. Siswa gaya belajar auditorial, secara umum memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, dimana siswa auditorial mampu melaksanakan kelima tahapan. Sedangkan, siswa gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang, dimana siswa kinestetik hanya mampu melaksanakan 4 tahapan, sebab pada tahap memilih hipotesis terbaik, siswa kinestetik tidak mampu melaksanakannya.
Analisis Kemampuan Investigasi Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Astuti, Aspaed Pebi; Subarinah, Sri; Amrullah; Arjudin
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6677

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan investigasi matematika pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian yaitu  teknik random sampling. Subjek penelitian ini adalah  kelas IX-C SMP Negeri 11 Mataram sebanyak 30 siswa  dan selanjutnya dipilih 6 siswa dengan masing-masing 2 siswa dari setiap tipe gaya belajar yaitu visual, auditorial dan kinestetik sebagai subjek wawancara. Data penelitian diambil melalui angket gaya belajar, tes kemampuan investigasi matematika berbentuk soal esai, dan wawancara. Data angket dianalisis untuk menentukan tipe gaya belajar siswa, sedangkan data tes investigasi matematika dianalisis berdasarkan 4 tahapan kemampuan investigasi matematika yaitu spesialisasi, pendugaan, generalisasi dan justifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan investigasi matematika siswa berbeda di setiap tipe gaya belajar. Siswa dengan gaya belajar visual sebagian besar berhasil melewati 4 tahapan investigasi matematika. Siswa dengan gaya belajar auditorial ada yang melalui 4 tahapan investigasi matematika tetapi sebagian besar hanya dapat menyelesaikan 3 tahapan yaitu spesialisasi, pendugaan dan generalisasi. Siswa dengan gaya belajar kinestetik hanya berhasil melalui 3 tahapan investigasi yaitu spesialisasi, pendugaan, dan generalisasi.
Efektivitas Media KAKUTA (Kata KUnci Cerita) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 15 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 Yusriah, Bajra Maya; Makki, Muhammad; Hidayati, Vivi Rachmatul; Fauzi, Asri
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6693

Abstract

The purpose of this study is to determine the effectiveness of KAKUTA (Story Keywords) media on mathematics learning outcomes of grade III students of SDN 15 Mataram for the 2023/2024 school year. The research method used is quantitative with the type of quasi-experimental research with research design used is nonequivalent control group design. The instruments used in this study were observation sheets on the implementation of the use of KAKUTA media and the story of addition and subtraction of the number of cacah. Based on the results of the data analysis carried out, the average pre-test score obtained from the experimental class was 64.78 and the control class was 74.76. And the average post-test score obtained from the experimental class was 83.04 and the control class was 77.14. The hypothesis is tested with the Independent Sample t-Test. From the test results that have been carried out, the results are 0.001 < 0.05. The N-Gain test results obtained are 66.29% with the category of quite effective, which means Ha is accepted and H0 is rejected. The conclusion of this study is that the KAKUTA (Story Keywords) media is effective for the mathematics learning outcomes of grade III students of SDN 15 Mataram for the 2023/2024 school year.
Efektivitas Metode Jarimatika Berbantu Kartu Bilangan Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Ariani, Widiya; Makki, Muhammad; Hidayati, Vivi Rachmatul; Tahir, Muhammad
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6695

Abstract

Perkalian dasar merupakan kemampuan berhitung yang perlu dikuasai siswa kelas III untuk dapat menyelesaikan soal perkalian lanjutan atau perkalian susun. Namun, hal ini menjadi salah satu permasalahan berhitung karena siswa keliru dalam mengingat hasil perhitungannya, sehingga diperlukan metode berhitung untuk membantu menentukan hasil perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika berbantu kartu bilangan terhadap hasil belajar materi perkalian siswa kelas III SDN 15 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas III SDN 15 Mataram. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling total dengan sampel sebanyak 21 peserta didik kelas III/A sebagai kelas eksperimen dan 23 peserta didik kelas III/B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda dan isian (pre-test dan post-test). Teknik analilsis data dilakukan terlebih dahulu dengan uji normalitas dan homogenitas terhadap data pre-test dan post-test sebagai prasyarat melakukan uji hipotesis dan N-gain. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan uji Independent Sample t-Test. Hasil perhitungan menunjukkan (4,82)>(2,02) pada signifikansi 5% dengan dk = 42 yang artinya  diterima dan  ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai post-test kedua kelas yang artinya metode jarimatika berbantu kartu bilangan efektif ditinjau dari nilai post-test setelah pemberian perlakuan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji N-gain yang didapat adalah 71,6% dengan kategori cukup efektif untuk pembelajaran yang menerapkan metode jarimatika berbantu kartu bilangan.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Nur Anisa, Fakhrian; Turmuzi, Muhammad; Wahyu Triutami, Tabita; Amrullah
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6719

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa pada salah satu sekolah di kota Mataram, tepatnya di SMPN 13 Mataram tergolong rendah, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah). Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas VIII A dan VIII B yang dipilih dengan tekhnik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (normallitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test dan uji effect size Cohen’s d. Hasil analisis diperoleh skor rata-rata posttest siswa kelas eksperimen adalah 13 dan kelas kontrol 11,5. Pengujian hipotesis dengan tingkat kepercayaan 95% memperoleh nilai t-hitung sebesar 2.459 dan t-tabel sebesar 1,998. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hasil uji effect size Cohen’s d dengan perhitungan d= 0,692 yang berada pada kategori efek besar. Sehingga Model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Menggunakan Metode Newman Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Mardhiati, Nurul Fitri; Muhammad Turmuzi; Tabita Wahyu Triutami; Amrullah
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 1 (2024): Februari
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29303/jcar.v6i1.6722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa menurut metode Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada siswa SMPN 1 Suralaga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A SMPN 1 Suralaga. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis tinggi sudah mampu melewati semua tahap yaitu, membaca soal, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. (2) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis sedang belum mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (3) Siswa pada kategori kecerdasan logis matematis rendah tidak mampu melewati semua tahap, yaitu melakukan kesalahan pada hampir semua tahapan diantaranya, memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat 4 jenis kesalahan dari 5 jenis kesalahan dalam metode Newman yang dilakukan oleh siswa, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan tranformasi soal, kesalahan proses, serta kesalahan dalam menulis jawaban akhir.

Page 1 of 4 | Total Record : 33