Journal of Classroom Action Research
Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah satu jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun yaitu Bulan Februari dan Agustus. Journal of Classroom Action Reseach adalah jurnal yang menyediakan akses terbuka hasil riset yang dapat dibaca dan diunduh secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan hasil penelitian di bidang pendidikan. Semua isi/konten yang dipublikasikan dibawah lisensi Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License.
Articles
38 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024"
:
38 Documents
clear
Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Penguasaan Konsep Biologi
Cahyani, Putri;
Muhlis;
Bahri, Syamsul
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.3330
Pesatnya perkembangan teknologi diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal yang membuat proses dalam pembelajaran lebih mudah dalam memahami materi dan tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran biologi sangat memerlukan media pembelajaran dalam proses mengajar, hal ini disebabkan karena materi biologi bersifat abstrak, sehingga hal itu untuk menyesuaikan dengan kapasitas kognitif siswa yang masih bersifat operasional-konkret. Pembelajaran biologi di MAN 1 Lombok Tengah jarang menggunakan media pembelajaran termasuk media berbasis Canva. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva terhadap penguasaan konsep biologi kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan non-equivalalent control group design Populasi siswa yaitu seluruh kelas X yang terdiri atas 5 kelas dengan total siswa berjumlah 203 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dalam hal ini didapatkan kelas X4 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep biologi siswa adalah tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 23 soal. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Anacova dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian penguasaan konsep diperoleh nilai Sig. (α) = 0,016 < 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi berbasis aplikasi Canva berpengaruh terhadap penguasaan konsep biologi siswa.
Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Model Pengembangan ADDIE Pada Materi Ilmu Hadis
Dzaky, Ahmad Fadil;
Lubis, Sakban
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.5105
Tujuan penelitian ini menentukan kontribusi pembelajaran PBL berbasis model pengembangan ADDIE. Hadis dalam kategorinya ada empat yaitu , hadits sahih, hasan, dhaif, dan maudu'. Hadis cacat parawi merupakan hadis maudu’. Kriteria yang digunakan menentukan adalah sanad, matan dan rawi. Metode penelian yang dipilih adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) dua siklus. Langkah-langkah dalam proses pembelajaran menggunakan pembelajan Problem Based Learning (PBL) berbasis model pengembangan ADDIE. Pengambilan data melalui angket siswa tetang sintak pembelajaran PBL dan ADDIE (analisis, desai, develop, implement dan evaluasi). Hasil angket siswa menunjukkan ada hubungan PBL dengan ADDIE siklus 1 berjumlah 16 siswa dan siklus 2 berjumlah 19 siswa. Rerata angket siswa siklus 1 PBL adalah 64.3 dan ADDIE adalah 67.8. Rerata angket siswa siklus 2 PBL adalah 66.0 dan ADDIE adalah 72.7. N-Gain 0.6 tergolong sedang, efektivitas pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan program pembelajaran telah memberikan kontribusi terhadap pemahaman peserta didik.
Literasi Budaya dengan Penggunaan Padlet pada Perkuliahan Bahasa Indonesia sebagai Implementasi Karakter Cinta Tanah Air
Partawan, I Komang Sugi;
Nurhuda, Trifalah;
Melansari, Ni Kadek Yunita;
Budiartini, Ni Nyoman
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.5335
Karakter siswa di Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Salah satu cara untuk meningkatkan karakter siswa adalah dengan literasi budaya. Literasi sangat diperlukan oleh mahasiswa, tidak hanya sebagai bekal ilmu, tetapi juga sebagai kebiasaan yang pada akhirnya berhubungan dengan keberhasilan seseorang dalam lingkungan masyarakat akademis sehingga dapat meraup kesuksesan dalam lingkungan sosial kelak nanti. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan literasi kebudayaan mahasiswa dengan penggunaan padlet serta persepsi mahasiswa tentang literasi budaya pada perkuliahan bahasa Indonesia sebagai implementasi cinta tanah air. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pada MKWU Bahasa Indonesia di Undiksha. Objek penelitian ini adalah literasi budaya dengan penggunaan padlet pada perkuliahan bahasa Indonesia sebagai implementasi karakter cinta tanah air. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Literasi budaya dengan penggunaan padlet pada perkuliahan bahasa Indonesia mampu meningkatkan karakter cinta tanah air. Selama perkuliahan berlangsung, mahasiswa berkontribusi dan berpartisipasi dalam kegiatan keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan tema kebudayaan. Keterkaitan antara literasi kebudayaan dan cinta tanah air sangat mendalam
Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Materi Menjaga Kebersihan Diri (Kuku, Tangan, dan Rambut) pada Kelas I di Sekolah Dasar
Zahrawaan, Putri Az;
Husniati;
Angga, Prayogi Dwina
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.5781
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku cerita bergambar yang berisi materi menjaga kebersihan diri, khususnya pada kebersihan kuku, tangan, dan rambut, serta untuk menguji kelayakan dan kepraktisan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Developmenth) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian pengembangan ini melibatkan seluruh siswa kelas I di SDN Montong Batu dengan jumlah 22 siswa. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dan objek penelitian ini adalah media pembelajaran buku cerita bergambar. Hasil penelitian (1) penelitian dan pengembangan ini telah menghasilkan produk berupa media buku cerita bergambar melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi & evaluasi, pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menjaga kebersihan diri kelas I SDN Montong Batu, (2) media dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media yang memiliki nilai persentase rata-rata 94% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi yang memiliki nilai persentase rata-rata 98% dengan kategori sangat layak, dan (3) media dinilai praktis oleh siswa dan guru dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa, dengan hasil respon mencapai 100% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Media ini dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif.
Analisis Pembelajaran Fisika Terintegrasi Steam Untuk Melatih Keterampilan Abad 21 Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Implementasi Kurikulum Merdeka: A Review
A, Syahrial
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.5932
Capaian pembelajaran yang diharapkan dalam implementasi kurikulum merdeka (IKM) pada pembelajaran fisika terdiri dari elemen pemahaman dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains siswa sangat penting untuk dilatih karena penerapan kurikulum merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek. Adapun indikator keterampilan proses sains yaitu mengamati, memprediksi, merencanakan penyelidikan, menganalisis, mencipta, dan mengkomunikasikan. Salah satu aspek penting yang harus dilatih pada siswa yang akan menjadi generasi penerus yang dapat berpartisipasi aktif dalam masyarakat global adalah keterampilan abad 21. Pendekatan STEAM dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran fisika yang dapat melatih dan meningkatkan keterampilan proses sains dan keterampilan abad 21. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan abad 21 dan keterampilan proses sains siswa ditinjau dari pembelajaran fisika yang dengan pendekatan/terintegrasi STEAM. Jenis penelitian ini yaitu penilaian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu tinjauan pustaka. Sumber literatur didapatkan dari jurnal-jurnal terakreditasi dari Google Scholar. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini disimpulkan pembelajaran fisika dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan serta melatih keterampilan abad 21 dan keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains yang meningkat dapat melatih kemampuan berpikir kritis, berpikir logis, dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk menghadapi perkembangan zaman pada abad 21.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pelajaran Matematika
Miratunnisah;
Darmiany;
Nurmawanti, Iva
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.7190
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video animasi pada pelajaran matematika kelas II SDN 28 Cakranegara yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar angket validasi ahli media dan ahli materi serta lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi masuk pada kriteria sangat valid dan praktis. Berdasarkan penilaian ahli media memperoleh presentase sebesar 90,3% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi memperoleh presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat valid. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 97% dengan kriteria sangat praktis, respon siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 95,3% dengan kriteria sangat praktis dan respon guru memperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi memenuhi kriteria sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengaruh Metode Tutor Teman Sebaya Berbantuan Media Brosur Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa
Rizki, Risa Mar’ussifa;
Ramdani, Agus;
Zulkifli, Lalu
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.7192
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Selong, sedangkan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 84 siswa yang tersebar dalam 3 kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda sebanyak 18 butir soal untuk mengukur pemahaman konsep siswa, dan kuesioner untuk mengukur sikap ilmiah siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji ancova (analysis of Covariance) berbantuan IBM SPSS versi 21. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000, artinya terdapat pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep. Hasil analisis persentase sikap ilmiah siswa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen 1 sebesar 86,29% yang tergolong dalam katgoeri sangat baik. Hasil uji N-Gain menunjukkan 59,46% yang tergolong kategori cukup efektif, sehingga metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur cukup efektif untuk digunakan. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode tutor teman sebaya berbantuan media brosur terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi ekosistem.
Analisis Kesulitan Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa Kelas V di Sekolah Dasar
Sari, Linda Nardianti;
Nurhasanah;
Sobri, Muhammad
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.7681
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami guru dan upaya guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penanamkan nilai pendidikan karakter siswa kelas V di SDN 31 Cakranegara. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas V, dan siswa kelas V. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP seperti menganalisi KD, menentukan metode, dan mengaitkan materi dengan nilai-nilai karakter , dalam pelaksanaan guru mengalami kesulitan yaitu menananmkan nilai peduli sosial, tanggung jawab, displin disaat pembelajaran, dalam megevaluasi guru mengalami kesulitan saat mengevaluasi nilai sikap siswa karena guru tidak bisa mengamati siswa saat jam istirahat, adapun upaya yang dilakukan guru : pada perencanaan yaitu membuat perangkat pembelajaran yang memuat pendidikan karakter sebelum melakukan pembelajaran. Pada pelaksanaan yaitu guru mengembangkan kegiatan pengembangan diri siswa dengan cara mengembangkan nilai-nilai karakter pada setiap kegiatan. Pada evaluasi yaitu guru memberikan kuesioner pada siswa dan penilaian melalui pengamatan.
Pengembangan KIT IPA Materi Gerak Berbasis Project Based Learning Terintegrasi STEM Sebagai Sumber Belajar Inovatif
Zulkarnaen, Zulkarnaen;
Rahayu, Satutik;
Artayasa, I Putu
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.29303/jcar.v6i4.7942
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan KIT IPA materi gerak berbasis Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). KIT IPA ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa SMP, khususnya pada materi Gerak dan Gaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahap awal melibatkan analisis kebutuhan pembelajaran, termasuk keterbatasan bahan ajar konvensional dan rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah. Pada tahap desain, KIT IPA dirancang berbasis Project-Based Learning (PjBL) yang terintegrasi dengan pendekatan STEM. Tahap pengembangan mencakup validasi oleh ahli dan uji coba terbatas untuk menilai kepraktisan dan kelayakan produk, dengan rata-rata skor validasi 3.76 (Sangat Baik) untuk modul ajar dan 3.72 (Sangat Baik) untuk lembar kerja peserta didik (LKPD). Respon guru dan rekan sejawat terhadap perangkat pembelajaran menunjukkan rata-rata skor 3.70 (Sangat Baik). Hasil pengujian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan KIT IPA ini efektif dalam pembelajaran. KIT IPA ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, mengasah kemampuan berpikir kritis, dan memecahkan masalah melalui pembelajaran berbasis proyek.
Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik
Yanto, Indra;
Donna Boedi Maritasari;
Yul Alfian Hadi;
Baiq Nurlaela Hardiana;
Husnul Khotimah;
Nurfaujiah
Journal of Classroom Action Research Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024
Publisher : Program Studi Magister Pendidikan IPA, Universitas Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Karakter siswa perlu ditingkatkan lagi. Hal ini dapat dilihat terkait banyakna kasus terkait dengan karakter siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak implementasi Profil Pelajar Pancasila terhadap pendidikan karakter pada peserta didik di SDN 2 Sekarteja. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila memiliki dampak positif terhadap pendidikan karakter peserta didik. Sebelum menerapkan profil pelajar pancasila peserta didik masih acuh tak acuh dalam bekerja sama, tidak berani berpendapat, dan tidak melakukan pembiasaan keagamaan seperti berdoa, shalat dhuha dan lain sebagainya, namun sejalan dengan penerapan profil pelajar pancasila peningkatan karakter peserta didik semakin meningkat dimana sikap kerja sama, berani berpendapat serta rutin melaksanakan pembiasaan shalat dhuha dan berdoa sebelum memulai pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga peningkatan karakter peserta didik dalam dimensi, beriman dan bertakqwa kepa Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong, berkebhinekaan tunggal ika, mandiri, bernalar kritis dan kreatif dapat terbentuk.