Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal hasil tulisan ilmiah dosen yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat terbit pertama sekali pada bulan April tahun 2019. Manuskrip/Naskah yang dipublikasikan di Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat meliputi hasil-hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat yang meliputi berbagai bidang fokus seperti Agama, Hukum, Sosial, Politik pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Ekonomi dan Teknik yang bersifat asli dan baru dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun internasional.
Articles
17 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)"
:
17 Documents
clear
Pembinaan Jamaah Dengan Metode Tadabbur Al-Quran Di Perhimpunan Keluarga Besar-Pelajar Islam Indonesia Sumatera Utara
Sarwo Edi;
Nur Rahmah Amini
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5335
Dalam pengabdiaan ini diharapkan nantinya akan terbentuk sebuah konsep Pembinaan Jamaah untuk mengatasi model-model dakwah yang melahirkan kelompok garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural. Munculnya kelompok garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural merupakan hal yang harus diwaspadai dan harus dilakukan pembinaan. Karena jika tanpa pembinaan maka dikhawatirkan nantinya banyak jamaah yang tidak paham makna kandungan Al-Quran yang sebenarnya. Metode Tadabbur Al-Qur’an merupakan solusi yang tepat agar jamaah memahami Al-Qur’an dan menerima pengajaran dan ibrah untuk diimplementasikan dalam kehidupan. Maka dalam pengabdiaan ini melalui pembinaan Jamaah akan mengerti Al-Qur’an sehinga memahami Islam yang sebenar-benarnya dan tercegah dari model dakwah yang melahirkan kelompok Islam garis keras, kelompok moderat dan kelompok Islam kultural.
Pelatihan Kemampuan Berfikir Sebagai Keterampilan Melalui Konsep Knowledge Convergence Pada Komunitas Pengembang Aplikasi Di DiLo Depok
Ahmad Zakki Abdullah;
Supratman Supratman;
Fatkhuri Fatkhuri
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5326
Pengembangan apps memerlukan sebuah pendekatan yang partisipatif melalui upaya kolaboratif untuk mencapai tujuannya. Upaya ini adalah menggabungkan beberapa aspek seperti Bisnis, seni dan teknis yang mana sebuah fenomena yang dikenal dengan knowledge convergence. Metode yang digunakan melalui kuliah umum, dan tugas berstruktur dengan. Hasil akhir adalah peserta mampu menjelaskan masalah para proyek mereka melalui konsep Knowledge Managemnet dan kolaborasi melalui berfikir kreatif dan kritis pada proses bergagasan (ideation) hingga muncul inovasi. Melalui pengabdian masyarakat ini para peserta mampu mengaplikasikan kaedah keterampilan berfikir yakni secara kritis dan kreatif untuk menjadwalan proyek, mampu melibatkan evaluator secara kolaboratif, melakukan chunking pada masalah yang rumit dan membangun personal Branding. Hasil Pengabdian masyarakat yang dilakukan di DiLO Depok untuk memenuhi kebutuhan tentang knowledege management pada komunitas pengembang aplikasi (apps) ini mampu memberikan pembekalan terhadap peserta dengan rekomendasi perlunya pengukuran secara berkala terhadap proyek mereka.
Pengembangan Desa Nelayan Melalui Ekonomi Digital Dan Pemanfaatan Olahan Ikan Sebagai Citra Warga Desa Bubun
Feza Ihram Syahri;
M. Firza Alpi;
Anisa Rahma;
Alifa Hanum
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5580
AbstrakNelayan Desa Bubun dan ibu-ibu serta remaja yang produktif Selanjutnya, lokasi Desa Bubun sangat strategis membuat desa tersebut berpotensi sebagai desa Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan meningkatkan produktivitas hasil nelayan menjadi olahan siap saji yang dimana kita kenal sebagai diumsum dan kebab. Peserta pelatihan dan team dapat mengetahui cara pengolahan ikan didesa Bubun yang menjadi ciri khasnya. Pelatihan ini memberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara pemasaran yang baik melalui laman website dan e-commerce. Penyerahan inventaris sebagai peralatan dalam meningkatkan produksi.Pembuatan Brand atau logo demi memperkenalkan desa bubun ke masyarakat luar dan menaikkan nilai jual dari produk tersebut.Meningkatkan perekonomian keuangan pada masyarakat tersebut terutama ibu rumah tangga.
Pelatihan Penyusunan Individualized Education Program (IEP) untuk Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru Sekolah Sahabat Al Qur’an Binjai
Mutia Ferbriyana;
Dewi Juni Artha;
Dian Novianti Sitompul
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5331
Program Rencana Pendidikan Individualized Educational Program (IEP) bagi siswa berkebutuhan khusus bertujuan membantu para pendidik/guru dalam memastikan bahwa peserta didik yang bersangkutan membuat kemajuan di sekolah. Selain itu program pendidikan individual ini membantu guru dan orang tua untuk lebih fokus terhadap target capaian yang harus diraih dari siswa/i bersangkutan. Program individual Individualized Educational Program (IEP) ini tidak sepenuhnya menitik beratkan target capaian hanya pada bidang akademik saja. Pencapaian lainnya dapat berupa kemampuan bersosialisasi, berinteraksi, bahkan kemampuan kemandiriannya.Program Individual Individualized Education Program (IEP) mencakup langkah-langkah: (1). Pembentukan Tim/Komite; (2). Pertemuan Anggota Komite/Tim Penyusun IEP; (3). Indentifikasi Kemampuan dan keterbatasan siswa (need assessment), sebagai dasar penyusunan kurikulum bagi siswa/i tersebut; (4). Penyusunan kurikulum berdasarkan kondisi, keterbatasan, dan kebutuhan siswa tersebut; (5). Sosisalisasi hasil kurikulum tersebut kepada guru, orang tua siswa tersebut; (6). Penerapan program individual Individualized Educational Program (IEP). Komponen-kompenen dalam penyusunan EIP tetap mengacu kepada kurikulum sekolah, namun tentu saja disesuaikan dengan kondisi, keterbatasan, kebutuhan, dan lingkungan siswa tersebut. Antara lain: (1) Identitas siswa; (2). Tingkat kemampuan siswa terkini; (3). Tujuan jangka panjang (4). Tujuan jangka pendek (5). Strategi Pembelajaran (6). Evaluasi pencapaian/ kemajuan siswa.
Pelatihan Penggunaan Sensor HMC 5883L Sebagai Petunjuk Arah Kiblat Sumatera Utara
Sudirman Lubis;
Faisal Irsan Pasaribu;
Partaonan Harahap;
Wawan Septiawan Damanik;
Rahmad Syukur Siregar;
Munawar Alfansury Siregar;
Puja Rizqy Ramadhan;
Soulthan Saladin Batubara
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5336
Cara kerja dari sensor HMC 5883L sebagai pendamping kompas analog penunjuk arah mata angin dan penunjuk arah kiblat. Mengetahui kemampuan kerja sensor HMC 5883L untuk hasil pembacaan arah pada layar LCD dan tampilan LED light. Mendapatkan arah kiblat yang akurat dan tampilan arah yang baik agar mudah dipahami pengguna. Dapat sebagai pendamping data kompas RHI yang berada pada Lembaga OIF UMSU. Pada penelitian yang dilakukan pengujian pada sensor kompas HMC 5883L dapat membaca 8 arah mata angin yang telah ditampilkan pada layar LCD dalam bentuk jumlah derajat dalam angka dan batas antara arah sisi Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara dan Timur Laut. Pada setiap arah dan batas mata angin, selain ditampilkan pada layar LCD batas dari kedelapan arah mata angin juga di tunjukkan pada lampu LED yang menyala sesuai dengan jumlah mata angin sebanyak 8 buah. Kemampuan pembacaan sensor HMC 5883L cukup baik dikarenakan selisih pembacaan sudut kemiringan arah kiblat yang masih dalam kategori aman yaitu 7o sementara rentang jarak aman kemiringan arah kiblat di Indonesia yaitu 5o.
Penyuluhan Kesehatan Bidang Forensik Dengan Topik Autopsi
Asan Petrus;
Rahmatsyah Rahmatsyah;
Panusunan Simatupang
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5327
Pada kasus tindak pidana maupun kecelakaan yang menyebabkan korbannya meninggal dunia, maka penyebab kematian korban menjadi target utama pemeriksaan kedokteran forensik hal ini untuk membuat jelas suatu perkara pidana yang terjadi. Pol ; Ins/E/20/IX/75 tentang Tata cara permohonan/pencabutan Visum et Repertum poin 3 menyebutkan : «Dalam hal seseorang yang menderita luka tadi akhirnya meninggal dunia maka harus segera mengajukan surat susulan untuk meminta Visum et Repertum atas mayat, berarti mayat harus dibedah. Sama sekali tidak dibenarkan permintaan Visum et Repertum atas mayat berdasarkan pemeriksaan luar saja.» Instruksi Kapolri tersebut sangat mendukung tercapainya target pemeriksaan kedokteran forensic tehadap jenazah dalam menemukan penyebaab kematian korban yang meninggal dunia, namun pada kenyataan yang kami hadapi di lapangan di Instalasi Kamar Jenazah RSUPH.Adam Malik / Departemen Forensik dan Medikolegal FK-USU masih banyak permintaan visum et repertum korban mati dengan permintaan pemeriksaan luar saja tanpa pemeriksaan dalam . Meningkatnya pemahaman masyarakat tentang Autopsi, . Meningkatnya pemahaman masyarakat mengenai tujuan dilakukannya autopsy pada korban yang meninggal tidak wajar, . Ada kesediaan/ pernyataan setuju dari masyarakat tindakan autopsy pada anggota keluarga yang mati secara tidak wajar.
Perencanaan Keuangan Dan Manajemen Biaya Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Di Desa Timbang Jaya Kecamatan Bahorok Langkat Sumatera Utara
Irawan Irawan
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.6687
Small and medium business actors Provide knowledge of partners in assessing accurate production costs and providing education in the field of promotion. Work procedures to support the realization of the solutions offered, then first make preliminary observations in the field by approaching them through interviews and finding problem phenomena. Finally, evaluate the results by re-observing community problems. The results of the implementation of this service, cost management, understanding of financial planning and cost management for small business actors in Timbang aya Village, Bahorok Langkat District, have experienced a fairly good increase. In addition, the results of this dedication can form the basis for conclusions in the field that financial planning and cost management can better influence income through an understanding of financial and cost aspects. The better the existing Financial Planning and Cost Management, the stronger the impact on the income of business actors
Peran Bank Sampah Dalam Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga di Desa Sait Buttu Kec. Pematang Sidamanik
Mutiah Khaira;
Uswah Hasanah;
Isra Hayati
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5332
Pengelolaan sampah yang baik akan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan cara mengelola sampah dengan baik. Keberadaan bank sampah di Desa Sait Buttu menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah rumah tangga yang ada di masyarakat. Mitra dalam program pengabdian ini adalah bank sampah Simpatik yang berada di Desa Sait Buttu Kec. Pematang Sidamanik. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah dengan meningkatkan kesadaran dan memantapkan niat, baik bagi pengelola bank samapah maupun para ibu rumah tangga untuk bersama-sama menjaga keberlangsungan bank sampah Simpatik. Pada akhir program ini diharapkan masyarakat menyadari bahwa sampah juga dapat memberikan manfaat dan meningkatkan pendapatan, dan pengelola bank sampah dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai
Suvriadi Panggabean;
Elfrianto Nasution;
Ismail Hanif Batubara
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5338
Mitra kegiatan PKM ini adalah dua sekolah mitra UMSU, yakni SMP Satu Nusa Binjai dan SMA Satu Nusa Binjai. Guru-guru pada dua sekolah tersebut diberikan pelatihan pembuatan media kuis interaktif online quizizz. Target khusus yang ingin dicapai melalui pelaksanaan kegiatan PKM ini menghasilkan guru-guru melek teknologi dalam melaksanakan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran secara daring/online. Guru yang mendapat manfaat dari kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pengimbasan kepada guru-guru bidang studi lain di sekolah mereka atau dalam kegiatan MGMP masing masing kelompok guru bidang studi. Metode pendekatan yang ditawarkan pada kegiatan PKM ini adalah pendampingan penuh dengan tahapan: 1) Pertemuan awal kepada guru mitra dalam kegiatan penyamaan persepsi tentang pentingnya IT dalam pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, 2) Pelatihan intensif mengembangkan soal pr/kuis/ujian dan aplikasi soal kuis/ujian daring/online pada media kuis interaktif online quizizz, 3) FGD terkait media kuis interaktif online quizizz yang dikembangkan dalam pelaksanaan pr/kuis/ujian siswa, 4) Simulasi/praktek uji coba langsung dan 5) evaluasi hasil kegiatan.
PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar
Chairunnisa Amelia;
Indah Pratiwi
IHSAN : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT Vol 2, No 2 (2020): Jurnal Ihsan (Oktober)
Publisher : University of Muhammadiyah Sumatera Utara
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30596/ihsan.v2i2.5328
Mitra yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah 2 sekolah mitra UMSU, yakni SD Negeri 067775 Medan Kec.Medan Johor dan SD Negeri 064034 Medan Kec.Medan Johor. Kontribusi yang diharapkan dari dua sekolah mitra tersebut adalah menyediaan kelas yang akan di dampingi dalam pembuatan pojok baca kelas. Permasalahan yang ditemukan pada sekolah mitra dan soulsinya adalah menanggapi masih rendahnya minat baca anak, pemerintah mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Program ini diharapkan mampu menumbuhkan minat baca pada para siswa juga untuk membangun iklim literasi di sekolah. Tetapi, belum semua sekolah mampu menjalankan GLS sesuai dengan pedoman yang diberikan. Masalahnya diantaranya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, bahan bacaan yang terbatas, waktu membaca yang terbatas. Solusi yang tim kami tawarkan adalah dari kondisi ini maka pembuatan pojok baca untuk meningkatkan literasi siswa di sekolah diharapkan mampu meningkatkan daya tarik siswa untuk lebih sering membaca. Dan nantinya kami akan menyumbangkan buku-buku pelajaran yang bermanfaat bagi peserta didik agar semangat membaca peserta didik lebih tinggi. Tujuan dari Program Kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah untuk mengembangkan literasi membaca pada siswa di UPT Sekolah Dasar dalam mencanangkan GLS melalui buku – buku dan pohon baca yang diberikan tim PKM ke Sekolah mitra masing – masing. Kegiatan dalam pendampingan pembuatan pojok baca kelas ini adalah nantinya akan di lakukan oleh tim dan guru kelas 5 dikedua SD Negeri tersebut, mulai dari menyiapkan kelas yang nantinya akan di buat pojok baca kelas, bahan – bahan yang diperlukan dalam pembuatan pojok baca, buku – buku yang akan disumbangkan, serta peran guru didalam pendampingan nantinya. Tim juga akan menyumbangkan buku-buku jenjang pendidikan dasar dan buku-buku dongeng cerita rakyat untuk memenuhi rak buku yang akan dibuat pada pojok baca nantinya. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan nantinya pojok baca yang telah dibuat akan dicontoh oleh guru-guru di kelas lain dan buku – buku yang disumbangkan nantinya akan bermanfaat bagi guru dan siswa serta sekolah.