cover
Contact Name
Aldila Wanda Nugraha
Contact Email
aldilanugraha89@gmail.com
Phone
+6281249651421
Journal Mail Official
aldilanugraha89@gmail.com
Editorial Address
Universitas Bhinneka PGRI Jl. Mayor Sujadi Timur. No.24, Plosokandang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Kode pos 66221
Location
Kab. tulungagung,
Jawa timur
INDONESIA
Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
ISSN : -     EISSN : 27209458     DOI : doi.org/10.29100
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan Juli).
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2024)" : 25 Documents clear
PENGEMBANGAN LMS BERBASIS MOODLE PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP Faizatul Amira; Pramudya Dwi Aristya Putra; Ulin Nuha
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5122

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah guna mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari LMS berbasis moodle yang dikembangkan. Model pengembangan yang diterapkan ialah model pengembangan Plomp yang tersusun dari tiga tahapan, yaitu preliminary research (investigasi awal), prototyping phase (perancangan prototipe), dan assesment phase (penilaian). Subjek uji coba produk yaitu siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian antara lain: 1) uji validitas produk mendapatkan hasil sebesar 93% dengan kategori sangat valid dan dapat dipergunakan dalam pembelajaran; 2) uji kepraktisan produk mendapatkan hasil akhir sebesar 95% dengan kategori sangat praktis; 3) uji keefektifan produk dalam meningkatkan motivasi belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,70 dengan kategori tinggi; 4) uji keefektifan produk dalam meningkatkan hasil belajar mendapatkan skor N-gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang; dan 5) tingkat keefektifan LMS berbasis moodle berdasarkan respon siswa sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa LMS berbasis moodle valid, praktis, dan efektif, serta dapat dipergunakan dalam pembelajaran IPA.
ANALISIS EFEK PAPARAN MEDAN ELEKTROMAGNETIK EXTREMELY LOW FREQUENCY (ELF) TERHADAP pH, MASSA JENIS DAN KONDISI FISIK CUMI-CUMI (LOLIGO SP) Regena Yuni Maulida; Sudarti Sudarti; Firdha Kusuma Ayu Anggraeni
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5080

Abstract

Cumi-cumi merupakan salah satu ikan komoditi pangan yang mengandung kadar air cukup tinggi, sehingga mengakibatkan cepat mengalami pembusukan apabila tidak segera dilakukan penanganan setelah mati. Kandungan air yang tinggi pada mengakibatkan perkembangbiakan bakteri pathogen berlangsung dengan cukup cepat dan baik. Maka konsekuensinya, diperlukan adanya teknologi alternatif untuk dapat meningkatkan daya tahan pada cumi-cumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh paparan medan elektromagnetik ELF terhadap pH, massa jenis dan Kondisi fisik cumi-cumi (Loligo Sp). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Dalam penelitian ini terdapat 50 sampel cumi-cumi yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol tanpa pemberian paparan dan kelompok eksperimen dengan pemberian paparan medan elektromagnetik ELF intensitas 600µT dan 1200µT dengan waktu paparan 60 menit dan 120 menit. Pengukuran pH,massa jenis dan Kondisi fisik dilakukan pada jam ke-8, 12, 16, dan 20 setelah pemaparan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian paparan medan elektromagnetik ELF terhadap dua kelompok dapat membantu menahan pembusukan dengan meninativkan bakteri pathongen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah paparan medan elektromagnetik ELF yang berpotensi tinggi dalam mempertahankan nilai Ph, massa jenis dan kondisi fisik yaitu intensitas 1200μT dengan lama paparan 120 menit. 
PENGEMBANGAN BIOMAGAZINE KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS POTENSI LOKAL SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X Sirli Amrina; Hifni Septina Carolina
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5242

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelejaran, melakukan analisis kelayakan, dan melakukan analisis tentang tanggapan guru dan siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan. Ini memiliki lima tahapan: Analyze (menganalisis), Design (mendesain), Develop (mengembangkan), Implement (mengimplementasikan), dan Evaluate. Subjek uji produk ialah peserta didik kelas X MA Sabilul Muttaqien. Hasil dari penelitian diantaranya: 1) dikembangkan dengan aplikasi canva dan menggunakan model pengembangan ADDIE; 2) rata-rata skor persentase validasi ahli materi dan ahli media Biomagazine dengan hasil validasi ahli materi 92% dan validasi ahli media 70% yang berarti ada pada kriteria sangat layak; 3) uji coba respon guru dan peserta didik rata-rata mendapatkan skor presentase dengan uji coba respon guru mendapatkan skor sebesar 55% dan skor uji coba respon peserta didik mendapatkan 57% yang berarti ada pada kriterian layak untuk membuktikan bahwa Biomagazine Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal dapat meningkatkan motivasi peserta didik; 4) uji keefektifan membuktikan bahwa Biomagazine keanekaragaman hayati berbasis potensi lokal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
DEVELOPMENT OF PROJECT-BASED SCIENCE ON MERDEKA CURRICULUM TEACHING MODULES TO IMPROVE MIDDLE SCHOOL STUDENTS’ 21ST-CENTURY LEARNING SKILLS Roswi Anggraeni Putri; Binar Ayu Dewanti; Sri Setyaningsih
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5061

Abstract

In the current implementation of the Merdeka Curriculum, teachers are still dependent on existing teaching modules and have been unable to develop Merdeka Curriculum teaching modules independently. This study aimed to produce a project-based Independent Curriculum teaching module on the topic of temperature and heat. The design used in this study is the development of using a 4D model. In this study, it was limited to staged development. The sampling technique used is simple random sampling. Data analysis techniques in this study include teaching module validation to determine the feasibility of teaching modules. Analysis of the implementation of learning to determine the implementation of learning using teaching modules. Analysis of 21st-century skills (collaboration skills and creativity) used a left-sided t-test and descriptive analysis to determine the achievement of student learning objectives. Data collection techniques in this study include surveys, observations, and literature studies.. The results of this study 1) The results of the teaching module validation obtained very high criteria and were said to be valid. 2) The results of the implementation of learning include excellent criteria. 3) Students' 21st-century skills can be trained using the project-based Independent Curriculum teaching module.
PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG TULANG AYAM SEBAGAI CAMPURAN PAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN KUALITAS TELUR BURUNG PUYUH JEPANG (Coturnix coturnix japonica) Raissa Hazira; Maya Istyadji; Ratna Yulinda
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.4667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan tepung tulang ayam sebagai campuran pakan terhadap produktivitas dan kualitas telur burung puyuh. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan dua kali ulangan selama 4 minggu. Setiap  perlakuan terdiri atas 7 ekor burung puyuh, sehingga setiap pengulangannya menggunakan 21 ekor burung puyuh. Jumlah puyuh yang digunakan total sebanyak 42 ekor. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan tepung tulang ayam pada pakan dengan proporsi tepung tulang ayam yang berbeda-beda yaitu 0%, 5% dan 10%. Sedangkan peubah yang diamati meliputi beberapa parameter yaitu tingkat produksi telur, bobot telur, bobot kerabang telur, indeks telur dan tingkat konsumsi pakan. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Uji ANOVA, kemudian jika ada menunjukan adanya pengaruh nyata maka  analisis dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung tulang ayam tidak berpengaruh nyata terhadap produktivitas telur (P0,05), akan tetapi berpengaruh nyata terhadap kualitas telur (P0,05).
PERBANDINGAN HASIL PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.) DENGAN PEMBERIAN PUPUK ANORGANIK DAN ORGANIK Sherwina Ranisa; Maya Istyadji; Yudha Irhasyuarna
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian pupuk anorganik (NPK) dan pupuk organik (PGPR dan Eco Enzyme) terhadap hasil pertumbuhan tanaman Cabai (Capsicum annuum L.). Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan, yaitu (P1) NPK, (P2) PGPR, dan (P3) Eco Enzyme. Parameter pengamatan berupa tinggi tanaman (cm), jumlah buah, dan bobot buah (gram) per tanaman. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan uji ANOVA sehingga diperoleh nilai signifikan (p) 0.343; 0.055; dan 0.219, atau lebih besar dari a (0.05), yang berarti setiap perlakuan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk anorganik (NPK) dan pupuk organik (PGPR, dan Eco Enzyme) pada tanaman cabai tidak berpengaruh nyata (p 0.05) terhadap hasil pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah buah, dan bobot buah per tanaman cabai. Eco Enzyme sebagai pupuk organik dapat menjadi alternatif yang baik dalam upaya mengurangi penggunaan pupuk anorganik pada tanaman.
PRELIMINARY MONITORING OF WATER QUALITY AT BANTURUNG VILLAGE, BUKIT BATU DISTRICT, PALANGKA RAYA CITY Stevin Carolius Angga; Sudarman Rahman; Erwin Prasetya Toepak; Ferry Patrix
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.6001

Abstract

Water is a vital necessity for human and living things in general. It is undeniable that the decline in water quality today is the result of human activities that overexploit the environment. People's lifestyles that pay less attention to environmental aspects such as throwing garbage out of place, disposing of hazardous waste, and changing the function of forest areas that can increase the potential for erosion and often cause sedimentation at the bottom of the waters have a negative impact both directly and indirectly on the natural environment, especially water sources. High rate of forest degradation and deforestation has a significant impact on changes and decreases in water quality. In this study, water quality monitoring was conducted using several parameters as an initial step to understand the condition at the Dam and Clean Water Facility in Banturung Village, Bukit Batu District, Palangka Raya City. The results obtained from the analyzed parameters include odorless, pH 5.9, turbidity 1.0 NTU, temperature 28.1 °C, color 3.63 TCU, total dissolved solids (TDS) 10.2 mg/L, nitrate (NO3-) 0.608 mg/L, nitrite (NO2-) 0.002 mg/L, iron (Fe) 0.038 mg/L, and manganese (Mn) 0.006 mg/L.
PENGARUH MEDIA VIRTUAL REALITY BERBANTUAN SOFTWARE MILLEALAB PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP Andining Dewi Sekar Langit; Pramudya Dwi Aristya Putra; Zainur Rasyid Ridlo
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.5129

Abstract

Virtual reality adalah teknologi yang menggunakan perangkat elektronik canggih untuk menciptakan lingkungan yang terlihat nyata, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Virtual reality dapat memunculkan gambar-gambar 3D yang dibuat komputer dan dibantu dengan sejumlah peralatan tertentu agar penggunaannya seakan terlibat langsung secara fisik dalam lingkungan tersebut. Media virtual reality dikembangkan oleh software MilleaLab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media media virtual reality berbantuan software Millealab pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Metode yang  digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonquivalent (pretest dan posttest) control group design. Kegiatan penelitian menggunakan dua kelas, media virtual reality berbantuan software MilleaLab diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol pembelajaran tidak menggunakan media virtual reality berbantuan software MilleaLab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media virtual reality berbantuan software MilleaLab terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMP. Dengan demikian, media ini dianggap efektif sebagai media pembelajaran IPA siswa SMP, sebagaimana terlihat dari rata-rata nilai post test kelas eksperimam yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol
THE IMPACT OF PHET-ASSISTED EXPERIMENTAL LEARNING METHODS ON STUDENTS' SCIENCE PROCESS SKILLS IN SCIENCE TOPICS Alissa Nazilatur Rohmah; Kiki Septaria; Agus Santoso
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.4785

Abstract

The focus of this study is to find out how the PhET-assisted experiential learning technique affects students' Science Process Skills on energy-related material. A quantitative technique was applied in the research design, which was one group pretest posttest. This study will take place in SMP N 1 Sugio Lamongan. Purposive sampling was used in the sample selection process. There were 181 students in this study. The research included 66 students divided into two groups, class A and class B. However, data could not be gathered for 5 kids due to school activities, limiting the sample to 61 students. The insight gathering approach involves cognitive tests and observation of performance tests, followed by hypothesis evaluation with a paired simple t-test. The findings of this investigation show that learning using the PhET-assisted experimental approach to learning encounters a substantial impact on students' Science Process Skills in energy change material, with an average cognitive pretest score of 40.03, a posttest result of 78.95, and an N-gain value of 0.64, and obtained data from performance test observations with a pretest value of 35.65, a posttest result of 84.42, and an N-gain value of 0.75. The integration of experiential learning techniques aided by PhET has an impact on students' Science Process Skills, as evidenced by pretest posttest outcomes that have increased to the moderate level.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII PADA MATERI POLUSI AIR Lifta Nurfajria; Suroso Mukti Leksono; Adi Nestiadi
EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA Vol 6, No 3 (2024)
Publisher : Universitas Bhinneka PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29100/.v6i3.4695

Abstract

Pengetahuan siswa yang minim mengenai konsep pembelajaran IPA menyebabkan kesulitan dalam merepresentasikan permasalahan fenomena alam yang sedang dibahas sehingga menjadikan rendahnya berpikir secara kritis siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dibahas. Adanya model pembelajaran yang interaktif dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut. Dalam Penelitian ini memiliki tujuan guna menganalisis pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dalam mengembangkan tingkat berpikir kritis siswa kelas VII pada Materi Polusi Air. Penelitian ini memakai metode berupa Quasy Experiment yang dilaksanakan oleh siswa kelas VII di salah satu SMP Kota Serang melalui instrumen tes sebanyak 10 soal berbentuk uraian yang telah melalui tahap validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen memakai model pembelajaran GI dan kelas kontrol memakai PBL, dimana keduannya memperoleh terdistribusi normal namun tidak homogen. Kemudian dilaksanakan pengujian hipotesis melalui perhitungan Independent Sample T-Test berdasarkan nilai N-Gain mendapatkan H1 diterima dan H0 ditolak dalam artian adanya pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada materi Polusi Air dengan hasil perhitungan mendapatkan besar rhitung sig (2-tailed) yaitu 0,001 rtabel sebesar 0,05.

Page 1 of 3 | Total Record : 25