cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
jppg@umsu.ac.id
Phone
+6281361147192
Journal Mail Official
jppg@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
ISSN : -     EISSN : 27217795     DOI : 10.3059
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, pengembangan proses pembelajaran dan analisa kesulitan dalam pembelajaran serta penerapan e-learning yang dapat secara efektif dalam memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan lembaga pendidikan tinggi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2025)" : 11 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Problem based Learning Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas X SMAN 4 Kupang Nono, Gellbard Alberto; Sudirman, Sudirman; Robo, Sarlintje
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.21765

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kemampuan komunikasi peserta didik di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, dengan populasi 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 tahapan siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpuan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh peneliti melalui II siklus di kelas XJ SMA Negeri 4 Kupang, diketahui bahwa prensentase kemampuan komunikasi awal siswa sebelum dilakukan tindakan adalah 47,57%. Selanjutnya pada siklus I, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat menjadi 68,6% dan pada siklus II, presentase kemampuan komunikasi siswa meningkat lagi menjadi 82,9%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual mampu meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
Pengembangan Bahan Ajar Mathir Untuk Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas 5 SDN Malasan Wetan 1 Aulia, Uul Zahro; Kasdriyanto, Didit Yulian; Sriwijayanti, Ribut Prastiwi
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.23719

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan sebuah produk bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang yang bisa digunakan pada saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang menggunakan model prosedural model ADDIE. model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi). Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas 5 peserta didik SDN Malasan Wetan 1 Probolinggo. Intrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji coba produk yang telah peneliti lakukan kepada ahli materi/isi dan ahli media jika ditotal rata-rata menunjukan nilai 95,39% yang pada kriteria Sangat Valid. Jika dijabarkan ahli materi/isi mendapatkan nilai 98,6% dan ahi media mendapatkan nilai 92,18%. Berdasarkan uji coba lapangan, perolehan nilai dari guru kelas 5 memperoleh 92,2% yang mana menunjukan kriteria bahan ajar kategori Sangat Efektif dan Sangat Valid. Selanjutnya jika dilihat dari kelompok kecil tinggkat keefektifan 96,4% dan tingkat kevalidan mencapai nilai 83,3%. Dan dilihat dari kelompok besar tingkat keefektifan menunjukkan nilai 86,4% dan kevalidan dengan nilai 80,7%. Kesimpulannya peserta didik lebih cepat dan mudah memahami materi pembelajaran terumata pembelajaran matematika materi bangun ruang, untuk lebih meningkatkan semangat dan hasil belajar yang meningkatkan pengetahuan serta berpikir kritis untuk memecahkan masalah (problem solving).
Peran Kepemimpinan Perubahan, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, dan Self-Efficacy dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru Firmansyah, Fahmie; Maharani, Maharani; Muttaqin, Ahmad; Ginanjar, Gigin; Rahayu, Maya
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.23972

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pencapaian tujuan pendidikan nasional. Di Kota Cilegon, rendahnya rata-rata nilai kompetensi pedagogis guru yang hanya mencapai 59,03 menandakan perlunya intervensi terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kompetensi pedagogis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan perubahan, supervisi akademik kepala sekolah, dan self-efficacy terhadap kompetensi pedagogis guru SMP Negeri di Kota Cilegon, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis), dengan populasi sebanyak 507 guru dan sampel sebanyak 230 guru yang ditentukan melalui rumus Slovin dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan perubahan terhadap kompetensi pedagogis guru (koefisien = 0,195; p 0,05), serta pengaruh yang lebih kuat dari supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogis guru (koefisien = 0,353; p 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang visioner dan adaptif, bersama supervisi akademik yang terstruktur, dapat meningkatkan kompetensi pedagogis guru. Sinergi antara keduanya, ditambah peningkatan self-efficacy guru, terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memberdayakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Penerapan Quizalize sebagai Media Asesmen untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Elemen Teknologi Perkantoran Kelas XI MPLB SMK Negeri 1 Surabaya Auliannisa, Inas Azmi; Arni, Faridah; Aruji, Syeila Magfiroh; Handayani, Wuni; Apriani, Wardah; Ghufron, Richard; Ainiyah, Nur; Rosy, Brillian
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.23948

Abstract

Penelitian ini bertujuan yakni mengetahui peningkatan media hasil belajar kelas XI MP SMKN 1 Surabaya dengan media asesmen Quizalize. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  yang dilaksanakan pada siklus I dan Siklus II. PTK ini menggunakan prosedur empat fase dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi penelitian ini pada SMKN 1 Surabaya dengan subjek penelitian yaitu kelas XI MP sebanyak 32 peserta didik terdiri dari 3 laki-laki dan 29 perempuan. Beberapa teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi, praktik evaluasi atau tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan penggunaan media asesmen interaktif Quizalize dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam elemen teknologi perkantoran. Terbukti mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik yang dimulai dari pra-siklus, hanya sebesar 20%, siklus I 55% tuntas, dan siklus II mengalami peningkatan signifikan menjadi 96% peserta didik mengalami tuntas belajar. 
Learning Styles in Differentiated Learning of Water Cycle Material for Grade V Elementary School Nurrizka, Thania; Ulia, Nuhyal
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.24210

Abstract

This study explores the effectiveness of differentiated instruction based on students’ learning styles visual, auditory, and kinesthetic in teaching the water cycle to fifth-grade elementary students. Utilizing a quantitative approach with a quasi-experimental design, the research involved 27 students and assessed their learning outcomes through achievement tests. The differentiated instruction was tailored to individual learning preferences, ensuring students received content in formats most suited to their cognitive tendencies. The results showed that the average score (83.89) significantly exceeded the Minimum Mastery Criteria (75), with 74% of students categorized as having met the learning objectives. The findings underscore the importance of adapting instructional strategies to diverse learning styles to enhance student engagement and academic achievement, especially within the framework of the Merdeka Curriculum. The study concludes that differentiated instruction, when aligned with learning styles, can serve as an effective pedagogical model for science education in primary schools.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Materi Asam Basa di SMA Sihombing, Nova Poloria; Asrial, Asrial; Asmiyunda, Asmiyunda
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.23883

Abstract

Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research and Develpoment (RD) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada materi asam basa yang valid, layak dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Lee Owens yang terdiri dari tahap analisis (analysis),  desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementastion) dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 12 Kota Jambi dengan subjek peneliian yaitu kelas XII Fase F-2. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket validasi yaitu angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan secara konseptual terhadap media yang dikembangkan, angket penilaian guru dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil  penelitian yang diperoleh dari validasi ahli media sebesar 4,4 (sangat layak), ahli media sebesar 4,3 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,7 (sangat layak) dan respon peserta didik memiliki persentase sebesar 87,06 % (sangat baik). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif terintegrasi kearifan lokal pada  materi asam basa sudah layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai media pembelajaran kimia.
Pengaruh Wonderia Show Terhadap Pemahaman Materi Tradisi Dan Budaya Masyarakat Di Sekitar Dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SDN Wonolopo 02 Fadlilah, Septiana Fara; Lathifah, Laily Ainun; Prismarini, Fernandia; Rahayu, Erviana Tri; Firdaus, Yaohan; Sutikno, Putri Yanuarita
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.24192

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara lebih mendalam pengaruh Wonderia Show terhadap pemahaman siswa kelas IV SDN Wonolopo 02 terhadap materi tradisi dan budaya masyarakat yang terdapat dalam mata pelajaran IPAS. Fokus utama dari kajian ini adalah sejauh mana kegiatan Wonderia Show dapat membantu siswa memahami dan mengapresiasi keberagaman budaya lokal yang ada di sekitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan Wonderia Show terhadap pemahaman materi tradisi dan budaya masyarakat di sekitar pada siswa kelas IV SDN Wonolopo 02. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Wonderia Show terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Wonolopo 02 terhadap materi tradisi dan budaya masyarakat dalam mata pelajaran IPAS. Hasil angket menunjukkan bahwa 100% siswa merasa senang, lebih tertarik belajar budaya, dan mampu memahami serta menghargai tradisi lokal setelah mengikuti Wonderia Show.
Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa kelas IV UPT SDN Kutorejo 3 Menggunakan Media Permainan Kartu Domino Saraswati, Tika Devi; Wulandari, Tabitha Sri Hartati
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.24071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media permainan kartu domino pada peningkatan perhatian pembelajaran dan pembelajaran Kelas IV untuk pecahan dalam UPT SDN Kutorejo 3. Studi penelitian ini menerapkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan melakukan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI UPT SDN Kutorejo 3 yang berjumalah 30. Pengumumpulkan data melalui pertanyaan tentang pembelajaran, memeriksa hasil pembelajaran dan pengamatan partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan kartu domino dapat secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran siswa dan siswa, dengan peningkatan manfaat belajar 60% pada prasiklus, 73% pada siklus  I, dan 83% pada siklus II, serta peningkatan hasil pembelajaran siswa adalah 57% pada pra siklus, 77% pada siklus I dan 87% dalam siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan kartu domino mempunyai pengaruh dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi pecahan.
Pengaruh Permainan Engklek Terhadap Motorik Anak Kelompok B2 di TK Bahrul Ulum Surabaya Litiloli, Sri Rahma; Aisyah, Aisyah
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.24143

Abstract

Permainan Engklek ialah sebuah aktivitas tradisional yang memberikan keuntungan bagi perkembangan anak, terutama dalam motorik kasar. Motorik kasar melibatkan pengalaman belajar aktif di mana anak-anak terlibat langsung dalam permainan. Aktivitas ini membantu dalam peningkatan perkembangan fisik anak dengan cara melatih keseimbangan, mengoordinasikan gerakan, serta menyelesaikan masalah.Kajian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan Engklek terhadap perkembangan motorik kasar anak-anak di kelompok B2 TK Bahrul Ulum Surabaya. Metodologi yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif. Jenis kajian ini ialah penelitian desain pre-experimental dengan mempergunakan desain one-group pretest posttest. Pada kajian ini, sampel yang diambil terdiri atas 24 anak dari kelompok B2 TK Bahrul Ulum Surabaya. Pengumpulan data dilaksanakan melalui tes, observasi, dan pencatatan dokumentasi. Alat yang digunakan ialah lembar observasi. Analisis data dijalankan dengan mengaplikasikan uji t menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil yang didapat dari penelitian yakni nilai Sig. (2-tailed) senilai 0,000, yang melebihi 0,05, yang membuktikan bahwa permainan Engklek memiliki dampak positif pada motorik kasar anak-anak di kelompok B2 TK Bahrul Ulum Surabaya..
Pengambilan Data Koordinat Menggunakan Aplikasi Avenza Maps untuk Mahasiswa pada Praktikum Sistem Informasi Geografis Sabihi, Aprianto; Lukum, Astin
Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP Vol 6, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/jppp.v6i1.24098

Abstract

Pemanfatan teknologi dalam pengambilan data geospasial menjadi hal yang penting dalam pendidikan geografi, khususnya dalam praktikum Sistem Informasi Geografis (SIG). Penelitian ini bertujuan 1) untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Avenza Maps. 2) pengambilan data koordinat oleh mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) serta 3) meyajikan hasil pengambilan data koordinat di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mahasiswa melakukan praktik langsung pengambilan titik koordinat menggunakan aplikasi Avenza Maps. Hasil keefektifan aplikasi avenza maps menunjukkan bahwa pengambilan data koordinat menggunakan aplikasi avenza maps sangat memudahkan mahasiswa dalam pengambilan data koordinat karena di bantu dengan fitur-fitur yang tersedia di apikasi tersebut serta memudahkan dalam melakukan analisis. Pengambilan data koordinat mahasiswa langsung melakukan analisis pada aplikasi avenza maps dengan melihat peta kerja yang di input ke dalam aplikasi tersebut setelah itu mahasiswa melakukan plot titik koordinat terhadap lokasi yang sudah ditentukan. Hasil pengambilan data koordinat di kampus 4 Universitas Negeri Gorontalo terdapat 6 titik koordinat yang tersebar di lingkungan Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra dan Budaya, Perpustakaan dan Gerbang Kampus. Kesimpulan penerapan Avenza Maps dalam praktikum SIG dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pengambilan dan analisis data spasial secara efisien dan akurat

Page 1 of 2 | Total Record : 11