cover
Contact Name
Nitema Gulo
Contact Email
nitema@raharja.info
Phone
+6282113143315
Journal Mail Official
nitema@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia jmari@raharja.info +62 21 5529692
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI)
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231984     EISSN : 27232018     DOI : https://doi.org/10.33050/jmari.v1i2.1148
Core Subject : Economy,
Didalam suatu perusahaan selalu yang diinginkan adalah mendapatkan laba semaksimal mungkin. Untuk mencapai tersebut di dalam suatu perusahaan terutama pada perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan kredit. Perputaran kas salah satu untuk mendapatkan laba dalam perusahaan yang signifikan dimana semakin tingkat perputaran kas maka laba yang diinginkan perusahaan semakin tinggi dan menunjukkan tingkat efisiensi untuk penggunaan kas yang ada dalam perusahaan untuk memaksimalkan laba yang diinginkan.dalam perputaran kas tidak terlepas dari pengelolaan piutang perusahaan. Pengelolaan piutang yang baik menunjukkan tingkat pengguna kas semakin tinggi sehingga perusahaan mendapatkan laba yang baik sehingga mengundang investor dalam perusahaan. Pengelolaan kas dan piutang sangat berpengaruh dalam profitabilitas perusahaan. Dimana profitabilitas merupakan tolak ukur dalam suatu perusahaan bagi kinerja yang telah dijalankan pada waktu tertentu. Profitabilitas perusahaan merupakan kemampuan untuk menghasilkan dan menilai suatu kegiatan dalam perusahaan dalam tingkat penjualan kredit. profitabilitas sebenarnya dapat diukur dengan suatu aktiva untuk menarik perhatian bagi pemberi modal baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Untuk penguraian tersebut diatas, maka masalah tersebut peneliti akan diteliti dan membahas dalam uraian, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh pengelolaan piutang terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur, Untuk melihat dan mengetahui besar pengaruh perputaran kas terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur dan Untuk melihat dan mengetahui pengaruh pengelolaan piutang dan perputaran kas secara simultan terhadap profitabilitas pada PT. Malindo Mandiri Makmur
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia" : 8 Documents clear
EFEKTIVITAS CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA JAJANAN KAKI LIMA DI DAERAH TANGERANG MELALUI PESAN ANTAR ONLINE (GO FOOD, GRAB FOOD, SHOPEE FOOD, DAN TRAVELOKA EATS) Utami, Rahayu Tri; Putri, Alfina Apriliana Eka; Rosita, Rahmi
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen jajanan kakilima di daerah Tangerang melalui pesan antar online. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah pengguna aplikasi layanan pesan antar online dan sampel yang didapat sebesar 102 respoden. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda menggunakan software SPSS statistic 26 for windows sebagai alat bantu. Hasil penelitian didapatkan bahwa Citra Merek pada produk jajanan kaki lima di Tangerang berpengaruh secara signifikan, Hal ini dapat diketahui berdasarkan nilai T pada uji T (parsial) diperoleh dengan nilai signifikansi sebesar 0.000, sedangkan hasil penelitian terhadap variabel Keputusan Pembelian membuktikan hasil bahwa secara parsial Kualitas Produk berpengaruh positif namun tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian jajanan kakilima di daerah Tangerang menggunakan aplikasi pesan antar online, hal ini dapat diketahui dengan melihat nilai signifikansi sebesar 0.89. Berdasarkan hasil analisis uji F (simultan) bahwa bahwa Citra Merek (X1) dan Kualitas Produk (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian jajanan kaki lima melalui aplikasi pesan antar online. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil signifikansi sebesar 0.000 < 0.05.
Pemetaan Bibliometrik Studi Kelayakan Bisnis: Tren dan Pendekatan Terkini bagi Keberlanjutan Bisnis (2019-2023) Sunarjo, Richard Andre; Delila Delima, Eva Lisna; Gulo, Nitema; Wandanaya, Anita Bawaiqki; Partogi, Chris
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3460

Abstract

Di era globalisasi yang berubah dengan cepat, inovasi dan kemajuan ekonomi semakin didorong oleh kewirausahaan. Dengan menggunakan metode bibliometrik, penelitian ini mencoba menyelidiki dinamika terkini dalam bidang studi kelayakan usaha. Metode ini memudahkan untuk memahami pola penerbitan, kemitraan penulis, dan kontribusi penting yang dibuat baru-baru ini terhadap literatur manajemen. Panel pencarian Scopus di Publish or Perish menyediakan data untuk penelitian ini, termasuk artikel yang diterbitkan antara tahun 2019 dan 2023. Perangkat lunak VOSviewer digunakan untuk penyelidikan guna memetakan hubungan antara topik dan jaringan kolaborasi. Temuan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam publikasi mengenai studi kelayakan bisnis, dan kata kunci yang paling populer adalah ”system”, ”analysis, dan ”approach” Sepuluh cluster utama diidentifikasi melalui pemetaan; analisis jaringan mengungkapkan hubungan yang kuat antara penulis dan institusi, sedangkan analisis kepadatan mengidentifikasi domain penelitian yang belum dieksplorasi, yaitu “hybrid approach” (pendekatan hybrid) sebagai aspek tambahan dalam studi kelayakan sebagai strategi keberlanjutan suatu bisnis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mendalam kepada para praktisi dan akademisi sehingga dapat membantu mereka membuat rencana perusahaan yang lebih kreatif dan sukses. Studi ini juga memberikan saran untuk penelitian tambahan, seperti memperluas kumpulan data dan menggunakan teknik analisis yang lebih menyeluruh.
Analisis Masa Depan Perekonomian Indonesia: Tantangan UMKM Go Digital Kota Tangerang Sugina, Sugina; Zebua, Selamat; Tarmizi, Rasyid; Nusantoro, Hardjanto; Hadi, Abdul
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan masa depan yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengadopsi transformasi digital di Kota Tangerang, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yang menggambarkan deskripsi tentang tantangan yang terkait dengan UMKM go digital. Sumber data yang digunakan adalah literatur kepustakaan terkait dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Kota Tangerang perlu menghadapi tantangan go digital dengan melakukan inovasi, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan digital. Dukungan pemerintah dan para pemangku kepentingan sangat diperlukan dalam bentuk pengembangan infrastruktur digital, program pendidikan, pelatihan, dan kebijakan insentif yang mendukung transformasi digital UMKM. Fenomena ini memiliki potensi besar dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Transformasi UMKM menjadi go digital tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga peluang besar untuk meningkatkan daya saing, efisiensi operasional, dan akses pasar. Dalam rangka mencapai hal tersebut, kerja sama yang erat antara pemerintah dan para pemangku kepentingan penting dalam menghadapi tantangan go digital dan mendukung perkembangan UMKM sebagai pilar utama dalam perekonomian lokal. Dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat menjadi kekuatan utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan masyarakat di masa depan.
Perbaikan Layout UMKM Toko Kue XYZ Kota Bogor Menggunakan Metode ARC dan TCR Nurahmah, Lutfi; Cakrawala, Rona; Hidayat, Rafina Yasmin; Wahyuni, Ismi; Izzah, Nabila Farah; Husyairi, Khoirul Aziz; Ainun, Tina Nur
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3462

Abstract

Tata letak memiliki tujuan untuk meminimumkan biaya dan meningkatkan efisiensi pengelolaan semua fasilitas produksi dan ruang kerja sehingga proses produksi berjalan dengan lancar. Permasalahan tata letak yang ada memiliki dampak yang signifikan terhadap efisiensi operasional dan pengalaman konsumen. Pengemasan yang dilakukan di area display produk dan jarak yang jauh antara ruang staff dan ruang meeting menyebabkan gangguan dalam alur kerja dan komunikasi yang kurang efektif. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tata letak UMKM Toko Kue XYZ dengan penerapan metode Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR) serta melakukan perbaikan dengan tujuan mengoptimalkan efisiensi ruang dan fungsinya. Berdasarkan analisis Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR) melalu observasi pada Toko Kue XYZ di Kota Bogor, ditemukan bahwa nilai tertinggi yaitu 250 oleh display kue dan nilai terendah yaitu 32 oleh tempat parkir. Hal ini berarti penempatan display kue menjadi prioritas utama dalam penataan ulang tata letak karena posisinya yang sangat penting dalam keterkaitannya dengan beberapa bagian lainnya. Namun, penyesuaian dalam penataan tempat parkir juga memberikan peran penting dalam meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.
Penggunaan Selling Techniques Evaluation Grid Untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen dan Penjualan di UMKM Dwitarwasto, Toto; Mulyati, Mulyati; Lusanda, Kirei Tassha; Dina, Aulia Rahma
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3464

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis penggunaan STEG oleh UMKM Indonesia dan dampaknya terhadap pelayanan konsumen dan kinerja penjualan. Meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan sangatlah penting dalam era persaingan bisnis yang sangat kompetitif saat ini. Memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dapat menghasilkan peningkatan penjualan, peningkatan reputasi, dan loyalitas pelanggan. Salah satu alat yang dapat membantu dalam hal ini adalah Selling Techniques Evaluation Grid (STEG), yaitu metode untuk mengevaluasi teknik penjualan dan meningkatkan kinerja penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dimana dimulai dengan penjelasan teknik wawancara , pencatatan wawancara pada narasumber terpilih, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tabel STEG deskriptif dan dilakukan skor penilaian, sampai tahap terakhir dengan visualisasi grafik. Penelitian ini dilakukan di pameran Brightspot dimana terdapat dua brand yang dianalisis yaitu Verso Jewellery dan Racoon and Babies, dimana hasil STEG menunjukkan Verso Jewellery lebih unggul dengan skor penilaian 18 ‘yes’ dibandingkan Racoon and Babies dengan skor penilaian 14 ‘yes’ dalam pelayanan konsumen dan kinerja penjualan dari akumulasi tahapan Greet and Questioning, tahapan Argue, tahapan Objections, tahapan Cross and Additional Sales serta tahapan Closing. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan Selling Techniques Evaluation Grid (STEG) dapat menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan kinerja penjualan di UKM di Indonesia
Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Melalui Teknologi Ritel Cerdas Dan Inovasi Pada UMKM Kota Tangerang Winarti, Wiwin; Chakim, Mochamad Heru Riza; Mulyati, Mulyati; Ramadhan, Muhamad Dicky; Hakim, Yucky Fitriana
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi dan inovasi terhadap keunggulan bersaing UMKM di Kota Tangerang. Teknik analisis data yang digunakan metode kuantitatif untuk menguji dan membuktikan hipotesis yang telah dibuat melalui berbagai tes dan pengolahan data, populasi pada penelitian ini adalah para pelaku UMKM Di Kota Tangerang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yaitu memakai para pelaku UMKM Kota Tangerang sebagai objek penelitian. Jumlah populasi pada penelitian ini berjumlah 50 responden. Teknik analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dan data diolah menggunakan software SmartPLS . Hasil dari analisis menunjukkan bahwa teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap inovasi (p <0,05). Inovasi juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan (p < 0,05). Begitu juga dengan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif berkelanjutan. Dengan demikian penelitian ini bisa membantu lebih bekerja keras lagi bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan untuk menambah variasi produk guna menarik pembeli dan meningkatkan omset penjualan, tanpa merubah produk yang sudah ada, menggunakan strategi lain untuk mempertahankan usahanya, melakukan inovasi atau mengganti jenis produk yang dijual, selalu mempertahankan daya saing, produk/layanan yang berkualitas, serta kepuasan pelanggan karena dengan begitu pelanggan akan lebih merasa sangat puas atas apa yang diperoleh melalui informasi yang didapat
Perancangan Ulang Tata Letak PT Sutan Vet Medika dengan Metode ARC Hadiarrahman, An Husaini; Puspa, Dyah Ayu Arry; Lubis, Marwan Rizky; Zahra, Nura Mutia; Husyairi, Khoirul Aziz; Ainun, Tina Nur
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3466

Abstract

Fasilitas tata letak merupakan salah satu bagian paling penting dalam menjalankan suatu proses produksi. Dimana tata letak yang efisien dan efektif dapat mempermudah dan meningkatkan produktivitas kerja. PT Sutan Vet Medika merupakan industri UMKM yang bergerak di bidang pakan hewan peliharaan. Tujuan utama penelitian adalah menganalisis tata letak dan melakukan perancangan ulang pada Sutan dengan metode Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR). Pada analisis kedua metode tersebut didapatkan nilai tertinggi pada ruang produksi dengan total nilai 219 dan nilai terendah berada pada tempat istirahat karyawan dengan total nilai 30. Dari hasil perhitungan analisis dengan Total Closeness Rating (TCR) maka terdapat susunan tata letak yang lebih efisien bagi perusahaan. Dimana tata letak fasilitas tersebut mampu untuk mempermudah setiap kegiatan produksi
Analisa Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Retail dan Grosir yang Terdaftar di BEI tahun 2018-2021) Anindya, Annisa; Purba, Rebeka Meidiana; Suryadi, Ibnu
Jurnal Manajemen Retail Indonesia (JMARI) Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen Retail Indonesia
Publisher : UNIVERSITAS RAHARJA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33050/jmari.v5i2.3468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (a) pengaruh Likuiditas terhadap Profitabilitas dan (b) pengaruh Solvabilitas terhadap Profitabilitas. Sampel dalam penelitian ini adalah Perusahaan Retail dan Grosir dalam rentang tahun 2018-2021. Analisis data menggunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji parsial (T-test) tahun 2018-2021 menunjukkan bahwa Likuiditas dan Solvabilitas berpengaruh signifikan positif terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Retail dan Grosir.

Page 1 of 1 | Total Record : 8