cover
Contact Name
Mavianti
Contact Email
alhanif@umsu.ac.id
Phone
+6281376466780
Journal Mail Official
mavianti@umsu.ac.id
Editorial Address
Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting) Alamat Redaksi: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No. 3 Medan Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index Email: alhanif@umsu.ac.id
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting
ISSN : -     EISSN : 28093348     DOI : http://dx.doi.org/10.30596/al-hanif
Core Subject : Religion, Education,
Al-Hanif: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting by the Early Childhood Islamic Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah North Sumatra is dedicated as a medium to publish thoughts and research related to the topic of child education and parenting. Al-Hanif: Journal of Child Education and Parenting was first published in 2021, with online media. To support online publication, Al-Hanif for the first time uses the Open Journal System Platform version 2.4. Focus and Scope Al-Hanif: Journal of Child Education and Parenting, namely research, study, analysis related to early childhood covering the scope of child development consisting of moral and religious values, physical-motor, social-emotional, cognitive, language, art and creativity and early childhood care (parenting), then assessment of AUD development, AUD Development Psychology, child empowerment, learning, methods, strategies, models, media, innovation in the implementation of early childhood education programs and various fields related to PAUD.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): Juni" : 6 Documents clear
Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di TK Al-Istiqomah Putri, Vira Amelia; Wirdatunnabilah, Wirdatunnabilah; Fidrayani, Fidrayani
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.19976

Abstract

Penelitian ini menganalisis perkembangan bahasa anak usia lima hingga enam tahun menggunakan metode seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Salah satu metode utama yang diterapkan adalah bercerita, yang efektif menciptakan suasana kelas menyenangkan sekaligus meningkatkan daya tangkap, konsentrasi, imajinasi, dan daya pikir anak. Studi ini dilakukan pada anak kelompok B di TK Al-Istiqomah selama satu hari menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bercerita berkontribusi signifikan terhadap perkembangan bahasa anak, memperkuat komunikasi dengan orang tua atau guru, memperluas kosakata, dan meningkatkan kemampuan berbicara. Faktor pendukung lainnya mencakup gaya hidup orang tua, model pembelajaran, dan media pembelajaran. Meskipun perkembangan bahasa anak meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua, tantangan seperti perbedaan tingkat perkembangan dan kurangnya fokus anak tetap ada.  Media seperti audiovisual, buku cerita bergambar, dan poster terbukti efektif dalam stimulasi bahasa anak. Partisipasi aktif orang tua dan guru sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini.
Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Pandemi COVID-19: Strategi dan Tantangan Nugraha, Amelia; Astuti, Karina Dwi; Rizkia, Salsabila Fathi; Mashudi, Esya Anesty
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.19845

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi inovasi pembelajaran pada pendidikan anak usia dini (PAUD) pada masa pandemi COVID-19 melalui pendekatan sistematik literatur review (SLR). Dalam konteks pembelajaran jarak jauh, berbagai strategi dan metode diterapkan untuk memastikan proses belajar mengajar tetap efektif dan menyenangkan bagi anak. Hasil SLR menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembelajaran interaktif dan platform konferensi video, merupakan solusi utama untuk mengatasi tantangan ini. Blended learning merupakan kombinasi metode pembelajaran daring dan luring menjadi solusi yang efektif diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi anak. Orang tua juga berperan penting sebagai pendamping belajar di rumah. Inovasi-inovasi ini tidak hanya mengatasi tantangan pembelajaran selama pandemi tetapi juga berpotensi membawa perubahan jangka panjang pada sistem pendidikan PAUD di masa depan.
Upaya Guru Dalam Pengenalan Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar Di TK Kartini Suciati, Endang
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.19784

Abstract

Pendidikan seks merupahan pemahaman terhadap jenis manusia antara lakilaki dan perempuan sama dihadapan Allah yang membedakan hanya secarafisik, bentuk anatomi tubuh, sertafungsi reproduksinnya saja. Penddikanseksual untuk anak bukanlah pendidikan yang mengajarkan mengenaihubungan badan tetapi tentang anatomi tubuh, melindungi diri, mengenalijenis sentuhan, tanda pubertas serta sistem reproduksi. Pendidikan seks inibanyak orang yang tidak memperhatikan tentang hal ini apa lagi diperdesaan, Tujuan pendidikan seks ini untuk mengetahui perbedaanpengetahuan anak sebelum dan sesudah diberikannya pendidikan seksualmemalui media cerita bergambar. Metode penelitian menggunakan metodeprimer (observasi, wawancara) metode sekunder (kajian internet dankepustakaan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengetahuan anaksetelah mendapat pengenalan pendidikan seksual ini mengalamipeningkatan. Dirasaberhasil perlu adanya lagi pengembangan materi mediacerita bergambar tentang pengenalan seks pada anak usia dini melalui mediacerita bergambar. Buku cerita bergambar dinilai efektif dalammenyampaikan informasi kepada anak-anak. Media lainnya yangmendukung penciptaan karya ini seperti Card Game, Puzzle, Booth,Konten Sosial Media, X-Banner, Merchandise, Flyer dan Spanduk jugaefektif sebagai media penunjang belajar anak dan media untukmenyampaikan pesan tentang kampenye inikepada orang tua
Peran Orang Tua Dalam Penerapan Pola Asuh Islami dan Dampaknya Terhadap Perilaku Anak Lomrah, Siti; Agnia, Ursa
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.20275

Abstract

Faktor utama dalam membentuk karakter moral anak adalah pentingnya pengasuhan yang efektif. Dalam budaya Islam, membesarkan anak-anak dengan standar moral yang tinggi sebagian besar bergantung pada orang tua yang mempraktikkan pengasuhan yang baik. Tujuan artikel ini adalah untuk memperjelas praktik pengasuhan anak dalam Islam dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi bagaimana anak-anak mengembangkan karakter moral mereka. Islam menekankan pentingnya kasih sayang, disiplin, pengajaran agama, dan memberikan contoh yang baik bagi anak-anak. Orang tua yang mengasuh anak sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dapat membantu mereka dalam membentuk nilai-nilai yang kuat, kemandirian, tanggung jawab, dan rasa hormat terhadap orang lain. Dalam penelitian ini, metode deskriptif analitis digunakan, dengan mengacu pada literatur Islam yang relevan dan temuan penelitian terkait. Diharapkan kesimpulan dari penelitian ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat bagi para orang tua.
Pentingnya Komunikasi Orang Tua Dalam Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Anak Usia Dini Aryani, Azka Khoiriyah
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.19773

Abstract

Di Indonesia kasus pelecehan seksual pada anak semakin hari semakin memprihatinkan dan meresahkan sehingga membuat orang tua harus menjadi lebih waspada dalam penjagaan kepada anaknya terlebih kepada anak usia dini yang mana masih butuh pengawasan orang tua nya. Penelitian ini membahas perihal penting komunikasi orang tua dalam pencegahan pelecehan seksual pada anak,untuk memberi pemahaman tentang bagaimana cara untuk menghindari dirinya dari pelecehan seksual dan memberikan pemahaman tentang perlindungan diri. Selain komunikasi keluarga dapat saling terbuka dan harmonis. Orang tua dapat memberikan perlindungan kepada anak melalui komunikasi yang terjalin antara keduanya agar orang tua dapat membekali dan melindungi anak dari kejahatan yang mengintai anaknya. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi literatur dengan berbagai sumber referensi yang berhubungan dengantopik yang dibahas oleh penulis. Hambatan dalam komunikasi dalam keluarga dapat diatasi dengan menyediakan dan meluangkan waktu untuk berkomunikasi, menciptakan sikap keterbukaan, saling menghormati dan menghargai serta sikap mendukung terhadap anak.
Permainan Edukatif: Fondasi Perkembangan Kosakata pada Anak-Anak Mashumah, Alya Fadiyah Nurul; Putri, Alia; Fidrayani, Fidrayani
AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting Vol 4, No 1 (2024): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/al-hanif.v4i1.20131

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak permainan edukatif terhadap perkembangan kosakata anak-anak usia dini. Kosakata yang kaya membantu anak-anak memahami konsep baru, berpikir kritis, dan berkomunikasi secara efektif, memengaruhi interaksi sosial dan akademik mereka. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan kosakata yang luas memiliki kemampuan lebih baik dalam memahami bacaan, mengikuti instruksi, dan berpartisipasi dalam percakapan. Permainan edukatif diakui sebagai alat pembelajaran yang efektif, menarik minat anak melalui aktivitas interaktif dan menyenangkan yang mendorong perolehan bahasa dan keterampilan kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. . Hasil penelitian menegaskan bahwa permainan edukatif merupakan fondasi yang kuat dalam mendukung perkembangan bahasa anak-anak, memberikan implikasi penting bagi metode pembelajaran bahasa yang efektif di usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 6