cover
Contact Name
E Sutandar
Contact Email
Erwin_sutandar@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
fanypuspabella@student.untan.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. E-mail: jmts@teknik.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : https://dx.doi.org/10.26418/jelast.v9i1.53691
Core Subject : Engineering,
Pesatnya perkembangan di dunia pendidikan mengakibatkan peningkatan kebutuhan terhadap bangunan tinggi sebagai sarana dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Bersumber pada Standar Nasional Indonesia (SNI 1726-2019) mengenai Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, Kota Pontianak termasuk ke dalam daerah dengan gempa ringan. Setiap perancangan bangunan di Kota Pontianak saat ini harus memperhitungkan parameter gaya gempa. Sehingga dilakukan perhitungan struktur gedung 7 lantai Sekolah Santu Petrus untuk mendapatkan dimensi komponen struktur yang tahan terhadap beban gempa. Perancangan gedung ini merupakan struktur beton bertulang dengan Sistem Rangka Pemikul Momen dan dimodelkan dengan bantuan program analisis struktur. Struktur dianalisis terhadap beban yang bekerja pada gedung tersebut. Pada analisis pengaruh gempa, gedung ini termasuk kategori desain seismik KDS D, maka dalam analisisnya akan mengikuti persyaratan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Hasil kontrol perilaku struktur terdapat ketidakberaturan struktur tipe 2 dan 3 serta ketidakberaturan vertikal struktur tipe 2. Dimensi struktur pelat lantai setebal 100 mm, balok induk 300/600 mm dan 450/800 mm, balok anak 300/600 mm dan 200/400 mm, serta kolom persegi 700/700 mm dan kolom bundar diameter 700 mm. Fondasi yang digunakan adalah fondasi dalam tiang pancang karena sesuai dengan kondisi tanah di Kota Pontianak.
Arjuna Subject : -
Articles 78 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019" : 78 Documents clear
EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA RUAS JALAN PONTIANAK – SUNGAI RAYA KEPULAUAN, KABUPATEN BENGKAYANG, KALIMANTAN BARAT Akri, Akbar Kusuma; Juniardi, Ferry; Kadarini, S. Nurlaily
JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (771.937 KB) | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36619

Abstract

Kecelakaan lalu lintas sering terjadi di tikungan jalan raya Pontianak – Sungai Raya Kepulauan. Penelitian dilakukan untuk evaluasi, agar dperoleh saran perbaikan yang tepat dan efektif, pada geometrik sesuai ketentuan berlaku. Pemilihan tikungan dan alinyemen vertikal mengunakan analisa tiap desa ruas jalan daerah rawan kecelakaan (Black Spot) metode EAN (Equivalent Accident Number). Sudut tangen, kondisi jalan, kelengkapan jalan, serta topografi juga mempengaruhi. Tikungan yang ditinjau terpilih 6 tikungan yang dianggap ekstrim dan dilakukan pengukuran kerangka horizontal maupun titik detail yaitu tikungan 1,2,3,4,5,6. Berdasarkan hasil analisa bahwa kondisi eksisting desain tikungan belum memenuhi syarat dan ketentuan menurut Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.38/1997 Direktorat Bina Marga. Kondisi eksisting tikungan 2,4,5,6 tidak memenuhi kecepatan minimal 50 km/jam karena jari jari tikungan terlalu kecil,sedangkan yang sudah memenuhi kecepatan minimal, superelevasi dan panjang lengkung horizontalnya belum memenuhi standar ketentuan berlaku. Untuk evaluasi tikungan maka dilakukan perencanaan ulang dan hasilnya karakteristik eksisting tikungan 1,3,4,5,6 lebih cocok bentuk S-C-S sedangkan untuk tikungan 2 lebih cocok pada bentuk S-S. Selain itu dilakukan peningkatan kecepatan rencana 60 km/jam untuk tikungan 6 dan kecepatan rencana 70 km/jam untuk tikungan 1,2,3,4,5 sehingga berpengaruh pada jari jari, superelevasi, jarak pandang henti, kebebasan samping dan pelebaran pada tikungan.Kata Kunci : Geometrik , Jari-jari, Kecepatan Rencana, Pelebaran Perkerasan, Superelevasi
EVALUASI KEBIJAKAN GARIS SEMPADAN SUNGAI TERHADAP PERMUKIMAN TEPIAN SUNGAI KAPUAS DI KECAMATAN PONTIANAK TENGGARA Devianti, Nur; Nurhidayati, Ely; Ayuningtyas, Riska A.
Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Kota Pontianak berawal dari permukiman tepian Sungai Kapuas. Permukiman tepian Sungai Kapuas sudah ada sebelum aturan garis sempadan Sungai Kapuas. Adanya kebijakan garis sempadan Sungai Kapuas yang diukur 15 meter dari titik pasang air tertinggi, menyalahi keberadaan permukiman tepian sungai yang ada. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kebijakan garis sempadan sungai terhadap permukiman tepian Sungai Kapuas di Kecamatan Pontianak Tenggara. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Bansir Laut dan Kelurahan Bangka Belitung Laut di Kecamatan Pontianak Tenggara dan instansi terkait. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini, evaluasi kebijakan garis sempadan Sungai Kapuas dari enam indikator evaluasi kebijakan belum terpenuhi. Kebijakan yang ada saat ini, bertentangan dengan sejarah karena permukiman di tepian sungai yang menjadi bukti awal mula perkembangan Kota Pontianak. Evaluasi kebijakan garis sempadan Sungai Kapuas di Kecamatan Pontianak Tenggara, secara isi dan implementasinya menunjukkan ketidaksesuaian sehingga kebijakan yang ada perlu direvisi kembali. Kata kunci: kebijakan, garis sempadan sungai, permukiman
FAKTOR KOEFISIEN KOREKSI PERHITUNGAN KECEPATAN ARUS MENGGUNAKAN CURRENT METER DAN PELAMPUNG STUDI KASUS SUNGAI JAWI Andi Hardianto; - Kartini; Hari Wibowo
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36781

Abstract

Pengukuran kecepatan arus di sungai – saluran biasanya menggunakan alat current meter, jika keadaan darurat maka dapat digunakan pelampung dimana besarnya kecepatan arus dikalikan dengan faktor koreksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kecepatan aliran, faktor koreksi pelampung, dan korelasi kecepatan aliran dengan meggunakan alat current  meter dan pelampung dalam bentuk persamaan empiris. Kecepatan rata – rata aliran maksimum metode current meter kondisi pasang sebesar 0.066 m/det dan kecepatan rata-rata minimum sebesar 0.001 m/det, sedangkan saat kondisi surut kecepatan rata-rata aliran maksimum sebesar 0.063 m/det dan kecepatan rata-rata aliran minimum sebesar 0.019 m/det. Kecepatan rata – rata aliran maksimum pelampung kondisi pasang sebesar 0.130 m/det dan kecepatan rata-rata minimum sebesar 0.020 m/det, sedangkan saat kondisi surut kecepatan rata-rata aliran maksimum sebesar 0.155 m/det dan kecepatan rata-rata aliran minimum sebesar 0.083 m/det. Faktor koreksi alat ukur pelampung sebesar 0.91. Korelasi maksimum persamaan regresi linier pengukuran aliran dengan current meter dan pelampung y = 2.0763x + 0.0174 nilai R2 sebesar 0.8677 dan R sebesar 0.931 menunjukkan korelasi yang sangat kuat, sedangkan korelasi minimum dalam bentuk regresi power yaitu y = 0.0313e24.597x  nilai R2 sebesar 0.4232 dan R sebesar 0.651 menunjukkan korelasi kuat.Kata kunci: Current meter, Pelampung, Kecepatan Arus, Faktor Koreksi Pelampung, Korelasi Kecepatan Aliran Menggunakan Current meter dan Pelampung.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            
STUDI BIAYA PENDAHULUAN PEKERJAAN PONDASI PADA BANGUNAAN BERTINGKAT BANYAK DI KOTAMADYA PONTIANAK - Yadi; Endang Mulyani; Riyanny Pratiwi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.171 KB) | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.38945

Abstract

Studi biaya pedahuluan merupakan suatu bagian penting dalam perencanaan anggaran biaya suatu proyek. Studi biaya pendahuluan sendiri adalah suatu kegiatan yang meramalkan atau memperkirakan suatu biaya yang dilakukan sebelum suatu proyek itu sendiri dilaksanakan. Studi biaya pendahuluan ini juga biasa disebut estimasi biaya pendahuluan.Dengan menggunakan data volume gedung kemudian menghitung biaya gedung berdasarkan harga satuan tahun 2019. Dengan menghubungkan antara biaya sebagai variabel tetap (Y) dengan jumlah lantai (X1) dan luasan (X2) sebagai variabel bebas. Untuk mendapatkan biaya tersebut digunakan analisis regresi dan dengan melakukan pemeriksaan terhadap persamaan regresi (model), sehingga didapatkan hasil bahwa analisis regresi non linier berganda merupakan persamaan regresi (model) yang baik,dengan persamaan sebagai berikut : 
KARAKTERISTIK KINERJA AC – WC AKIBAT PERUBAHAN PROPORSI CAMPURAN AGREGAT KASAR BERBENTUK PIPIH DAN LONJONG - Ahendra; Komala Erwan; Slamet Widodo
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36527

Abstract

Suatu lapisan perkerasan dapat memenuhi standar kekuatan, jika penggunaan material dapat memenuhi spesifikasi. Perencanaan campuran dilakukan dalam tiga tahap pembuatan. Pembuatan benda uji tahap pertama dengan menggunakan agregat kasar normal, batu 1-2 (42%), dan pasir  (52%), sedangkan filler semen (6%),kemudian  dibuat benda uji sebanyak 45 sempel, dengan kadar aspal 5-7%, bertujuan untuk mendapatkan nilai parameter marshal.Hasil penelitian menunjukkan pada campuran agregat normal memiliki nilai kadar aspal optimum 6,57% sedangkan campuran agregat pipih dan normal kadar aspal optimum yaitu 6,25, campuran agregat kasar lonjong dan normal nilai kadar aspal optimum 6,39 masing-masing kadar aspal optimum dari ketiga campuran menunjukkan campuran pipih dan normal relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan campuran agregat lonjong dan normal, Stabilitas yang lebih kecil (dari 840 kg ke 880 kg), Marshall Quotient (MQ) yang lebih kecil (dari 230 kg/mm ke 264 kg/mm) dan VFB lebih kecil (dari 72 % ke 73 %), VIM yang lebih kecil (dari 4,3 % ke 4,4 %), VMA yang lebih kecil ( dari 16,5 % ke 18 % ), demikian juga terhadap nilai FLOW (dari 3,25 % ke 3,27 % ).Kata kunci: Pipih dan normal serta Lonjong dan normal, Bentuk Agregat Kasar, Marshall Test.
KAJIAN TEKNIS GEOMETRI PELEDAKAN PADA TAMBANG BATU PT. SULENCO WIBAWA PERKASA, KABUPATEN MEMPAWAH, KALIMANTAN BARAT Herlambang Rezco Sugiarto; - Marsudi; M. Khalid Syafrianto
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36725

Abstract

Keberhasilan suatu peledakan batuan salah satunya dapat dilihat dari ukuran fragmen yang dihasilkan oleh kegiatan peledakan. Menurut perusahaan distribusi fragmentasi boulder yang berukuran > 80 cm dari hasil peledakan masih terlalu banyak, sehingga diperlukan upaya untuk memperbaiki distribusi fragmentasi hasil peledakan agar boulder yang dihasilkan <20%. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menentukan nilai faktor batuan dilokasi penelitian, menghitung distribusi fragmentasi aktual dan teoritis, dan merancang geometri peledakan usulan dihitung menggunakan metode perhitungan R.L.Ash. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dan kuantitatif, dengan menggunakan kerangka kerja dan tahapan penelitian dalam menghitung nilai faktor batuan, distribusi fragmentasi aktual dan teoritis, dan geometri peledakan usulan. Nilai faktor batuan dilokasi penelitian adalah 6,85, distribusi fragmentasi batuan hasil peledakan aktual yang dihitung berdasarkan perhitungan image analysis menggunakan software split desktop untuk ukuran < 30 cm adalah sebesar 26,05 %, ukuran 30-80 cm adalah 46,06 %, dan untuk boulder yang berukuran > 80 cm adalah sebanyak 27,90 %, perhitungan secara teoritis dengan menggunakan metode Kuz-Ram, menunjukan distribusi fragmentasi berukuran <30 cm adalah    84,51 %, distribusi fragmentasi berukuran 30-80 cm adalah 15,44 %, dan distribusi fragmentasi berukuran >80 cm adalah 0,05 %. Rancangan geometri peledakan usulan memiliki ukuran diameter 3 inch, burden  1,7 m, spasi 2 m, kedalaman lubang 6 m, tinggi jenjang 5,5 m, subdrilling 0,5 m, stemming 1,3 m, kolom isian 4,7 m. Berdasarkan perhitungan distribusi fragmentasi terkoreksi Kuz-Ram geometri peledakan usulan menghasilkan distribusi fragmentasi pada boulder yang berukuran > 80 cm sebanyak 14,58 %.Kata Kunci: Geometri, peledakan, fragmentasi, boulder, Kuz-Ram
STUDI PERHITUNGAN SUMBER DAYA TAMBANG PASIR PASANG DENGAN METODE CROSS SECTION DI CV. INDO TAMBANG SEJAHTERA, KABUPATEN SAMBAS KALIMANTAN BARAT Adinda Putri; - Marsudi; Fitriana Meilasari
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.162 KB) | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.38859

Abstract

CV. Indo Tambang Sejahtera merupakan salah satu perusahaan pertambangan eksplorasi komoditas pasir pasang yang terletak di Kecamatan Sambas dan Teluk Keramat dengan luas wilayah pertambangan 64,50 Ha. Pada tahun 2016 perusahaan melakukan perhitungan sumber daya menggunakan metode polygon sebesar 2.428.260,0 m3. Hal ini melatarbelakangi penelitian melakukan perhitungan kembali dengan metode yang berbeda yaitu metode cross section. Tujuan dari penelitian ini mengkaji peta batimetri pada Sungai Kartiasa, menentukan pola sebaran pasir pasang, mengestimasi besarnya volume sumber daya pasir pasang dengan menggunakan metode cross section. Metode ini membagi 15 sayatan yang kemudian diukur kedalaman masing-masing sayatan. Hasil dari penelitian yaitu gambar sayatan penyebaran pasir pasang yang mengalami perubahan elevasi yang cukup signifikan terlihat dari perubahan volume dan luas penyebaran pasir pasang. Luas penyebaran pasir pasang 18.151,261 m2 dengan besar sumber daya 2.512.947,946 m3 dan dapat diperoleh tonase pasir pasang dengan berat jenis 1,78 ton/m3 sebesar 4.473.047,344 ton. Kata kunci: Sumber Daya, Pasir Pasang
DESAIN KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TERPADU UNTAN Benhard Johnson; - Elvira; Asep Supriyadi
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (811.159 KB) | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36438

Abstract

Laboratorium saat ini adalah sebuah infrastruktur penting dalam dunia pendidikan. Hampir semua sekolah atau universitas memiliki laboratorium sendiri sebagai tempat siswa melatih keterampilan yang diterima di ruang kelas. Meningkatnya kebutuhan akan pendidikan sebagai akibat dari pertumbuhan penduduk mengharuskan pemerintah untuk terus membangun infrastruktur pendidikan baru guna memenuhi kebutuhan tersebut. Sebuah laboratorium yang baik harus direncanakan sesuai peraturan-peraturan nasional yang berlaku agar menjadi sebuah bangunan yang aman dan layak pakai. Pada desain gedung laboratorium terpadu ini akan direncanakan komponen struktural berupa pelat, balok, kolom dan pondasi beserta stuktur pendukung lift dan tangga dengan material struktur berupa beton bertulang dengan menggunakan peraturan SNI-2847-2013. Pembebanan yang ditinjau berupa beban mati dan beban hidup berdasarkan peraturan SNI-1727-2013 serta beban gempa berdasarkan SNI-1726-2012. Analisa struktur dilakukan dengan bantuan program komputer untuk analisis struktur  untuk mendapatkan hasil berupa gaya-gaya dalam yang kemudian akan dipakai untuk mendesain penulangan pelat, balok, kolom, dan fondasi. Hasil perencanaan akhir akan dituangkan dalam bentuk gambar kerja yang berisi detail penulangan pelat, balok, kolom, dan fondasi struktur.Kata Kunci : struktur beton bertulang, gedung laboratorium terpadu
ANALISIS PENENTUAN LOKASI PELABUHAN PERIKANAN DI WILAYAH SELATAN KHATULISTIWA KALIMANTAN BARAT Limbong Yolanda Octa; Jasisca Meirany; - Apriansyah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36655

Abstract

Wilayah Perairan Selatan Khatulistiwa Kalimantan Barat merupakan bagian dari Wilayah Pengelolaan Ikan Republik Indonesia (WPPRI) 711. WPPRI 711 merupakan wilayah perairan yang potensial dalam sektor penangkapan ikan (Dinas Kelautan dan Perikanan,2010). Di wilayah ini terdapat dua buah pelabuhan perikanan eksisting yaitu pelabuhan perikanan sukadana dan pelabuhan perikanan sukabangun. Pada penelitian ini aspek-aspek yang belum diperhatikan dalam pembangunan pelabuhan perikanan seperti jarak fishing ground terhadap lokasi pelabuhan, kecepatan angin serta arus diteliti. Dengan mengunduh data citra satelit diolah menggunakan Arcgis 10.1. Didapatkan berupa peta sebaran fishing ground, peta kecepatan angin, peta kecepatan arus permukaan selama 12 bulan dalam 10 tahun. Hasil tersebut dianalisis kembali sehingga mendapatkan luasan fishing ground yang terbesar pada bulan april yaitu sebesar 19.77  pada perairan Kayong Utara. Sedangkan kecepatan angin dan arus terbesar pada bulan agustus yaitu sebesar 15,7 m/s serta arus 3,7 m/s pada perairan Ketapang. Selanjutnya dilakukan pembobotan terhadap lokasi pelabuhan perikanan eksisting sehingga didapatkan hasil bahwa dari dua pelabuhan perikanan yang sudah ada, hanya pelabuhan sukadana yang dikategorikan ‘sesuai’. Selain dua lokasi pelabuhan eksisting, terdapat daerah potensial penagkapan ikan lainnya yaitu di perairan Kubu Raya. Namun di daerah tersebut belum ditemukan pelabuhan perikanan. Sehingga, disarankan untuk direncanakan pembangunan pelabuhan perikanan di wilayah perairan. Kata Kunci : Arus Permukaan, Fishing ground, Pelabuhan Perikanan.
PENGGUNAAN SOFTWARE VISSIM UNTUK PERENCANAAN SIMPANG JALAN AHMAD YANI – JALAN LETJEN SUTOYO – JALAN VETERAN DI KOTA PONTIANAK Chandra Alip Pratama; Rudi S. Suyono; Heri Azwansyah
JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019
Publisher : JeLAST : Jurnal Teknik Kelautan , PWK , Sipil, dan Tambang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.06 KB) | DOI: 10.26418/jelast.v6i3.36888

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi pada arus lalu lintas Kota Pontianak adalah jauhnya jarak tempuh. Keadaan yang ditinjau adalah jika pengendara dari Jalan Veteran ingin menuju ke Jalan Letjen Sutoyo, maka pengendara tersebut harus menelusuri jalan Ahmad Yani lalu memutari Bundaran Bambu Runcing lalu baru sampai ke Jalan Sutoyo. Maka perlu adanya penanganan untuk masalah tersebut. Pada penelitian ini untuk mengetahui kinerja ruas jalan Jenderal Ahmad Yani – Jalan Letjen Sutoyo – Jalan Veteran, maka dilakukan pengambilan data selama 1 hari menggunakan Circuit-Closed Television (CCTV) dimulai pada pukul 06.00-18.00 WIB pada hari kerja. Kemudian data diolah dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan software VISSIM 11. Maka dari itu, dilakukan penelitian untuk bertujuan untuk merencanakan simpang agar kinerja arus lalu lintas semakin menjadi lebih baik dan menjadi alternatif untuk meningkatkan kinerja jalan.Kata Kunci: arus lalu lintas, persimpangan, manual kapasitas jalan Indonesia, vissim

Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 3 (2025): JeLAST Edisi Agustus 2025 Vol 12, No 2 (2025): JeLAST Edisi Juni 2025 Vol 12, No 1 (2025): JeLAST Edisi Februari 2025 Vol 11, No 4 (2024): JeLAST Edisi Desember 2024 Vol 11, No 3 (2024): JeLAST Edisi Agustus 2024 Vol 11, No 2 (2024): JeLAST Edisi Juni 2024 Vol 11, No 1 (2024): JeLAST Edisi Februari 2024 Vol 10, No 4 (2023): JeLAST Edisi Desember 2023 Vol 10, No 3 (2023): JeLAST Edisi Agustus 2023 Vol 10, No 2 (2023): JeLAST Edisi Juni 2023 Vol 10, No 1 (2023): JeLAST Edisi Februari 2023 Vol 9, No 4 (2022): JeLAST Desember 2022 Vol 9, No 3 (2022): JELAST EDISI AGUSTUS 2022 Vol 9, No 2 (2022): JeLAST EDISI JUNI 2022 Vol 9, No 1 (2022): JeLAST EDIS FEBRUARI 2022 Vol 8, No 3 (2021): JeLAST EDISI DESEMBER 2021 Vol 8, No 2 (2021): JeLAST Juni 2021 Vol 8, No 1 (2021): JeLast Edisi Februari 2021 Vol 7, No 3 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2020 Vol 7, No 2 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2020 Vol 7, No 1 (2020): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2020 Vol 6, No 3 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2019 Vol 6, No 2 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2019 Vol 6, No 1 (2019): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2019 Vol 5, No 3 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2018 Vol 5, No 2 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2018 Vol 5, No 1 (2018): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2018 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI FEBRUARI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017 Vol 4, No 4 (2017): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2017 Vol 3, No 3 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI DESEMBER 2016 Vol 2, No 2 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2016 Vol 1, No 1 (2016): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI FEBRUARI 2016 Vol 2, No 2 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI JUNI 2015 Vol 3 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN EDISI DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): JURNAL MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNTAN Vol 3, No 2 (2014): VOL 3 NO 2 DESEMBER 2014 Vol 1, No 1 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Edisi Februari 2014 Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil UNTAN Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Untan More Issue