cover
Contact Name
Fahrul Basir
Contact Email
fahrulb@uncp.ac.id
Phone
+6285399753612
Journal Mail Official
pedagogy@uncp.ac.id
Editorial Address
Jalan Latammacelling No.9 Kota Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 25023802     EISSN : 25023799     DOI : https://doi.org/10.30605/pedagogy
Core Subject : Education,
Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran matematika.
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika" : 26 Documents clear
KAJIAN LITERATUR: PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK Putri Nur'aini, Jihan; Kartini, Kartini; Sutirna, Sutirna
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5083

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi terkait problematika penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam konteks pembelajaran matematika di SMK. Untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK maka dipilih metode studi literatur atau tinjauan pustaka. Dalam penelitian ini diawali dengan menentukan tema, kemudian mengumpulkan artikel dari jurnal nasional dalam rentang tahun 2021 sampai tahun 2023 yang relevan dengan topik Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di tingkat SMK. Tinjauan pustaka yang dilakukan bersumber dari basis data Google Schooler. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika di SMK masih menghadapi beberapa tantangan, namun juga menunjukkan potensi yang baik. Tantangannya antara lain: rendahnya kemampuan literasi dan numerasi, banyak peserta didik yang memiliki pandangan negatif terhadap matematika sehingga kurang termotivasi untuk belajar, kurangnya fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mendukung pembelajaran matematika yang efektif, serta kesulitan guru dalam menyesuaikan diri dengan model pembelajaran yang baru. Potensinya antara lain: pentingnya kecerdasan emosional dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah, dan kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi guru untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan konteks pembelajaran dan karakteristik peserta didik.
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar Nadiatun Nabilah, Naurah; Triyana, Illah Winiati
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5156

Abstract

Diiringi kemajuan teknologi analisis data modern, Melimpahnya data sosial dalam revolusi industri 4.0 memotivasi para pendidik untuk memasukkan prinsip-prinsip statistika ke dalam pembelajaran di kelas. Soal-soal yang mencakup materi statistika masih sulit untuk dipecahkan oleh para siswa, menurut penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik). Siswa kelas sembilan di SMP Darussalam Tegal Joyo berpartisipasi dalam penelitian ini, yang menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. pelajar visual melakukan kesalahan dalam konseptual dan prosedur dalam hal ini mereka tidak memahami konsep rata-rata gabungan, sehingga rumus yang mereka gunakan ketika menyelesaikan soal kurang tepat dan cara menghitung kelas median tidak memakai frekuensi kumulatif. 2. Pelajar auditori melakukan kesalahan konseptual dan prosedural, mereka salah memahami konsep rata-rata gabungan dan juga gagal menggunakan frekuensi kumulatif untuk mendapatkan kelas median. 3. Peserta kinestetik melakukan kesalahan prosedur dengan tidak menggunakan frekuensi kumulatif untuk mendapatkan kelas median.
PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Sholeh, Rio Nur; Napitupulu, Bettisari; Wahyudi, Irfan
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v9i2.5384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Lewin yang terdiri atas dua siklus yang masing – masing terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKS Hikmah Yapis Jayapura yang berjumlah 18 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru dan tanggapan peserta didik selama pembelajaran, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal sebesar 33% dengan rata – rata nilai 53,7 meningkat menjadi 77% dengan rata – rata nilai 78,3 pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan geogebra pada materi perbandingan trigonometri dapat meningkat hasil belajar peserta didik kelas X SMKS Hikmah Yapis Jayapura.
REVIEW PENELITIAN BERTEMA KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI JURNAL-JURNAL BERBAHASA INDONESIA: TREN PENELITIAN TAHUN 2020-2023 Fatikarani, Ami; Safrudiannur, Safrudiannur
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5387

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penelitian analisis kesulitan belajar matematika di jurnal-jurnal Indonesia ditinjau dari (1) identitas artikel (yaitu tahun terbit dan indeksasi SINTA terhadap jurnal tempat terbit), dan (2) konten artikel (rumusan masalah, metode, dan partisipan). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Systematic Literature Review (Tinjauan Literatur) dengan menggunakan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) dan diperoleh 53 artikel. Hasil analisis menunjukkan bahwa tren penelitian kesulitan belajar matematika ditinjau dari identitas artikel diperoleh bahwa (a) Tahun 2021 merupakan tren tahun terbit dengan kuantitas publikasi terbanyak kemudian mengalami penurunan di tahun 2023, dan (b) kebanyakan artikel selama 2020-2023 terbit di jurnal Non-sinta (tidak terakreditasi SINTA). Hasil analisis ditinjau dari konten artikel bahwa (a) rumusan masalah penelitian yang mendominasi adalah mendeskripsikan kesulitan belajar matematika dan hanya sedikit penelitian yang membahas cara mengatasi kesulitan belajar matematika, (b) metode penelitian yang mendominasi adalah metode penelitian kualitatif dan hanya sedikit dengan metode mix method/metode campuran, dan (c) partisipan penelitian cenderung di SD/MI dan SMP/MTs, hanya sedikit dengan partisipan mahasiswa.
PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN DI KELAS IX SMP NEGERI 18 PADANG Neelam, Dhea Adrin; Yusri, Radhya; Delyana, Hafizah
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5395

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran membuat peserta didik kurang aktif dan kesulitan dalam memhami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan yang valid dan praktis untuk peserta didik di kelas IX SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D. produk yang dikembangkan berupa E-modul pada materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, lembar praktikalitas, dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas E-modul, diperoleh hasil validitas E-modul sebesar 92,35% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil praktikalitas yang diujikan kepada guru matematika dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 18 Padang diperoleh hasil persentasenya 94,60% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul pada materi kekongruenan dan kesebangunan di SMP Negeri 18 Padang sudah layak untuk digunakan dan berada pada kategori valid dan praktis.
PCK OF PROSPECTIVE MATHEMATICS TEACHERS’ THROUGH COLLABORATIVE ONLINE LEARNING lestari, Wiwit Damayanti; Pakhrurrozi, Imam; Mellawaty, Mellawaty; Rusmayadi, Muh.; Taufan, Mochammad
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5522

Abstract

Teachers play a determining role in students' success in achieving learning goals. Therefore, Pedagogical Content Knowledge is an ability that teachers and prospective teachers must have. This research aims to describe the Pedagogical Content Knowledge profile of prospective mathematics teachers in collaborative online learning, especially in courses evaluating mathematics learning processes and outcomes. This research is descriptive qualitative research. Prospective mathematics teacher students who contracted courses in evaluating the process and results of mathematics learning from Wiralodra University and Nahdlatul Wathan University of Mataram, were the subjects of this research. The instruments used in this research were a test of understanding the concept of evaluating mathematics learning processes and outcomes, questionnaires, and learning documentation via the Phytagoras LMS. The data analysis techniques used include data reduction stages, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research results, it was found that students in the mathematics learning process and outcome evaluation course whose lectures were held collaboratively online had a very good Pedagogical Content Knowledge profile and gave a positive response to the implementation of collaborative online learning.
Pengembangan LKPD Berbasis Etnomatematika Rumah Adat Osing Banyuwangi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Aidah, Siti Ummaidah; Fatqurhohman, Fatqurhohman; Galatea, Chusnul Khotimah
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5543

Abstract

Permasalahan yang terjadi ialah bahan ajar yang digunakan kurang menarik untuk peserta didik dikarenakan gambar dan tulisan berwarna hitam putih. Guru masih mengandalkan bahan ajar dari buku paket peserta didik, serta pendekatan pembelajaran yang kurang bervariatif membuat peserta didik kurang diberi ruang untuk berpikir kreatif dalam proses pembelajaran matematika. Oleh karena itu, peserta didik membutuhkan bahan ajar dengan pendekatan kontekstual yang memuat aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik secara langsung dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Osing Banyuwangi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan LKPD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian kelas IX berjumlah 6 peserta didik untuk uji coba skala kecil dan 28 peserta didik untuk uji skala luas SMPN 1 Srono. Adapun rata-rata skor kevalidan dari tiga ahli mendapat skor penilaian 97,78% dikatakan (Sangat Layak), sedangkan data kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dengan skor penilaian 81,07 % dikatakan (Layak). Dengan demikian, LKPD berbasis etnomatematika rumah adat Osing Banyuwangi telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IX untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.
STUDI KORELASI KEGIATAN PRAMUKA YANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 WONOSARI Vintarera Shinta Nor Rizqi; Andhika Ayu Wulandari
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka berbasis etnomatematika terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Wonosari. Pendekatan etnomatematika mengaitkan pembelajaran matematika dengan budaya lokal, yang diterapkan dalam kegiatan pramuka untuk meningkatkan minta dan motivasi siswa dalam memahami matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan wawancara, dengan analisis data menggunakan uji korelasi pearson dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi yang menunjukkan hubungan sedang, artinya semakin aktif siswa dalam kegiatan pramuka berbasis etnomatematika, semakin tinggi pula motivasi belajar matematika. Sedangkan analisis regresi linier sederhana mengungkapkan bahwa peningkatan partisipasi dalam kegiatan ini memberikan hasil positif terhadap motivasi belajar siswa. Artinya etnomatematika dalam kegiatan pramuka dapat menjadi strategi alternatif yang efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa.
ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP MATEMATIKA KELAS VIII SMPN SINJAI Asri, Suci Aulia; Syahrul; Ishak, Suryadi
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30605/pedagogy.v10i1.5672

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester Genap mata pelajaran Matematika kelas VIII di SMPN 22 Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif. Data diperoleh dari hasil ujian sumatif akhir semester genap sebanyak 25 butir soal pilihan ganda yang dikerjakan oleh 22 siswa kelas VIIIA sebagai sampel, serta lembar validasi dari dua orang validator yang terdiri dari satu orang ahli dan satu orang praktisi pendidikan. Instrumen penelitian divalidasi menggunakan analisis Aiken's V untuk menilai validitas isi, dan reliabilitas soal dihitung menggunakan persamaan Kuder-Richardson 20 (KR-20). Hasil analisis menunjukkan bahwa dari uji validitas Aiken's V, diperoleh nilai sebesar 0,73 yang berada pada kategori validitas tinggi. Sementara itu, koefisien reliabilitas soal berdasarkan KR-20 adalah sebesar 0,955, yang termasuk dalam kategori reliabilitas sangat tinggi. Dengan demikian, butir soal Ulangan Akhir Semester Genap Matematika kelas VIII SMPN 22 Sinjai dapat dinyatakan valid dan reliabel sehingga layak digunakan sebagai alat evaluasi hasil belajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyusun soal yang berkualitas untuk mengukur pencapaian belajar siswa secara optimal.
DESKRIPSI PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN REMEDIAL SISWA KELAS X SMAN 4 PAREPARE Nissa, Nurul Mutmainnah Fadhilah; Arsyad, Nurdin; Jafaruddin, Jafaruddin
Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 10 No. 1 (2025): Pedaggogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Cokroaminoto Palopo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif-eksploratif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan masalah matematika pada pembelajaran remedial siswa kelas X SMAN 4 parepare. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025. Subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga orang siswa yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa dengan kemampuan aktual tinggi, sedang dan rendah. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung terdiri dari tes, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dengan mengamati hasil tes dan hasil wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diperoleh (1) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang hanya mampu memahami informasi serta merancang strategi penyelesaian. Siswa dengan kemampuan aktual rendah belum terlihat langkah-langkah penyelesaian. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang mampu memahami informasi, merencanakan strategi penyelesaian, menyelesaikan soal, dan menarik kesimpulan dengan tepat. Siswa dengan kemampuan aktual rendah mampu menyelesaikan soal, tetapi mengalami kekeliruan dalam mengidentifikasi istilah. (2) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi diberikan scaffolding reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking. Siswa dengan kemampuan aktual sedang diberikan scaffolding reviewing, explaining, restructuring, dan developing conceptual thinking. Siswa kemampuan aktual rendah diberikan scaffolding reviewing dan restructuring. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan tinggi dan sedang tidak memerlukan scaffolding, siswa dengan kemampuan rendah diberikan scaffolding reviewing dan developing conceptual thinking. (3) Soal nomor 1, siswa dengan kemampuan aktual tinggi dan sedang memiliki kemampuan potensial yaitu mampu memahami informasi, merancang strategi penyelesaian, melakukan perhitungan, serta menarik kesimpulan dengan tepat, sehingga dapat menyelesaikan soal secara benar. Siswa dengan kemampuan aktual rendah yaitu mampu memahami informasi dan menyusun persamaan dengan metode eliminasi, namun mengalami kesulitan dalam faktorisasi persamaan kuadrat sehingga tidak dapat menyelesaikan soal secara tuntas. Soal nomor 2, siswa dengan kemampuan aktual tinggi, sedang dan rendah memiliki kemampuan potensial yang sama, yaitu mampu memahami informasi, melakukan proses penyelesaian, serta menarik kesimpulan dengan tepat.

Page 1 of 3 | Total Record : 26