cover
Contact Name
Umar
Contact Email
laodeumarpgmi@gmail.com
Phone
+6285353428815
Journal Mail Official
taroajurnalpkmlp2m@gmail.com
Editorial Address
Bima City IAI Muhamamadiyah Bima
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Taroa : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Published by IAI Muhammadiyah Bima
ISSN : 28281780     EISSN : 28283600     DOI : https://doi.org/10.52266/taroa
Jurnal Taroa adalah jurnal double-blind peer-review dan open-access tentang Pengabdian Masyarakat. Fokus jurnal ini membahas masalah studi akademik terutama berkaitan dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan Pelatihan, Loka Karya, Workshop, FGD, maupun dalam bentuk Bimbingan Teknis (BIMTEK) lainnya. Ruang lingkup jurnal Taroa meliputi beberapa aspek kegiatan pengabdian masyarakat diantaranya; 1) Pengembangan Dan Pemberdayaan Sosial Budaya Masyarakat, 2) Pendampingan Usaha Dan Ekonomi Kreatif Bagi Masyarakat, 3) Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Komunitas/Mitra. 4) Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5) Peningkatan Kapasitas Kesadaran Hukum Dan Politik Bagi Masyarakat, 6) Pengembangan Kegiatan Keislaman dan Kemuhammadiyahan.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2025): Juli" : 15 Documents clear
PENINGKATAN LITERASI GERAK DAN PEMBELAJARAN PJOK YANG MENYENANGKAN DALAM PROGRAM PENJAS BERBAGI Salahudin, Salahudin; Satriawan, Rabwan; Shandi, Shutan Arie; Furkan, Furkan; Irawan, Ewan; Mulyadin, Mulyadin; Anhar, Anhar
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4240

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat bertajuk Penjas Berbagi Sesi II merupakan bentuk kontribusi akademik Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PJKR) STKIP Taman Siswa Bima dalam mendukung pengembangan pembelajaran PJOK yang kreatif dan menyenangkan di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 22–23 Januari 2025 di SMAN 1 Kota Bima dengan melibatkan siswa kelas XII sebagai peserta utama, serta dosen dan mahasiswa Prodi PJKR sebagai fasilitator. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap literasi gerak, menumbuhkan minat terhadap pembelajaran PJOK, serta mengevaluasi tingkat kebugaran jasmani siswa. Metode pelaksanaan mencakup ceramah interaktif, praktik pembelajaran inovatif, dan pelaksanaan tes kebugaran jasmani. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep literasi gerak, peningkatan antusiasme dalam mengikuti PJOK, serta peningkatan kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini juga menghasilkan rekomendasi tindak lanjut berupa pendampingan berkelanjutan dan penguatan sinergi antara perguruan tinggi dan sekolah. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai model pengabdian yang aplikatif dan berdampak langsung terhadap kualitas pendidikan jasmani di tingkat sekolah menengah.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMEN ORGANISASI KEPEMUDAAN DESA GUNA MENDORONG PRODUKTIVITAS ORGANISASI KARANG TARUNA DI DESA BANDING ANYAR KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Mardianto, Mardianto; Nadjib, Abdul; Khairunnas, Khairunnas; Rafinzar, Rahmat; Putri, Elivia Pasma
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4349

Abstract

Sebagai salah satu organisasi yang berperan dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas pemuda, Karang Taruna menjadi sebuah organisasi penting yang memiliki peranan krusial dalam proses pembangunan desa. Karang taruna menjadi fasilitator yang turut berperan aktif dalam pengembangan kompetensi pemuda desa. Peningkatan kapasitas anggota Karang Taruna dalam mengelola pengorganisasian menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Tim pengabdian mengadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan manajemen organisasi kepemudaan di Desa Banding Anyar Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan tujuan untuk mendorong produktivitas organisasi karang taruna melalui peningkatan keterampilan manajerial organisasi. Metode yang interaktif dengan pemberian materi, forum diskusi dan pelatihan telah menunjukan keberhasilan program. Penilaian melalui metode pre-test dan post-test telah menunjukan adanya peningkatan pemahaman peserta kegiatan mengenai manajemen organisasi dalam rangka meningkatkan produktivitas kinerja Karang Taruna Desa Banding Anyar. Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan para pengurus Karang Taruna dapat mengelola organisasinya dan mampu memaksimalkan peran Karang Taruna dalam Pembangunan Desa Banding Anyar. Oleh karena itu, dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat juga diharapkan dapat menjadi wadah kolaborasi dalam mendukung pembangunan Desa Banding Anyar secara berkelanjutan.
SOSIALISASI ANTI BULLYING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TINDAKAN KEKERASAN PADA SISWA DI KABUPATEN BIMA Salahuddin, Salahuddin; Suntoko, Suntoko; Abdurrahman, Dede; Nugraha Syafroni, Roni; S. Anhar, Ades
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4437

Abstract

Di era digital yang semakin maju, fenomena bullying di kalangan remaja menjadi isu yang semakin memprihatinkan dan memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak. Tulisan ini membahas hasil kegiatan sosialisasi anti-bullying secara berkelanjutan yang dilaksanakan pada siswa SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Bima. Melalui survei yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan, ditemukan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa tentang bullying, di mana proporsi siswa yang memahami definisi bullying meningkat dari 30% menjadi 85%. Selain itu, 70% siswa melaporkan merasa lebih siap untuk melawan perilaku bullying setelah mengikuti kegiatan sosialisasi anti bullyng. Metode interaktif, seperti diskusi kelompok dan role-playing, terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa untuk menghadapi situasi bullying. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa pendekatan edukatif yang interaktif dapat secara signifikan meningkatkan kesadaran siswa tentang bullying dan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan suportif. Kesimpulan dari hasil kegiatan sosialisasi ini telah berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa mengenai isu bullying, serta membekali siswa dengan rasa percaya diri dan kesiapan untuk menghadapi perundungan. Rekomendasi dari kegiatan ini, agar program serupa dapat dilaksanakan secara rutin dan merata pada semua sekolah dengan melibatkan pemangku kepentingan, siswa, guru, orang tua, dan komunitas secara optimal. Kolaborasi ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi siswa
LITERASI BERBASIS DATA DAN BUDAYA LOKAL: PRAKTIK BAIK DARI PROGRAM GEMAR LITERASI DI KABUPATEN BIMA Syarifudin, Syarifudin; Taufikurrahman, Taufikurrahman; Nurrahmah, Nurrahmah
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4622

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi dasar siswa di wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), termasuk di Kabupaten Bima, menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Sebagian besar siswa belum mencapai level kecakapan minimum dalam membaca, sementara pendekatan pembelajaran yang digunakan kurang mempertimbangkan keragaman kemampuan serta latar belakang budaya siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pemangku kepentingan pendidikan dalam meningkatkan literasi dasar melalui pendekatan berbasis data dan budaya lokal. Metode yang digunakan yaitu pendekatan partisipatoris berbasis komunitas, yang mencakup tujuh tahapan: rembuk pendidikan, pemetaan data sekolah dan desa, sosialisasi lintas sektor, pelatihan fasilitator daerah, uji coba modul literasi berbasis kemampuan siswa, refleksi dan revisi modul, serta advokasi kebijakan. Lokasi kegiatan difokuskan di 25 sekolah dasar dan 9 desa di Kabupaten Bima. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan literasi berbasis data mampu menghasilkan profil belajar siswa dan desa secara lebih akurat. Modul literasi yang dikembangkan secara kontekstual terbukti meningkatkan efektivitas pembelajaran, memungkinkan guru mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, dan menumbuhkan antusiasme siswa dalam proses membaca. Kesimpulannya, pengabdian ini membuktikan bahwa pendekatan literasi berbasis data dan budaya lokal merupakan strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi dasar secara inklusif, relevan, dan berkelanjutan di wilayah marginal seperti Kabupaten Bima. Kata Kunci: Literasi Berbasis Data; Budaya Lokal; Pendidikan Daerah 3T.
IDENTIFIKASI DAN PEMETAAN KOMUNITAS PRAKTISI DI SEKOLAH MELALUI LOKAKARYA PARTISIPATIF Jayanti, Mei Indra; Umar, Umar
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunitas praktisi adalah sekelompok individu yang memiliki semangat dan kegelisahan yang sama tentang praktik yang mereka lakukan dan ingin melakukannya dengan lebih baik dengan berinteraksi secara rutin. Namun, keberadaan dan implementasi program komunitas praktisi di berbagai sekolah masih belum sistematis. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk memberikan pemahaman tentang definisi dan manfaat komunitas praktisi, mendorong peserta mengidentifikasi komunitas praktisi yang telah ada, membimbing peserta dalam memetakan manfaat dan area kontrol komunitas tersebut di lingkungan sekolah. Kegiatan pengabdian menggunakan metode partisipatif melalui pendekatan lokakarya yang dirancang untuk membangun kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan guru dalam mengidentifikasi serta memetakan komunitas praktisi di lingkungan sekolah. Kegiatan lokakarya pengabdian ini berhasil mengidentifikasi keberadaan tujuh komunitas praktisi guru dengan cakupan area kontrol yang bervariasi, mulai dari tingkat sekolah hingga nasional. Temuan menunjukkan bahwa komunitas-komunitas tersebut telah memberikan manfaat nyata bagi pengembangan kompetensi profesional guru, peningkatan jejaring kolaborasi, dan bahkan ekspresi nilai-nilai budaya lokal dalam praktik pendidikan.
PEMBERDAYAAN DESA MELALUI PENGENALAN DAN WORKSHOP SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS OPENSID Alamin, Zumhur; Missouri, Randitha; Mutmainah, Siti; Fathir, Fathir; Sutriawan, Sutriawan; Amirul Mu'min, Muhammad
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4080

Abstract

Teknologi informasi memberikan dampak signifikan termasuk dalam penyelenggaraan pelayanan publik tingkat desa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mendalami pengaruh transformasi desa digital melalui pengenalan dan implementasi Sistem Informasi Desa (SID) di desa Kalajena Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan literasi digital komponen desa, mengidentifikasi potensi perubahan dalam efisiensi administratif desa, transparansi pemerintahan desa, dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengambilan keputusan melalui adopsi teknologi informasi. Dalam pelaksanaan kegiatan, digunakan metode pendekatan partisipatif yang melibatkan interaksi secara intensif bersama perangkat desa dan masyarakat. Tahapan di mulai dengan sesi pengenalan konsep SID sebagai landasan teoritis, dilanjutkan dengan proses implementasi openSID secara offline atau pada jaringan komputer lokal dan uji coba implementasi secara online. Tahapan implementasi online berkaitan dengan penyewaan hosting dan melakukan pendaftaran domain. Selanjutnya, pelatihan praktis pengoperasian SID yang bertindak sebagai admin untuk perangkat desa, kemudian pengoperasian SID sebagai pengunjung kepada masyarakat desa. Hasil dari kegiatan ini menggambarkan peningkatan pemahaman serta kesadaran perangkat desa dan masyarakat akan potensi transformasi melalui penggunaan SID. Penerapan SID mampu menghasilkan efisiensi dalam proses administratif desa, meningkatkan transparansi dalam penyampaian informasi pemerintahan desa, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam berbagai proses pengambilan keputusan dalam penerapan kebijakan desa.
EDUKASI MANFAAT ASI EKSLUSIF DAN PEMBERIAN COOKIES DAUN KATUK UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ASI DI POSYANDU LEWIJAMBU Alkhair, Alkhair; Nursahida, Nursahida; Wahyuningsih, Neneng; Khatimah, Nur Husnul; Ma’arij, Aman; Fathurrahman, Fathurrahman
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4147

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber nutrisi paling ideal bagi bayi, karena mengandung berbagai zat gizi serta komponen pelindung penting yang berperan dalam menunjang proses tumbuh kembang secara optimal. Kandungan ASI yang sangat kaya dan kompleks—termasuk ratusan senyawa bioaktif—berkontribusi besar dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Dengan pemberian ASI yang optimal, risiko bayi mengalami infeksi dapat dikurangi, sekaligus menurunkan angka kesakitan dan kematian pada masa awal kehidupan. Rendahnya tingkat keberhasilan program ASI eksklusif dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya pemahaman ibu mengenai manfaat dan tujuan dari pemberian ASI eksklusif, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kegagalan dalam praktik pemberian ASI secara optimal. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan penanaman pemahaman tentang manfaat ASI Ekslusif Bayi Ibu dan Anak, serta manfaat Daun Katuk dalam produktifitas ASI. Adapun metode yang dilakukan dengan metode ceramah dan pengamatan secara langsung, serta tanya jawab, lalu dilanjutkan dengan pemberian Cookies Daun Katuk pada ibu menyusui. Setelah dilakukan kegiatan terjadi peningkatan pengetahuan ibu hamil dan menyusui tentang manfaat kesehatan dari ASI eksklusif bagi bayi dan ibu, peningkatan pengetahuan ibu tentang teknik pospel yang benar dan peningkatan pengetahuan ibu hamil dan menyusui, serta ibu menyusui sangat menyukai produk Cookies Daun Katuk untuk dikonsumsi.
PEMANFAATAN PANGAN FUNGSIONAL LOKAL SEBAGAI MAKANAN TAMBAHAN DAN EDUKASI TENTANG GIZI PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOLO Darmin, Darmin; Faujiah, Nur; Arini, Arini; Rhosmiati, Rhosmiati; Lestari, Eka Puji; Noris, M.
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4209

Abstract

Stunting merupakan masalah gizi kronis yang masih tinggi di Indonesia, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Kota Bima. Rendahnya pengetahuan ibu tentang pola makan sehat menjadi salah satu faktor penyebab utama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu yang memiliki bayi dan balita terkait bahaya stunting serta memperkenalkan makanan tambahan (PMT) berbasis pangan fungsional lokal berupa puding ubi ungu. Kegiatan dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Kolo melalui tahapan persiapan, survei, penyuluhan, pengukuran antropometri, dan pemberian PMT. Sebanyak 49 ibu mengikuti penyuluhan, dan 33 balita menerima PMT. Metode edukasi yang digunakan mencakup penyuluhan interaktif mengenai stunting, pemberian materi gizi, serta pelatihan pengolahan makanan lokal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan ibu mengenai pencegahan stunting dan pentingnya gizi seimbang. PMT yang diberikan diterima dengan baik oleh balita dan terbukti memiliki manfaat dalam mendukung pertumbuhan. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa kombinasi penyuluhan gizi dan inovasi PMT berbasis pangan lokal dapat menjadi strategi yang efektif dalam upaya pencegahan stunting secara berkelanjutan di tingkat masyarakat.
PERAN FASILITATOR DALAM PENDAMPINGAN UMKM NASABAH BANK X DI KANTOR CABANG WELERI Andani, Rosy Ayu; Yusuf, Amin
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4222

Abstract

UMKM merupakan sektor penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan. Namun, pelaku UMKM masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan akses informasi, pengetahuan manajerial, serta keterampilan digital. Hal tersebut juga dirasakan oleh pelaku UMKM Nasabah Bank X yang nasabahnya adalah perempuan prasejahtera produktif. Menjawab tantangan tersebut, Bank X membuat Program Pendampingan Usaha melalui kolaborasi dengan Universitas, sebagai bentuk pemberdayaan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran fasilitator dalam pendampingan usaha. Metode pengabdian dilakukan melalui pendampingan empat sesi dimana setiap sesi ada empat kali pertemuan dengan pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitator menjalankan peran sebagai edukator, motivator dan pendamping teknis yangefektif dalam peningkatan kapasitas usaha, khususnya dalam aspek pemasaran digital dan manajemen usaha. Secara keseluruhan program ini menunjukan bahwa fasilittaor berkontribusi nyata dalam menguatkan usaha UMKM secara partisipatif dan berkenlanjutan.
LITERASI ETIKA DIGITAL UNTUK PELAJAR SMK DALAM MEMBENTUK GENERASI KREATIF DAN BERTANGGUNG JAWAB Rosalina, Indah Fajar; Sari, Wina Puspita; Noer Seyma El Farab, Qoryna; Putrian, Muria; Clementhius Valendyawan, Helix; Ramadhani Kamaludin, Idzni; Ahmad Burhanuddin, Radyta
Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2 (2025): Juli
Publisher : LPPM IAI Muhammadiyah Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52266/taroa.v4i2.4811

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa SMKN 33 Jakarta terhadap etika dalam berinternet. Pelajar sebagai generasi digital perlu dibekali dengan literasi yang tidak hanya mencakup kemampuan teknis, tetapi juga nilai-nilai etis dalam berinteraksi di ruang digital. Melalui pelatihan dan workshop yang dilaksanakan pada 20 Mei 2025, tim dosen dan mahasiswa dari Program Studi D4 Humas dan Komunikasi Digital Universitas Negeri Jakarta membekali siswa dengan pemahaman mengenai hak cipta, privasi, dan keamanan digital. Pelatihan juga dilakukan dengan pendampingan pembuatan konten dan membuat caption dengan kalimat marketing yang beretika. Praktik pemasaran itu sejalan dengan kebutuhan siswa SMK yang erat dengan aplikatif kegiatan pemasaran. Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta dokumentasi kegiatan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam mengenali bentuk pelanggaran etika digital serta mendorong mereka untuk lebih bijak dan produktif dalam memanfaatkan media digital sesuai bidang keahlian mereka

Page 1 of 2 | Total Record : 15