cover
Contact Name
Taufik Raharjo
Contact Email
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Phone
+6281329643926
Journal Mail Official
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Editorial Address
Politeknik Keuangan Negara STAN Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
ISSN : 26848120     EISSN : 26861143     DOI : https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1178
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini minimal 10 artikel per tahun. Artikel yang dimuat meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan dengan penerapan pengetahuan (Pertanian, Perikanan, Kelautan, Lingkungan Hidup, Manajemen Bencana, Kesehatan, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sosial, dan Budaya, Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pendidikan) dalam memberdayakan masyarakat. Setiap artikel yang dikirim ke Editor, akan ditinjau dan diteliti oleh dewan editorial untuk kelayakan atau publikasi tanpa mengurangi substansi artikel. Semoga artikel dalam jurnal ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan iilmu pengetahuan di Indonesia dan juga internasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2024): Edisi November" : 11 Documents clear
Pendampingan Pengukuran Kebijakan Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 Menuju Kebijakan Berkualitas Fitria, Nurul Jannah Lailatul
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2321

Abstract

Pemerintah wajib membentuk kebijakan yang berkualitas. Kebijakan berkualitas baik akan memberikan dampak baik yang dominan pada masyarakat. Pengukuran kualitas kebijakan masih belum dioptimalkan. Pemerintahan membutuhkan peran administrator dalam membentuk kebijakan. Keberhasilan maupun kegagalan adanya kebijakan bergantung pada kegiatan analisa. Sehingga perlu adanya studi analisis dan pengukuran kebijakan secara berkelanjutan. Studi analisa dapat diselenggarakan pihak akademisi maupun para analisis profesional. Riset terkait  studi analisa terdiri dari analisis kebijakan tertentu, riset kebijakan, dan riset ilmu terapan lingkup sosial. Kebijakan publik berkaitan dengan lingkup akademisi, terutama prodi Administrasi Publik. Khususnya mitra PkM ini belum paham akan pengukuran kualitas kebijakan. Baik dalam analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Maka dari itu tim pengabdian menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pendampingan bagi mahasiswa prodi Administrasi Publik terkait materi kebijakan publik dan kualitas kebijakan publik serta terkait pada kebijakan NTPD 112 Kota Probolinggo. Pada kegiatan ini dibagi menjadi 6 acara meliputi pretest, penyuluhan, pendampingan, diskusi, posttest, serta pembagian e-book. Mitra berantusias dengan interaktif dan tidak ada yang meninggalkan acara. Serta mitra meminta adanya kegiatan berkelanjutan. Selain itu, sesuai indikator keberhasilan menunjukkan kegiatan berhasil membuat mitra yang awalnya tidak mengetahui dan tidak memahami materi kebijakan publik, pengukuran kualitas kebijakan, dan kebijakan NTPD 112 Kota Probolinggo menjadi mengetahui dan memahami materi. Bahkan tidak hanya sekedar teori, tetapi mitra diajak untuk praktik langsung.
Pengembangan Usaha Tunggak Jati Menuju UMK Naik Kelas di Desa Tremes Kabupaten Wonogiri Cahyadin, Malik; Rarastyasa, Rahma Anggana; ’Aini, Qurrota; Hanifah, Autiya Za’im Mar’atu; Muharromy, Ratih Evy; Lusyana, Dina; Pambayun, Osama Wara; Kirana, Leony Candra; Qudsi, Rizal Muhaimin; Subekti, Ningam; Sutardi, Binar Satrio
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2429

Abstract

Usaha Tunggak Jati merupakan salah satu usaha yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Desa Tremes Kabupaten Wonogiri. Ketersediaan pohon jati yang mencukupi menjadi salah satu faktor para pelaku usaha kayu membuat produk tunggak jati. Hasil penjualan produk tersebut berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan keluarga. Oleh sebab itu, pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi usaha tunggak jati menjadi usaha mikro kecil naik kelas. Pendampingan ini dilakukan selama bulan Juli-Agustus 2023. Metode partisipatoris digunakan untuk menjabarkan tujuan kegiatan. Temuan kegiatan mengungkap bahwa pelaku usaha tunggak jati telah mampu mengembangkan usaha mulai dari faktor produksi, pemasaran, dan keuangan untuk mendukung usaha kecil yang berkelanjutan. Pencapaian proses skala usaha ini berimplikasi terhadap jumlah produksi, jumlah pembeli, dan pendapatan keluarga yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dengan demikian, pemerintah daerah dapat memfasilitasi peningkatan kualitas produk tunggak jati untuk mendorong daya saing di pasar global.
Transformasi Komunikasi Pemasaran pada UMKM Melalui Pendampingan dalam Mengelola Konten Media Sosial Lusianingrum, Farah Putri Wenang; Pertiwi, Widya Nur Bhakti; Widikusyanto, Muhammad Johan; Puspitasari, Andini; Rahmah, Naharotul Izza
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2439

Abstract

“Kue Bangkit Fafin” merupakan UMKM yang menjadi unggulan di Kota Serang, namun saat ini menghadapi masalah penurunan omset akibat pandemi COVID-19. Untuk mengatasi masalah ini, ”Kue Bangkit Fafin” perlu meningkatkan komunikasi pemasaran dalam media digital. Pada kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra yaitu ‘Kue Bangkit Fafin’ dalam komunikasi pemasaran di media sosial. Metode untuk implementasi kegiatan pengabdian meliputi survei; persiapan;  pelaksanaan; dan evaluasi. Program pengabdian melalui pendampingan komunikasi pemasaran telah berhasil dilaksanakan. Keberhasilan program terlihat melalui peningkatan pengetahuan mitra tentang komunikasi pemasaran di sosial media sebesar 44,44 persen. Selain itu, kemampuan mitra untuk membuat pesan interaktif, informasi, edukasi, dan hiburan untuk komunikasi pemasaran di sosial media Instagram juga meningkat.
PKM : Digitalisasi Aktivitas Geowisata Kawasan Geopark Bayah Dome untuk Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Karyaningsih, Dentik; Munandar, Tb Ai
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2444

Abstract

Perubahan digital telah merubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam sektor pariwisata pada masa sekarang ini. Dalam hal ini, Digitalisasi dalam pariwisata merujuk pada pemanfaatan teknologi digital untuk memperkenalkan, meningkatkan, dan mengelola destinasi geowisata. Meskipun Kawasan Geopark Bayah Dome memiliki potensi alam yang luar biasa, kekurangan digitalisasi dalam kegiatan pariwisata telah menjadi hambatan bagi pengembangan pariwisata berkelanjutan di kawasan ini. Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep digitalisasi dalam kegiatan pariwisata di Kawasan Geopark Bayah Dome sebagai langkah strategis untuk mendukung pariwisata berkelanjutan. Melalui kolaborasi antara peneliti dari akademisi, masyarakat lokal kawasan, dan  otoritas terkait, kami berhasil mengembangkan solusi digital yang dapat meningkatkan pengalaman wisatawan, mempromosikan warisan budaya lokal, dan mendukung pelestarian lingkungan, Dalam pengabdian ini, kami membantu paguyuban UMKM melalui pengurus dan pengelola kawasan geowisata, pelaku kriya dan homestay di sekitar desa sawarna dengan mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan daya saing destinasi geowisata mereka diantaranya dengan mempromosikan bisnis dengan google bisnisku serta content promosi berupa editing foto dan video dengan canva. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengedukasi masyarakat lokal kawasan geowisata tentang potensi dan manfaat digitalisasi geowisata dan membantu pengembangan dan promosi destinasi geowisata lokal melalui pemanfaatan platform digital.
Era Baru Program Relawan Pajak: Pemanfaatan Media Sosial dalam Penyuluhan Pajak Asqolani, Asqolani; Adhitama, Satria; Johantri, Bagas
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2448

Abstract

Penggunaan media sosial dalam penyuluhan pajak menjadi fenomena dalam upaya meningkatkan kepatuhan pajak. Penduduk Indonesia cukup banyak yang merupakan penduduk produktif berusia 15-64 tahun, yang termasuk Generasi Z (Gen Z). Generasi Z, yang lahir di era internet, dapat dimanfaatkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai relawan pajak. Mereka dapat membantu menyebarkan materi pendidikan perpajakan melalui teknologi internet serta memberikan bantuan dalam pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di berbagai lokasi seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), kantor wilayah DJP, dan tempat lain yang memerlukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendukung DJP dalam meningkatkan kepatuhan dan pemahaman masyarakat tentang perpajakan, terutama dalam pengisian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Program relawan pajak diharapkan dapat secara aktif menyebarkan informasi melalui berbagai platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, atau Spotify, sehingga generasi muda yang produktif dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai pajak. 
Pendampingan Penyusunan Perencanaan Bisnis dalam Mendukung Kearifan Lokal Maluku Utara Sebagai Produk Unggulan Nasional Bin Mahmud, Muhammad Daud; Quilim, Cici Aryansi
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2527

Abstract

Perencanaan bisnis yang baik dapat meningkatkan kinerja suatu bisnis sehingga dapat memberikan dampak positif dalam menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif. Begitu juga dengan pengelolaan bisnis yang tidak direncanakan dengan baik dapat menjadi penyebab suatu bisnis tidak dapat bertahan lama (unsustainable). Masalah yang selalu menjadi temuan pada pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah minimnya kesadaran pelaku usaha tentang pentingnya perencanaan bisnis pada tahapan memulai bisnis. Masalah tersebut menjadi alasan dilakukannya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini, yaitu untuk mendampingi pelaku usaha yang baru memulai bisnis untuk merencanakan pengelolaan bisnisnya agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode yang digunakan yaitu pendampingan intensif selama 6 bulan. Hasil evaluasi dari kegiatan yang dilakukan selama 6 bulan menunjukan bahwa tahapan yang direncanakan dalam perencanaan PKM ini telah terealisasi dengan baik. Tahapan tersebut meliputi perumusan nama produk, perancangan desain kemasan, perhitungan harga pokok produksi untuk penetapan harga jual produk, analisis potensi pasar dan perencanaan strategi bisnis, penyusunan bisnis model canvas, penyusunan program kerja pengembangan, dan rekomendasi pengajuan label halal produk. 
Pendampingan Penghitungan Zakat pada Muzakki Melalui Kemitraan Masruroh, Nikmatul; Hamdani, Irfan
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2537

Abstract

Pengabdian ini memiliki tujuan, pertama, memberikan wawasan kepada para muzakki tentang cara penghitungan zakat mal yang harus dikeluarkan, kedua melakukan pendampingan penghitungan zakat dari jenis zakat mal yang akan dikeluarkan. Tujuan tersebut dicapai dengan model kemitraan yang dilakukan antara BAZNAS Jember dengan UIN Kiai Haji Jember sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf. Pengabdian berbentuk collaborative action antara dua lembaga, yaitu BAZNAS Jember dengan UIIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Sehingga dalam hal ini ada keterlibatan para praktisi serta juga BAZNAS sebagai pengelola dan penyalur zakat. Hasil pengabdian ini, pertama muzakki memiliki wawasan yang cukup dengan mengikuti kegiatan pendampingan ini. Sehingga mereka memahami haul dan nishab dalam mengeluarkan zakat. Kedua, pendampingan penghitungan zakat menjadikan muzakki paham hitungan zakat dari harta yang mereka miliki. Selain itu, pendampingan ini juga meningkatkan kredibilitas BAZNAS sebagai lembaga pengelola zakat. Pendampingan ini juga menghasilkan akuntabilitas penghitungan harta zakat yang dilakukan oleh muzakki dan BAZNAS Jember. Pola kemitraan dalam melakukan pendampingan menjadikan proses pendampingan menjadi lebih mudah dan sosialisasi lebih mudah dipahami oleh para muzakki.
Optimalisasi Bisnis Mahasiswa dengan Pelatihan dan Pendampingan Sertifikasi Halal Hayati, Mardiyah; Firdaus, Mohammad Wahyu; Latif, Muhammad; Nugroho, Taufik Rizal Dwi Adi; Rahman, Askur; Wijayanti, Dian Eswin
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2543

Abstract

Konsumen Indonesia saat ini semakin memperhatikan aspek kehalalan produk makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Hal ini didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi produk yang aman dan sesuai dengan syariat Islam. Perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha untuk memiliki sertifikasi halal produk yang juga sejalan dengan program pemerintah. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pengajuan sertifikasi halal kepada 25 kelompok usaha mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura kategori makanan dan minuman. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada bulan September 2023 dengan metode pelaksanaan berupa ceramah dan pendampingan atau mentoring. Materi pelatihan meliputi aspek-aspek penting dalam pengajuan sertifikasi halal, seperti pembuatan akun, persyaratan dan prosedur pengajuan sertifikasi halal. Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan pengabdian ini dapat dikategorikan berhasil terlaksana dengan baik. Peserta mampu memahami materi yang disampaikan, serta mampu menyusun dokumen pengajuan sertifikasi halal dengan baik. Namun, perlu strategi khusus agar kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh banyak pihak.
Peningkatan Kinerja Penjualan Olahan Beku Melalui Pemasaran Digital Produk Mendekati Kedaluwarsa pada UKM Pasar Ciroyom Supriyati, Supriyati; Bahri, Ramadhan Syaeful; Khoerunisa, Asti; Natansya, Tyas Sylva Fitrian; Nissa, Rika Sovyatun; Fernaldy, Kevin
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2576

Abstract

Rumah olahan produk beku di Pasar Ciroyom salah satunya adalah UKM Rumah Beku dan PD Ajat yang berlokasi di Kelurahan Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung. UKM Rumah Beku dan PD Ajat termasuk dalam klaster Usaha Kecil bidang Penjualan Produk Beku (Frozen Food). Dalam menjual produknya Organisasi UKM Rumah Beku dan PD Ajat masih mengadopsi metode tradisional dalam strategi pemasaran dan penjualan produk mereka, tanpa memanfaatkan aplikasi. Berdasarkan temuan dari wawancara dan observasi langsung dengan pemilik bisnis, beberapa tantangan telah diidentifikasi. Salah satu masalah utama adalah ketidakmampuan mengendalikan masa kedaluwarsa produk, yang menyebabkan produk yang sudah kedaluwarsa harus dibuang dan tidak dapat dijual lagi. Untuk menanggulangi masalah tersebut, langkah yang diambil adalah menerapkan sebuah aplikasi yang telah dirancang dan disesuaikan khusus, bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran dan penjualan produk yang mendekati masa kedaluwarsa. Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan penjualan sebelum produk melewati tanggal kedaluwarsa, serta meningkatkan pendapatan bagi UKM Rumah Beku dan PD Ajat. Berdasarkan temuan dari mitra yang telah dinilai, dapat disimpulkan bahwa mereka memerlukan sebuah platform yang mampu memasarkan dan menjual produk yang dekat dengan tanggal kedaluwarsa dengan harga diskon. Diharapkan langkah ini mampu meningkatkan performa penjualan usaha mereka melalui pemanfaatan teknologi informasi.
Pemanfaatan Limbah Organik Sebagai Pupuk Kompos di Kawasan Wisata Hutan Meranti, Karang Joang, Balikpapan Hudayarizka, Riza; Sholikah, Umi; Fransiska, Shella Margaretha; Nurazkiyah, Syifa; Anggreini, Misa; Fauziyyah, Aisyah Rezki; Kasih, Asha Hanjar; Tiaryo, Christianus; Nabilah, Audrey; Londong, Roni
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 6 No 2 (2024): Edisi November
Publisher : Politeknik Keuangan Negara STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31092/kuat.v6i2.2673

Abstract

Wisata Hutan Meranti yang berlokasi di kota Balikpapan merupakan salah satu destinasi wisata baru yang masih berfokus mempromosikan hutan lindung khususnya pohon meranti. Luas wilayah Wisata Hutan Meranti adalah 77 hektar menjadi salah satu sumber daya alam yang sangat berpotensi untuk dikembangkan kedepannya. Hutan yang ditanami jenis pohon meranti ini menghasilkan sampah organik berupa daun dan ranting dalam jumlah yang cukup besar. Sampah organik yang ada di Wisata Hutan Meranti belum dimanfaatkan dengan maksimal karena hanya ditumpuk dan dibakar begitu saja. Hal ini dapat menyebabkan polusi udara dan pencemaran lingkungan. Pembuatan kompos dari bahan organik seperti daun dan ranting dapat menjadi salah satu solusi dalam pemanfaatan sampah organik yang ada di Wisata Hutan Meranti. Produk kompos yang dihasilkan juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai komoditas dengan nilai ekonomi. Untuk mendukung kegiatan pembuatan kompos, dibangun juga satu buah bangunan rumah kompos yang difungsikan sebagai tempat proses pembuatan dan penyimpanan kompos. Pada kegiatan pengabdian masyarakat juga dilakukan pembagian kuisioner untuk melihat dan mengevaluasi pemahaman masyarakat terkait pengolahan limbah organik khususnya pengomposan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11