cover
Contact Name
M. Fahli Zatrahadi
Contact Email
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Phone
+6281371856122
Journal Mail Official
m.fahli.zatra.hadi@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27758060     DOI : 10.24014/japkp.v3i1.16380
Jurnal Admnistrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, merupakan media komunikasi ilmiah antar peminat ilmu Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal ini mengangkat tulisan/karya ilmiah seputas Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan kajian ilmiah atas masalah-masalah yang berkembang dalam Sekolah, masyarakat, gagasan-gagasan orisinal dan juga ringkasan hasil penelitian yang dituangkan dalam bahasa Indonesia. Artikel dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan. urnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan (JAPKP) menerbitkan artikel tentang praktik, teori, dan penelitian di semua bidang Administrasi Pendidikan dan Bimbingan Konseling yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada: Administrasi Sekolah Administrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran Manajemen Pendidikan Manajemen Perkantoran Supervisi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pribadi Bimbingan dan Konseling Sosial Bimbingan dan Konseling Karier Bimbingan dan Konseling Akademik Bimbingan dan Konseling Sekolah Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi Penilaian dalam Bimbingan dan Konseling Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Konseling Perorangan Konseling Multikultural Analisis dan Modifikasi Perilaku Bimbingan dan Konseling untuk Penyandang Cacat Evaluasi dan Pengawasan dalam Bimbingan dan Konseling Manajemen Bimbingan dan Konseling Rencana karir Psikologi Pendidikan Psikologi Kesehatan Teknik Komunikasi
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan" : 10 Documents clear
Implementation Of Boarding School Management At Madrasah Aliyah Negeri Rusdi, Dianna; Setyaningsih, Rini
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.31291

Abstract

This study aims to analyze the implementation, supervision, and challenges of boarding school management at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Muara Fajar Rumbai. The study employs a descriptive qualitative approach with data collection techniques including interviews, observations, and documentation. Informants consist of the head of the madrasah, vice principals of curriculum and facilities, boarding school supervisors, and student boarders. Data were analyzed through reduction, presentation, and conclusion drawing, while data validity was ensured using source and technique triangulation. The findings indicate that the boarding school management at MAN 4 Muara Fajar Rumbai has implemented several flagship programs, such as English and Arabic language proficiency, as well as tahsin and tahfidz programs. Character development is conducted 24 hours a day, both at school and in the dormitory. Supervision is carried out formally through weekly routines and evaluations, as well as informally through remote communication during holidays. Challenges include limited facilities, students’ reluctance to stay in dormitories, burnout due to full-day programs, and technical issues in the dormitory environment, such as cleanliness, bullying, and facility damage. This study concludes that although the implementation of boarding school management is relatively effective, improvements in facilities and enhanced coaching strategies are necessary to address the challenges and improve students’ comfort. The findings of this study are expected to serve as a reference for the development of boarding school-based education systems in other institutions.
Hubungan Layanan Bimbingan Belajar Berbasis Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Susanti, Enda Agus; Anuar, Arman Bin; Fahmi, Ainul
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33125

Abstract

Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bergantung pada kurikulum yang baik, tetapi juga pada dukungan yang diberikan kepada siswa, salah satunya melalui layanan bimbingan belajar. Hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa menjadi semakin penting, mengingat peran motivasi dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 11 LUWU. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain analisis deskriptif korelasional, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 120  siswa kelas X dan XI dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert.  Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang tinggi. Analisis korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar siswa (r = 0,932, p < 0,05). Temuan ini pentingnya layanan bimbingan belajar sebagai instrumen kunci dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini mendukung investasi berkelanjutan dalam pengembangan dan peningkatan kualitas layanan bimbingan belajar di sekolah sebagai strategi untuk meningkatkan motivasi dan potensi keberhasilan akademik siswa.
The Impact Of Work Environment On Teacher Performance: A Case Study At Senior High School Ikhsan, Muhamamd; Irawati, Irawati; Herlinda, Fitra
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33133

Abstract

This study aims to analyze the influence of the work environment on the performance of educators at Senior High School 1 Bangkinang Kota. A quantitative approach was employed, utilizing a total sampling technique where all 84 educators were included as the sample. Data were collected using questionnaires and analyzed through simple linear regression with the assistance of SPSS software. The results revealed that the work environment at Senior High School 1 Bangkinang Kota was perceived as good, with 58.3% of respondents agreeing with the work environment indicators. The educators' performance was also rated as good, with 51.2% of respondents providing positive feedback. Statistical analysis indicated a significant influence of the work environment on educators' performance, with a t-value of 8.943 exceeding the t-table value of 1.989 and a significance level of 0.000 (below 0.05). The determination coefficient (R²) of 0.446 suggested that 44.6% of educators' performance is influenced by the work environment, while 55.4% is affected by other variables not examined in this study. These findings emphasize the importance of a conducive work environment in supporting the improvement of educators' performance. Therefore, it is recommended that the school, particularly the principal, continue to foster a comfortable and supportive work atmosphere to optimize the performance of educators.
Hubungan Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan dan Konseling dengan Self Efficacy Peserta Didik Ujung, Nursholihat; Arsini, Yenti
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.32172

Abstract

This study aims to analyze the relationship between the interpersonal communication of guidance and counseling teachers and the self-efficacy of students at MTs N 2 Medan. The research employs a quantitative approach with a correlation design. The sample consists of 192 students selected using simple random sampling. The instruments used in this study include the interpersonal communication scale and the self-efficacy scale. Data were collected and analyzed using SPSS version 23 for Windows, with Pearson correlation analysis used to measure the relationship between variables. The results indicate that the interpersonal communication of guidance and counseling teachers is categorized as moderate, with an average percentage of 74.6%, while students' self-efficacy is also categorized as moderate, with an average percentage of 72.84%. Data analysis reveals a positive and significant relationship between the interpersonal communication of guidance and counseling teachers and self-efficacy, with an r value of 0.710 and Sig. 0.000 (p < 0.05). This indicates a strong correlation between interpersonal communication and self-efficacy. Higher quality interpersonal communication by guidance and counseling teachers is associated with higher levels of student self-efficacy, and conversely, lower quality communication is associated with lower self-efficacy. The conclusion of this study is that effective interpersonal communication contributes to increased student self-efficacy. The practical implication of these findings emphasizes the importance of improving the quality of communication between guidance and counseling teachers and students to support the development of their self-efficacy.
Psikoedukasi Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Berbasis Media Sosial Tiktok Marwani, Titin; Galugu, Nur Saqinah; Suarja, Septya
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33177

Abstract

Kecemasan di kalangan mahasiswa menjadi masalah kesehatan mental yang membutuhkan perhatian serius. Selain stigma dan kurangnya informasi terkait kesehatan mental, mahasiswa sering mengalami tekanan akademik dan sosial yang meningkatkan risiko kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi berbasis media sosial TikTok dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-eksperimen pada satu kelompok tanpa kontrol. Sebanyak 28 mahasiswa angkatan 2021 menjadi sampel, yang dipilih secara total sampling, dan diberikan intervensi berupa psikoedukasi melalui lima video TikTok yang membahas tentang gejala, dampak, dan teknik manajemen kecemasan. Intervensi berlangsung selama 7 hari dengan pre-test dan post-test menggunakan skala kecemasan. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan penurunan kecemasan yang signifikan dari skor pre-test sebesar 78,61% menjadi 55,86% pada post-test (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa psikoedukasi berbasis TikTok efektif dalam mengurangi kecemasan pada mahasiswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan potensi penggunaan TikTok sebagai media intervensi kesehatan mental yang mudah diakses dan relevan bagi generasi mahasiswa. Diharapkan penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi pengaruh berkelanjutan dari penggunaan TikTok dalam psikoedukasi mental bagi audiens yang lebih luas.
Analisis Perilaku Membolos Siswa dan Penanganannya Hisma, Sabbi; Fahmi, Ainul; Suarja, Septya; Anuar, Arman Bin; Marhani, Marhani
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku membolos siswa, faktor yang mempengaruhinya, dan strategi penanganan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) di SMAN 9 Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua siswa sering terlambat dan tidak mengikuti mata pelajaran pertama akibat kurangnya kontrol diri dan pengaruh negatif teman sebaya. Selain itu, kurangnya pengawasan orang tua juga berperan penting. Guru BK menerapkan teknik kontrak perilaku dalam pendekatan behavioristik sebagai strategi penanganan. Intervensi ini berhasil mengurangi frekuensi membolos, yang dibuktikan dengan peningkatan kehadiran dan prestasi siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik kontrak perilaku efektif dan dapat diadaptasi di sekolah lain untuk menangani perilaku serupa.
Teknik Art Therapy “Membatik” Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Rahmiawan, Natasya Artamefilla; Khusumadewi, Ari; Purwoko, Budi; Winingsih, Evi
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33120

Abstract

Adolescence is characterized by emotional instability, which often leads to low emotional intelligence in individuals. This study aims to evaluate the effectiveness of art therapy techniques in improving adolescents' emotional intelligence. Using the Systematic Literature Review (SLR) method, journal searches were conducted online with the keywords "art therapy techniques and emotional intelligence," resulting in 8 selected journals published between 2017 and 2024 through Google Scholar. The findings indicate that art therapy, particularly the technique of batik-making, is effective in helping adolescents express their emotions through free patterns drawn on fabric while fostering precision and patience. In addition to enhancing emotional control and understanding, batik-making broadens adolescents' awareness of the importance of preserving traditional culture in the era of globalization. This study provides a foundation for further research on the potential of art therapy, especially batik-making, which remains underexplored in previous studies.
Layanan Bimbingan Karier Dengan Teknik Modelling Dalam Meningkatkan Karier Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Wadlhah, Zulfa Huwaidah; Khusumadewi, Ari; Winingsih, Evi
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33132

Abstract

Penggunaan teknologi sangat penting sebagai penunjang keberhasilan terlaksananya layanan bimbingan karier dalam peta Keputusan masa depan peserta didik. Untuk membantu pelaksanaan layanan bimbingan karier, guru bimbingan dan konseling perlu mempertimbanan Teknik yang digunakan dan juga media sesuai era majunya teknologi sekarang yaitu menggunakan video dengan Teknik modeling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penelitian relevan untuk mengetahui  efektifitas penggunaan teknologi yaitu media layanan bimbingan karier dengan Teknik modeling untuk meningkatkan pengetahuan karier peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan pedoman PRISMA (Preferred Reporting Items For Systematic Review And Meta Analyses). Pada penelitian ini adan 8 jurnal pada tahun 2021-2024 yang dikaji pada website Google Scholar dengan kata kunci “Layanan bimbingan karier dan Teknik modeling”. Hasil penelitian menyatakan bahwa layanan bimbingan karier dinyatakan efektif untuk menunjang pengetahuan karier peserta didik dikarenakan Teknik modeling yang digunakan sesuai kebutuhan mereka dan dapat menambah pengetahuan mengenai karier.
The Influence Of Headmaster Controlling On Teacher Professionalism In Madrasah Tsanawiyah Putri, Neti; Yuliharti, Yuliharti
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.32243

Abstract

This study explores the impact of headmaster supervision on teacher professionalism in Islamic Junior High Schools (Madrasah Tsanawiyah). Using a correlational research design, the study evaluates two primary variables: headmaster supervision (X) and teacher professionalism (Y). The research aims to quantify the degree of influence exerted by headmaster supervision on teacher professionalism. A total population of 64 teachers from the selected schools was surveyed, ensuring comprehensive data collection through questionnaires and documentation. Data analysis employed percentage-based quantitative techniques and simple regression analysis.Findings reveal a significant positive correlation between headmaster supervision and teacher professionalism, with a correlation coefficient of 0.710, exceeding the critical value of 0.246 at a 5% significance level. The coefficient of determination (R²) indicates that headmaster supervision accounts for 50.4% of the variance in teacher professionalism, with the remaining 49.6% influenced by other unexplored variables. These results underline the pivotal role of effective headmaster supervision in enhancing teacher professionalism, thereby contributing to the overall quality of education.
Remaja Fear Of Missing Out : Bagaimana Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Relatedness? Selfianti, Aulia; Galugu, Nur Saqinah; Zainuri, Muhammad Irham; Pribadi, Imam; Fahmi, Ainul
Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan Vol 5, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Pendidikan dan Konseling Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/japkp.v5i2.33122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dan perilaku Fear of Missing Out (FoMO) pada remaja. Fokus penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Palopo yang aktif menggunakan Instagram minimal satu jam per hari. Populasi penelitian berjumlah 428 siswa, dengan sampel 107 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria pemilihan ini berpotensi menimbulkan bias dan dapat mempengaruhi generalisasi hasil, namun relevan untuk memahami pola penggunaan Instagram yang tinggi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Instrumen penelitian mencakup skala intensitas penggunaan Instagram, relatedness, dan FoMO, yang dikembangkan menggunakan skala Likert. Reliabilitas dan validitas instrumen telah diuji dengan Cronbach's Alpha > 0,7 dan validitas menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan Instagram berpengaruh signifikan terhadap FoMO (p < 0,05), sementara relatedness tidak memiliki pengaruh signifikan (p > 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa FoMO dipicu lebih oleh interaksi dan perbandingan sosial yang terjadi di Instagram daripada kebutuhan keterikatan sosial (relatedness). Analisis regresi menunjukkan bahwa variabel penggunaan Instagram dan relatedness secara simultan berkontribusi sebesar 23,1% terhadap FoMO, menyiratkan adanya faktor lain di luar penelitian ini yang mempengaruhi fenomena tersebut. Penelitian ini menyarankan perlunya pemahaman yang lebih komprehensif mengenai dampak psikologis penggunaan media sosial dan menyarankan orang tua serta institusi pendidikan untuk membantu remaja dalam mengurangi dampak negatif dari FoMO. Implikasi praktisnya termasuk edukasi mengenai keseimbangan penggunaan media sosial dan peningkatan kesadaran tentang risiko perbandingan sosial. Temuan ini terutama relevan untuk platform seperti Instagram, namun keterbatasan penelitian ini terkait generalisasi terhadap platform media sosial lain perlu diperhatikan dalam studi lanjutan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10