Jurnal Manajemen dan Bisnis
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN 2775-9806 (cetak) dan ISSN 2775-9814 (Online), dikelola Program Studi Manajemen diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Jurnal Manajemen dan Bisnis diterbitkan dua kali setahun (pada Maret dan September). Menerima artikel yang akan direview oleh editor internal maupun eksternal. Selanjutnya artikel tersebut akan direview oleh reviewer kami dengan keahlian terkait. Artikel akan ditinjau oleh peer review double-blind. Jurnal Manajemen Bisnis menerima artikel dalam cakupan sebagai berikut: Bidang fungsional manajemen: Keuangan, Pemasaran, Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia Kewirausahaan Etika bisnis Keberlanjutan Manajemen Pengetahuan dan Organisasi Pembelajaran
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 1 (2025)"
:
11 Documents
clear
SIMULASI MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA MELALUI KONTEN TIKTOK, REELS DAN SHORTS
Meliantari, Dian;
Tarmizi, Achmad
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5384
Biaya wisata yang cukup mahal membuat banyak masyarakat tidak bisa menikmati keindahan wisata, belum lagi ditambah dengan biaya transportasi dan akomodasi yang tinggi. Hal tersebut membuat semakin mahalnya masyarakat untuk dapat berwisata di Indonesia. Untuk itulah wisata virtual menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Melalui video yang menarik tentu masyarakat bisa turut menikmati keindahan tempat-tempat wisata secara virtual. Penelitian ini mengamati variabel tiktok, reels dan shorts kaitannya terhadap simulasi minat berkunjung ke destinasi wisata. Pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 100 sampel menggunakan rumus Hair dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier beranda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tiktok dan Reels berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung tapi variabel Shorts tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Secara simultan variabel Tiktok, Reels dan Short berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.
PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN ARUS KAS TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA UMKM DI ERA DIGITAL
Khaled, Januar;
Kamil, Islamiah;
Prihanto, Hendi;
Venni, Riska
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5397
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan manajemen arus kas terhadap keberlangsungan usaha pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dalam era digital yang dinamis, UMKM menghadapi tantangan dalam menjaga kestabilan likuiditas serta mengelola penerimaan dan pengeluaran kas secara efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 200 pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik manajemen arus kas yang baik secara signifikan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM, terutama dalam menjaga kestabilan keuangan dan menghadapi ketidakpastian ekonomi. Temuan ini merekomendasikan perlunya pelatihan dan pendampingan UMKM dalam pengelolaan arus kas secara digital dan terencana.
OPINI AUDIT,TATA KELOLA DAN AUDIT DELAY, TINJAUAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Yolifiandri, Yolifiandri;
Kamil, Islamiah;
Anjarwati, Sri;
Perkasa, Didin Hikmah
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5358
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dengan fokus khusus pada sektor pertambangan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi seberapa besar pengaruh dari komite audit, komisaris independen, komisaris institusional, dan opini audit terhadap lamanya waktu yang diperlukan dalam proses audit. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi linier berganda, dengan SPSS digunakan untuk melakukan uji asumsi klasik, regresi, dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit, komisaris institusional, dan opini audit berpengaruh secara signifikan terhadap audit delay, yang berarti faktor-faktor ini dapat mempercepat atau memperlambat proses audit. Namun, komisaris independen tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap audit delay. Hasil dari uji simultan juga menunjukkan bahwa semua variabel independen bersama-sama mempengaruhi audit delay. Penelitian ini memberikan wawasan penting dalam memahami bagaimana faktor-faktor tata kelola perusahaan, pengawasan komite audit, dan peran komisaris institusional dapat mempengaruhi efisiensi dalam proses audit.
KINERJA KARYAWAN DIPENGARUHI DIGITAL LEADERSHIP, KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFEKTIVITAS DALAM KOMUNIKASI
Prihanto, Hendi;
Hadi, Muhammad Farhan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5316
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepemimpinan, Kecerdasan Emosional dan Komunikasi Yang Efektif Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data pimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik (convenience sampling) yang berjumlah 65 orang yang merupakan Bank Mandiri Taspen Proklamasi, Jakarta Pusat. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (statistik) dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, validitas, reliabilitas, regresi linear berganda, hipotesis (t), dan hipotesis (R2). Untuk membantu proses penyelesaian penelitian ini maka analisis statistik ini dibantu dengan program aplikasi statistik SPSS 27 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepemimpinan Digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, Kecerdasan Emosional tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan, dan Komunikasi Yang Efektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan.
PERAN LITERASI KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE: STUDI MEDIASI KEPERCAYAAN KONSUMEN
Iqbal, Muhammad;
Asmara, Rina Yuliastuty;
Kamil, Islamiah
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5788
Dalam era digital yang kian mendalam menyentuh berbagai aspek kehidupan, keputusan konsumen dalam berbelanja online tidak hanya dipengaruhi oleh promosi dan harga, tetapi juga oleh pemahaman finansial serta tingkat kepercayaan terhadap platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi keuangan dan pemasaran digital terhadap keputusan pembelian online, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Melalui pendekatan kuantitatif dan penyebaran kuesioner online kepada 200 pengguna aktif e-commerce di wilayah Jabodetabek, data dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik literasi keuangan maupun digital marketing secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kepercayaan konsumen berperan penting sebagai jembatan yang memperkuat hubungan antara eksposur pemasaran dan pengambilan keputusan. Temuan ini menegaskan pentingnya membangun strategi pemasaran yang tidak hanya kreatif, tetapi juga etis dan transparan, serta perlunya meningkatkan literasi keuangan di tengah masyarakat digital. Penelitian ini tidak hanya memperkaya ranah akademik, tetapi juga menyuarakan kebutuhan akan konsumen yang cerdas, kritis, dan bijak dalam mengarungi ekosistem belanja online yang terus berkembang.
STRATEGI KORAN JAWA POS MEMPERTAHANKAN BISNIS MEDIA CETAK DI ERA DIGITAL
Setiadarma, Dani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5787
Penelitian ini menganalisa strategi yang diterapkan Koran Jawa Pos dalam menghadapi persaingan perkembangan teknologi yang dihadapi bisnis media massa di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa Koran Jawa Pos telah berhasil bertahan selama lebih dari tujuh dekade dengan menunjukkan kemampuan adaptasi yang tinggi dan strategi yang efektif. Perubahan visual yang signifikan, fokus pada berita lokal, adanya program kegiatan sosial, serta pemberian ruang untuk publik merupakan beberapa strategi yang diterapkan untuk membangun opini publik dan mempertahankan audiens. Meskipun menghadapi persaingan ketat dari media digital, Koran Jawa Pos masih memiliki beberapa keunggulan, seperti pengalaman, koleksi arsip, nilai sentimental, dan interaksi sosial. Sebagai saran, Koran Jawa Pos perlu memperkuat konten lokal, menerapkan strategi digital yang efektif, meningkatkan kualitas konten, mencari sinergi dengan media digital, dan menjalankan program loyalitas pembaca untuk mempertahankan eksistensi dan relevansi di masa depan.
PERAN CITRA DESTINASI, AKSESIBILITAS, DAN KEPUASAN WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN NIAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN KE YOGYAKARTA
Apriani, Ari;
Wahdiniawati, Siti Annisa;
Saputri, Ika Puji;
Randyantini, Vely
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5296
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra destinasi, aksesibilitas, dan kepuasan wisatawan terhadap niat kunjungan ulang wisatawan ke Yogyakarta. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya tingkat kunjungan ulang meskipun Yogyakarta memiliki potensi wisata yang unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada wisatawan yang telah mengunjungi Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan model persamaan struktural berbasis varians (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi dan aksesibilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, serta terhadap niat kunjungan ulang. Selain itu, kepuasan wisatawan juga ditemukan memediasi pengaruh citra destinasi terhadap niat kunjungan ulang, namun tidak memediasi pengaruh aksesibilitas. Indikator utama yang memengaruhi citra destinasi adalah keunikan budaya dan keramahan masyarakat, sedangkan aksesibilitas dipengaruhi oleh ketersediaan transportasi dan infrastruktur yang memadai. Penelitian ini sejalan dengan studi terdahulu yang menunjukkan pentingnya pengelolaan citra destinasi dan aksesibilitas dalam meningkatkan loyalitas wisatawan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan strategis yang holistik dalam pengelolaan destinasi wisata. Pengelola destinasi disarankan untuk meningkatkan citra dan aksesibilitas destinasi, sekaligus menciptakan pengalaman wisata yang memuaskan untuk mendukung keberlanjutan pariwisata. Dengan demikian, Yogyakarta dapat mempertahankan posisinya sebagai destinasi wisata unggulan yang mampu menarik wisatawan untuk kembali. Penelitian ini juga membuka peluang untuk eksplorasi variabel tambahan seperti teknologi dan keberlanjutan dalam konteks pengembangan pariwisata.
PERAN SERIKAT PEKERJA DALAM MENYELESAIKAN PESELISIHAN HUBUNGAN INDUSTRIAL DI KOTA TANGERANG
Uniariny, Uniariny;
Nur, Auliah Ichwan;
Sulandri, Sulandri
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5784
Penelitian ini menggambarkan bagaimana serikat pekerja memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan hubungan industrial di Kota Tangerang, wilayah yang dikenal sebagai salah satu pusat industri terbesar di Provinsi Banten. Dalam kenyataan sehari-hari, ketegangan antara kebutuhan akan keadilan bagi pekerja dan tuntutan efisiensi dari pihak pengusaha kerap tak terhindarkan. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penelitian ini berupaya memahami lebih dalam bagaimana serikat pekerja hadir sebagai penyeimbang dalam relasi kekuasaan di tempat kerja. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, serta kajian dokumen, melibatkan berbagai pihak yang terlibat dalam konflik ketenagakerjaan. Hasilnya menunjukkan bahwa serikat pekerja tidak hanya menjadi pendamping dan pembela hak-hak pekerja, tetapi juga menjadi pengawas dalam proses perundingan, pengawal implementasi kesepakatan, penengah saat terjadi kebuntuan, serta penghubung yang mendorong dialog sosial. Peran-peran tersebut terbukti mampu meredam konflik sebelum membesar dan membawa penyelesaian yang lebih damai dan bermartabat. Penelitian ini menekankan bahwa kehadiran serikat pekerja yang aktif dan solid sangat penting dalam membangun hubungan kerja yang adil dan manusiawi, terutama di tengah kompleksitas dunia industri seperti yang terjadi di Kota Tangerang.
PENGARUH FREE SHIPPING PROMOTION, CUSTOMER RATING, DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION
Jundrio, Harry;
Dewi, Indira Tribhuwana Tungga;
Rahmatillah, Laila;
Nabela, Assyifa Rachma;
Ardiansyah, Ardiansyah;
Utami, Rahmi;
Andri, Shalfi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5864
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gratis ongkos kirim, penilaian konsumen, dan ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas. Jenis data penelitian yaitu data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, gratis ongkos kirim dan penilaian konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan ulasan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai R2 sebesar 0,645 yang artinya variabel gratis ongkos kirim, penilaian konsumen, dan ulasan konsumen mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 64,5%, sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel di luar variabel yang diteliti.
PERAN CORPORATE GOVERNANCE DALAM MEMEDIASI PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Novianti, Nunuk;
Wijaya, Indra;
Pinory, Clara Mayvinestania Sabrina
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2025)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.32509/jmb.v5i1.5934
This study aims to analyze the role of corporate governance (CG) in mediating the influence of financial performance and company size on company value in the banking sector in Indonesia. The research method uses a quantitative approach with an explanatory design, involving secondary data from the annual reports of banking companies listed on IDX for the period 2018–2023. Financial performance variables were measured using ROI, ROE, and total assets; company size was measured through total sales; company value was proxied by market capitalization; while CG was measured through institutional ownership, proportion of independent commissioners, number of commissioners, audit committee, and external audit quality. Data analysis was performed using SEM-PLS. The results show that financial performance and company size have a significant positive effect on company value, both directly and through the mediating role of CG. CG is proven to strengthen the relationship between financial performance and company size with company value, indicating that good governance enhances the credibility and accountability of companies in the eyes of investors. In addition, the direct effect of CG on company value is also proven to be significant, emphasizing the importance of governance practices in increasing company market value. This study contributes theoretically to expanding the literature on the mediating role of CG, while also providing practical implications for banking management to strengthen corporate governance as a strategy for long-term value enhancement.