cover
Contact Name
Tonni Limbong
Contact Email
tonni.budidarma@gmail.com
Phone
+6281267058001
Journal Mail Official
tonni.budidarma@gmail.com
Editorial Address
Yayasan Seri Amal Medan Jl. Hayam Wuruk Medan Kota email : seriamalmdn@yahoo.co.id Telephone : 061-4533294
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 28078896     DOI : 10.54367
Core Subject : Education,
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan is an online media for publishing scientific articles from research results, theses, dissertations and review journals. Each article published in the Image of Education and Learning is first carried out with a Plagiarism Screening process with a maximum amount of plagiarism of 25%.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1" : 10 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG DENGAN PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS II-C SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Kurniati Simbolon
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada materi bangun ruang di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-C SD St. Ignatius Medan. Hasil penelitian pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata 68,20. Pada siklus II yaitu siswa yang mendapat nilai tuntas sebanyak 20 siswa atau 83,33% sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa atau 16,67% dengan nilai rata-rata 82,79 maka terjadi peningkatan dari siklus I dibandingkan pada siklus II dan telah memenuhi ketuntasan yang sudah ditentukan. Selanjutnya aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I memperoleh rata-rata sebanyak 70 dan pada siklus II telah mengalami peningkatan menjadi 90. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan pada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya di kelas II-C SD St. Ignatius Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PEMAHAMAN MATERI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA ANASTASIA Lasmi Simanjuntak; Asnita Hasibuan; Berman Hutahaean
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman tentang materi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Anastasia Tahun Pembelajaran 2021/2022. Prosedur pada penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan sederhana yang hanya pada batasan validasi ahli dan revisi produk. Prosedur penelitiannya menurut pendekatan ADDIE adalah analisis, desain, development, implementation, evaluation. Pengambilan data menggunakan validasi yaitu validator ahli pengembangan model, validator ahli materi, validator guru bahasa Indsssssonesia tingkat SMP dan 29 siswa SMP Swasta Anastasia. Teknik pengumpulan data dan validasi dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) penilaian dari ahli pengembangan model pembelajaran diperoleh rata-rata 4,9 dengan kategori “sangat baik”; (b) penilaian ahli materi dengan rata-rata 4.9 dengan kategori “sangat baik”; (c) penilaian oleh guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 4.50 dengan kategori “sangat baik”; (d) penilaian oleh siswa sebagai pengguna (1) skala kecil dengan rata-rata 4,16 dengan kategori “baik” dan (2) skala sedang 4,61 dengan kategori “sangat baik”.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DENGAN MODEL COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEATS TOGETHER (NHT) DI KELAS VI-B SD SWASTA ST. YOSEF SIDIKALANG Liander Pandiangan
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kelas VI-B SD Swasta St. Yosef Sidikalang dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together. Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan karena peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran, dilihat dari kurang adanya antusias peserta didik untuk bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang diberikan pendidik, dan kurang adanya interaksi antara peserta didik dengan pendidik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdapat aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan test (pretest dan postest) dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas pendidik dan peserta didik, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari hasil belajar siklus I ke siklus II, dari data pretest siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 30 artinya tidak ada peserta didik yang mendapat nilai tuntas namun pada tes akhir siklus I peserta didik yang tuntas mencapai 69,57% dengan nilai rata-rata 70,86. Dan pada siklus 2 terjadi peningkatan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,91% dengan nilai rata-rata 77,39.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR KELAS I TAHUN AJARAN 2022/2023 SD ST. IGNATIUS MEDAN Losten Tamba; Eva Yunani Aritonang
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media lingkungan sekitar dengan melakukan penelitian tindakan kelas yaitu sebanyak 2 (dua) siklus siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu:(1) perencanaan (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tes yang digunakan berbentuk observasi dan wawancara yang berguna untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa dalam membaca setelah berlangsungnya proses tindakan. Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan membandingkan hasil pemahaman sebelum tindakan dengan hasil pemahaman setelah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lingkungan sekitar dalam pembelajaran membaca permulaan pelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas I-A. hal ini dapat dilihat rata-rata nilai pada siklus I, yaitu 76 dan sebanyak 60% siswa tuntas dalam pembelajaran. Dan siklus II, rata-rata nilai mencapai 88,33 dan 100% siswa tuntas dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil perbaikan, tindakan dan hasil pengamatan selama siklus I dan Siklus II, dapat disimpulkan bahwa siswa juga terlihat aktif,antusias selama proses pembelajaran dan lebih mandiri dalam menemukan,menuliskan, dan membaca setiap kata benda yang mereka amati sehingga pembelajaran yang berlangsung menjadi maksimal,dan pengetahuan yang diperoleh siswa juga lebih bermakna. Hal ini mempengaruhi hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas 1 (satu) yaitu sebanyak 100% siswa berhasil memperoleh nilai di atas KKM.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS 1 SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN PELAJARAN 2022 /2023 Fransisca Romana
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata materi penjumlahan dan pengurangan di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 dengan model quantum learning. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD ST. Ignatius Medan T.A 2022/2023 yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Sedangkan obyek penelitian adalah peningkatan hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil pembelajaran Matematika di kelas 1 SD St. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023 meningkat. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar yang dipereoleh siswa yaitu prasiklus dengan nilai rata-rata 69.67 dan ketuntasan klasikal 43%, pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 74.67 dan ketuntasan klasikal 47 %. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata diperoleh sebesar 84.67 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan di SD ST. Ignatius Medan tahun ajaran 2022/2023.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FIKSI DENGAN MIND MAPPING SISWA KELAS IV SD ST. YOSEF SIDIKALANG T.A 2022/2023 Hema Helena Ginting
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode mind mapping siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis sebanyak 10 soal pilihan ganda, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca dapat ditingkatkan melalui metode mind mapping. Peningkatan terjadi pada proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya kemampuan membaca teks fiksi dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, pada siklus I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 55% meningkat menjadi 85%. Dengan demikian, penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca teks fiksi siswa kelas IV SD St. Yosef Sidikalang
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPERAGAKAN GERAK TARI DENGAN MODEL COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING SISWA KELAS III SD ST. IGNATIUS MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023 Maria Septayana Ginting
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Memperagakan Gerak Tari dengan Model Collaborative Teamwork Learning Siswa Kelas III SD St. Ignatius Medan Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memperagakan gerak tari dengan model collaborative teamwork learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memuat dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; (1)perencanaan, (2)pelaksanaan, (3)observasi, (4)refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes praktik atau unjuk kerja dengan alat instrumen menggunakan rubrik penilaian terhadap kemampuan memperagakan gerak tari. Pada tahap pra siklus diperoleh data bahwa kemampuan siswa memperagakan gerak tari masih rendah, yaitu siswa yang mampu atau mendapat nilai di atas KKM hanya 10 orang atau 38% dari 26 siswa. Setelah diberikan tindakan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 69% dari 26 siswa. Selanjutnya setelah dilaksanakan siklus II semakin mengalami peningkatan menjadi 24 siswa atau 92% siswa mengalami peningkatan kemampuan memperagakan gerak tari. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memperagakan gerak tari.
UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA ANAK DENGAN MEDIA KARTU PESAN SINGKAT BERGAMBAR SISWA KELOMPOK B TK SANTO IGNATIUS MEDAN Roselin Roselin
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan dari minat membaca anak di kelompok B TK Santo Ignatius sehingga anak memiliki kemampuan yang baik dalam kegiatan membaca dengan media yang digunakan yaitu kartu pesan bergambar singkat. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelompok B TK Santo Ignatius yang berjumlah 18 peserta didik dan metode yang digunakan adalah metode kualtatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Siklus I pada tanggal 15 s/d 17 Febuari 2023 dan siklus II pada tanggal 20 s/d 24 Febuari 2023. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa anak merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran karena media yang digunakan menyenangkan bagi anak dan ini terlihat dari jumlah peningkatan anak yang dapat membaca dengan baik dan penggunaan media kartu bergambar singkat dapat meningkatkan kemampuan anak dalam membaca kata dan kalimat sederhana.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANAN ZAT CAIR DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PUTRI CAHAYA TP 2022/2023 Natalina Manurung
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi tekanan zat cair di kelas VIII SMP Swasta Putri Cahaya TP 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMP Swasta Putri Cahaya. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-3 yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II antara perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, yaitu pada siklus I sebesar 67,30%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,46%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi tekanan zat cair di kelas VIII-3 SMP Swasta Putri Cahaya TP 2022/2023.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PESAWAT SEDERHANA DENGAN MODEL INQUIRI SISWA KELAS VIII-3 SMP ST. PAULUS SIDIKALANG Rupeuli H. Sianturi
Quaerite Veritatem : Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2023): Volume 3 Nomor 1
Publisher : Yayasan Seri Amal Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materi Pesawat Sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus melalui model pembelajaran inquiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Identifikasi awal dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap hasil penilaian harian ke-2 yang dengan nilai masih banyak di bawah KKM. Data penilaian harian di tempat penelitian yang menunjukkan bahwa 57,5% memiliki nilai dibawah KKM, dengan rata-rata nilai 62,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 22,5% dari 25,0% menjadi 65,0%. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 42,5% dari 65,0% menjadi 90,0%. Hal tersebut telah memenuhi ketercapaian indikator keberhasilan tindakan yaitu minimal 85% siswa dalam kelas tersebut mencapai KKM ≥ 75. Rata-rata nilai pada siklus I meningkat dari 62,0 menjadi 73,25. Dan rata-rata nilai pada siklus II meningkat dari 73,25 menjadi 85,5. Artinya bahwa penggunaan model pembelajaran inquiri pada materi pesawat sederhana siswa kelas VIII-3 SMP St. Paulus dapat meningkatkan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10