cover
Contact Name
Louise Elizabeth
Contact Email
pcej.civil.@ukipaulus.ac.id
Phone
+6282189112243
Journal Mail Official
pcej.civil@ukipaulus.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS GEDUNG H KAMPUS UKI-Paulus Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan K.M. 13, Daya Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Paulus Civil Engineering Journal
ISSN : 27758613     EISSN : 27754529     DOI : https://doi.org/10.52722/pcej
Core Subject : Engineering,
Paulus Civil Engineering Journal (PCEJ) is a civil engineering scientific journal publishes every four months, March, June, September, and December. The first volume of PCEJ was published in 2019 with the mission of being a pioneer in publishing information media on the development of Civil Engineering research in Indonesia. As a national media, PCEJ can accommodate the need for media to disseminate the latest information and developments for researchers and Civil Engineering practitioners in Indonesia. Journal published by the Civil Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Kristen Indonesia Paulus in the Online Journal System (OJS). The scope of the Journal includes the following areas: Structure Water resources Transportation, Environmental Engineering, Construction Engineering Management Geotechnics as well as other fields of science related to these fields.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023" : 20 Documents clear
Analisis Kinerja Ruas Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar Fridolin Belegur, Felix; Tanan, Benyamin; Kamba, Charles
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Gowa dan Kabupaten Takalar merupakan dua wilayah kota Makassar yang dihubungkan oleh jembatan Barombong. Berdasarkan hasil survei, kapasitas badan jembatan tidak sesuai dengan jumlah kendaraan yang melintas sehingga terjadi kemacetan pada jam sibuk. Jembatan Barombong memiliki kapasitas 2346,9 skr/jam. Selain itu, pada jam puncak sore hari Sabtu, 24 September 2022 (17:00 – 18:00) terjadi volume lalu lintas tertinggi di Jembatan barombong dengan volume lalu lintas 2490,35 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan 1,061 skr/jam yang menunjukkan arus lalu lintas yang dipaksakan, kecepatan rendah dan volume diatas kapasitas (macet) pada kecepatan kendaraan ringan 18,55 km/jam. Dapat disimpulkan bahwa perbandingan kapasitas jalan terhadap volume lalu lintas belum sesuai metode PKJI 2014.
Analisis Pengaruh Balik Arah Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Depan UPPKB Maccopa) Alpius; Suba, Andhika; Jujun Sanggaria, Olan
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu indikator umum yang menjadi masalah lalu lintas adalah penempatan bukaan median, yang berfungsi sebagai opsi putar balik untuk mengurangi kemacetan. Namun, arus lalu lintas dapat mengalami kemacetan akibat dari fasilitas putar balik ini berupa kontribusi yang menjadi penghambat baik pada jalur satu arus maupun berlawanan arus. Adanya akses putar balik atau pembukaan median tidak sepenuhnya efektif untuk mengatasi masalah konflik. Salah satu dampak khusus dari akses balik arah adalah terjadi pengurangan kecepatan kendaraan dikarenakan adanya kendaraan yang akan melakukan balik arah sehingga terjadi perlambatan yang dilakukan pengemudi atau pengendara lain secara bersamaan. Pengaruh dari perlambatan terhadap arus lalu lintas memberikan efek secara keseluruhan pada satu arus yang sama. Penelitian ini menganalisis terkait pengaruh dari bukaan median pada pergerakan lurus serta balik arah dari kecepatan suatu kendaraan. Kajian ini dilakukan pada jalan dengan tipe 4/2 T yang memiliki bukaan balik arah (U-turn) pada jalan poros Makassar-Maros, Depan UPPKB Maccopa. Hasil penelitian ialah nilai rata-rata kecepatan pada jarak 100 m yang dapat dicapai oleh kendaraan yang akan melakukan putar balik. Hasil tersebut muncul karena pergerakan balik arah (U-turn) yang menyebabkan keadaan lajur dan lebar jalan serta bukaan median dari jalan 4/2 T berubah dari 12 m menjadi 15 m. Kendaraan yang melakukan putar balik diketahui memiliki kecepatan rata-rata terendah untuk kendaraan ringan yaitu 17,11 km/jam sedangkan kendaraan bermotor yaitu 25,51 km/jam.
Pemanfaatan Batu Sungai Walanae dalam Campuran AC – WC Menggunakan Bahan Tambah Serat Ijuk Dinulfy R. K. S, Lasty; Sihow Pongtimbang, Gabriel; Rachman, Rais
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perhatian harus diberikan pada masalah kualitas campuran aspal dan rongga penting, sehingga penelitian tambahan dilakukan dengan memasukkan penambahan serat ijuk ke dalam campuran AC-WC. Karena ijuk yang ditambahkan pada campuran aspal dapat mengisi retakan pada campuran, maka penggunaan limbah tetes tebu sebagai komponen tambahan dalam campuran AC-WC diantisipasi untuk meningkatkan kualitas campuran tersebut, mengurangi rongga dan meningkatkan daya rekat aspal ke beton di bawahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh menambahkan serat ijuk ke campuran AC-WC. Penelitian ini menggunakan uji Marshall konvensional dan merancang variasi komposisi serat ijuk sebelum memproduksi benda uji campuran AC-WC. Menurut hasil penelitian dengan menggunakan uji Marshall konvensional, campuran AC-WC dengan penambahan ijuk sebagai komponen khususnya 0%, 1%, 2%, 3%, dan 4%—dan kadar aspal 7% terpenuhi. Nilai Stabilitas 1372,13 kg, VIM 3,555%, flow 2,40 mm, VMA 19,43% dan VFB 81,71%, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan campuran tahan aus lapisan laston dapat berfungsi lebih baik berkat penambahan serat ijuk karena memiliki lebih sedikit rongga, yang meningkatkan daya tahan dan stabilitasnya.
Tinjauan Manajemen Operasional Angkutan Antar Kota Antar Provinsi pada Terminal Daya Kota Makassar Boro, Wona Grace; Mangontan, Robert; Fernanda Rantetampang , Ardian
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan Terminal Daya sangat penting untuk pengendalian arus lalu lintas angkutan transportasi umum, terutama bus yang menjadi salah satu angkutan umum transportasi darat yang paling sering digunakan masyarakat dalam mobilisasi angkutan manusia dan barang antar kabupaten juga antar provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai manajemen operasional dan mengetahui durasi waktu singgah bus AKAP pada Terminal Regional Daya. Pengumpulan data primer di lapangan adalah metodologi penelitian yang digunakan berupa pengamatan mengenai manajemen operasional di lokasi serta waktu singgah kendaraan penumpang yang masuk dan keluar rute AKAP. Hasil dari penelitian yakni manajemen operasional bus Antar Kota Antar Provinsi yang diberlakukan di Terminal Regional Daya Makassar dapat disimpulkan belum sesuai dengan standar manajemen operasional terminal Tipe A yang berlaku, dikarenakan masih banyak kesalahan ataupun pelanggaran yang menyangkut tata cara menaikkan dan menurunkan penumpang, durasi waktu singgah, pengelolaan lahan, dan standar pelayanan di terminal yang belum optimal. Dari hasil penelitian berdasarkan durasi waktu singgah bus di terminal daya pada saat keberangkatan setelah ditinjau adalah waktu maksimum 85 menit, waktu singgah minimum 3 menit, waktu singgah rerata tertinggi 22 menit dan waktu singgah rerata terendah 16 menit. Durasi waktu singgah bus di Terminal Daya pada saat kedatangan setelah di tinjau adalah waktu singgah maksimum 3 menit, waktu singgah minimum 1 menit, dengan waktu singgah rerata 1 menit.
Tinjauan Lampu Lalu Lintas pada Persimpangan Jalan Perintis Kemerdekaan KM 17 Baddoka Bumbungan, Monalisa; Tanijaya, Jonie; Turupadang, Kristian Jemmy
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bagian jalan yang sering mengalami gangguan lalu lintas biasanya adalah persimpangan yang merupakan sumber konflik lalu lintas yang rawan kemacetan dan kecelakaan akibat pergerakan lalu lintas yang terus menerus dan tabrakan kendaraan satu sama lain serta gerakan memutar arah yang menyebabkan gangguan lalu lintas. Di Jalan Perintis Kemerdekaan Km 17 Baddoka, simpang empat bersinyal merupakan salah satu persimpangan yang sering menimbulkan kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas di persimpangan ini biasanya dibawa oleh jumlah kendaraan yang melewati simpang tersebut yang terlalu bnyak sehingga jalan tidak dapat menampung perkiraan jumlah kendaraan yang menggunakan jalan tersebut dan pengaturan lampu lalu lintas yang di operasikan saat ini masih telah gagal untuk menghindari kemacetan lalu lintas, terutama pada jam sibuk (peak hour). Oleh karena itu, penulis akan mengevaluasi pengoperasian lampu lalu lintas di simpang Perintis Kemerdekaan Km 17 Baddoka berdasarkan konteks di atas dengan menganalisis lampu lalu lintas yang sudah di terapkan saat ini. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan arus jenuh 2508,3 smp/jam. Jalan perintis kemerdekaan Km 17 Baddoka belum memenuhi sasaran derajat kejenuhan (DS) 1,0006. Dan setting lampu lalu lintas padan simpang Baddoka Perintis Kemerdekaan Km 17 Baddoka yaitu pada fase pertama yaitu pada lengan utara dan selatan yaitu lampu hijau 91,707 detik, kuning 2 detik, dan merah 22,577 detik. Dan fase yang kedua yaitu merah 96,707 detik, kuning 2 detik, dan hijau 15,577 detik.
Evaluasi Waktu Pelaksanaan pada Pekerjaan Struktur Lapisan Bawah Jalan Takkalasi-Bainange-Lawo (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Jalan Takkalasi-Bainange-Lawo) Tangdialla, Lintje Tammu; Latupeirissa, Josefine Ernestine; Sahrial
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Estimasi waktu pelaksanaan proyek konstruksi bertujuan untuk mengetahui kecukupan waktu pelaksanaan proyek dengan kesepakatan yang telah diatur sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan pelaksanaan dan jangka waktu pelaksanaan, timeline serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Earned Value dengan Analisis Deskriptif. Hasil kajian ini menunjukkan baru 24.812 proyek konstruksi yang telah selesai, yaitu masih 75.188%. Jadi, dapat dikatakan proyek tidak berjalan dengan baik karena koordinasi yang kurang baik antara pengawas dan kontraktor, pengawasan, keterlambatan material, sumber daya manusia yang terbatas, peralatan tertunda, kondisi cuaca tidak memungkinkan, dan peralatan sering rusak. . Hasil analisis terhadap data jadwal pelaksanaan action plan yang 100% terlaksana hanya mempengaruhi pergerakan, pengendalian dan keselamatan lalu lintas, serta kesehatan dan keselamatan kerja. 
Pengaruh Penambahan Kapur pada Tanah dengan Pengujian Direct Shear (Perumahan Mutiara Gading 2 Extension) Meti; Fitrian, Eltrit Bima; Ramba , Christoper Sakti
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menganalisis bagaimana tanah menstabilkan bangunan dan jalan di Indonesia. Penelitian ini mengkaji tentang karakteristik fisik Perumahan Perumahan Mutiara Gading 2 Kota Makassar. Penelitian ini juga menguji pengaruh kapur terhadap kohesivitas, sudut geser dan kuat geser tanah dengan menggunakan Uji Geser Langsung. dari hasil pengujian menurut AASTHO, tanah tersebut merupakan tanah liat A-7-6(8) sedangkan USCS mengklasifikasikannya sebagai CL, merupakan tanah liat anorganik dengan plastisitas rendah hingga sedang. Uji geser langsung menunjukkan bahwa kapur pada variasi 15% meningkatkan kohesivitas, sudut geser dan kuat geser. Kohesi meningkat 175,66%, sudut geser 80,81%, dan kuat geser 161,89% dengan variasi 10%. Penelitian ini menunjukkan bahwa kapur dapat memperbaiki karakteristik mekanik tanah dan membantu stabilitas struktur di lokasi tersebut.
Analisis Pengaruh Berbalik Arah Terhadap Kecepatan Kendaraan Ruas Jalan Poros Makassar - Maros Bestari, Sufiati; Selintung, Mary; Salmon, All Exis Vernando
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan transportasi yang sangat pesat dipengaruhi oleh penggunaan kendaraan pribadi yang mengalami peningkatan dan Kemacetan merupakan gejala akibat umum dari kebutuhan, antara kebutuhan akan jasa pergerakan dan ketersediaan infrastruktur, yang berdampak signifikan terhadap kebutuhan pergerakan dalam pelayanan infrastruktur transportasi. Contoh pengaruh dalam melakukan gerakan berbalik arah yaitu kecepatan kendaraan akan menjadi lambat dan kemungkinan berhenti. Arus lalu lintas searah terkena dampak pelambatan ini begitupun sebaliknya. Kondisi kendaraan saat melakukan gerakan berbalik arah pada lajur dalam, tidak bisa secara langsung dilakukan putaran hingga menyebabkan kendaraan lain pada lajur dalam terganggu bahkan kendaraan lain terhenti, gangguan ini terjadi dari arah yang sama maupun dari arah yang berlawanan pada saat melakukan gerakan berbalik arah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengevaluasi volume lalu lintas, serta kecepatan kendaraan, mengetahui hambatan samping yang juga dapat mempengaruhi, dan mengetahui kapasitas pada Jalan Poros Makassar-Maros.  Untuk mendapatkan tujuan tersebut maka digunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014.  Dari penelitian tersebut didapatkan  volume lalu lintas terbesar untuk arah Barat-Timur sebesar 1,851 skr/jam. Kecepatan rata-rata kendaraan ringan yang dihitung dari data survey untuk arah barat–timur dan arah timur–barat masing–masing adalah s = 38,78 km/jam dan s = 33,91 km/jam. Kelas hambatang samping pada Jalan Poros Makassar-Maros masuk dalam kategori sedang dimana nilai hambatan samping masing-masing dari arah barat-timur dan timur-barat yaitu 304,5 dan 308. Kecepatan rata-rata  kendaraan ringa pada lajur dalam di Jalan Poros Makassar Maros, berdasarkan pembacaan grafik dari arah barat–timur adalah VT = 46,5 km/jam dan dari arah timur-barat adalah 48 km/jam.
Analisis Pemilihan Moda Transportasi Penduduk pada Kompleks Perumahan Kantor Gubernur Hertasning Rembon , Fransisco Rivaldo; Rachman, Rais; Elizabeth
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebuah kota metropolitan dengan jumlah penduduk 1.427.630 jiwa, kota metropolitan Makassar berfungsi sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan [1]. Kota ini juga merupakan kota dengan tingkat aktifitas transportasi cukup tinggi yang menuntut tersedianya sarana dan prasarana agar memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat yang semakin bertambah. Di Kompleks Perumahan Kantor Gubernur Hertasning, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi demografi masyarakat dan faktor-faktor yang mempengaruhi cara mereka memilih untuk bepergian. Penyebaran kuesioner kepada warga Komplek Perumahan Kantor Gubernur Hertasning menjadi metode pelaksanaan survei penelitian ini. Teknik regresi linier berganda dan uji korelasi digunakan untuk menganalisis data penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa usia (X2) ,waktu tempuh (X7), dan rute perjalanan (X9). Model persamaan pemilihan moda transportasi perjalanan penduduk yang dihasilkan adalah Y = 0,297 + 0,663(X2) + 0,103(X7) + 0,071(X9) , nilai koefisien korelasi (R) sebesar 78,1%, sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 61%.
Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki di Ruas Jalan Lamadukelleng Tanan, Benyamin; Arselina, Dwi; Radjawane, Louise
Paulus Civil Engineering Journal Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023
Publisher : Universitas Kristen Indonesia Paulus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jalur pejalan kaki yang berupa trotoar merupakan ruang untuk kegiatan pejelan kaki melakukan aktivitas dan untuk memberikan pelayanan kepada pejalan kaki sehingga dapat mendapatkan kelancaran keamanan dan kenyamanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan tingkat pelayanan pejalan kaki. Metode survei menggunakan tehnik manual dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Sedangkan untuk perhitungan karakteristik arus dan kecepatan pejalan kaki menggunakan metode HCM 1985 dan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki menggunakan acuan PERMEN PU No: 03/PRT/M/2014. Hasil analisis karakteristik dan tingkat pejalan kaki menunjukkan bahwa arus (flow) pejalan kaki terbesar yaitu 0,67 orang/m/menit, kecepatan rata-rata (speed) pejalan kaki yaitu 37,5 meter/menit, kepadatan (density) pejalan kaki yaitu 0,01838 orang/m2. Ruang (space) yaitu 127 m2/orang, rasio pejalan kaki terbesar yaitu 0,00889. Dari data analisis karakteristik tersebut sesuai dengan pedoman PERMEN PU maka Jalan Lamadukelleng memiliki Tingkat Pelayanan “A”.

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 3 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N3 2025 Vol. 7 No. 2 (2025): Paulus Civil Engineering Journal V7N2 2025 Vol. 7 No. 1 (2025): PCEJ Vol.7, No.1, Maret 2025 Vol. 7 No. 4 (2025): Paulus Civil Engineering Journal, Vol.7, No.4 Vol. 6 No. 4 (2024): PCEJ Vol.6, No.4, Desember 2024 Vol. 6 No. 3 (2024): PCEJ Vol.6, No.3, September 2024 Vol. 6 No. 2 (2024): PCEJ Vol.6, No.2, June 2024 Vol. 6 No. 1 (2024): PCEJ Vol.6, No.1, March 2024 Vol. 5 No. 4 (2023): PCEJ Vol.5, No.4, Desember 2023 Vol. 5 No. 3 (2023): PCEJ Vol.5, No.3, September 2023 Vol. 5 No. 2 (2023): PCEJ Vol.5, No.2, June 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): PCEJ Vol.5, No.1, March, 2023 Vol 5 No 3 (2023): Paulus Civil Engineering Journal Volume 5, No.3 Vol 5 No 2 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.2 Vol 5 No 1 (2023): Paulus Civil Engineering Journal, Volume 5, No.1 Vol. 4 No. 4 (2022): PCEJ, Vol.4, No.4, December 2022 Vol. 4 No. 3 (2022): PCEJ, Vol.4, No.3, September 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): PCEJ, Vol.4 No.2, June 2022 Vol 4 No 1 (2022): Volume 4 No.1, Maret 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): PCEJ, Vol.4, No.1, March 2022 Vol 4 No 4 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No. 4 Vol 4 No 3 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.3 Vol 4 No 2 (2022): Paulus Civil Engineering Journal Volume 4 No.2 Vol. 3 No. 4 (2021): PCEJ, Vol.3, No.4, December 2021 Vol 3 No 4 (2021): Volume 3 No.4 Desember 2021 Vol. 3 No. 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, September 2021 Vol 3 No 3 (2021): PCEJ, Vol.3, No.3, 2021 Vol 3 No 2 (2021): Paulus Civil Engineering Journal Volume 3, Nomor 2, Juni, 2021 Vol. 3 No. 2 (2021): PCEJ, Vol.3, No.2, June 2021 Vol 3 No 1 (2021): Volume 3, No.1, Maret 2021 Vol. 3 No. 1 (2021): PCEJ, Vol.3, No.1, March 2021 Vol. 2 No. 4 (2020): PCEJ, Vol.2, No.4, December 2020 Vol 2 No 4 (2020): Volume.2 No.4, Desember 2020 Vol. 2 No. 3 (2020): PCEJ, Vol.2, No.3. September 2020 Vol 2 No 3 (2020): Volume 2, No.3, September 2020 Vol 2 No 2 (2020): Volume 2 No.2, June 2020 Vol. 2 No. 2 (2020): PCEJ, Vol.2, No.2, June 2020 Vol 2 No 1 (2020): Volume 2 No.1, Maret 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): PCEJ, Vol.2, No.1, March 2020 Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, No.2, Desember 2019 Vol. 1 No. 2 (2019): PCEJ, Vol.1, No.2, December 2019 Vol. 1 No. 1 (2019): PCEJ, Vol.1, No.1, September 2019 Vol 1 No 1 (2019): Volume 1 No.1, September 2019 More Issue