cover
Contact Name
Amir Hamzah
Contact Email
limas.pgmi@gmail.com
Phone
+6282377854150
Journal Mail Official
limaspgmi_uin@radenfatah.ac.id
Editorial Address
Gedung K Lantai 1 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembag. Jalan KH.Zaenal Abidin Fikri, Palembang Sumatera Selatan, Indonesia
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : -     EISSN : 28071824     DOI : https://doi.org/10.19109/limaspgmi.v2i2
Core Subject : Education,
Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus yang berfokus pada pendidikan dasar. Ruang lingkup Limas PGMI adalah: 1. Pengembangan Kurikulum di Pendidikan Dasar (MI/SD) 2. Pembelajaran Matematika, IPA, IPS, PKn, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, Seni dan Muatan Lokal di Pendidikan Dasar (MI/SD) 3. Media dan Teknologi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar (MI/SD) 4. Kompetensi Calon Guru, Guru dan Dosen di Pendidikan Dasar (MI/SD) 5. Penilaian di Pendidikan Dasar (MI/SD) 6. Pengembangan Pendidikan Dasar (MI/SD) 7. TIK Untuk Pendidikan Dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" : 6 Documents clear
Pengaruh Game Edukasi Wordwall Maze Chase Terhadap Minat Belajar IPAS Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Nisa, Rofiatun; Rohmah, Annisa Nidaur
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/7gwq3j12

Abstract

This research aims to analyze and influence of the educational game Wordwall Maze Chase on interest in learning science for class V students at Madrasah Ibtidaiyah in Lamongan Regency. This research is quantitative research with a research design using Experiment and Control classes. The places for this research were 10 Madrasahs in Lamongan. The number of respondents was 181 Experiment clasess and 181 Control classes. Data collection methods used questionnaires and observation. Data analysis techniques use descriptive analysis and hypothesis testing. The research results show that the attractiveness of the wordwall maze chase educational game is in the medium category at 74.7%. Based on the comparison of the classification of learning interests of experimental class students who are in the medium category and those in the control class who are still in low classification, it proves that the application of the wordwall maze chase educational game can increase students' interest in learning. Based on the results obtained tcount>ttable (6.021>1.662), it can be concluded that the wordwall maze chase educational game has a significant effect on the learning interest of class V students in the science subject.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PENGGERAK DI KOTA BANJARMASIN Zilda Humaira; Barsihanor; Jumiati; Barsihanor, Barsihanor
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/harpkt21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak di kota Banjarmasin dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi kasus dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di SDIT Al Firdaus Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display, dan verifikasi. Peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk menjamin keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum merdeka di sekolah unggulan SDIT Al Firdaus Banjarmasin dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Tahap perencanaan, melibatkan in-house training dan mendatangkan tenaga ahli dalam pembelajaran kurikulum mandiri. 2) Tahap pelaksanaan, meliputi penyiapan bahan ajar bagi guru dan pelaksanaan pretest bagi siswa. 3) Evaluasi, meliputi monitoring dan evaluasi format, monitoring dan evaluasi modul pengajaran, monitoring dan evaluasi pelaksanaan proyek penguatan profil siswa Pancasila, dan monitoring dan evaluasi format laporan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan kurikulum Merdeka di SDIT Al Firdaus Banjarmasin antara lain: 1) Faktor pendukung seperti in-house training, monitoring dan evaluasi modul pengajaran, bahan ajar yang relevan, diskusi, dan faktor penghambat. 2) Faktor penghambat terdiri dari kesulitan dalam membuat soal, kemampuan beradaptasi terhadap perubahan, dan tantangan dalam melakukan penilaian.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA PUTUS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Wigati, Indah; Amilda; Lestari, Weni; Yuniar
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/deqg8c98

Abstract

Kurangnya perhatian orang tua menjadi salah satu penyebab terjadinya putus sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan dan memastikan jumlah anak putus sekolah sebagai dampak dari dismotivasi orangtua dan kesadaran anak terhadap pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian berfokus pada siswa sekolah dasar (SD) negeri dan swasta, yang putus sekolah di kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dismotivasi orang tua terhadap pendidikan anak adalah pembiaran terhadap keputusan anak untuk berhenti sekolah yang berdampak pada putusnya pendidikan anak pada tingkat SD, Faktor penyebab putus sekolah dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu; faktor berasal dari anak, keluarga, dan lingkungan sosial budaya. Simpulan penelitian ini memberikan gambaran bahwa masih banyak anak yang putus sekolah di Indonesia baik pada sekolah dasar negeri dan swasta
ANALISIS PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PROGRAM KEBUN PROYEK UNTUK LITERASI LINGKUNGAN PADA SEKOLAH PENGGERAK Meilani, Della; Meilani Alfath, Della; Syarifuddin, Ahmad; Faisal; Tasya Jadidah, Ines; Botty, Midya
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/bvz6ny20

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan (1) perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak, (2) penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak, (3) faktor yang mempengaruhi penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek, ada beberapa tahapan, yaitu: membentuk tim fasilitator projek penguatan profil pelajar pancasila, merancang dimensi, tema projek, dan alokasi waktu, merancang modul proyek, dan menyusun strategi evaluasi dalam hasil proyek. (2) Penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila melalui program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak sudah terlaksana dengan baik melalui beberapa tahapan, yaitu: pertama tahap pengenalan, artinya mengenalkan kepada siswa terkait sampah dan tanaman. Kedua tahap kontekstualisasi, yaitu menghadirkan dunia nyata terkait proyek dengan menggunakan video. Ketiga tahap aksi, artinya aksi nyata pelaksanaan program kebun proyek. Keempat tahap refleksi, guna mengukur hasil belajar siswa, dan kelima tahap umpan balik. (3) Faktor yang mempengaruhi program kebun proyek untuk literasi lingkungan pada sekolah penggerak yaitu terdapat faktor pendukung yakni tersedianya lahan sekolah yang luas, adanya semangat dan kemauan dari siswa. Dan juga terdapat faktor penghambat yaitu faktor cuaca yang tidak mendukung, siswa yang takut untuk mencoba, dan pihak orangtua yang kurang memahami tentang program kebun proyek yang diterapkan
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATHLET EKSPLORATIF BERBASIS ADOBEFLASHCS6 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA Baharuddin; Sasmita, Anggun; Rosdiana; Rusmin, Muhammad; Fitriani Nur; Suharti
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/vaamkc79

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara membuat media pembelajaran Mathlet Eksploratif berbasis AdobeFlashCs6 dengan materi bangun datarsegiempat bernuansa islami untuk meningkatkan minat belajar siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan untuk penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan siswa Madani Alauddin Pao-Pao, siswa kelas IV B di MI Madani di Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil penelitian, tim validator memberikan nilai kevalidan 3,9, dengan kategori valid. Hasil kepraktisan didasarkan pada angket respons guru sebesar 89% dengan kategori positif dan lembar keterlaksanaan pembelajaran sebesar 1,9 dengan kategori terlaksana seluruhnya. Dari kedua hasil analisis, media memenuhi kriteria praktis. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa media memenuhi kriteria efektif: angket respons siswa sebesar 82% dalam kategori positif, penilaian aktivitas siswa sebesar rata-rata 64% dalam kategori positif, penilaian minat belajar siswa sebesar 69% dalam kategori cukup baik, dan tes hasil belajar sebesar 87,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwamedia pembelajaran Mathlet Explorative, yang berbasis AdobeFlash Cs6 pada materi bangun datar segiempat, layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
PENGARUH PENERAPAN METODE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR Novriyanti, Nova; Maryamah, Maryamah; Dwi Saputra, Agra; Nurlaila, Nurlaila; Hasmayanti Agustina, Rika; Juabdin Sada, Heru
Limas PGMI Vol 5 No 1 (2024): Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Publisher : Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19109/samedn91

Abstract

The learning methods used in the fourth grade Mathematics learning process at SD Negeri 12 Lahat are less varied, this causes some students to be less enthusiastic about participating in learning activities. The aim of this research is to determine the effect of applying the engklek game method on students' learning motivation in class IV Mathematics learning at SD Negeri 12 Lahat. The type of research used in this research is quantitative. The method used is the True Experimental Design method with a posttest-only control design research design. The sample in this study was class IV B students as an experimental class with a total of 20 students and class IV A as a control class with a total of 18 students. The application of the traditional engklek game method to student learning motivation in mathematics learning is classified as very good. The experimental class obtained an average of 58.75 while the control class obtained an average of 53.67. Thus, the learning motivation category for the experimental class which applied the traditional engklek game method was higher than the control class which did not apply the traditional engklek game method. The results of research and data analysis obtained a significant value, namely 0.002 < 0.05, which means that H0 is rejected and Ha is accepted. From the research results, it can be concluded that there is an influence of the traditional engklek game method on student learning motivation.

Page 1 of 1 | Total Record : 6