cover
Contact Name
Rahman Tanjung
Contact Email
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Phone
+6285718662925
Journal Mail Official
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Editorial Address
Palumbonsari, Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41314, Kab. Karawang, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tahsinia
ISSN : 26852047     EISSN : 27975452     DOI : https://doi.org/10.57171/jt
Core Subject : Education,
Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang ilmu pendidikan yang mencakup : 1) Administrasi/Manajemen Pendidikan, 2) Pendidikan Agama Islam, 3) Pendidikan Ekonomi, 4) Pendidikan Fisika, 5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6) Bimbingan dan Konseling, 7) Pendidikan luar Sekolah, 8) Pendidikan luar Biasa, 9) Teknologi Pendidikan, 10) Pendidikan Geografi, 11) Pendidikan Bahasa, dan lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 5 (2024): Agustus" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI 1 BIRA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) Tamal Biat, Ismail; Nurdin, Nurdin; M. Abdulah, Munandar
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.242

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa dalam membaca pemahaman masih rendah. Rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa terlihat dari hasil tugas yang diberikan guru. Pada saat guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengungkapkan kembali isi bacaan atau mengomentari isi bacaan, umumnya siswa tidak mampu mengerjakan tugas seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri I Bira Melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri I Bira. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 25,00%, siklus I sebesar 75,00%, dan akhir siklus II sebesar 77,14%, sedangkan nilai rata-rata tes pra tindakan 62,43, siklus I 68,23, dan akhir siklus II 73,43. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa saat bekerja sama dalam kelompok, mereka antusias ketika mengkomunikasikan jawaban yang mereka temukan kepada teman kelompok lain serta memberikan tanggapan terhadap jawaban yang telah disajikan oleh kelompok lain.
HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA PADA PELAJARAN KIMIA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Irwandi, Dedi; Nur Sholihat, Rizqy; Nuraida, Fajriah
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.246

Abstract

Selama pembelajaran jarak jauh, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran kimia. Selain itu, siswa diberikan banyak tugas sehingga hal ini menyebabkan siswa melakukan penundaan pengerjaan tugas. Kemampuan self regulated learning yang dimiliki siswa mempunyai peran untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII SMAN 58 Jakarta, SMAN 64 Jakarta, dan SMAN 105 Jakarta jurusan IPA. Instrumen yang digunakan berupa angket self regulated learning dan angket prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self regulated learning siswa masuk ke kategori tinggi dengan persentase 67,9%, dan tingkat prokrastinasi akademik siswa masuk ke kategori sedang dengan persentase 59,1%. Nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,228 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa SMA pada pelajaran kimia selama pembelajaran jarak jauh.
PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN TERHADAP HAL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 KOTA SORONG Nurhikmah, Nurhikmah; Oktavia, Hilda; Alam, Risma; Sofyan, Abu; Maryam, Andi
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.247

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh disiplin belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 2 Remu Kota Sorong. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter disiplin terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas 1 SD Negeri 2 Kota Sorong. Pendekatan dalam penelitian Mata pelajaran Bahasa Indonesia ini di SD Negeri 2 Remu Kota Sorong adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kelas rendah sekolah dasar. Bimbingan belajar dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan belajar bagi para siswa sekolah dasar. Sementara itu hasil belajar bahasa Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor internal dan faktor eksternal siswa sekolah dasar, Penelitian ini berfokus pada bimbingan belajar yang mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Sehingga siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran bahasa Indonesia dan hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah dasar.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI SDN 1 TANJUNG RAJA GIHAM) Rohani, Rohani; Kurniawati, Eka
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.563

Abstract

: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) perkembangan zaman yang semakin maju, dimana survei mengatakan pengguna internet di Indonesia mencapai 213 juta orang pada tahun 2023. Jumlah ini setara 77 % dari total populasi warga Indonesia sebanyak 276,4 juta orang pada awal tahun 2023. 2) era digital membuat peserta didik dengan mudah menggunakan gadget untuk mengakses apapun yang ingin mereka lihat. 3) peran guru pendidikan agama Islam di era digital sangat diperlukan untuk menanamkan nilai-nilai agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam di era digital. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dampak dari era digital saat ini bagi peserta didik di Di SDN 1 Tanjung Raja Giham meliputi beberapa perbuatan menyimpang seperti: bermain game yang berlebihan, pacaran, bullying dan menonton film porno yang mengakibatkan merosotnya nilai sekolah, namun hal ini bisa diminimalisir dengan cara menerapkan aturan yang mewajibkan semua handphone yang dibawa ke sekolah dikumpulkan di dalam box yang telah disediakan oleh guru mata pelajaran pertama atau wali kelas masing-masing. 2) Strategi atau tindakan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada peserta didik meliputi: tindakan preventif, melalui tadarus di pagi hari sebelum memulai pelajaran pertama, sholat dhuha, sholat dzuhur, kultum dan rangkuman buku akidah akhlak mulia; tindakan represif, melalui bimbingan dan nasihat, menegakkan disiplin sekolah, penerapan sanksi dan pemanggilan orang tua; serta tindakan kuratif, melalui skorsing dan pengembalian siswa kepada orang tua. 3) Nilai-nilai agama Islam yang ditanamkan pada peserta didik meliputi: nilai I’tiqodiyah, melalui penanaman pembiasaan kultum, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah di sekolah; nilai Khuluqiyah, melalui penanaman sikap sopan santun, disiplin dan taat peraturan; dan nilai Amaliyah, melalui kegiatan tadarus di pagi hari sebelum memulai pelajaran pertama, sholat dhuhah, sholat dzuhur, kultum dan rangkuman buku akidah akhlak.
INKLUSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DAN ANTI KEKERASAN SEKSUAL PADA KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI PERGURUAN TINGGI Kurniawati, Eka; Rohani, Rohani; Nurbaiti, Syarifah
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.564

Abstract

Penelitian ini mengangkat dua gejala penyakit perilaku sosial yaitu pertama terkait perilaku korupsi yang terus berkembang di Indonesia sejak zaman orde baru sampai dengan sekarang ini dan kedua, kekerasan seksual yang juga terus berkembang di masyarakat terutama di lingkungan Pendidikan. Dua isu penting terkait gejala penyakit sosial ini telah menjadi perhatian penting Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah perguruan tinggi melakukan pencegahan melalui pembuatan kurikulum mata kuliah yang berbasis Pendidikan Anti Korupsi dan Anti Kekerasan Seksual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Berbasis Nilai-nilai Pendidikan Anti Korupsi dan Anti Kekerasan Seksual.  Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Pada penelitian ini peneliti membuat suatu gambaran kompleks, meneliti kata-kata, laporan terinci dari pandangan responden dan melakukan studi pada situasi yang alami, khususnya terkait Inklusi nilai-nilai Pendidikan Anti Korupsi dan Anti Kekerasan Seksual kurikulum PAI di Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengembangan kurikulum PAI di Perguruan Tinggi berbasis Nilai-nilai Pendidikan Anti Korupsi dan Anti Kekerasan Seksual menjadi hal yang urgen dalam rangka mendukung pembentukan karakter akhlak mulia sesuai ajaran Rasulullah Saw.
TINDAK ASERTIF DALAM VIDEO KANAL YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU PADA EPISODE TRIP DI INDIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Kartika, Atik; Kartini, Sri
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.565

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kelangsungan dan ketidaklangsungan fungsi komunikatif tindak asertif dalam video kanal YouTube Nihongo Mantappu pada Episode Trip di India, serta implikasi dari hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelangsungan dan ketidaklangsungan tindak asertif dalam video kanal YouTube Nihongo Mantappu pada Episode Trip di India. Kemudian mendeskripsikan implikasi hasil penelitian ini pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindak asertif langsung menjadi tindak tutur yang paling dominan digunakan dalam video kanal YouTube Nihongo Mantappu pada Episode Trip di India, terdapat delapan fungsi komunikatif tindak asertif yang meliputi tindak asertif menyatakan terdiri atas 21 data, tindak asertif memberitahukan terdiri atas 151 data dan merupakan data yang paling dominan dalam hasil penelitian ini, tindak asertif melaporkan terdiri atas 2 data, tindak asertif menyarankan terdiri atas 1 data dan menjadi data paling sedikit yang ditemukan, tindak asertif membanggakan terdiri atas 6 data, tindak asertif menuntut terdiri atas 3 data, tindak asertif mengungkapkan pendapat terdiri atas 66 data, dan tindak asertif mengeluh terdiri atas 8 data ditemukan pada video kanal YouTube Nihongo Mantappu pada Episode Trip di India. Hasil penelitian ini diaplikasikan sebagai bahan ajar tambahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP dalam menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis dengan menggunakan kaidah kebahasaan yang tepat, serta pengimplikasian ini secara konseptual tertuang dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
STRUKTUR NOVEL 7 PRAJURIT BAPAK KARYA WULAN NURAMALIA DAN RANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Meirita, Siska; Berliana, Eva
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.566

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa yang dimaksud dengan struktur dalam novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia dan mendeskripsikan desainnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia. Struktur Robert Stanton merupakan teori yang mengelompokkan struktur karya sastra ke dalam sana, yaitu fakta cerita, tema, dan perangkat sastra. Hasil penelitian diharapkan dapat digunakan oleh para pendidik sebagai desain pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode tinjauan isi dan menggunakan novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia sebagai sumber data. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa fakta cerita, tema dan perangkat sastra dalam novel “7 Prajurit Bapak”. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik pustaka. Teknik observasi dilakukan dengan membaca secara cermat dan kritis setiap dialog dalam novel dan teknik pustaka dilakukan dengan membaca referensi dari buku-buku Robert Stanton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel “7 Prajurit Bapak” karya Wulan Nuramalia ditemukan data mengenai struktur yang dikemukakan oleh Robert Stanton berupa fakta cerita, tema dan perangkat sastra dengan ditemukan 246 data. Fakta cerita meliputi alur, tokoh, dan latar. Bagian perangkat sastra meliputi judul, sudut pandang, gaya dan nada, simbolisme, dan ironi. Struktur novel tersebut kemudian dirancang dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk kelas SMA.
PERKEMBANGAN DAYAH DALAM TRADISI MASYARAKAT ACEH: Kontribusi Kualitas Pendidikan Masyarakat Mariyati, Mariyati; Arif, Zuhri; Wardi, Syah
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.567

Abstract

Dayah merupakan sebuah lembaga pendidikan yang mengacu kepada proses pendidikan yang sifatnya informal. Kehadiran Dayah di tengah-tengah kemajemukan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam ras dan agama sudah pasti memiliki berbagai macam problematika tersendiri dalam pembentukan karakter. Tujuan Penelitian ini untuk melihat bagaimana problematika pembentukan karakter di lembaga pendidikan dayah yang ada di Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga pendidikan dayah merupakan institusi pendidikan tertua di Aceh dan Nusantara. Dayah sudah berdiri sejak Islam masuk dan berkembang. Pada masa kesultanan, dayah mengalami kemajuan, hal ini dibuktikan dengan jumlah dayah yang kian tumbuh, dengan jumlah ulama bertambah. Serta telah mampu melahirkan karya dalam berbagai bidang pengetahuan. Keberadaan dayah sebagai lembaga pendidikan, baik yang masih menganut sistem pendidikan tradisional maupun yang modern, memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat Aceh dan Indonesia.
MEMBANGUN MEDIA INTERAKTIF BELAJAR ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL HURUF DAN ANGKA Fatah, Abdul; Aminah, Siti
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.259

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran mengalami perkembangan seiring dengang perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu media yang mulai banyak digunakan saat ini yaitu penggunaan aplikasi visual seperti media pembelajaran berbasis dua dimensi. Pemanfaatan media dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan peminat baru, meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan berpengaruh secara psikologis kepada anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui membangun media interaktif belajar anak usia dini dalam mengenal huruf dan angka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang disajikan secara interaktif lebih efektif dibanding dengan pembelajaran yang disajikan secara konvensional, dengan media pembelajaran seperti ini akan membantu anak-anak dalam mengenal huruf, angka dan warna tanpa terbatas masalah waktu maupun tempat. Aplikasi edukatif untuk anak ini dapat mempermudah orangtua untuk meningkatkan kreativitas berbahasa anak karena aplikasi ini berbasis multimedia yang didalamnya terdapat materi yang menarik sehingga membantu orangtua untuk memberikan materi pelajaran dengan mudah.
THE INFLUENCE OF HEUTAGOGY IN MEASURING THE EFFECTIVENESS OF STUDENT LEARNING Haryadi, Rofiq Noorman; HM, Usman
Tahsinia Vol 5 No 5 (2024): Agustus
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v5i5.543

Abstract

: Pentingnya pendidikan yang efektif kian meningkat dalam era globalisasi dan teknologi maju. Heutagogi, sebagai pendekatan pembelajaran mandiri, menawarkan solusi untuk meningkatkan kemandirian dan kapabilitas belajar mahasiswa. Latar belakang pendekatan ini didasarkan pada kebutuhan akan model pendidikan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan individu dalam masyarakat yang berubah cepat. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengukur efektivitas heutagogi dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa di STEBIS Bina Mandiri. Penelitian ini mengidentifikasi gap yang ada dalam literatur, yaitu kurangnya penelitian empiris yang mengkaji efektivitas heutagogi di institusi pendidikan Indonesia. Penerapan heutagogi dalam konteks pendidikan Indonesia, yang belum banyak diteliti. Metode yang digunakan meliputi survei dan analisis kualitatif dari data yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Studi ini mengungkapkan bahwa heutagogi membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kritis dan reflektif yang penting untuk pembelajaran seumur hidup. Selain itu, pendekatan ini meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui pengalaman belajar yang lebih personal dan berpusat pada mahasiswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa heutagogi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di STEBIS Bina Mandiri. Implementasi heutagogi tidak hanya mendukung pencapaian akademik yang lebih baik, tetapi juga membina kemandirian belajar yang merupakan kompetensi penting di abad ke-21.

Page 1 of 1 | Total Record : 10