cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Januari" : 10 Documents clear
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Se-Kecamatan Tirtamulya Yayan Alpian; Sri Wulan Anggraeni; Haerudin Haerudin; Yuly Nopianthie
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.633 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6009

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD se-Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri yang ada di Kecamatan Tirtamulya yang berjumlah 168 guru. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 63 guru. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi kerja dan disiplin kerja serta kinerja guru. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Hal ini diperoleh thitung> ttabel maka hipotesis diterima, dilihat dari uji parsial Sebesar 3,920 > 2,000 untuk motivasi kerja, untuk disiplin kerja thitung> ttabel hipotesis diterima, dilihat dari uji parsial Sebesar 4,238 > 2,000, dan kinerja guru Fhitung > Ftabel = 56,624 > 2,000 berupa nilai positif dan adanya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y secara bersama-sama. Sehingga bisa dianggap bahwa semakin tinggi motivasi kerja dan disiplin kerja maka semakin tinggi pula kinerja guru.Kata Kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru
Desain Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sains dan Konsep Diri Siswa Kelas V SD Tarmidzi Tarmidzi; Nailah Tresnawati; Kuspita Sari
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.928 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6419

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya guru dalam mengembangkan teknologi pembelajaran seperti media pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan di sekolah sehingga siswa merasa bosan dan jenuh dengan media pembelajaran yang monoton.  Media pembelajaran yang diharapkan siswa adalah media pembelajaran yang interaktif dan inovatif sehingga membuat siswa menjadi aktif. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui validitas media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Powtoon, mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap penguasaan konsep sains siswa, dan mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap konsep diri siswa.  Metode penelitian ini menggunakan metode design research dengan sampel sebanyak 10 siswa, instrumen yang digunakan adalah angket validasi media, soal tes untuk mengukur penguasaan konsep siswa, serta angket konsep diri siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon.  Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi powtoon dinyatakan layak digunakan dengan revisi, hal ini berdasarkan hasil angket validasi ahli (media, materi dan bahasa). Selain itu, hasil pretes dan postes menunjukkan bahwa pretes siswa memperoleh nilai rerata 50,5 dan postes sebesar 86.  Hasil angket juga menunjukkan bahwa siswa sangat suka dan aktif belajar menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon untuk belajar di kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi powtoon dapat memengaruhi tingkat penguasaan konsep sains dan konsep diri siswa.Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon, Penguasaan Konsep Sains, Konsep Diri Siswa
Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Materi Rotasi, Revolusi, dan Gerhana di Kelas 6 Sekolah Dasar Dela Oktisusila Biantara; Farah Nabilah Asy'ari; Novita Nur Aini; Putri Junaina Miratul Habibah; Lilik Bintartik; M. Anas Thohir
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (626.609 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan efisiensi penggunaan metode pembelajaran dalam materi rotasi, revolusi, dan gerhana pada kelas 6 SDN Gembongan 7. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan observasi tidak langsung, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Gembongan 7 dengan jumlah 25 siswa serta guru kelas 6. Hasilnya ditemukan adanya beberapa permasalahan dalam penerapan metode simulasi, seperti keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam melakukan praktek.
Desain Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar Mudopar Mudopar; Ira Rahayu; Tri Marwati
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.222 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6478

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendesain media pembelajaran komik digital bermuatan nilai karakter sebagai media pembelajaran teks eksplanasi. Desain media komik digital ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan dari beberapa sumber yang membuktikan bahwa penggunaan media dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran teks eskplanasi masih sangat minim. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji produk tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Observasi dan wawancara dilakukan untuk menganalisis kebutuhan awal, sedangkan angket digunakan untuk menilai kelayakan media komik digital bermuatan nilai karakter yang telah didesain. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa ahli disimpulkan bahwa komik digital bermuatan nilai karakter yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pendukung dalam pembelajaran teks eskplanasi bagi siswa sekolah dasar.Kata Kunci. komik digital, nilai karakter, media, teks eksplanasi
Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sitiung Sumira Sumira; Suci Rahma Putri; Ayu Mustika Sari
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.368 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.5753

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada muatan pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada muatan pelajaran Matematika materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data diambil dengan memberikan pretest dan posttest berupa test tertulis yang berjumlah 4 butir soal uraian. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa taraf signifikasinya adalah 0,010 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dapat dilihat pada rata-rata pretest dan posttest yaitu tedapat selisih sebesar -2.611 yang artinya pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis matematis siswa kelas IV SD Negeri 10 Sitiung.Kata Kunci: Efektivitas, Realistic Mathematics Education (RME), pemecahan masalah, matematis.
Ragam Implikatur Percakapan Bahasa Indonesia Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Cirebon Khalimi Romansyah
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.86 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6185

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ragam bentuk dan makna implikatur percakapan bahasa Indonesia antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang sumber datanya yaitu dokumen dan peristiwa tutur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 peristiwa tutur yang terdiri atas 55 tuturan dalam bentuk percakapan antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon, terdapat 9 tuturan  mengandung bentuk implikatur percakapan umum, 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan khusus, dan 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan berskala. Adapun ragam makna implikatur percakapannya, antara lain: mengajak, menolak, memberi tahu, menyuruh (memerintah), menjelaskan, dan mengingatkan.Kata kunci: Ragam implikatur percakapan, Bahasa Indonesia, guru SD, Kabupaten Cirebon.
Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 jenjang Sekolah Dasar di Kota Sintang Eliana Yunitha Seran; Mardawani Mardawani
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.302 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.5683

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kemendikbud yang mengeluarkan Surat Edaran No. 3 Tahun 2020 mengenai pencegahan Covid-19 di satuan Pendidikan. Kebijakan Kemendikbud untuk melaksanakan Pembelajaran Online (Daring) bagi para Pendidik dan Siswa ditengah Masa Pandemi Covid-19 dimaksudkan agar tetap dapat menjaga terlaksananya proses Pendidikan. Pembelajaran secara daring yang diberlakukan adalah guna untuk  memutus mata rantai penyebaran covid-19. Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran Daring yang diberlakukan pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini difokuskan pada sejauh mana Efektivitas Pembelajaran Daring selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19. (2) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran daring dalam masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dua Sekolah Dasar di Kabupaten Sintang yaitu SD Negeri 9 Sintang dan SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1) berdasarkan keseluruhan  perolehan dari hasil angket respon siswa  adalah dengan jumlah total persentase 73,81% masuk dalam kriteria interpretasi (61 – 80%) dengan kategori Baik, artinya implementasi pembelajaran dari pada masa pandemi covid 19 berjalan dengan efektif dan tidak mengurangi esensi dari proses belajar mengajar yang seharusnya pada jenjang sekolah dasar di kota Sintang (2) faktor penghambat dari pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19 terdiri dari beberapa faktor yaitu a) faktor ketersediaan perangkat dan jaringan oleh orangtua dan siswa, b) keterbatasan pengetahuan penggunaan aplikasi oleh guru dan orangtua, c) keterbasatan sosial ekonomi orangtua dan siswa terkait dengan pendanaan pembelajaran daring masa pandemi.Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar Abstract: This study was conducted to respond to circular letter No.3 the year 2020 about the prevention of Covid-19 by the Ministry of education. The Ministry of education policy to implement the onlinestudy of teachers and students in the middle of this pandemic intended to keep the implementation of the process of education. Online study is applied to prevent the transmission of covid-19.The background of this research is to described learning online imposed in the pandemic covid 19.It is focused on the extent to which the effectiveness of learning online during the pandemics covid-19.This study attempts to ( 1 ) described the online study in the covid-19.( 2 ) for defined factors barrier online study in the covid-19, we used qualitative research, and the sample came from two schools: SD Negeri 9 Sintangand SD Negeri 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang. The result of our study showed that (1) the response rate was 73.81% which counted as the criteria of interpretation (61-80%) means good, the online study was effective and without lack of the essence in the offline study (2) the obstacle of online study while covid-19 such as a) the lack of the hardware/tool and network which provide by the parent, and b) the financial issue.Keywords: the effectiveness, online study, elementary school 
Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD Diyan Marlina
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.42 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6263

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonequivalent control group desain dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Penelitian dilakukan di kelas V dengan jumlah responden sebanyak 40 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik di kelas kontrol dan 20 peserta didik di kelas eksperimen. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 15,383 dan nilai ttabel sebesar 2,024. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung (15,383) > ttabel (2,024) artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD.Kata Kunci. SOLE (Self Organized Learning Environments), daring, kemandirian belajar
Hubungan Demografi Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran IPA Berbasis HOTS Di Beberapa Sekolah Dasar Jakarta Barat Nadia Maghfiroh; Apri Utami Parta Santi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.709 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.5806

Abstract

Abstrak. Pada abad 21 terjadi perubahan yang sangat pesat, perubahan tersebut terjadi di dalam dunia pendidikan yang manasiswa dituntut untuk mengembangkan 4 kemampuan yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan kreatif dan HOTS merupakan jawaban atau solusi untuk perubahan tersebut. Namun terjadi permasalah pada guru yaitu pada kualitas kemampuan guru, maka dengan melihat informasi demografi guru yang meliputi umur, latara belakang, dan pengalaman guru maka kemampuan guru.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara demografi guru dengan penerapan pembelajaran IPA dengan menggunakan atau berbasis HOTS di beberapa Sekolah Dasar Jakarta Barat pada Kecamatan Kebon Jeruk. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasi koefisien kontingensi. Hasil penelitian yang didapatkan demografi guru (X) dengan penerapan pembelajaran IPA berbasis HOTS (Y) pada guru bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif).Kata Kunci: Demografi Guru, Penerapan HOTS, Pembelajaran IPA 
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Organ Pencernaan Manusia Pada Siswa Waniroh Waniroh; Ririn Andriani Kumala Dewi; Dinda Luthfiana Rozak
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (805.24 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6319

Abstract

Abstrak. Berbagai metode dan model pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi IPA, selama proses pembelajaran masih di dominasi oleh penyampaian informasi sehingga kegiatan pembelajaran berpusat mendengarkan dan menghafal. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan pada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Pringgacala, sedangkan sampelnya adalah kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperoleh data bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 40 dan posttest sebesar 85. Apabila dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest  terlihat bahwa hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi, sedangkan nilai skor gain yaitu sebesar 0,70 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t one sample-test, diperoleh bahwa nilai sigmifikansi 0.000 kurang 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.Kata Kunci: Model Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 10