cover
Contact Name
Hendrik Siswono
Contact Email
hendriksiswono@gmail.com
Phone
+6282264595079
Journal Mail Official
hendriksiswono@gmail.com
Editorial Address
LPPM UNIVERSITAS PGRI ARGOPURO Jember Jalan Jawa Nomor 10 , Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 25488805     EISSN : 25488813     DOI : https://doi.org/10.31537/dedication.v6i2
Core Subject : Education,
Jurnal Pengabdian Masyarakat contains writings of devotion to community organizations, industries, and related agencies in order to increase community participation in development, community empowerment and or implementation of community service that has been implemented. JOURNAL DEDICATION is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage of areas: Human development and nation competitiveness, Local resource-based poverty alleviation, Management of rural and coastal areas of local wisdom. Economic Development, Entrepreneurship, Cooperatives, Creative Industries, Education, Animal Husbandry, Fisheries, Marine, Public Health, UMKM, Development of environmentally sound technologies. Health, nutrition, tropical diseases, herbal medicines, Art, literature, and culture. Jurnal Pengabdian Masyarakat published two (2) times a year, those are in March and September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020" : 9 Documents clear
Peningkatan Pengetahuan Lansia Melalui Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Lansia Pre-Menopause di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih Irma Noervadila; Yesi Puspitasari; Lisma Dian Kartika; Darsih Idayani; Ahmad Khafas Rasyidi
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.285

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan manusia akan terhenti, sehingga berikutnya akan terjadi banyak perubahan pada fungsi tubuh manusia. Perubahan tersebut paling banyak terjadi pada wanita karena pada proses menua terjadi suatu fase yaitu fase menopause (Sasitorn, 2016). Menopause merupakan masa berhentinya menstruasi yang terjadi pada perempuan dengan rentang usia 48 sampai 55 tahun. Peristiwa Pre-menopause sering tidak menjadi perhatian bagi kebanyakan wanita karena dianggapnya sebagai peristiwa alami, sebagian kecil mengganggapnya sebagai sesuatu yang buruk, menopause juga dianggap sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan secara terbuka. Hal ini dikarenakan dasar pengetahuan wanita tentang menopause masih sedikit sehingga wanita Pre-menopause enggan untuk mencaritahu tentang informasi tentang Pre-menopause. cara mengatasimasa menopauseketerlibatan pemerintah dan juga masyarakat dalam mengatasi masalah menopause antara lain bekerjasama dengan tim dari berbagai disiplin ilmu misalnya psikologi dan tenaga kesehatan melalui kegiatan posyandu lansia sebagai tempat efektif untuk memberikan informasi tentang Pre-menopause, menopause, dan pasca menopause. Peran bidan di komunitas diharapkan dapat memberikan konseling di wilayah kerjanya sebagai tempat yang efektif untuk memberikan informasi tentang Pre-menopause, menopause, dan pasca menopause.
Usaha untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif dengan Pendekatan Emotional Demonstration “ASI Saja Cukup” Desta Ayu Cahya Rosida; Indria Nuraini; Tetty Rihardini
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.290

Abstract

Kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masyarakat) berjudul Usaha Untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif dengan Pendekatan Emotional Demontration “ASI Saja Cukup” yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan kader kesehatan. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan dalam memberikan ASI pada bayi. Tujuan dari Emo Demo “ASI Saja Cukup” yaitu agar ibu tahu pentingnya memberikan ASI eksklusif pada bayi di usia 0-6 bulan dan pentingnya bahwa semakin ASI sering dihisap maka produksi ASI juga akan semakin bertambah. Sehingga dengan melaksanakan demontrasi ini diharapkan dapat memperbaiki cakupan gizi bayi dan balita akan membaik. Bukan hanya itu saja tetapi ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan balita. Kegiatan ini dilakukan di Kelurahan Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya Jawa Timur Indonesia bersama ibu-ibu kader.
Pelatihan Desain Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA Kabupaten Barito Kuala Yansyah Yansyah; Hafizhatu Nadia; Tenny Murtiningsih
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.291

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus profesionalitas guru. Namun, banyak guru yang masih bingung mengenai bagaimana memulai, membuat, dan melaporkan hasil PTK mereka. Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh dosen prodi pendidikan Bahasa Inggris Universitas Banjarmasin dalam membantu para guru MGMP Bahasa Inggris. PKM berbentuk pelatihan yang dilaksanakan selama satu hari dan ditindaklanjuti melalui bimbingan hingga artikel penelitian berhasil diterbitkan. Materi yang diberikan terkait tahapan-tahapan PTK, analisis artikel PTK, dan akses jurnal bereputasi sebagai sumber referensi. Metode pelatihan berupa ceramah, diskusi kelompok, dan praktik. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta dan observasi selama pelatihan, mereka merasa bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam meneliti. Sebagian peserta, bahkan, telah memiliki konsep tentang apa yang akan mereka teliti.
Pelatihan Social Entrepreneurship Bagi Masyarakat Pinggiran di Kota Surabaya Barat Choirul Mahfud; Arman Hakim Nasution; Dyah Satya Yoga Agustin; Ratna Rintaningrum; Niken Prasetyawati
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.292

Abstract

Pelatihan social entrepeneurship merupakan salah satu cara untuk menjawab masalah social ekonomi masyarakat pinggiran di kota. Sasaran utama dari kegiatan ini adalah para pemuda dari karangtaruna di daerah Tandes, Surabaya Barat. Strategi dan metode yang dipraktikkan dalam pelatihan ini adalah pemberian materi dengan ceramah, diskusi dan melihat video inspirasi dari Youtube. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan ketrampilan berpikir para pemuda agar lebih berdaya secara sosial. Lebih dari itu, harapannya dengan memberikan wawasan mengenai social entrepeneurship dapat menjadi modal awal untuk menjadi mewujudkan kemandirian dari masyarakat khususnya di daerah pinggiran kota melalui usaha melakukan perubahan berbasis social ekonomi.
Profil Perilaku dan Pengetahuan Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya tentang DAGUSIBU Asri Wido Mukti; Nadia Aisah Mayzika
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.294

Abstract

Masalah penyalahgunaan obat merupakan kasus yang masih banyak ditemui pada masyarakat. Berdasarkan data yang diperoleh dari survey oleh tim dosen melalui beberapa apotek di daerah Dukuh Menanggal menunjukkan bahwa banyaknya masyarakat yang membeli obat keras tanpa resep dokter, kejadian efek samping obat, penyimpanan obat yang salah dan pembuangan sampah obat yang tidak terpakai yang tidak dimusnahkan terlebih dahulu. Melalui kegiatan sosialisasi DAGUSIBU (Dapat, Gunakan, Simpan, Buang) obat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan warga kelurahan Dukuh Menanggal tentang macam- macam obat, bentuk sediaan obat, cara penggunaan obat, cara menyimpan dan membuang obat yang sudah tidak dipakai serta mampu menerapkan terutama tentang bagaimana cara Mendapatkan, Menggunakan, Menyimpan dan Membuang Obat dengan Baik dan benar. Metode yang digunakan adalah pengenalan masalah, pengisian kuisioner pre sosialisasi, pelaksanaan sosialisasi DAGUSIBU dengan cara penyuluhan, diskusi interaktif, pengisian kuisioner post sosialisasi dan pambagian buku saku DAGUSIBU. Dari pengisian kuisioner pre dan post sosialisasi didapatkan hasil peningkatan pengetahuan lebih dari 50% dan nilai signifikansi p value 0,000 yang artinya terdapat perbedaan pengetahuan yang bermakna antara sebelum dan sesudah sosialisasi. Diperlukan upaya keberlanjutan program dan pembinaan dari apoteker yang berpraktek di apotek sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui tentang cara penggunaan obat yang benar.
Pengajaran Mengunakan Peta Sejarah dan Brosur Melalui Model PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif , Kreatif dan Menyenamgkan ) bagi Guru di SMP PUTRA MAJU Yusinta Tia Rusdiana; Heryati Heryati
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.295

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (SMP), pada umumnya dirasa membosankan oleh sebagian besar siswa. IPS dianggap tidak menarik karena hanya berisi tahun-tahun, rentetan peristiwa dan kejadian, tokoh-tokoh, fakta-fakta kering. Kebanyakan guru-guru yang mengajar mata pelajaran IPS masih monoton, tidak memberikan contoh-contoh faktual, serta tidak digunakannya media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran ini. Oleh karenanya pelatihan pengajaran mengunakan peta sejarah beserta contoh brosur tempat wisata sejarah di kota Pakembang diharapkan dapat mendorong guru-guru di smp Putra Maju dapat membuat dan mengembangkan media dan menggunakannya dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan kegiatan pembelajaran IPS berubah menjadi lebih menarik dan bermakna. Para guru merasa antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini yang ditunjukkan dengan keaktivan mereka dalam mengikuti pelatihan . Mereka juga menindaklanjuti dengan praktik model-model pembelajaran salah satunya model PAIKEM, contoh media daam pengejaran di kelas para guru saling berdiskusi serta berkonsultasi dengan tim pengabdi dalam pendampingan. Mereka menganggap kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi mereka sebagai guru yang harus merancang dan melaksanakan kegiatan pedagogis. Pengajaran dengan mengunakan peta sejarah disertai brosur sejarah merupakan salah satu rangkaian kegiatan tersebut sehingga membantuk meningkatkan skill dan kompetensi mereka.
Pengolahan Umbi Gembili dalam Peningkatan Nilai Tambah di Desa Kasiman Kabupaten Bojonegoro Ayis Crusma Fradani; Ifa Khoiria Ningrum; Fruri Stevani; Abdul Ghoni Asror
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.296

Abstract

Saat ini di Desa Kasiman terdapat banyak tanaman umbi gembili yang tersebar di pekarangan warga dan ada juga dilahan persawahan. Permasalahannya adalah masyarakat belum mengetahui bagaimana cara mengolah umbi gembili dalam peningkatan nilai tambah untuk menambah pendapatan keluarga dan harga jual umbi gembili murah karena petani atau warga hanya menjual umbi gembili hasil pertanian secara langsung. Kegitan yang dilakukan adalah Penyuluhan tentang cara mengolah umbi gembili dan pendampingan pengolahan umbi gembili untuk meningkatkan nilai tambah melalui pengolangan makanan berbahan dasar umbi gembili. Hasil dari kegitan ini adalah mitra mampu membuat tepung gembili secara mandiri alasan memilih dibuat tepung ini adalah agar awet, mudah menyimpan, menambah umur masa simpan dan lebih mudah dikreasikan menjadi olahan baru yang, selanjutnya peserta mengembangkan ide- ide mereka dengan bahan tepung ataupun umbi gembili untuk membuat kreasi olahan yang memiliki nilai tambah.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Labschool IKIP PGRI Jember Eky Prasetya Pertiwi; Hendrik Siswono
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.303

Abstract

Pemberdayaan masyarakat pada lembaga anak usia dini merupakan implementasi dari pendidik, peserta didik, orang tua/wali, masyarakat lingkungan pendidikan. Untuk mewujudkan lingkungan yang aman, rapi tertib, kondusif dan merangsang anak untuk tertarik beraktivitas maka diperlukan kerjasama yang saling mendukung antara guru, orang tua dan masyarakat. Hal ini, pengabdi menerapkan pemberdayaan dalam sekolah TK Labschool IKIP PGRI Jember dengan melibatkan orang tua siswa dalam kegiatan peringatan Hari Kartini. Kegiatan dilakukan lomba-lomba yang melibatkan kerjasama dan interaksi orang tua dan siswa antara lain, peragaan busana daerah, pembuatan dan menghias celengan, dan melukis gypsum bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Labschool IKIP PGRI Jember Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember pada Tanggal 15 April 2019. Hasil pemberdayaan menjadikan orang tua terlibat secara langsung dalam acara yang telah diadakan oleh sekolah. Terbukti dengan keaktifan orang tua dalam membantu membuat dan menghias celengan serta membantu melukis gypsum. Selain itu, orang tua tidak memaksakan kehendaknya sendiri. Terbukti pada saat anak dan orang tua menghias celengan, orang tua lebih menuruti model seperti apa yang diinginkan anak. Program pendidikan anak usia dini haruslah menjadi pemenuhan berbagai macam kebutuhan anak, mulai dari kesehatan, nutrisi dan stimulasi pendidikan, juga harus dapat memberdayakan lingkungan masyarakat dimana anak mengalami perkembangan secara alami.
Pemberdayaan Masyarakat tentang Penggunaan Obat Rasional Melalui Edukasi Gema Cermat dengan Metode CBIA di Kelurahan Dukuh Menanggal Surabaya Dewi Perwito Sari; Asti Rahayu
Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31537/dedication.v4i1.304

Abstract

Gerakan Masyarakat Cerdas Mengunakan Obat (Gema Cermat) dicanangkan sebagai upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman,dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara bijak dan rasional. Gema Cermat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar. Pengetahuan tersebut jarang sekali dikuasai oleh masyarakat, oleh karena itu perlu dilakukan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang penggunaan obat untuk diri sendiri. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Cara Belajar Insan Aktif (CBIA). Edukasi Gema Cermat dilakukan bersama warga Kelurahan Dukuh Menanggal dan dilaksanakan selama kurun waktu Juni-Juli 2019 dengan desain pra-experimental one-group pretest-posttest. Pengukuran pengetahuan tentang obat dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisa dengan uji paired T test menggunakan SPSS. Hasil analisis p=0,000 < 0,005, menunjukkan adanya peningkatan wawasan, pengetahuan yang lebih baik terkait penggunaan obat rasional. Pemberian edukasi Gema Cermat terhadap masyarakat memberikan efek atau dampak positif bagi dunia kesehatan, khususnya pada sektor kesehatan masyarakat sehingga dapat dilanjutkan dan dikembangkan penyuluhan dengan edukasi Gema Cermat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9