cover
Contact Name
Sofyan Mustoip
Contact Email
sofyanmustoip@gmail.com
Phone
+6285244394875
Journal Mail Official
sofyanmustoip@gmail.com
Editorial Address
Blok Kedung Gede RT. 13, RW 003 Desa Bode Lor Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Published by CV. Kalimasada Group
ISSN : -     EISSN : 29870739     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi dari seluruh dunia.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER" : 10 Documents clear
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA N 1 RAMAN UTARA Afiffah, Anggi Dhea; Lestari, Retno Tri; Mujib, Abdul; Anjarsari, Riana
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.652

Abstract

Belajar adalah tindakan melakukan sesuatu dengan kesadaran atau niat. Aktivitas ini menjelaskan sejauh mana seorang individu berpartisipasi secara aktif dalam proses mental yang memungkinkan terjadinya transformasi pribadi. Transformasi pada pribadi seseorang bisa tampak dalam ragam wujud seperti pergantian pengetahuannya, pengertianya, sikap dan perilakunya, keahlian dan kapabilitasnya, daya tanggapnya, daya terimanya dan sebagainya. Motivasi diperlukan untuk mengubah perilaku. Motivasi adalah faktor yang tidak terlihat dalam kegiatan pendidikan. Motivasi bisa muncul dari diri sendiri atau dari lingkungan sekitar. Motivasi berperan sebagai dorongan dalam diri siswa yang membuat mereka belajar dengan tujuan, konsistensi, dan kreativitas agar mencapai hasil yang diinginkan. Fenomena yang terjadi di sekolah termasuk di SMA N 1 RAMAN UTARA kini, terdapat sejumlah siswa yang minim motivasi dalam menuntut ilmu. Data menunjukkan bahwa siswa kurang percaya diri terhadap kemampuannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, menunjukkan sikap tidak tertarik terhadap pembelajaran, dan kurang memperhatikan guru saat menyampaikan informasi, termasuk guru bimbingan dan konseling, terutama bertanggung jawab untuk meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan pada SMA N 1 Metro pada tanggal 14 November 2023 dengan instrumen wawancara. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik, Penelitian ini menemukan bahwa guru Bimbingan Konseling (BK) memiliki peran yang sangat signifikan dalam memacu motivasi belajar peserta didik. Guru BK akan menyediakan layanan bimbingan akademik, bimbingan bersama, dan konseling pribadi sebagai langkah dalam mendukung siswa meningkatkan motivasi belajarnya.
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMK N 1 TEGINENENG Amanda, Dinda; Putri, Ridha Ningtias; Umar; Anjarsari, Riana
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.653

Abstract

Masa remaja sering dikaitkan dengan ketidakpantasan dan penyimpangan. Salah satu jenis pengabaian sosial yang mengakibatkan tindakan atau gejala patologi sosial disebut kenakalan remaja. Akibatnya, remaja memperoleh sikap yang menyimpang. Remaja berusaha untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya karena perubahan dalam kehidupannyalah yang menyebabkan kenakalan remaja. Remaja yang melakukan perilaku nakal memerlukan layanan konseling untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan. Guru Binbingan Konseling memiliki peran yang sangat penting untuk menangani persoalan kenakalan peserta didik yang terjadi pada sekolah. Penelitian ini di lakukan di SMK N 1 Tegineneng, penelitian ini di lakukan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan peserta didik.
PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENDUKUNG KARIR SISWA SMK N 3 METRO MELALUI PROGRAM BMW Audrey, Atika Wibi; Murfiyana, Yuni Aninda; Muzaki, Ahmad; Anjarsari, Riana
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.654

Abstract

Pendidikan memegang peranan utama dalam membentuk manusia sebagai individu yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan berpengetahuan. Lingkungan pendidikan melibatkan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pemerintah Indonesia, melalui undang-undang, berkomitmen untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Peningkatan kualitas pendidikan di segala tingkatan, termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dianggap sebagai langkah krusial untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan pada SMKN 3 Metro pada tanggal 16 November 2023 dengan instrumen wawancara. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana guru bimbingan dan konseling membantu siswa memajukan karir mereka melalui program BMW. Menurut temuan penelitian ini, tenaga profesional bimbingan dan konseling sangat penting dalam membantu siswa dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Mereka membimbing siswa untuk mengenali bakat dan minat unik, memberikan dukungan penuh, dan mengarahkan ke jalur karir yang sesuai. Implikasi dari program BMW adalah siswa dapat membuat pilihan karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Guru BK bekerja sama dengan pihak industri dan lembaga pendidikan tinggi untuk memfasilitasi siswa dalam memilih jalur karir yang tepat. Penerapan program BMW di SMK N 3 Metro dapat menjadi model bagi sekolah lain dalam mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja atau melanjutkan pendidikan.
STRATEGI LAYANAN KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPS 3 DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO Hidayati, Alfina; Juliyana, Ria; Pratama, Mediyan; Ali, Muhammad; Anjarsari, Riana
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.655

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konseling behavior dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Lingkup kajian meliputi lima siswa kelas XII IPS 3 yang sering absen dan bolos, serta guru BK yang memberikan konseling behavior kepada mereka. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konseling behavior yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif interaktif, yaitu analisis data yang dilakukan secara berulang-ulang dan saling terkait antara tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan kurangnya motivasi belajar pada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 1 Trimurjo dapat dilakukan konseling behavior sebagai solusinya, dimana guru BK memberikan tahapan-tahapan yang dapat dilakukan dalam melakukan konseling yang dilakukan secara bertahap selama tiga kali. Jadi, konseling behavior merupakan salah satu metode yang efektif untuk membantu siswa mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Oleh karena itu, konseling behavior perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi siswa.
PERAN GURU SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BK DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH METRO LAMPUNG Wahyudinata, Davit; Septiani, Intan Widiya; Anjarsari, Riana; Mujib, Abdul
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.669

Abstract

Kedisiplinan dapat membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikannya, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Guru kelas dapat melakukan berbagai kegiatan untuk menanamkan kedisiplinan, seperti menyampaikan materi tentang kedisiplinan, mengawasi dan memantau perilaku peserta didik, serta melakukan konseling individu dan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro, Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru kelas dan peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro, Lampung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik di MTS Muhammadiyah Metro sudah berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan peran guru sebagai pelaksana layanan bimbingan dan konseling dalam menanamkan kedisiplinan bagi peserta didik, antara lain:Peningkatan kompetensi guru kelas dalam bidang bimbingan dan konseling.Peningkatan kerja sama antara guru kelas, guru bimbingan dan konseling, dan wali murid.Peningkatan sarana dan prasarana pendukung layanan bimbingan dan konseling.
PENDIDIKAN AKHLAK REMAJA DI ERA SOCIETY 5.0 DALAM PERSPEKTIF ISLAM Suaib, Annisa; Muzakkir; Rusdi T., M.
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.819

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis fenomena akhlak remaja yang terjadi di era society 5.0 serta penyebab terjadinya fenomena tersebut. (2) Untuk menganalisis pendidikan akhlak remaja di era society 5.0 dalam perspektif Islam. Jenis penelitian ini adalah library research dengan pendekatan fenomenologi yang dilakukan dengan serangkaian kegiatan pengumpulan, mengelola dan menganalisis data adalah suatu riset kepustakan yakni memadukan data dari bermacam-macam sumber literatur meliputi buku-buku, jurnal, prosiding seminar, dan artikel-artikel ilmiah dalam internet (web). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa fenomena yang terjadi di kalangan para remaja di era society 5.0 ini sangat miris, dengan terjadinya penurunan akhlak pada tiap tahunnya dan beberapa kasus secara umum yang sering terjadi seperti: melalaikan kewajiban sholat dan belajar, kurangnya sopan santun, perbuatan bullying, pergaulan bebas, screen-agression (agresi layar), sextortion (sekstorsi). Adapun faktor penyebab dari masalah tersebut adalah tingkat pendidikan keluarga yang minim, kecanduan smarthphone, penyalahgunaan internet dan media sosial. Pendidikan akhlak bagi remaja di era society 5.0 dalam perspektif Islam memberikan sebuah solusi untuk mendidik dan membentuk akhlak remaja dalam menyikapi permasalahan yang terjadi di era society 5.0 dengan cara: a) Menanamkan kesadaran beragama kepada remaja, b) Memberikan pengawasan terhadap setiap perbuatan remaja, c) Memberikan edukasi kepada remaja dalam memanfaatkan teknologi dengan bijak, dan d) Menjalin komunikasi yang baik antara orangtua dan anak remaja. Melalui beberapa pendekatan di atas, diharapkan remaja dapat menjadi pengguna teknologi yang cerdas, bertanggungjawab, dan berdampak positif dalam masyarakat, sesuai dengan ajaran Islam dan visi Society 5.0 serta mencerminkan akhlak mulia dan nilai-nilai Islam dalam setiap kehidupannya.
PENGGUNAAN TES PILIHAN GANDA SEBAGAI ALAT EVALUASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEDAWUNG SRAGEN Agustin, Riska; Surani, Dyah; Nur Khasanah, Afifah; Septina Pratiwi, Khomsatun; Nafizah, Duratun; Intan Mutiara Fajrin, Rara
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.965

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru perlu melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa. Alat evaluasi yang digunakan yaitu tes pilihan ganda dimana memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tes pilihan ganda yang dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran. Adapun jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah survey yang sistematis dan ketat dalam mengumpulkan informasi dari satu sampel. Adapun teknik pengumpulan data yaitu memakai teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru, waka kurikulum dan siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa guru lebih tertarik dalam menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk mengetahui dan mengukur hasil siswa dalam pembelajaran. Tes pilihan ganda lebih efisien waktu dalam penggunaan dan kemudahan dalam penilaian tapi memiliki tantangan tersendiri dalam pembuatannya.
Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik Di SDN SUMPUT SIDOARJO Bayu Priambodo, Ryannanta; Ripin Ikwandi, Muhamad
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.989

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Sekolah, mendeskripsikan Bentuk-bentuk Kedisiplinan Peserta Didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan murid sebagai informan kunci. Obyek penelitian ini adalah kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Dalam proses pencarian data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokementasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Peran kepala sekolah SDN Sumput Sidoarjo telah berhasil memenuhi beberapa fungsi yang ditetapkan dan melaksanakan tugas-tugas serta fungsinya dengan tepat, yakni peran kepala sekolah sebagai educator ditunjukan dengan datang tepat waktu ke sekolah dan mengadakan pelatihan khusus tentang kedisiplinan untuk guru dan staf, peran kepala sekolah sebagai manager penting untuk menjalin aturan dan komitmen bersama serta kepala sekolah mengadakan program greeting, peran kepala sekolah sebagai administator adalah dengan melakukan pengelolaan di berbagai bidang yang terdapat di sekolah dan pada awal semester kepala sekolah melakukan pengecekan dan menandatangani RPP yang dibuat oleh tenaga pendidik, peran kepala sekolah sebagai supervisior dengan melakukan pengawasan serta pengendalian terhadap guru, siswa dan elemen yang ada di sekolah, peran kepala sekolah sebagai leader dilakukan dengan menunjukan sikap dan perilaku sebagai suri tauladan di sekolah, peran kepala sekolah sebagai inovator dengan mengadakan program pembiasaan diri atau karakter dan program penampilan setiap kelas secara bergiliran, peran kepala sekolah sebagai motivator yakni memberikan dukungan kepada seluruh warga sekolah untuk tetap berkomitmen terhadap kedisiplinan dan memberikan penghargaan terhadap guru dengan memberikan hadiah. (2) Bentuk-bentuk kedisiplinan peserta didik yang ada di SDN Sumput Sidoarjo meliputi disiplin dalam mentaati peraturan, disiplin dalam waktu sekolah dan disiplin dalam berpakaian.
PENGARUH TES TERTULIS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA khusnulkhotimah, mutiah; Wiyadi; Aby Zukhruf, Muhammad; Rofai Aulia, Ahmad; Amanillah, Anim
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.993

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tes tertulis terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari 100 peserta didik dari berbagai sekolah menengah di wilayah Jakarta. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes tertulis memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Peserta didik yang sering menjalani tes tertulis menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman konsep, analisis, dan sintesis informasi dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengikuti tes tertulis. Temuan ini menunjukkan bahwa tes tertulis dapat menjadi alat evaluasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik dan mengarahkan strategi pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang metode evaluasi yang dapat mendukung perkembangan kognitif peserta didik secara optimal.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPALA SEKOLAH Virgo Seprianto; Wahira; Habibah, Sitti
PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum Vol 1 No 4 (2023): NOVEMBER
Publisher : CV. Kalimasada Group

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59966/pandu.v1i4.1027

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan dan pelatihan kepala sekolah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran implementasi Pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas, Bidang Pengembangan Guru Dan Tenaga Kependidikan dan Kepala Sekolah, Teknik pengumpulan dat berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan dan Pelatihan kepala sekolah sudah cukup maksimal dan sudah berkontribusi baik terhadap peningkatan kompetensi kepala sekolah, dan dalam prosesnya sudah berlangsung secara efektiv dan efisien yang meliputi 5 langkah tahapan pelaksanaan yakni proses analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan (training Need Assessment), menetapkan tujuan pendidikan dan pelatihan, pengembangan kurikulum dan penetapan komponen Diklat, persiapan dan pelaksanaan Diklat, dan Evaluasi Pendidikan dan pelatihan. faktor pendukung dalam pelaksanaan Diklat adalah narasumber yang berkompeten dan ahli di bidangnya serta fasilitas yang sudah cukup memadai, Adapun faktor penghambat diantaranya adalah kondisi geografis daerah, kemampuan penggunaan teknologi, dan keterbatasan anggaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10