cover
Contact Name
Berti Arsyad
Contact Email
daarulqimmah92@gmail.com
Phone
+6285241468709
Journal Mail Official
daarulqimmah92@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sultan Amay, Pone, Kec. Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo 96181
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Kalim: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
ISSN : -     EISSN : 29864313     DOI : https://doi.org/10.60040/jak
Core Subject : Education,
AlKalim Journal is a periodical scientific journal published two times a year in April and October by Daarul Qimmah Gorontalo. This Jurnal contains scientific articles, research, and research of community society. The aim is to provide readers with a better understanding of Arabic language education in Indonesia and present its development through the publication of articles, research reports, and book reviews. AlKalim journal publishes original research and review articles on the topics of Arabic language education, including; Arabic language learning, teaching Arabic as a foreign language, and Arabic language studies.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1: APRIL 2025" : 4 Documents clear
Sejarah dan Pola dan Model Penyebaran Bahasa Arab ke Seluruh Penjuru Dunia: Sejarah dan Pola dan Model Penyebaran Bahasa Arab ke Seluruh Penjuru Dunia Febri, Febrina Dwi Cahyani; Fadli, Adi
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 4 No. 1: APRIL 2025
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v4i1.108

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif dinamika historis penyebaran bahasa Arab di berbagai kawasan dunia serta mengidentifikasi model dan strategi utama dalam proses penyebarannya. Penelitian ini juga menelaah kontribusi faktor sosial, budaya, agama, dan geopolitik terhadap perkembangan dan perluasan bahasa Arab, serta menggambarkan peran sentral bahasa ini sebagai medium komunikasi lintas budaya dan simbol identitas umat Islam. Penelitian menggunakan pendekatan Library Research dengan teknik analisis isi terhadap 23 artikel ilmiah yang diperoleh dari jurnal bereputasi nasional dan internasional melalui basis data Google Scholar dan Scopus. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penyebaran bahasa Arab tidak semata-mata berlangsung melalui interaksi sosial, tetapi juga melalui mekanisme terstruktur seperti dakwah Islam, perluasan politik kekhalifahan, perdagangan antarwilayah, dan penerjemahan karya-karya keilmuan Islam. Di kawasan seperti Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara, bahasa Arab diperkenalkan oleh para pedagang dan ulama sebagai alat komunikasi yang melampaui batas etnis dan budaya. Upaya standardisasi bahasa Arab diperkuat melalui institusi pendidikan formal serta produksi literatur ilmiah.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ONLINE BAGI PEMULA Sitti Aisyah Chalik; Anwar Abd. Rahman; Irma Juliana Hasbullah; Muh. Nur Ihsan HB; Amrain, Deefa Augista; Zelviyah Nur Hajma; Rinikmawati. H; Alfiani Irdan; Abdul Jalil; Moh. Rahul
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 4 No. 1: APRIL 2025
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v4i1.131

Abstract

Peralihan sistem pembelajaran dari luring ke daring pasca pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan terhadap efektivitas pembelajaran Bahasa Arab bagi pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis online pada level dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui telaah kritis terhadap dokumen, artikel, dan laporan penelitian sebelumnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama terletak pada tiga dimensi: (1) keterbatasan infrastruktur teknologi dan akses internet yang belum merata; (2) hambatan pedagogis berupa minimnya interaksi, kurangnya umpan balik, dan kesulitan penguasaan fonetik serta struktur dasar Bahasa Arab; dan (3) tantangan psikososial seperti rendahnya motivasi, kejenuhan, dan minimnya dukungan lingkungan belajar. Kesimpulannya, pembelajaran Bahasa Arab daring bagi pemula masih menghadapi kendala sistemik yang membutuhkan pendekatan pedagogis yang lebih adaptif, humanistik, dan kontekstual untuk menjamin efektivitas dan kebermaknaan pembelajaran.
Penerapan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Mahārah al-Qira`ah Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Gorontalo Yuliana; Ratni Bt. Hj; Muhammad Zainul Arifin
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 4 No. 1: APRIL 2025
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v4i1.133

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan membaca (Mahārah al-Qirā'ah) siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kota Gorontalo melalui metode Reading Guide. Desain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga tahap: pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata pretest 51,83 (0% ketuntasan), siklus I menjadi 73,70 (63,3% ketuntasan), dan siklus II mencapai 85,37 (100% ketuntasan). Metode Reading Guide terbukti efektif meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan.
Tafsir, Ta’wil, dan Terjemahan dalam Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab: Analisis Kualitatif terhadap Perspektif Pengajar dan Mahasiswa Aditya, Viqri; Sagala , Rumadani; Kusuma, Guntur Cahaya
Al-Kalim : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban Vol. 4 No. 1: APRIL 2025
Publisher : Yayasan Daarul Qimmah Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60040/jak.v4i1.97

Abstract

Kesenjangan antara pendekatan teoritis dan keterampilan praktis dalam pembelajaran tafsir, ta’wil, dan terjemahan masih menjadi persoalan utama dalam kurikulum pendidikan bahasa Arab di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi ketiga konsep tersebut berdasarkan perspektif pengajar dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kepustakaan, dengan metode wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun tafsir dan ta’wil dianggap penting dalam pengajaran bahasa Arab, penerapannya masih dominan pada ranah teoritis. Mahasiswa menghadapi tantangan dalam memahami konsep tersebut secara praktis, khususnya terkait dengan konteks terjemahan. Penelitian ini menawarkan kontribusi kebaruan melalui pendekatan analisis dua perspektif yang mengungkap sejauh mana ketiga pendekatan makna ini diinternalisasi dalam proses pembelajaran dan bagaimana integrasinya dapat diperkuat melalui pengembangan kurikulum kontekstual dan pelatihan berbasis praktik.

Page 1 of 1 | Total Record : 4