cover
Contact Name
Dhedhy Yuliawan
Contact Email
admin@nusantarasporta.com
Phone
+6281215351155
Journal Mail Official
admin@nusantarasporta.com
Editorial Address
Jl. Kh Ah,ad Dahlan Gg V/27, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur 64112, Kediri, Jawa Timur 64112
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Nusantara Sporta: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Published by CV. Nusantara Sporta
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan merupakan jurnal artikel ilmiah nasional yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dalam bidang ilmu olahraga, pendidikan olahraga, dan kesehatan. Inovasi, kreativitas, dan kebaruan dari gagasan para akademisi dan peneliti di Indonesia dapat difasilitasi dalam jurnal publikasi ilmiah ini. NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV. Nusantara Sporta yang bergerak dalam bidang Edukasi Olahraga, Industri Olahraga, Olahraga Digital dan Kesehatan. Frekuensi penerbitan jurnal ini adalah setiap 3 bulan sekali sehingga dalam satu tahun NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan menyediakan publikasi pada bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Hasil penelitian dan kajian analisis kritis dalam bidang Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Olahraga, Pengembangan Olahraga, Wisata Olahraga, Olahraga Tradisional, dan Kesehatan menjadi ruang lingkup jurnal
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan" : 15 Documents clear
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Metode Puzzle Jigsaw Dalam Pembelajaran Aktivitas Fisik dan Pola Makan Sehat Di Kelas 3 SD Negeri Ngronggo 5 Abdau, Aqil; Puspodari; Kurniasari, Anggi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P358-366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), khususnya materi aktivitas fisik dan memilih makanan bergizi yang dilaksanakan di dalam kelas, melalui penerapan metode Puzzle Jigsaw. Permasalahan rendahnya motivasi belajar disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang inovatif dan bervariatif. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 28 siswa kelas III sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Puzzle Jigsaw efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar mencapai 73,31%, dan meningkat menjadi 80,21% pada siklus II. Peningkatan ini terlihat dari partisipasi aktif siswa dalam diskusi, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, serta kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat. Kesimpulannya, metode Puzzle Jigsaw dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Guru disarankan untuk terus mengembangkan metode pembelajaran inovatif guna meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK
Pengaruh permainan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Keseimbangan Statis Siswa Kelas II SDN Kampungdalem 4 Kirana, Sandy Heppy; Bekti, Ruruh Andayani; Masrofi, Ali
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P367-376

Abstract

Pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat guna untuk meningkatkan keseimbangan statis siswa SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri (1) tahapan persiapan (2) tahapan pelaksanaan awal (Pretest) dan (3)pelaksanaan akhir (Posttest). Penelitian ini terdiri dari 10 sampel 4 laki-laki dan 6 perempuan. Pada penelitian ini menggunakan norma tes keseimbangan statis, rumus presentase dan tabel kuantitatif. Hasil penelitian pada pretest dan posttest siklus satu dan dua tes berdiri satu kaki pada kategori kemampuan keseimbangan sangat kurang 70%, 50% dan 20% pada kategori kurang 20%, 30% dan 30% pada kategori baik 10%, 10% dan 30% pada kategori baik sekali 0%, 10% dan 20%. Hasil dari analisis penelitian berdasarkan data menujukan bahwa permainan tradisional engklek dapat digunakan oleh para pendidik sebagai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan keterampilan keseimbangan statis para peserta didik khususnya pada jenjang sekolah dasar.
Penerapan Pembelajaran Sosial-Emosional melalui Media Permainan Berbasis Game Gerak Tebak dalam Pembelajaran Pencak Silat untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SDN Kampungdalem 4 Pratama, Yoga; Bekti, Ruruh Andayani; Masrofi, Ali
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P337-348

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam pembelajaran pencak silat, namun banyak siswa mengalami kendala dalam mengembangkan rasa percaya diri saat berlatih. Pembelajaran sosial-emosional dapat menjadi salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran sosial-emosional dalam penggunaan media permainan berbasis game Gerak Tebak untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran pencak silat di SDN Kampungdalem 4. Penelitian ini menggunakan metode PTK. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta angket sebelum dan sesudah penerapan permainan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan pembelajaran sosial-emosional melalui permainan Gerak Tebak, terjadi peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri siswa. Siswa menjadi lebih aktif, berani, dan percaya diri dalam melakukan gerakan pencak silat. Selain itu, interaksi sosial di dalam kelas juga meningkat, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih positif dan suportif. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran sosial-emosional dalam permainan Gerak Tebak terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran pencak silat. Pendekatan ini dapat dijadikan strategi inovatif dalam pendidikan jasmani untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan
Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 10P8 Sman 1 Pare Melalui TarL dalam Pembelajaran Renang Gaya Bebas Dewantara, Gunawan; Yuliawan, Dhedhy; Rahmawati, Rina Dwi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P349-357

Abstract

Pendidikan yang efektif memerlukan metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Pengajaran konvensional mengabaikan variasi antar individu, sehingga menghasilkan prestasi akademik yang rendah. Teaching at The Right Level (TaRL) adalah pedagogi di mana siswa dikelompokkan berdasarkan tingkat pemahaman mereka demi meningkatkan efisiensi pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kinerja siswa dalam pelajaran renang gaya bebas melalui metode TaRL. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Menurut peneliti, pendekatan ini sangat efektif untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran dan memberikan solusi yang tepat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan. Ada peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa setelah menerapkan metode TaRL. Sebelum penerapan, sebagian besar siswa tidak dapat memenuhi standar kompetensi belajar. Pada siklus kedua, semua siswa dapat memperoleh skor lebih tinggi dari tingkat kompetensi. Dari penelitian ini, jelas bahwa metode TaRL tidak hanya meningkatkan hasil belajar tetapi juga menginspirasi dan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan mereka membuat pembelajaran lebih efektif dan fleksibel. Metode TaRL terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam renang gaya bebas secara signifikan
Upaya Meningkatkan Passing Bawah Dalam Pemainan Sepak Bola dengan Metode Teaching at the Right Level (TaRL) Pada Siswa X P4 SMAN 1 Pare Putra, Rangga Aditya; Yuliawan, Dhedhy; Rahmawati, Rina Dwi
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P302-313

Abstract

Peningkatan hasil belajar siswa dapat dicapai melalui penerapan metode pembelajaran yang berfokus pada peserta didik. Berdasarkan observasi di kelas X P4 SMAN 1 Pare (34 siswa), ditemukan bahwa keterampilan passing bawah dalam sepak bola masih rendah, khususnya pada siklus pertama. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman terhadap teknik passing. Penelitian ini menggunakan metode Teaching at the Right Level (TaRL) dalam mata pelajaran PJOK dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara deskriptif kuantitatif. Tujuan utamanya adalah untuk mengkaji pengaruh metode TaRL terhadap peningkatan kemampuan passing bawah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif dan keterampilan siswa. Pada siklus kedua, nilai rata-rata siswa meningkat dari 62,79 menjadi 85,59, dengan peningkatan sebesar 36,30%. Metode TaRL terbukti dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan individu siswa dan efektif dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar sepak bola. Maka, TaRL dapat dijadikan strategi pembelajaran yang efektif di SMAN 1 Pare
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Media Kardus Pada Peserta Didik Kelas X-6 SMA Negeri 9 Malang Adikasmanto Idris; M.E Winarno; Salamet
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P270-279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada peserta didik kelas X-6 SMA Negeri 9 Malang melalui modifikasi alat bantu kardus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar lompat jauh dari pra-siklus ke siklus I dan berlanjut ke siklus II. Mulai dari tes awal hanya 7 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75, pada siklus 1 ada kenaikan menjadi 17 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75, sedangkan pada siklus 2 ada 28 peserta didik yang mencapai nilai di atas 75. Penggunaan kardus sebagai media pembelajaran terbukti mampu memberikan rangsangan, acuan, dan motivasi kepada peserta didik untuk melakukan gerakan lompat jauh dengan lebih baik. 4 Modifikasi ini menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif, sehingga meningkatkan hasil belajar lompat jauh peserta didik
Perbedaan Ketepatan Tendangan Penalti Menggunakan Kaki Bagian Dalam dan Punggung Kaki pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Ryan Widhandi; Zawawi, M. Anis; Setiawan, Irwan
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P329-336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan tendangan penalti menggunakan kaki bagian dalam dan punggung kaki pada siswa ekstrakurikuler futsal SMP Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Sampel berjumlah 30 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa tes menendang ke gawang berukuran 3×2 meter yang dibagi menjadi sembilan area nilai. Data dianalisis menggunakan uji-t parametrik melalui bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor tendangan penalti menggunakan kaki bagian dalam adalah 16,37 dengan simpangan baku 2,456, sedangkan menggunakan punggung kaki adalah 8,70 dengan simpangan baku 3,175. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua teknik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknik kaki bagian dalam lebih efektif dalam menghasilkan ketepatan tendangan penalti dibandingkan teknik punggung kaki. Temuan ini dapat dijadikan dasar dalam pelatihan futsal di sekolah untuk meningkatkan akurasi tendangan peserta didik
Pengaruh HIIT dan Cone Drill terhadap Kelincahan Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli SD Negeri 1 Gampeng Prabowo, Fingki Agung; Himawanto, Wasis; Junaidi, Slamet
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P280-292

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti bahwa, bola voli adalah olahraga yang memerlukan kelincahan dalam menguasai teknik dan taktik permainan, namun hasil observasi menunjukkan bahwa siswa ekstrakurikuler bola voli di SD Negeri 1 Gampeng masih mengalami kekurangan kelincahan, yang berdampak pada performa mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh High Intensity Interval Training (HIIT) dan Cone Drill terhadap kelincahan siswa ekstrakurikuler bola voli di SD Negeri 1 Gampeng, serta untuk membandingkan efektivitas kedua metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel siswa laki-laki usia 11-12 tahun yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kelincahan T-test sebelum dan sesudah intervensi latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik HIIT maupun Cone Drill memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kelincahan, dengan Cone Drill menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi dalam beberapa parameter kelincahan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar Cone Drill menjadi metode latihan yang lebih optimal untuk meningkatkan kelincahan siswa dalam ekstrakurikuler bola voli. Penelitian ini memberikan kontribusi penting tentang penerapan program latihan yang intensif dan terstruktur untuk meningkatkan performa siswa dalam olahraga bola voli.
Survei Pemetaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran PJOK pada SMA se-Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun 2024–2025 Kafin, Moh. Ubaidulloh; Purnomo, Ardhi Mardiyanto Indra; Firdaus, Mokhammad
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P293-301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan ketersediaan, status kualifikasi, dan status kepemilikan sarana dan prasarana pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk tahun 2024–2025. Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif non-eksperimen, melibatkan sembilan sekolah sebagai sampel. Instrumen yang digunakan mengacu pada format Pangkalan Data Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia (PDPJOI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor ketersediaan sarana prasarana berada pada kategori B (baik) dengan nilai rata-rata 151. Seluruh sarana (460 unit) berada dalam kondisi baik dan layak pakai (100%), sedangkan prasarana terdiri dari 25 unit layak (83,3%) dan 5 unit tidak layak (16,7%). Dari sisi kepemilikan, 67,2% lahan merupakan milik sekolah, 30,8% milik umum, dan 2% merupakan lahan sewa. Temuan ini menunjukkan bahwa sarana prasarana PJOK di wilayah tersebut tergolong cukup memadai, meskipun masih terdapat disparitas antar sekolah. Hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan pemangku kebijakan dalam perencanaan dan pemerataan fasilitas pendidikan jasmani di masa mendatang
Pengaruh Penggunaan Alat Parasut Resistance terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Romadhoni, Bagus Dwi Putra; Putra, Rendhitya Prima; Kurniawan, Wing Prasetya
NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan Vol. 3 No. 03 (2025): NUSANTARA SPORTA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Keolahragaan
Publisher : CV. Nusantara Sporta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.2024/ns.v3i02.2025_P386-394

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa renang merupakan olahraga air yang memiliki banyak manfaat dan digemari berbagai kalangan usia, namun di Club Snapy Aquatic masih terdapat permasalahan yaitu otot kaki dan tangan atlet belum bekerja secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat bantu parasut resistance terhadap kecepatan renang gaya bebas 50 meter, serta membandingkan efektivitas metode latihan menggunakan alat tersebut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 30 atlet usia 9–10 tahun di Club Snapy Aquatic yang dipilih melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kecepatan renang 50 meter gaya bebas sebelum dan sesudah intervensi latihan. Uji normalitas dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan nilai pretest sebesar 0,729 dan posttest sebesar 0,519, yang mengindikasikan bahwa variasi yang disebabkan oleh penggunaan parasut resistance lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu parasut resistance memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kecepatan renang 50 meter gaya bebas. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi penerapan program latihan yang intensif dan terstruktur untuk mengoptimalkan performa atlet dalam olahraga renang, khususnya pada nomor gaya bebas

Page 1 of 2 | Total Record : 15