cover
Contact Name
M. Miftach Fakhri
Contact Email
fakhri@lontaradigitech.com
Phone
+6281212989654
Journal Mail Official
kreativa@lontaradigitech.com
Editorial Address
Jalan Abdullah Dg. Sirua, Kompleks BTN CV Dewi Blok B6 Nomor 12, Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 30249236     DOI : https://doi.org/10.61220/kreativa
Core Subject : Humanities, Social,
This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural perspectives. The journal includes, but is not limited to the following fields: Sosial Kependidikan Sains Bisnis dan Ekonomi Teknik dan Kejuruan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Volume 1 Issue No. 2: January 2024" : 8 Documents clear
Sosialisasi Literasi Keuangan Pada Usaha Tani Ayu Kartini Parawansa; Annisa Paramaswary Aslam; Regina Regina; Rahmat Nurul Prima Nugraha; Rastina Kalla
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20241

Abstract

Peningkatan literasi keuangan di kalangan petani menjadi kunci dalam memperkuat perekonomian mereka serta mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Melalui sosialisasi literasi keuangan yang dihadiri oleh 52 petani, ditemukan bahwa tingkat literasi keuangan perlu ditingkatkan guna membantu masyarakat dalam memahami perencanaan keuangan dan membuat keputusan keuangan yang bijaksana. Inklusi keuangan juga memiliki peran penting dalam aspek sosial ekonomi, seperti mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, dan mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat. Literasi keuangan juga membantu pemerinta dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan literasi keuangan secara menyeluruh, termasuk melalui pendidikan di sekolah dasar. Diharapkan, upaya ini dapat mendukung kebijakan pemerintah dan meningkatkan pemahaman petani tentang keuangan pribadi, seperti pengelolaan hutang, perencanaan keuangan, dan investasi. Melalui peningkatan literasi keuangan, diharapkan masyarakat, khususnya para petani, dapat membuat keputusan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan finansial mereka secara lebih baik.
Pelatihan Pemanfaatan Potensi Desa Melalui Penguatan Kapasitas BUMDes Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk Pertanian di Desa Sokkolia Andi Muhammad Irfan; Sitti Hasbiah; Akmal Hidayat; Muhammad Rakib; Alda Hikmah Rhamadani Juyot Limpo
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20244

Abstract

Pengolahan produk pertanian dapat mendorong pengelolaan dan peningkatan kapasitas BUMDes sebagai produk yang dijadikan salah satu alternatif pemanfaatan potensi lokal dalam peningkatan BUMDes. Hal ini juga dapat meningkatkan penanganan Kesehatan dan ketahanan ekonomi dan pangan keluarga. Pelatihan diharapkan adanya peningkatan kapasitas BUMDes serta meningkatnya tarafhidup masyarakat. Penguatan ekonomi masyarakat melalui penggalian potensi Desa. Target yang dihasilkan produk pertanian warga Desa Sokkolia. Tujuan dari PKM menghasilkan peningkatan kapasitas BUMDes, peningkatan pengetahuan pembuatan produk pertanian dan berbagai luaran laiannya dan peningkatan kerjasama UKAW dan mitra. Metode yang digunakan: penyuluhan dan penyadaran dan manajemen Bumdes, pengelolaan produk, rancangan produk (pengemasan), pemasaran dan pendampingan berkelanjutan. Hasilnya dari kegiatan ini adalah adanya kesadaran dari para aparat Desa dalam hal ini pengurus BumDes untuk memajukan pengurusan dan pengelolaan BumDes yang sudah terbentuk namun tidak berjalan dengan baik. Adanya juga peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengelolaan abon pepaya dan kripik bagi ibu-ibu di Desa Sokkolia maupun pengurus BumDes untuk meningkatkan pengelolaan BumDes.
Pelatihan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Melalui Kegiatan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Di Kabupaten Pinrang Ilma Wulansari Hasdiansa; Sumarsih Sumarsih; Akmal Hidayat; Andi Muhammad Irfan; Muhammad Rakib
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20245

Abstract

Kabupaten Pinrang sebagai salah satu daerah yang terdiri dari berbagai Desa dengan potensi daya tarik wisata seperti alam, budaya, kuliner dan ekonomi kreatif, namun sebagian besar Desa belum memanfaatkannya sebagai destinasi wisata. Oleh sebab itu masyarakat memegang peran penting dalam memanfaatkan dan mengelola daya tarik wisata, salah satu kelembagaan ditingkat Desa yang bergerak dalam wisata adalah kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yang berperan sebagai motivator, penggerak serta komunikator dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian masyarakat disekitar daya tarik wisata. Kegiatan pelatihan yang ditujukkan untuk Pokdarwis se- Kabupaten Pinrang dalam rangka penguatan pengetahuan mengenai Tata Kelola Destinasi Parwisata. Metode pelatihan menggunakan ceramah, Curah Pendapat dan evalasi. Hasil dari pelatihan ini diharapkan pokdarwis memiliki pengetahuan dan mampu mengimplementasikannya di Desa masing-masing.
Optimalisasi Pelaksanaan Coaching Pengawas dalam Program Sekolah Penggerak di Sekolah Dasar Asriadi; Andika Isma; Rosidah; Asham bin Jamaluddin; Dary Mochamad Rifqie
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20242

Abstract

Program Sekolah Penggerak, saat memasuki tahun ketika menuju tahun keempat, telah mengimplementasikan sistem estafet coaching dari instruktur ahli kepada pengawas sekolah. Oleh karena itu, diperlukan coaching pengawas sekolah untuk mengevaluasi pelaksanaan dan meningkatkan kompetensi mereka. Metode coaching meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan coaching. Hasilnya menunjukkan bahwa pengawas sekolah belum konsisten dalam menjalankan kegiatan coaching sesuai jadwal yang ditetapkan, dengan temuan bahwa pemahaman mereka tentang coaching berbeda dengan konsep sebenarnya. Pertemuan antara pengawas sekolah dan kepala sekolah lebih cenderung menjadi sesi fasilitasi atau mentoring yang didominasi oleh pemberian saran atau solusi, bukan coaching. Namun, melalui pendalaman kembali konsep dan kompetensi coaching, pemahaman peserta meningkat, dan mereka berkomitmen untuk melaksanakan coaching kepada kepala sekolah dalam Program Sekolah Penggerak
Digitalisasi Melukis Menggunakan Aplikasi Sketchbook Pada Siswa IX SMPN 25 Cenrana Muhammad Syafruddin Akmal; Nurul Fadhillah S; Dewi Fatmarani Surianto; Diny Anggriani Adnas
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20243

Abstract

Seni lukis telah menjadi bagian integral dalam kurikulum. Pada banyak sekolah, termasuk SMPN 25 Cenrana di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, metode pengajaran seni lukis ini masih mengadopsi pendekatan konvensional. Observasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran seni budaya SMPN 25 Cenrana memberikan gambaran bagaimana metode pengajaran tersebut cenderung monoton dan belum sepenuhnya memanfaatkan potensi literasi digital guna mendukung pembelajaran. Pelatihan ini hadir untuk memperkenalkan aplikasi Sketchbook yang bisa diakses oleh siswa kelas IX untuk mulai melukis secara digital menggunakan media. Rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam bentuk luring dan daring pada 1 Agustus 2023 hingga 5 September. Tahapannya mulai dari pembukaan dan pre-test kepada siswa, penyajian materi, praktik menggunakan Sketchbook, konsultasi karya, hingga pelaksanaan post-test. Penggabungan pertemuan luring dan daring dalam kegiatan ini dilakukan guna memaksimalkan kesempatan belajar siswa. Alhasil, terlihat peningkatan persentase pengetahuan sebanyak 35% dari pre-test ke post-test yang diberikan kepada siswa. Kegiatan ini menyediakan ruang ekspresi kreatif kepada siswa dalam meningkatkan literasi digital mereka sekaligus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Sebagaimana diketahui, literasi digital tidak hanya berhenti pada penggunaan teknologi, tetapi juga bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan oleh manusia.
PKM EDUKASI PEMANFAATAN SIMULATOR HIDROPONIK MINI SISTEM NFT DENGAN PENAMBAHAN LED GROWLIGHT DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN Jamaluddin; Khaidir Rahman; Ervi Novitasari; Nunik Lestari; Muhammad Fajar B
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20246

Abstract

Kemajuan era industry 4.0 mempengaruhi berbagai macam sector, termasuk sector pendidikan yang mengalami perkembangan, baik dari segi metode, perangkat pembelajaran, alat peraga maupun media pembelajaran. Namun keberadaan fasilitas belajar seperti simulator yang dapat digunakan pada sekolah SMKS Nurfadilah belum terealisasi karena adanya keterbatasan penggunaan anggaran yang ada, Melihat keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah dalam pengadaan fasilitas, maka dilaksanakan pelatihan Edukasi Pemanfaatan Simulator hidroponik mini sistem NFT dengan penambahan Led Growlight dalam kegiatan pembelajaran. Metode pelaksanaan yang digunakan untuk mencapai target kegiatan pelatihan yaitu dimulai dari analisis masalah yang dilakuan pada SMKS Nurfadhilah dengan melakukan wawancara dan observasi langsung, kemudian dilanjutkan dengan perizinan kepada pihak yayasan untuk memberikan pelatihan, pemberian kuesioner terkait pemahaman awal berupa materi budidaya tanaman secara hidroponik  kemudian pemberian pelatihan dan pendampingan simulasi simulator hidroponik sistem NFT disertai dengan penggunaan setiap sensor yang ada serta led growlight. Diakhir kegiatan diberikan kuesioner untuk mengetahui pemahaman akhir peserta didik. Hasil dari kegiatan edukasi yang dilakukan dalam bentuk pelatihan dan simulasi berdampak positif, dilihat dari meningkatnya pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam mensimulasikan simulator.
Pelatihan Pemanfatan Limbah Pertanian Dan Limbah Kotoran Kambing Menjadi Produk Kompos Di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat Ervi Novitasari; Khaidir Rahman; Reski Praja Putra; Andi Alamsyah Rivai; Reski Febyanti Rauf
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20247

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Desa Bonde Utara, Kecematan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat dalam memanfaatkan limbah pertanian dan limbah kotoran hewan sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi penggunaan pupuk urea. Selain itu, masyarakat juga diberikan pendampingan dalam pembuatan kompos. Subjek pelatihan ini adalah masyarakat Desa Bonde Utara Kecmatan Pamboang Kabupaten Majene Sulawesi Barat. Pelaksanaan pelatihan dilakukan 3 tahap meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik dan terakhir tahap evaluasi dengan metode pemberian kuisioner. Hasil pelatihan dianalisis secara deskriptif. Hasil pengamatan dan analisis disimpulkan bahwa peserta pelatihan sangat antusias, semangat, terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan serta pengalaman yang baik dalam mengolah limbah pertanian menjadi pupuk kompos.
Python dan Kriptografi: Edukasi dan Pengabdian untuk Masa Depan yang Aman Muhammad Fajar B; Abdul Wahid; Gufran Darma Dirawan; M Syahid Nur Wahid; Andi Akram Nur Risal
Jurnal Kemitraan Responsif untuk Aksi Inovatif dan Pengabdian Masyarakat Volume 1 Issue No. 2: January 2024
Publisher : Lontara Digitech Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61220/kreativa.v1i2.20248

Abstract

Di era digital, keamanan data menjadi krusial, dan integrasi Python dengan kriptografi muncul sebagai solusi efektif untuk masa depan yang aman. Python, dengan kesederhanaan sintaks dan pustaka kaya seperti NumPy dan SciPy, menjadi alat ideal untuk pemula dan aplikasi kriptografi. Workshop ini diadakan untuk memberikan pemahaman tentang kriptografi dan aplikasinya menggunakan Python. Materi mencakup dasar-dasar kriptografi, algoritma seperti AES dan RSA, serta praktik langsung implementasi enkripsi dan dekripsi. Melalui latihan praktis, peserta dapat menjembatani teori dan aplikasi, memperkuat kemampuan pemecahan masalah yang diperlukan untuk menghadapi ancaman keamanan dunia nyata. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman konsep kriptografi dan keterampilan praktis peserta, yang diukur melalui kuis dan tes praktik. Feedback positif menunjukkan kepuasan terhadap materi dan penyelenggaraan workshop. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan teknis, tetapi juga menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya keamanan informasi, berkontribusi pada ekosistem digital yang lebih aman. Program ini menyarankan pengembangan lebih lanjut dengan cakupan materi lebih luas untuk terus mendukung pendidikan dan pengembangan keterampilan keamanan data mahasiswa, mempersiapkan mereka untuk tantangan keamanan siber di masa depan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8