cover
Contact Name
Asman
Contact Email
lunggi@iaisambas.ac.id
Phone
+6281352680407
Journal Mail Official
lunggi@iaisambas.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Sejangkung No.126 (Gedung Rumah Jurnal Ilmiah IAIS Sambas), Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. e-mail: lunggi@iaisambas.ac.id
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Lunggi Journal
ISSN : -     EISSN : 29867916     DOI : https://doi.org/10.37567
The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, Constitutional Law, Islamic Law, Sharia Economics, Educational Management, Sharia Accounting, Sharia Business Management, Sharia Banking, Islamic Communication and Broadcasting, Islamic Guidance and Counseling, Islamic History and Civilization, and Al-Quran Science and Tafsir, and others.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI B DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022-2023 Nazarudin, Firman; Rathomi, Ahmad; Effiyadi , Effiyadi
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tentang: 1) Perencanaan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 2) Pelaksanaan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023; 3) Evaluasi Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023. Teknik penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu, guru menyusun perencanaan sudah mengacu pada model ASSURE, kemudian pelaksanaan pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 melalui tiga tahapan yaitu, pembiasaan, eksperimen, dan pengulangan, dan evaluasi pendekatan whole language dalam pembelajaran bahasa Indonesia Kelas VI B di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023 yaitu, Menyusun rencana hasil belajar, Menghimpun data, Melakukan verifikasi data, Penarikan kesimpualan, Tindak lanjut hasil evaluasi.
PRAKTIK WANPRESTASI TERHADAP PERJANJIAN JUAL BELI GETAH KARET DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Yuni, Yuni; Tehedi, Tehedi; Akbar, Reza
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan praktik wanprestasi dan penyelesaiannya terhadap jual beli getah karet, beserta Perspektif Hukum Islam terkait jual beli tersebut di Desa Temapatn Kuala, Kecamatan Galing. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, member check dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan, Pertama, Praktik wanprestasi dan penyelesaiannya terhadap jual beli getah karet yang terjadi di Desa Tempapan Kuala, Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas yaitu adanya petani karet yang melakukan wanprestasi (ingkar janji), seperti keterlambatan waktu dalam memenuhi prestasi dan bahkan ada petani karet yang tidak memenuhi prestasinya sama sekali, bahkan dilakukan dengan unsur kesengajaan, sehinggga pihak pembeli merasa dirugikan dengan adanya hal tersebut yang dilakukan oleh petani karet, dimana kesepakatan di awal yang dibuat ke dua belah pihak yang berakad, tidak dijalankan seperti halnya perjanjian yang sudah disepakati. Kedua, Jual beli yang dilakukan seperti ini menurut persfektif hukum Islam ialah tidak dibenarkan dalam Islam, karena kegiatan muamalahnya bertantangan dengan syara’. dalam pelaksanaanya adanya yang merasa dirugikan seperti ada unsur kesengajaan dari pihak petani karet melakukan (wanprestasi) ingkar janji kepada pihak pembeli karet. Ketiga, Penyelesaian dalam jual beli getah karet mengunakan prinsip perdamaian, musyawarah antara petani karet dan pembeli karet dan tidak ada orang penegah atau (wasit) dalam menyelesaikan masalah ini, dan hanya diselesai kan antara petani karet dan pembeli karet dengan cara pembeli karet memaklumi kejadian tersebut dan juga memberikan pilihan kepada petani karet untuk tetap berlangganan atau tidak, dan memberikan masukan agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi. jadi prinsip-prinsip perdamaian seperti ini seharusnya selalu dipertahankan, diterapkan, karena dalam islam kita sangat dianjurkan untuk melakukan perdamaian
AKTIVITAS ORANG TUA DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN DI RUMAH PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEBAWI PADA SISWA KELAS III MI IKLAASHUL ‘AMAL TAHUN PELAJARAN 2022 Mislia, Mislia
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepedulian orang tua terhadap keberhasilan anaknya dalam pembelajaran anak di rumah yang akan diimplementasikan di sekolah. Melalui aktivitas atau tindakan orang tua dengan pelaksanaan pembelajaran anak di rumah pasca pandemi covid-19 dengan mendampingi anak saat belajar. Orang tua juga melakukan tindakan dalam mengambil langkah-langkah dalam membantu proses pembelajaran anak di rumah pasca pandemi dengan menyediakan sarana dan prasaran seperti meja belajar, alat tulis lengkap, dan tempat khusus untuk anak belajar di rumah. Namun, aktivitas yang dilakukan orang untuk mendukung anak belajar memiliki kendala seperti orang tua yang tidak memiliki waktu banyak untuk mendampingi anak belajar, kurangnya terhadap materi yang diajarkan, dan kurangnya biaya dalam pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua orang tua bisa mendampingi anak saat belajar, tidak semua orang tua bisa memennuhi fasilatas anak dalam mendukung minat belajar anak di rumah dan adanya kendala yang dihadapi dalam membantu proses pembelajaran anak di rumah pasca pandemi covid-19
PERAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS DARUL ULUM MATANG DANAU KECAMATAN PALOH TAHUN 2022/2023 Trirezeki, Anisa; Susilawati, Susilawati; Astaman, Astaman
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran supervise kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di MTs Darul Ulum Matang Danau. Penelitian ini memiliki tiga tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui penerapan supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau dalam meningkatkan kinerja guru PAI tahun 2022/2023. Kedua, mengetahui peran supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau dalam meningkatkan kinerja guru PAI tahun 2022/2023. Ketiga, mengetahui faktor pendukung penerapan supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau dalam meningkatkan kinerja guru PAI 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitiani yaitu: Pertama, Penerapan supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau dalam meningkatkan kinerja guru PAI yakni dengan cara sebagai berikut: 1) Melakukan pengawasan atau monitoring terhadap guru yang sedang melakukan proses belajar mengajar di kelas. 2) Melakukan penilaian bagaimana kinerja guru dan tingkat pemahaman siswa pada saat pembelajaran. Kedua, Peran supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau Dalam meningkatkan kinerja guru PAI sangat penting. Hal itu dikarenakan peran supervisi di MTs Darul Ulum Matang Danau dapat meningkatkan kinerja guru PAI. Ketiga, Faktor pendukung penerapan supervisi kepala sekolah MTs Darul Ulum Matang Danau dalam meningkatkan kinerja guru PAI diantaranya adalah, 1) untuk meningkatkan kualitas pendidikan MTs Darul Ulum Matang Danau. 2) untuk meningkatkan kinerja guru dan prestasi murid di MTs Darul Ulum Matang Danau.
STATUS KEPEMILIKAN TANAH EKS DINAS PERKEBUNAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT DI DESA PASAR MELAYU KECAMATAN SAMBAS BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 20 TAHUN 2021 TENTANG PENERTIBAN KAWASAN DAN TANAH TERLANTAR Setiawan Hadi Wijaya , Bagus; Arifin, Zarul; Hasiah, Hasiah
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanah terlantar adalah tanah yang tidak digunakan, tidak dimanfaatkan. Tanah terlantar berada di Desa Pasar Melayu Sambas yang memiliki lebar 12 m dengan panjang 60 m. Tanah tersebut terlantar selama kurang lebih 17 tahun. Tanah tersebut terlantar dikarenakan pada waktu itu tanah tersebut dibangun sebuah bangunan namun terbakar bersama surat-surat, sehingga sampai sekarang tanah tersebut tidak di perhatikan dalam artian terlantar. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana status tanah Eks Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat di Desa Pasar Melayu Sambas dan apa faktor yang mempengaruhi Tanah Terlantar Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat yang ada di Desa Pasar Melayu Kecamatan Sambas tersebut. Selain itu, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan konteks melalui pengumpul data dari lapangan serta berinteraksi secara langsung dengan para informan dan Pendekatan Normatif Empiris. Sumber data penelitian utama yaitu Informan yang terdiri dari pihak Kepala Desa, Ketua BPD, dan Ketua RT serta PP Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah Terlantar. Tidak hanya itu,teknik analisis data berupa Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa, Pertama, bahwa berdasarkan PP Nomor 20 Tahun 2021 tentang Penertiban Kawasan dan Tanah terlantar maka status tanah di Desa Pasar Melayu merupakan tanah yang terlantar yang harus ditertibkan dan secara lansung dapat dikuasai oleh Negara menjadi Aset Bank Tanah /TCUN, Kedua, Faktor yang menyebabkan tanah tersebut terlantar adalah kebakaran yang terjadi pada bangunan di atas tanah tersebut sehingga dari pasca kebakaran tanah tesebut terbengkalai selama kurang lebih 17 tahun dan faktor lain yaitu dari pihak pemerintah yang dengan sengaja tidak mempergunakan tanah tersebut.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENYAMPAIAN MATERI PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Sulastri, Sulastri; Aslan, Aslan; Rathomi, Ahmad
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini yaitu: Pertama, strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB negeri Sambas adalah guru PAI menggunakan strategi yang bervariasi yang terdiri dari: (a) strategi individual; (2) strategi kooperatif; (3) strategi moditifikasi tingkah kaku. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi guru PAI dalam penyampaian materi pada anak tunagrahita di SLB Negeri Sambas yaitu: (a) karakteristik peserta didik; (b) kompetensi dasar; (c) waktu yang tersedia; (d) bahan ajar; (e) sarana dan prasarana.
IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS X AGAMA MADRASAH ALIYAH M. BASIUNI IMRAN SAMBAS TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Utari, Utari; Mujahidin, Mujahidin; Asyura, Muhammad
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi model active learning tipe card sort pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kenyataan yang ada serta melakukan pendekatan terhadap sumber informasi, sehingga diharapkan data yang diperoleh akan lebih maksimal dan sesuai dengan fenomena yang dialami oleh informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model active learning tipe card sort pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas yakni dengan cara sebagai berikut: a) Menyiapkan Silabus b) Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran c) Menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan model active learning tipe card pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas mulai dari kegiatan awal, inti hingga penutup dengan langkah-langkah card sort. 3) Evaluasi model active learning tipe card sort pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas diantaranya adalah: a) Menentukan jenis evaluasi belajar b) Menentukan aspek-aspek penilaian c) Menentukan instrumen penilaian
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII C DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Sahesti Kurnia Sari, Sindi; Suhari, Suhari; Parni, Parni
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui apa saja peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini yaitu: Pertama, peran guru PAI dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di SMPN 1 Semparuk meliputi: a) Sebagai pengajar, b) Sebagai pendidik, c) Sebagai teladan, d) Sebagai pembimbing, e) Sebagai pendorong kesadaran keimanan, f) Sebagai motivator, g) Sebagai sumber belajar, h) Sebagai fasilitator, i) Sebagai pemimpin, j) Sebagai pengelola kelas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk lebih dominan pada eksternal meliputi: a) Faktor keluarga atau orang tua, karena keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi siswa. b) Faktor lingkungan sekolah adalah faktor yang penting. Karena di sekolah siswa akan di didik dan di bimbing untuk memiliki akhlak yang baik. c) Faktor pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI dengan bebera metode.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA DI KELAS VIII SMPN 3 SUBAH Urba, Nova; Susilawati, Susilawati; Multhaada, Asyruni
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di kelas VIII SMPN 3 Subah. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian di antaranya sebagai berikut: Pertama, mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di kelas VIII SMPN 3 Subah tahun pelajaran 2022-2023. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di kelas VIII SMPN 3 Subah tahun pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi (triangulasi sumber) dan member check. Hasil penelitian yaitu: Pertama, Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di kelas VIII SMPN 3 Subah tahun pelajaran 2022-2023 yakni dengan cara sebagai berikut: Kegiatan keagamaan, Konsultasi dan kerjasama guru pendidikan agama Islam, Guru pendidikan agama Islam menggunakan komunikasi verbal, Guru pendidikan agama Islam menggunakan komunikasi personal, Kegiatan Intrakurikuler, Pendekatan Pengalaman, Pendekatan Pembiasaan, Kerjasama guru pendidikan agama Islam dan Kepala Sekolah. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control terhadap perilaku siswa di kelas VIII SMPN 3 Subah tahun pelajaran 2022-2023 di antaranya adalah: Faktor pendukung internal yaitu, keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa itu sangat baik, sikap siswa dalam proses pembelajaran itu positif (menerima) terhadap bahan atau pelajaran yang akan dipelajari. Faktor pendukung eksternal yaitu, kepala sekolah dan guru-guru di SMPN 3 Subah memberikan dukungan yang baik dan mendukung segala program yang diadakan. Faktor penghambat internal yaitu, kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua yang seolah-olah orang tua menyerahkan anak sepenuhnya ke sekolah. Faktor penghambat eksternal yaitu, keterbatasan alokasi waktu di sekolah sehingga pembinaan yang dilaksanakan belum bisa maksimal, selain itu sedikitnya jam pelajaran pendidikan agama Islam yang hanya bisa untuk menyampaikan materi yang dituntut oleh kurikulum (silabus) sehingga pembinaan dan melaksanakan self control tidak dapat berlangsung sebagaimana mestinya.
PERAN KEPENGURUSAN TERHADAP PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF PERATURAN BUPATI SAMBAS NOMOR 33 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGGARAAN BADAN USAHA MILIK DESA: Studi di Desa Nibung Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Anggara, Rengga; Hasiah, Hasiah; Azmi, Azmi
Lunggi Journal Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammaad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Otonomi daerah merupakan bentuk sistem politik dari otoritarian sentralistik menjadi demokratis desentralistik. Otonomi daerah memiliki cita-cita besar yaitu mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, peningkatan pendapatanDesa melalui Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini merupakan salah satu alternatif yang diharapkan mampu mendorong kehidupan ekonomi di perdesaan. Dan mengkaji pandangan dalam Peraturan Bupati Sambas Nomor 33 Tahun 2018. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Desa Nibung dalam mengenai sistem peran kepengurusan BUMDes Nibung yaitu penasihat sudah menjalankan khususnya pada pasal 16 ayat (1) dalam Perbub, tetapi tidak menjalankan secara maksimal dalam upaya memelihara BUMDes sebagaimana dalam pasal 16 ayat (2) sehingga BUMDes Nibung tidak berjalan maksimal sebagaimana mestinya, Pengawas BUMDes Nibung tidak menjalankan kewajiban sesuai dengan pasal 19 ayat (2) namun telah menjalankan perannya pada pasal 1 dan 3 seperti yang sudah di uraikan. Pelaksana Operasional BUMDes di Desa Nibung dalam perannya belum memenuhi kriteria yang disebut sebagai indikator peran berdasarkan analisis. BUMDes di Desa Nibung masih terlihat pasif dalam menjalankan perannya dapat dibuktikan kurang aktifnya dalam melakukan pemasaran produk-produk dari BUMDes dan masih perlu memperbaiki pengelolaan sudah BUMDes, kurang nya koordinasi dengan suatu keanggotanya untuk lebih memaksimalkan perannya lagi dalam setiap tahapan-tahapan pembentukan sebuah BUMDes tersebut, mulai dari tahapan. Kemudian, faktor pendukungnya yaitu sudah berbadan hukum, sudah mendapatkan izin menebang kayu, bahan mudah didapat. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesejehteraan karyawan tidak terpenuhi, disebabkan upah yang minim, kurangnya kordinasi dan sosialisasi, SDM yang kurang dari masyarakat, dan banyak masih masyarakat yang memilih produk lain

Page 1 of 2 | Total Record : 15