Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Dalam upaya memfasilitasi dan mengakomodasi kebutuhan publikasi ilmiah bagi para peneliti, dosen, mahasiswa, dan ahli di bidang ilmu bahasa, Pustubi menerbitkan sebuah jurnal penelitian bernama NITISARA. Nama "Nitisara" diambil dari bahasa Kawi yang berarti Bijaksana. Diharapkan, melalui jurnal ilmiah ini terlahir penemuan dan ilmu baru dari para pemikir yang bijaksana. Selain itu, jurnal ini juga diharapkan dapat menjadi sumber bacaan bagi para pencari ilmu dalam mencapai kebijaksanaannya. Fokus dalam jurnal ilmiah ini yaitu berbagai macam penelitian/kajian di bidang ilmu bahasa, yang melingkupi penelitian/kajian linguistik, sastra, serta hal-hal yang menyangkut pembelajaran bahasa.
Articles
26 Documents
Penerapan Balanced Score Card untuk Mendukung Terwujudnya Transformasi di LPP TVRI
Sifak, Sifak;
Hidayat, Rais
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 2 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i2.2680
Perubahan terjadi sangat cepat disertai persaingan yang sangat ketat di dunia penyiaran mengharuskan TVRI melakukan transformasi, bisa diangankan bila TVRI berdiam dan merasa puas, maka cepat atau lamban TVRI akan terkalahkan dalam rivalitas. Terdapat cara bagi TVRI adalah ikut beranjak membuntuti perubahan dalam kinerjanya. Untuk mengetahui dan memastikan kinerja dan tercapainya tujuan LPP TVRI menggunakan sistem pengujian kinerja yang lebih baik dan tepat yakni pengukuran balanced score card yang dikenalkan profesor Harvard Robert Kaplan dan David Norton pada tahun 1992. Artikel ini bertujuan untuk memahami setinggi apa tingkat keberhasilan kinerja LPP TVRI melalui keempat perspektif balance score card, melihat perancangan strategis yang harus diimplementasikan setiap perspektif dalam balanced score card supaya sejalan visi maupun tujuan LPP TVRI. Metode yang diaplikasikan dalam artikel ini yaitu metode deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dengan melakukan wawancara dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan dengan Direktur Utama LPP TVRI Bapak Iman Brotoseno, dan Direktur Keuangan Raden Sardjono. Hasil wawancara dan melihat fakta data di LPP TVRI berdasarkan masing-masing perspektif yang berada dalam belenced score card yaitu perspektif finansial, perspektif proses bisnis internal dan pelanggan, serta perspektif pembelajaran, dan pertumbuhan. Hasil artikel pada LPP TVRI menunjukkan bahwa kinerja keuangan menunjukkan kondisi yang baik meskipun besaran anggaran sesungguhnya masih jauh dari ideal, kinerja perspektif pelanggan telah dilakukan berbagai hal untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pemirsa, kinerja dari pandangan proses bisnis internal yang meliputi observasi dan inovasi karyawan memperlihatkan hasil yang baik, kinerja terus berkembang prospektif, serta pembelajaran dari pengamatan kapabilitas pegawai dan kepuasan pegawai menunjukkan hasil positif.
Kesalahan Penggunaan Huruf dan Penulisan Unsur Serapan pada Rubrik Entertainment dalam Portal Media Daring JawaPos.com dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia
Qur’ani, Nuzulul;
Prameswari, Jatut Yoga;
Susanti, Dewi Indah
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 1 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i1.2171
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan penggunaan huruf dan penulisan unsur serapan pada rubrik entertainment dalam portal media daring JawaPos.com dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis text). Hasil penelitian kesalahan penggunaan huruf dan penulisan unsur serapan, penulis menemukan kesalahan penggunaan huruf pada huruf kapital sebanyak 10 data (10%), huruf miring sebanyak 86 data (90%), sedangkan kesalahan penulisan unsur serapan pada serapan umum sebanyak 12 data (80%), dan serapan khusus sebanyak 3 data (20%). Penulis beranggapan bahwa kesalahan yang paling dominan mengalami kesalahan adalah huruf miring pada setiap kata sebab kurangnya ketelitian, dan literasi pada seorang jurnalis JawaPos.com dalam membaca dan menulis.
Eksistensi Budaya Tradisi Buka Palang Pintu dalam Masyarakat Betawi
Jayakandi, Jayakandi
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 1 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i1.2522
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis eksistensi budaya tradisi palang pintu dalam acara pernikahan masyarakat Betawi. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis eksistensi budaya tradisi palang pintu dalam masyarakat Betawi adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dari 30 responden yang telah diwawancarai oleh peneliti, terdapat 20 responden yang masih menggunakan budaya tradisi palang pintu dalam acara pernikahan. Hal ini berarti budaya tradisi palang pintu masih sering digunakan oleh masyarakat asli Betawi. Perkembangan zaman pada saat ini yang merupakan zaman modern, tidak membuat masyarakat asli Betawi berhenti untuk menjaga dan mencintai budaya khususnya budaya tradisi palang pintu. Artinya, eksistensi budaya Betawi masih tetap terjaga dalam lingkungan masyarakat asli Betawi. Disadari atau tidak, globalisasi dan maraknya multikulturalisme di ibu kota saat ini menggerus eksistensi budaya Betawi. Maka dari itu, untuk melestarikan nilai-nilai budaya Betawi yang diwariskan nenek moyang, perlu diantisipasi sejak dini dengan solusi yang tepat untuk mempertahankan kebudayaan Betawi.
Nilai-Nilai Ketuhanan dalam Novel Semua Ikan di Langit Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Karyati, Zetty
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 2 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i2.2834
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keunggulan novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dibandingkan karya penulis lain, serta mendeskripsikan nilai-nilai ketuhanan atau hubungan Tuhan dengan manusia dalam novel ini. Penulis menemukan bahwa novel ini mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan novel-novel pada masanya. Selain keunggulan dalam bahasa, novel ini mempunyai kelebihan dalam hal penyajian maknanya. Makna dan kiasan tentang kehidupan yang terkandung di dalamnya disajikan dengan indah, berisi hikmah baik dan buruk, tentang cinta dan benci, ketakutan, serta tentang keimanan kepada Tuhan. Namun penggambaran Tuhan dalam novel ini tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Meskipun banyak penggambaran Tuhan yang sesuai dengan ayat Alquran, tetapi ada juga yang justru bertentangan.
Peran Sumber Belajar E-Book dan E-Journal sebagai Upaya dalam Meningkatkan Literasi Membaca di Kalangan Mahasiswa
Aqil, Deden Ibnu;
Gayatri, Askardiya Mirza;
Hudaya, Adeng;
Adi, Tony Magianto
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 1 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i1.2172
Hasil dari laporan evaluasi Programme for International Student Asessment (PISA) pada 3 Desember 2019, skor untuk membaca ada di peringkat 72 dari 77 negara. Dekade belakangan ini buku sebagai salah satu sumber belajar tidak hanya dalam bentuk cetak atau print out, namun sudah dapat diakses melalui internet sehingga memudahkan mahasiswa dalam melengkapi tugas dalam membuat makalah atau artikel. Budaya literasi membaca sebagai suatu keharusan bagi semua warga negara, termasuk mahasiswa yang minat membacanya masih rendah. bahwa salah satu alasan rendahnya kualitas perkuliahan pada mahasiswa adalah belum atau tidak memanfaatkan sumber belajar secara maksimal. Sumber belajar merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kegiatan perkuliahan. Hal tersebut sesuai yang tercantum dalam Permendiknas No. 41 Tahun 2007 yang menyatakan sumber belajar adalah segala sesuatu yang mengandung pesan, baik yang sengaja dikembangkan atau yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman dan atau praktik yang memungkinkan terjadinya pencapaian tujuan belajar. Beragamnya bentuk dari sumber belajar seperti lingkungan, media buku, media non buku, maka tulisan ini membahas sumber belajar media non buku berupa e-book dan e-journal.
Simplifikasi Pembuatan Esai Opini Mahasiswa melalui Teknik Penulisan Argumentasi Induktif
Rosadi, Nicky;
Utama, Wahyu
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 2 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i2.2626
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan simplifikasi pembuatan esai opini mahasiswa melalui teknik penulisan argumentasi induktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Penulisan Ilmiah. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu persepsi mahasiswa terkait proses pembuatan esai opini setelah mereka memiliki pengetahuan terkait teknik penulisan argumentasi induktif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami proses pembuatan esai opini. Hal ini dibuktikan dengan nilai survei yang menunjukkan dari 287 mahasiswa, sebanyak 130 (45,3%) mahasiswa mengaku setuju teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mereka dalam pembuatan esai opini. Sebanyak 113 (39,4%) mahasiswa bahkan menyatakan sangat setuju bahwa teknik penulisan argumentasi induktif dapat mempermudah mereka dalam pembuatan esai opini. Melalui teknik penulisan argumentasi induktif, mahasiswa memiliki gambaran terkait proposisi substantif esai opini mereka. Proposisi substantif yang dimaksud meliputi: 1) pendahuluan, 2) pemaparan bukti/fakta/data, dan 3) penutup yang berisi argumentasi/opini/pendapat/pernyataan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sebenarnya kerumitan dalam penulisan ilmiah terjadi karena tidak adanya gambaran pola/struktur kompositif (proposisi substantif) pada karya ilmiah yang hendak dibuat. Pengedukasian terkait proposisi substantif terhadap karya ilmiah yang hendak dibuat menjadi hal yang perlu dilakukan serta perlu menjadi perhatian bagi para pengajar sebelum meminta peserta didiknya membuat sebuah karya ilmiah.
Hubungan Penguasaan Diksi dan Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasif pada Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 1 Jasinga Bogor
Putri, Helmalia;
Nuryani, Rina;
Ma’rif, Muhammad Ramdon Samsul
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 1 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i1.2174
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor. Penelitian ini berdasarkan masalah dari hasil survei di tempat penelitian yaitu penguasaan diksi dan minat membaca dalam keterampilan menulis teks persuasif masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan nilai di bawah KKM. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi berganda. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil rhitung x1y yakni 0.633, rhitung x2y yakni 0.491 serta rhitung x1x2y 0.647 dan rtabel masing-masing 0.278 dengan derajat kebebasan (df= 36-2 = 34) dan taraf signifikasi sebesar 0.05. Dapat disimpulkan dari perhitungan rhitung lebih besar dari rtabel artinya H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Perhitungan hasil akhir x1x2y sebesar 0.647>0.278 dengan keterangan kuat, dinyatakan bahwa terdapat hubungan penguasaan diksi dan minat membaca dengan keterampilan menulis teks persuasif pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Jasinga Bogor.
Respons Penerjemahan melalui Google Translate terhadap Kata, Nama, dan Istilah-Istilah Lokal Berbahasa Indonesia ke Dalam Kalimat Berbahasa Inggris
Hidayat, Fahmi;
Anam, Ahmad Khoiril
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 2 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i2.2662
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons penerjemahan melalui Google Translate terhadap kata, nama, dan istilah-istilah lokal berbahasa Indonesia ke dalam kalimat berbahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian linguistik komputasi. Aspek komputasi yang dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini berupa mesin penerjemahan, yakni Google Translate. Data yang diambil adalah berupa hasil penerjemahan melalui Google Translate berupa kalimat berbahasa Inggris dari kalimat-kalimat yang berisi kata, nama, dan istilah-istilah lokal berbahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) layanan Google Translate mengalami kesulitan dalam menerjemahkan kata-kata yang berhomonim; (2) layanan Google Translate mengalami kesulitan dalam menerjemahkan nama-nama kota yang berhomonim dengan kosakata bahasa Indonesia; dan (3) layanan Google Translate mengalami kesulitan dalam menerjemahkan istilah-istilah lokal yang lazim digunakan dalam penggunaan bahasa Indonesia.
Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick terhadap Kemampuan Berpidato Ditinjau dari Minat Berpidato pada Peserta Didik Kelas IX di SMP I Assholihiyah
Ma’rif, Muhammad Ramdon Samsul;
Nuryani, Rina;
Putri, Helmalia
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 1 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i1.2175
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap kemampuan berpidato ditinjau dari minat berpidato pada peserta didik kelas IX SMP I Assholihiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, RPP, angket dan tes. Responden penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX. Kelas tersebut terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 32 responden, sehingga metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel total. Berdasarkan hasil penelitian uji homogenitas uji F diperoleh Fhitung (1,4705882) < Ftabel (2,4034471) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa data kemampuan berpidato bersifat homogen. Hasil uji anova dua faktor menunjukkan Fhitung (4,565303) > Ftabel (4,195972). Artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan metode talking stick terhadap kemampuan berpidato ditinjau dari minat berpidato pada peserta didik kelas IX SMP I Assholihiyah.
Penggunaan Analisis SWOT pada Pusat Pendidikan Pelatihan LPP TVRI
Budiono, Maryuni Kabul;
Hidayat, Rais
Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa Vol 1, No 2 (2023): Nitisara: Jurnal Ilmu Bahasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.30998/ntsr.v1i2.2679
Analisis SWOT dapat digunakan untuk menganalisis faktor eksternal dan internal untuk menyusun strategi guna mencapai tujuan organisasi. Di samping kelebihannya, analisa SWOT ini juga memiliki kelemahan- kelemahan. Pusat Pendidikan dan Pelatihan TVRI, telah berusaha untuk menyusun strategi untuk mencapai tujuan pelaksanaan tugas dan fungsinya. Tulisan ilmiah ini dimaksudkan untuk mengkaji analisis SWOT yang dilakukan dari sisi kelebihan dan kelemahannya. Metode yang diaplikasikan dalam artikel ini yaitu metode deskriptif dengan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dengan melakukan wawancara dan studi kepustakaan. Objek dalam penelitian ini yaitu Pusat Pendidikan dan Pelatihan TVRI. Dari kajian yang menggunakan metode studi kepustakaan dan wawancara, diketahui adanya kekurangan dalam penggunaan analisa SWOT di Pusdiklat LPP TVRI. Dari kajian tersebut penulis menyimpulkan serta memberikan rekomendasi bagi penggunaan analisa SWOT agar lebih baik di waktu mendatang.