cover
Contact Name
Gayuh Aji P
Contact Email
gap834@ums.ac.id
Phone
+6281578258369
Journal Mail Official
gap834@ums.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan Kartasura Surakarta. 57162
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil
ISSN : 14118904     EISSN : 28282876     DOI : http://dx.doi.org/10.23917/dts.v16i2.23276
Core Subject : Engineering,
FOCUS DTS focuses on the dissemination of conceptual ideas, design, analysis, and application of civil engineering in the development of sustainable infrastructure which will give real contribution to solve the real-world problems, particularly problems regarding infrastructures and disasters. SCOPE DTS encourages the civil and environmental engineering researchers to disseminate their paper associated with the development of sustainable infrastructures, water-related disaster such as floods and tsunami, project/construction management, geotechnical analysis, wastewater treatment and management, climate change impact and adaptation, disaster early warning system, and forensic engineering.
Articles 16 Documents
Studi Literatur: Karakteristik Aspal Penetrasi 60/70 yang Ditambahkan Serat Limbah Masker Medis Putra, I Gusti Agung Ananda
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 1/Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i1.4626

Abstract

Masker adalah jenis perlindungan pernafasan yang digunakan untuk mencegah orang menghirup bahan bahaya atau kontaminasi di udara. Walaupun penting untuk menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus Corona, pembuangan masker dapat membahayakan lingkungan. Secara umum, masker medis mengandung polipropilena dalam komposisi kimianya. Pada review ini akan dibahas serat dari limbah masker dijadikan bahan aditif untuk mengevaluasi dampaknya terhadap sifat-sifat aspal Metode yang dipakai adalah studi literatur dari peneliti terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan limbah masker medis ke dalam aspal penetrasi 60/70 dapat meningkatkan kekakuan, mengurangi sensitivitas suhu aspal, meningkatkan viskositas, serta meningkatkan viskoelastisitas dan ketahanan deformasi aspal.
Optimasi Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Time Cost Trade Off : (Studi Kasus: Proyek Spam Regional Wosusokas Segmen 4, Pipa Distribusi Utama Duwet – Mojolaban) Hidayah, Afifah Nurul; Setiawan, Ary; Setiono, Setiono
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 1/Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i1.5213

Abstract

Salah satu metode penelitian yang dapat digunakan untuk optimasi biaya dan waktu, yaitu Time Cost Trade Off (TCTO). Metode TCTO memiliki konsep, yaitu dengan berubahnya waktu penyelesaian proyek maka akan berubah pula biaya yang akan dikeluarkan. Adapun alternatif optimasi yang digunakan, yaitu dengan menambah jam kerja (lembur) dan menambah tenaga kerja. Dalam melakukan perhitungan optimasi, digunakan program atau software Primavera P6. Hasil perhitungan optimasi dengan menambah jam kerja (lembur) serta menambah tenaga kerja dengan beberapa variasi penambahan, menunjukkan perubahan dimana durasi menjadi lebih singkat namun cenderung terjadi peningkatan pada total biaya. Adapun alternatif optimasi yang memiliki total biaya dan durasi paling optimum atau efisien, yaitu dengan cara menambah 2 pekerja karena durasi proyek menjadi lebih cepat dan walaupun terjadi penambahan biaya, penambahannya lebih optimum atau efisien jika dibandingkan alternatif yang lain.
Analisis Potensi Kegagalan yang Mungkin Terjadi pada Sambungan Haunched yang Biasa Diterapkan di Indonesia dengan Metode Numerik Syarifudin, Ahmad; Hakim, Luqmannul; Yuana, Prima Sukma
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 1/Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i1.5315

Abstract

Sambungan tipe haunch merupakan jenis sambungan pemikul momen, dan sambungan ini sangat populer di Indonesia. Namun sambungan haunch tidak termasuk yang direkomendasikan dalam AISC 358 maupun SNI 7972, sehingga masih dipertanyakan kinerjanya terhadap gempa. Jurnal ini mengkaji kinerja sambungan haunch secara numerik sesuai dengan kriteria penerimaan dalam AISC 341. Perilaku sambungan tipe haunch yang menggunakan penampang umum di pasaran Indonesia akan dianalisis terhadap pembebanan monotonic dan cyclic. Analisis dilakukan menggunakan program berbasis elemen hingga ABAQUS. Hasil analisis sebetulnya menunjukan bahwa sambungan haunch memenuhi kriteria penerimaan menurut AISC 341. Namun kurva momen-rotasi menunjukan perilaku yang kurang baik, terjadi penurunan kekakuan akibat lelehnya baut dan tekuk lokal khususnya pada pelat ujung, yang mana itu tidak diizinkan. Sebagai pembanding, sambungan haunch yang menggunakan penampang daktilitas tinggi (High Ductility Member) berperilaku lebih baik dibandingkan dengan sambungan haunch pada penampang yang umum di pasaran. Tidak terjadi lokal buckling pada pelat ujung dan memastikan disipasi energi didominasi oleh balok. Untuk itu, sangat direkomendasikan menggunakan penampang dengan daktilitas tinggi ketika memilih sambungan tipe haunch. Selain itu wajib untuk menyesuaikan formulasi tebal pelat ujung dan diameter baut, sehingga kinerja sambungan dan pola kerusakan akan sesuai yang diharapkan.
Kajian Risiko Eskalasi (Price Escalation) terhadap Harga Solar Industri pada Proyek Konstruksi : (Studi Kasus pada Proyek Pengaman Muara Sungai dan Proyek Rehabilitasi Jaringan Air Baku) Novrizal, Dedi; Hermawan, Ferry; Wibowo, Mochamad Agung
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 1/Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i1.5646

Abstract

Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan proyek konstruksi yang dibiayai pemerintah, penelitian ini menyelidiki dampak penggunaan harga jual solar non-subsidi Pertamina dalam perhitungan eskalasi biaya pada proyek konstruksi multi-years. Dengan fokus pada dua proyek konstruksi besar di Provinsi Jawa Tengah, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis numerik untuk membandingkan efektivitas penggunaan harga jual Pertamina dibandingkan dengan indeks Badan Pusat Statistik (BPS) dalam perhitungan eskalasi biaya. Metode penelitian menggabungkan analisis data primer yang dikumpulkan melalui survei, wawancara dengan kontraktor dan penggunaan model eskalasi biaya berbasis indeks harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan harga jual Pertamina menghasilkan estimasi biaya yang lebih tinggi, namun lebih akurat dan mendekati kondisi pasar aktual, yang berpotensi mengurangi risiko keuangan proyek. Penelitian ini menawarkan wawasan baru tentang pengelolaan biaya proyek dan mendukung kebutuhan akan pendekatan yang lebih dinamis dan responsif dalam pengelolaan risiko eskalasi biaya, yang relevan bagi kontraktor dan pemangku kepentingan dalam proyek konstruksi pemerintah. Implikasinya menunjukkan pentingnya penyesuaian kebijakan dan praktik perhitungan biaya untuk mengakomodasi fluktuasi harga pasar, sehingga memastikan keberlanjutan finansial dan keberhasilan proyek konstruksi.
Forecasting A Long-Term Landslide Hazard in Paweden and Kalilunjar Sub-District, Banjarnegara, Indonesia Lestari, Diah Valentina; Prasetyaningtiyas, Gayuh Aji
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 1/Juli 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i1.5682

Abstract

Climate change has been a global issue for the past decades. It has impacted numerous aspects in landslide, particularly in the slope stability. The soil mass rupture leads to damage to infrastructure and death. Thus, any prevention is urgently needed to minimize the risk.  Forecasting the hazards is part of disaster management. The Initial step of this action is forecasting the rainfall due to climate change for the next 20 years since 2010, given that most of the landslide hazards in Paweden and Kalilunjar are triggered by rainfall.  This study uses CORDEX-SEA to obtain the rainfall forecasting data as the input to simulate the slope stability. The rainfall seepage is performed to obtain slope safety factor by using Geo-studio. Two chosen sub-districts in Banjarnegara, Paweden and Kalilunjar, are expected to experience more extreme daily rainfall by the end of 2030 compared to 2010 conditions. This study also shows that all rainfall cases trigger a slope failure (FS<1.2). This study is expected to support the local government in deciding the next hazard mitigation plan.  
Identifikasi Potensi Bahaya dan Masalah pada Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono MSc Aprianto, Rizal; Oktaviandini, Eren; Anindira, Shaveila Putri; Pratama, Yudha; Akbar, Alfino Pramuji
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 2/Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i2.5142

Abstract

Tingkat keselamatan di jalan tol khususnya dalam kota perlu diperhatikan digunakan masyarakat untuk kegiatan sehari-hari. Potensi bahaya dan permasalahan di Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono MSc perlu diidentifkasi untuk menemukan penanganan yang efektif. Fokus terhadap keselamatan di jalan tol menjadi penting mengingat jalan tol memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, kemudian kendaraan berat dan kendaraan pribadi yang menjadi satu pada ruas jalan. Alasan-alasan tersebut sudah dapan menjadi penyebab kecelakaan terjadi di jalan tol. Oleh karena itu keselamaran di jalan tol perlu memperoleh perhatian khusus oleh pengelola Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono MSc. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menginterpretasikan temuan yang ada secara mendalam. Observasi langsung dilakukan secara aktif dalam studi kasus yang diamati. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mengetahui kondisi eksisting secara akurat. Penelitian ini mengidentifikasi 5 potensi bahaya dan permasalahan yang mungkin terjadi di lokasi studi di masa mendatang. Hasil yang diperoleh adalah railling terputus hampir merata di setiap tiang APJ (Alat Penerangan Jalan) jalur NSL (North South Link), bahu jalan  sempit, kerusakan jalan akibat kendaraan ODOL (Over Dimension Over Loading), kemacetan di hampir seluruh ruas pada jam puncak dan adanya kolong tol. Rekomendasi penanganan yang ditawarkan berupa penggantian median railling menjadi barrier, patroli dan derek yang cepat tanggap, operasi ODOL rutin, serta sidak rutin penertiban kolong tol.
Drought Analysis Using Various Drought Indices in Sub-District Ngemplak Mulya, Agus Budi; Pudyastuti, Purwanti Sri; Isnugroho, Isnugroho; Budinetro, Hermono
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 2/Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i2.6134

Abstract

The study namely Drought Analysis Using Various Drought Indices in District Ngemplak, Boyolali offers a comprehensive examination of drought phenomena in the Ngemplak, Boyolali district through the lens of var­ious drought indices, aiming to understand the impact on agricultural productivity and propose effective water management strategies. Using data from 2009 to 2023, this study used SPI and PDSI.  Focusing on the Ngem­plak, Boyolali district, this research identifies the most relevant drought indices tailored to the local climatic and geographical contexts, analyzes the correlation between these indices and the productivity of primary crops, and suggests sustainable water management practices to mitigate drought risks. The study underscores the importance of adopting a multifaceted and adaptive water management framework, incorporating sophisticated irrigation technologies, and fostering policy reforms to enhance water use efficiency and resilience against climatic variability. It calls for collaborative efforts involving stakeholders across different sectors to implement these recommendations, ensuring the sustainability of water resources and agricultural productivity in the face of drought challenges.
Evaluation of Compressive Strength of Concrete with Replacement of Conventional Coarse and Fine Aggregates Using Palm Kernel Shell and Coconut Husk Kamil, Firmanilah; Purnomo, Julyan
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 2/Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i2.6167

Abstract

Concrete is a widely used construction material, but its production has a negative impact on the environment. This study aims to determine the effect and optimal percentage of using palm kernel shells and coconut fiber in concrete mixtures on the compressive strength of concrete. The research method involved making a variety of concrete mixes with the replacement of conventional aggregates by palm kernel shells as coarse aggregate and coconut fiber as fine aggregate. Four mix variations were tested: A (1% coconut fiber, 5% palm kernel shell), B (2% coconut fiber, 5% palm kernel shell), C (1% coconut fiber, 10% palm kernel shell), and D (2% coconut fiber, 10% palm kernel shell). Compressive strength testing was conducted at 7, 14, and 28 days of concrete age. The analysis showed that variation A, with 1% coir and 5% palm kernel shell, produced the closest compressive strength to normal concrete. ANOVA tests confirmed the significant effect of these mixtures on compressive strength. The contribution of this research lies in the development of alternative concrete materials that are more environmentally friendly, utilizing agricultural waste to reduce dependence on natural resources and lower the carbon footprint of the construction industry.
Application of Rainfall Data in Drought Hazard Prediction in The Bengawan Solo River Basin Using The Rainfall Anomaly Index (RAI) and Standardized Precipitation Index (SPI) Nikmah, Norma Wihdatun; Yakan, Annisa Fathi; Rahima, Ahdania
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 2/Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i2.6822

Abstract

This study investigates the impact of the Southern Oscillation Index (SOI) on meteorological droughts in the Bengawan Solo River Basin, Indonesia, from 2004 to 2023. Indonesia’s climate is influenced by the El Niño Southern Oscillation (ENSO), with negative SOI values (El Niño conditions) linked to drought events and positive values associated with the rainy season. This study analyzed the values of multiple stations' Rainfall Anomaly Index (RAI) and Standardized Precipitation Index (SPI).  This study evaluates the compatibility of drought indices obtained from the Rainfall Anomaly Index (RAI) and the Standardized Precipitation Index (SPI) with the Southern Oscillation Index (SOI). The study's results indicate that the drought index using the Standardized Precipitation Index (SPI) method yields a higher percentage of compatibility with the Southern Oscillation Index (SOI), averaging 60.78%.  The compatibility of the SPI method can also be observed in the number of meteorological dry months during 2010, the year of the most severe La Niña, and in 2015, during the most severe El Niño.  Through the SPI method, it can also be demonstrated that rainfall data can accurately reflect drought events and rainy seasons, consistent with climate change occurrences.
Pengaruh Perubahan Tata Guna Lahan terhadap Debit Banjir DAS Padolo Budianto, Muh Bagus; Hartana, Hartana; Ihtiar, Rizky Alfatihatul
Dinamika Teknik Sipil: Majalah Ilmiah Teknik Sipil Vol. 17/No. 2/Desember 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23917/dts.v17i2.7290

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Padolo mempunyai luas 222,89 km2. DAS Padolo bagian hulu berada di Kabupaten Bima, sedangkan bagian hilir berada di Kota Bima. Selain memberikan banyak manfaat, DAS Padolo juga memberikan dampak negatif bagi masyarakat, terutama dibagian hilir yaitu terjadinya banjir. Perubahan tata guna lahan merupakan salah satu pemicu meningkatnya debit banjir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perubahan tata guna lahan terhadap debit banjir pada DAS Padolo. Dalam penelitian ini analisis intensitas hujan menggunakan metode Mononobe, analisis tata guna lahan menggunakan peta tata guna lahan dari DLHK propinsi NTB, sedangkan analisis debit banjir menggunakan software HEC-HMS versi 4.12. Parameter tata guna lahan menggunakan Curve Number (CN). Hasil analisis perubahan tata guna lahan  selama kurun waktu antara tahun 2014 s/d 2023 menunjukkan lahan pertanian lahan kering mengalami peningkatan yang sangat besar yaitu sebesar 2.318, 53%. Penggunaan lahan lain yang mengalami peningkatan adalah sawah, permukiman dan hutan lahan kering sekunder masing-masing sebesar 111,14%, 69,38% dan 49,89%.  Sedangkan penggunaan lahan yang mengalami penurunan luas adalah semak belukar sebesar 89,7%.  Pertanian lahan kering campur juga mengalami penurunan luas lahan sebesar 67,70%. Perubahan tata guna lahan tersebut menyebabkan peningkatan debit banjir rata-rata sebesar 8,91%.

Page 1 of 2 | Total Record : 16