cover
Contact Name
Pasca Dwi Putra
Contact Email
jurnal.niagawan@unimed.ac.id
Phone
+6285287876122
Journal Mail Official
jurnal.niagawan@unimed.ac.id
Editorial Address
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Jalan Willem Iskandar Psr V- Kotak Pos No.1589 Medan 20221
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Niagawan
ISSN : 23017775     EISSN : 25798014     DOI : https://doi.org/10.24114/niaga.v9i2
Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, pendidikan khususnya ekonomi, kewirausahaan dan ilmu pengetahuan sosial. Selain itu jurnal ini dapat menampung tulisan tulisan diluar tema pendidikan namun tetap berkaitan dengan manajemen dan ekonomi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun. Diharapkan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang ekonomi, sosial, dan pendidikan
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024" : 11 Documents clear
PENERIMAAN ISLAMIC FINANCIAL TECHNOLOGY (IFINTECH) DENGAN PENDEKATAN PENGEMBANGAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA PELAKU UMKM DI KOTA MEDAN Harahap, Khairunnisa; Nasution, Akmal Huda; A.W., Jumiadi; Zainal, Andri
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.53521

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana penerimaan generasi milenial terhadap  penggunaan layanan perbakan Syariah dengan sampel para pemilik dan pegawai UMKM yang ada di kota Medan dengan Teknik Snowboll dengan menggunakan Ektensi Theory Exceptance Model, karena Kaum milenial merupakan orang yang tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi, terutama dalam hal bisnis. Semua urusan bisnis juga dilakukan dengan kecanggihan teknologi. Tren digital di bank syariah ini tentunya akan sangat menunjang berbagai keperluan, mulai dari penerimaan pembayaran, cek saldo sampai transaksi untuk investasi
PENGARUH GAYA HIDUP DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE IPHONE PADA GEN-Z (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Samudra) Junita, Dhea; Amilia, Suri; Rahman, Maulana
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.57082

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra). Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 1.180+0,388+0,501. Dari hasil uji t dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), di mana masing-masing variabel bebas (gaya hidup dan kualitas produk) memiliki nilai t sig < 0,05. Dari uji F dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), di mana F.sig sebesar 0,000 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa gaya hidup dan kualitas produk mempengaruhi keputusan pembelian smartphone iPhone pada Gen-Z (studi kasus pada mahasiswa Universitas Samudra), sebesar 60,0% sedangkan sisanya 40,0% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
ADAPTASI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DI ORGANISASI MULTIKULTURAL: SUATU TINJAUAN LITERATUR Dalimunthe, Abdullah Ahmad Badawi; Putriekapuja, Rany Adiliawijaya
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.58447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi adaptasi gaya kepemimpinan situasional dalam konteks organisasi multikultural melalui pendekatan systematic literature review. Dengan meningkatnya globalisasi, organisasi menghadapi tantangan yang semakin kompleks terkait keragaman budaya. Pendekatan kepemimpinan situasional, yang menekankan fleksibilitas dan adaptabilitas gaya kepemimpinan berdasarkan kebutuhan situasional, menjadi semakin relevan. Studi ini mengidentifikasi dan menganalisis literatur yang ada untuk memberikan wawasan tentang bagaimana pemimpin dapat menyesuaikan gaya kepemimpinan mereka untuk mengelola tim multikultural secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi gaya kepemimpinan situasional dapat meningkatkan kinerja tim dan kepuasan kerja karyawan dalam lingkungan multikultural, dengan beberapa faktor kunci seperti pemahaman lintas budaya, komunikasi efektif, dan empati yang berperan penting dalam keberhasilan implementasinya.
ANALISIS PERSEPSI KULIAH KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA Siregar, Tapi Rumondang; Ramdhansyah, Ramdhansyah; Setiana, Esa
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.58533

Abstract

This study aims to examine the effect of perceptions of entrepreneurship lectures on students' entrepreneurial intention in the Department of Entrepreneurship, Faculty of Economics, Universitas Negeri Medan. This study is important because the Department of Entrepreneurship is a department that has the vision of creating new entrepreneurs among undergraduates. The purpose of this department to form graduates who are not job seeking oriented but focus on entrepreneurship and creating jobs. Given that this department is just operating in the 2020-2021 academic year and does not yet have alumni, it is necessary to conduct research on the effectiveness of lectures in the department of entrreprenership as measured by students' entrepreneurial intention. The survey was conducted using a Likert scale questionnaire. The collected data were analysed using Structural Equation Modelling (SEM) using Smart PLS. The results found that the perception of entrepreneurship lectures has a positive effect on students' entrepreneurial intention. The results of this study emphasise the importance of providing good perceptions of entrepreneurship lectures to students to develop their entrepreneurial intention.
MINAT BELI KONSUMEN KOTAKSAYUR BANDUNG BERDASARKAN JASA PENGIRIMAN DAN PEMBAYARAN DIGITAL Amanah, Dita; Harahap, Dedy Ansari
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.58946

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, minat beli konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kualitas jasa pengiriman dan kemudahan pembayaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jasa pengiriman dan metode pembayaran digital terhadap minat beli konsumen di platform e-commerce yaitu KotakSayur yang merupakan Toko Sayur Online di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan 98 responden di Bandung, dimana responden ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang mencakup pertanyaan mengenai pengalaman dan preferensi konsumen terkait jasa pengiriman dan pembayaran digital yang kemudian dianalisis dengan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa jasa pengiriman memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan signifikansi 0,6%. Selain itu, metode pembayaran digital juga ditemukan berkontribusi positif terhadap minat beli konsumen dengan signifikansi 2,2%. Nilai F hitung sebesar 14,380 juga membuktikan bahwa hasil uji penelitian ini signifikan secara statistik. Temuan ini mengindikasikan bahwa KotakSayur harus memperhatikan kedua aspek ini untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen dan mendorong peningkatan penjualan. Implikasi praktis dan rekomendasi untuk KotakSayur serta arah penelitian lanjutan juga dibahas dalam artikel ini.
PENGARUH DISKON DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK PADA MASYARAKAT KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN Aprialsyah, Fachriza; Purnama, Nadia Ika
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.59237

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Diskon Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood pada Masyarakat Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Diskon terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Ada pengaruh yang signifikan word of mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Ada pengaruh yang signifikan antara  Diskon dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood di Kecamatan Helvetia Kota Medan. Hasil perhitungan regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 28,2, hasil ini memiliki arti bahwa 28,2% variabel Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Diskon dan Word of Mouth  sedangkan sisanya sebesar 71,3% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI SUMATERA UTARA Rozaini, Noni; Ramadhana, Muhammad Fitri; Irwansyah, Irwansyah; Armando S, Gabriel
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.59372

Abstract

 Pada penelitian ini betujuan untuk  melihat pengaruh dari tingkat kemiskinan, pengangguran terbuka dan pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan data panel yakni  gabungan antara data runtut waktu (time series) dengan data silang (cross section) dan objek penelitian ini ialah 33 Kab/Kota di Sumatera Utara. Dalam p enelitian kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan metode analisis regresi linier dengan pendekatan  fixed effect model. Dari penelitian ditemukan bahwa tingkat kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kab/Kota di Sumatera Utara. Sedangkan pengangguran terbuka berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia Kab/Kota di Sumatera Utara. Tingkat Kemiskinan, Pengangguran Terbuka dan Pertumbuhan Ekonomi dapat menjelaskan Indeks Pembangunan Manusia sebesar 99,43% dan sisanya 0,57% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil penelitian memberikan dasar untuk merumuskan kebijakan pembangunan manusia yang lebih efektif di tingkat Provinsi Sumatera Utara. Kebijakan ini harus berfokus pada mengurangi kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan memperkuat inisiatif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia
PENGARUH IKLAN ONLINE PADA FACEBOOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN (Studi pada Mahasiswa Politeknik Mandiri Bina Prestasi) Sitorus, Olga Theolina
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.59468

Abstract

This study was conducted to determine how far the influence of consumer attitudes on online advertising, consumer memory on online advertising and the frequency of consumer clicks on Facebook media online advertisements can influence consumer purchasing decisions. The population in this study were all students at Bina Prestasi Independent Polytechnic, totaling 444 people. Sampling using the slovin formula. From a population of 444, 81 people were selected as samples in this study. Research data obtained through questionnaires distributed by google form and literature study. Data analysis using multiple linear regression analysis techniques. Some of the analytical methods used are descriptive methods, Likert scale and instrument validity testing. The results showed that consumer attitudes, consumer memory and consumer click frequency had a simultaneous and significant effect on consumer purchasing decisions. Then partially consumer attitudes and consumer memory have a significant effect on purchasing decisions. However, the variable frequency of consumer clicks has no effect on consumer purchasing decisions. This can be seen from the results of the analysis that consumers rarely click on online advertisements that appear on the Facebook media, some consumers click on online advertisements only because they have bought before, and if they have seen the same advertisement many times on the Facebook media even though they have never bought it before, they will click on it.Keywords: attitude, recall, click frequency, consumer purchasing decisions.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SHOPEE Situmorang, Irvan Rolyesh
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.59625

Abstract

The aim of this study is to ascertain and evaluate the relative and concurrent effects of E-WOM and celebrity endorsements on East Bantan District Shopee customers' purchase decisions. This study employs a quantitative methodology with a Likert scale for measurement. Since the exact population of this study is unknown, sampling is done using the Hair formula, which multiplies the number of indicators by five for the minimum and ten for the maximum. Users of Shopee in the East Bantan District completed surveys that yielded the research findings. Multiple linear regression is the type of regression analysis employed. Shopee consumers in the East Bantan Subdistrict make less purchases as a result of the outcomes of the first half test, which focused on celebrity endorsements. The outcome of evaluating the second hypothesis, which states that East Bantan District Shopee users' purchase decisions are positively impacted by E-WOM. Concurrent test findings demonstrated that E-WOM and celebrity endorsements positively impacted East Bantan District Shopee users' purchase decisions. The coefficient of determination revealed that E-WOM and celebrity endorsements had a 57.5% influence, with other factors not included in this study accounting for the remaining 42.5%
ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA USAHA BIDANG KULINER AYAM GEPREK BUNDA Paeng, Raju; Tarigan, Mia Audina Br; Panjaitan, Eurica Aura Magdalena
NIAGAWAN Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/niaga.v13i2.60053

Abstract

Di era ketika para pelaku usaha menghadapi ketidakpastian, manajemen risiko menjadi aspek kunci yang menentukan keberhasilan dan keberlanjutan suatu usaha, terutama dalam konteks industri kuliner yang sangat kompetetif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko yang diterapkan pada usaha Ayam Geprek Bunda. Metode yang digunakan meliputi survei, wawancara, dan analisis literatur yang relevan. Hasil penelitian ini menyoroti tantangan risiko yang dihadapi oleh Ayam Geprek Bunda dan memberikan rekomendasi praktis untuk mengelola risiko tersebut guna mendukung kesuksesan jangka panjang Ayam Geprek Bunda. Manajemen Risiko yang efektif dapat mengurangi dampak negatif dari risiko-risiko tersebut sehingga meningkatkan kinerja dan keberlanjutan operasional kuliner Ayam Geprek Bunda. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan strategi manajemen resiko yang tepat dalam menghadapi dinamika pasar dan persaingan bisnis kuliner.Arta, I. P. S., Satriawan, D. G., Bagiana, I. K., dkk. (2021). Manajemen Risiko: Tinjauan Teori dan Praktis. WIDINA. ISBN 978-623-6092-44-6.Hisham, M. R., & Yunowo, W. (2023). Analisa manajemen risiko pada Warung Mbah Lanang Banyuwangi dengan pendekatan kontekstual deskriptif menggunakan metode ISO 31000. Jurnal Bangkit Indonesia, 12(02), 14-20.Jesslyn, J., Maitri, B., Hartono, C., dkk. (2022). Analisis Manajemen Risiko Pada Usaha Brownies UMKM Moifood.Btm. Jurnal Mirai Management, 7(3), 245“254.Jikrillah,  S.,  Ziyad,  M.,  &  Stiadi,  D.  (2021).  Analisis  Manajemen  Risiko  Terhadap Keberlangsungan  Usaha  Umkm  Di  Kota  Banjarmasin. Jwm  (Jurnal  Wawasan Manajemen), 9(2), 134“141. https://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwmJoycelin, Alex, Liu, M. S., dkk. (2022). Analisis manajemen risiko pada bidang usaha kuliner Ayam Geprek Bunda. Jurnal Mirai Management, 7(3), 228-244. doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492Mitra Mandiri, A. T. K. U., Saputra, A. B., dkk. (2022). Analisis manajemen risiko usaha (Studi kasus Burgerchill). IJEEM: Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 7(1), 14-26. doi.org/10.21009/ijeem.v7i1.31676Sajjad, M. B. A., Kalista, S. D., Zidan, M., & Christian, J. (2020). Analisis manajemen resiko bisnis (Studi pada Cuanki Asoy Jember) [Business risk management analysis (Study at Cuanki Asoy Jember)]. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 18(1), 51-61.Santana, S., Muttaqin, I. K., Vrij, L. A. C., Asivadibrata, A., Kamaludin, N. F., Ghina, A. A., & Maesaroh, S. S. (2023). Analisis implementasi manajemen risiko pada UMKM di Tasikmalaya (Studi kasus UMKM Mie Baso Sarirasa 81). Jurnal Bina Manajemen, 11(2), 60-75.Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Bank Indonesia.Suharjanto. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran 4P terhadap Kepuasan Nasabah Produk Simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sleman.Waqfi, M. Faruq. (2024). Pentingnya Manajemen Risiko pada UMKM. Kompasiana. Diakses dari https://www.kompasiana.com/mfaruqwaqfi9984/65b23d83c57afb7bb8173625/pentingnya-manajemen-risiko-pada-umkm pada 2 Mei 2024.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): NIAGAWAN VOL 14 NO 2 JULI 2025 Vol. 14 No. 1 (2025): NIAGAWAN VOL 14 NO 1 MARET 2025 Vol. 13 No. 3 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 3 NOVEMBER 2024 Vol 13, No 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024 Vol. 13 No. 2 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 2 Juli 2024 Vol 13, No 1 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 1 Maret 2024 Vol. 13 No. 1 (2024): NIAGAWAN VOL 13 NO 1 Maret 2024 Vol 12, No 3 (2023): NIAGAWAN VOL 12 NO 3 November 2023 Vol 12, No 2 (2023): NIAGAWAN VOL 12 NO 2 Juli 2023 Vol 12, No 1 (2023): NIAGAWAN VOL 12 NO 1 MARET 2023 Vol 11, No 3 (2022): NIAGAWAN VOL 11 NO 3 NOVEMBER 2022 Vol 11, No 2 (2022): NIAGAWAN VOL 11 NO 2 JULI 2022 Vol 11, No 1 (2022): NIAGAWAN VOL 11 NO 1 MARET 2022 Vol 10, No 3 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 3 NOVEMBER 2021 Vol 10, No 2 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 2 JULI 2021 Vol 10, No 1 (2021): NIAGAWAN VOL 10 NO 1 MARET 2021 Vol. 9 No. 3 (2020): NIAGAWAN VOL 9 NO 3 NOVEMBER 2020 Vol 9, No 3 (2020): NIAGAWAN VOL 9 NO 3 NOVEMBER 2020 Vol 9, No 2 (2020): NIAGAWAN VOL 9 NO 2 JULI 2020 Vol 9, No 1 (2020): NIAGAWAN VOL 9 NO 1 MARET 2020 Vol 8, No 3 (2019): NIAGAWAN VOL 8 NO 3 NOVEMBER 2019 Vol 8, No 2 (2019): NIAGAWAN VOL 8 NO. 2 JULI 2019 Vol 8, No 1 (2019): NIAGAWAN VOL 8 NO. 1 MARET 2019 Vol 7, No 3 (2018): NIAGAWAN VOL 7 NO 3 NOVEMBER 2018 Vol 7, No 2 (2018): NIAGAWAN VOLUME 7 NO. 2 JULI 2018 Vol 7, No 1 (2018): Volume 7 No 1 Maret 2018 Vol 6, No 2 (2017): NIAGAWAN Vol. 6 No. 2 November 2017 Vol 6, No 1 (2017): NIAGAWAN VOL 6, No. 1 JULI 2017 More Issue